silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,858 Comments

  1. Nama : Asep Aminudin
    NIM : 857514609

    Ijin menanggapi
    Dari tanyangan tersebut di atas, banyak menginsfirasi dan banyak manfaat yang bisa saya ambil. Terlihat ada beberapa anak yang belum mahir dalam memegang pensil, sama halnya dengan kondisi di lembaga kami, dan ternyata banyak sekali cara dalam menstimulasi anak dalam mengembangkan Motoriknya dengan cara salahsatunya :
    1. Meremas spons
    2. Membuka dan memasangkan baud ke murnya
    3. Mengancingkan baju.
    dan masih banyak lagi cara, yang terpenting kita sebagai guru harus kreatif dalam membuat ragam kegiatan yang menstimulasi perkembanagn anak sehingga anak mencapai target atau tujuan.
    Sekian dan Terimakasih.

  2. Nama : Putri ayu maryam
    Nim : 856576479
    Setelah saya melihat vidio diatas anak melatih cara memegang pensil dengan baik.
    * memeras spon didalam air dan memindah kan air dari spon
    * memutar scrub dengan satu arah
    * memasuk kan kancing kelobang

  3. Nama : Putri ayu maryam
    Nim : 856576479
    Setelah saya melihat vidio diatas anak melatih cara memegang pensil dengan baik.
    * memeras spon didalam air dan memindah kan air dari spon
    * memutar scrub dengan satu arah dan cara membuka scrub
    * memasuk kan kancing kelobang

  4. Nama : Fransiska Kabrini Eno
    Nim : 859296551
    Setelah saya menonton video diatas yang berjudul ” mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”,dapat disimpulkan bahwa :
    1.Reaksi anak-anak terhadap pembelajaran yang terjadi yaitu anak-anak sangat tertarik untuk melakukan kegiatan pembelajaran,hal ini dapat dilihat dari antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan menebalkan garis penuh semangat.
    2.kelemahan dalam kegiatan pembelajaran yang ada divideo yaitu tidak adanya doa pembukaan,guru tidak memberikan contoh cara memegang pensil dengan benar sehingga masih ada anak yang kaku saat menulis.
    3.kelebihan dalam kegiatan pembelajaran yang ada divideo adalah guru dapat mengusai kelas sehingga anak-anak duduk rapi dan ketika ada anak yang belum fokus belajar guru menegur dengan penuh kasih sayang dengan ucapan yang positif sehingga anak mau memperhatikan penjelasan gurunya.
    4. Hal unik yang ditemui dalam video pembelajaran diatas adalah semangat anak-anak dalam menyelesaikab tugas yangdiberikan oleh guru.
    5. Saran pembelajaran yang diberikan terkait kelemahan yang ditemui adalah guru harus memperhatikan lagi beberapa kegiatan diawal pembelajaran sebelum guru memeberikan tugas kepada anak-anak.

    Sekian tanggapan saya terhadap video pembelajaran diatas,terimakasih🙏

  5. Arti Wahyuni
    NIM 859944401
    Tanggapan saya mengenai video diatas adalah, guru sudah dengan baik. Dengan cara :
    1. Guru mengidentifikasi siswa yang masih belum sempurna cara memegang pensilnya
    2. Guru memisahkan latihan yang berbeda khusus untuk siswa yang teridentifikasi memiliki keterlambatan kemampuan tersebut
    3. Guru merancang beberapa latihan khusus yang bertujuan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus siswa
    4. Guru memberikan latihan olah tangan dan fokus siswa yang akan menstimulasi koordinasi tangan dalam memegang pensil lebih terarah.

    Demikian tanggapan saya terhadap video tersebut
    Terima kasih

  6. Tanggapan saya dari video yang telah saya lihat, tentang seorang anak yang tidak bisa memegang pensil dengan baik, akhirnya membuat kertas menjadi berlubang.
    video tersebut sangat menginspirasi saya, untuk menerapkan pada lembaga saya, karna masih ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik, dengan memberikan latihan latihan menulis awal anak mulai mencoret-coret. Awalnya, mereka memegang pensil dengan seluruh tangan mereka. Mereka mulai dengan membuat goresan ke segala arah.

  7. Nama : Yosefina Tildis Hajun
    Nim : 859292547
    Tanggapan saya dari video yang telah saya liat, tentang seorang guru yang mengajak anak bermain melempar dan menangkap bola, namun terlihat ada anak yang takut menangkap bola, dikarenakan ia berfikir jika terkena bola akan menyakiti tubuhnya.
    oleh karena itu guru akan menjelaskan dan memberi contoh bahwa bola tidak bahaya dan keras .

  8. Rika Nanda Rofikasanti
    858187199

    setelah saya melihat vidio tentang “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”.
    tanggapan saya setelah menonton vidio , sebagai guru paud kita harus memberi perhatian khusus untuk anak yang belum bisa memegang pensil, karema di kelas saya juga ada anak yang belum bisa memegang pensil . cara saya untuk anak agar bisa memegang pensil adalah :
    1. mengajari anak memegang pensil dan menggulir2 kan di meja supaya otot tangan anak lemas
    2.guru mengajari anak dengan cara tangan anak di tali dengan karet agar patuh memegang pensil

  9. Rika Nanda Rofikasanti
    858187199

    tanggapan saya setelah menonton vidio , sebagai guru paud kita harus memberi perhatian khusus untuk anak yang belum bisa memegang pensil, karema di kelas saya juga ada anak yang belum bisa memegang pensil . cara saya untuk anak agar bisa memegang pensil adalah :
    1. mengajari anak memegang pensil dan menggulir2 kan di meja supaya otot tangan anak lemas
    2.guru mengajari anak dengan cara tangan anak di tali dengan karet agar patuh memegang pensil

  10. Rika Nanda Rofikasanti
    858187199

    tanggapan saya setelah menonton vidio , sebagai guru paud kita harus memberi perhatian khusus untuk anak yang belum bisa memegang pensil, karena di kelas saya juga ada anak yang belum bisa memegang pensil . cara saya untuk anak agar bisa memegang pensil adalah :
    1. mengajari anak memegang pensil dan menggulir2 kan di meja supaya otot tangan anak lemas
    2.guru mengajari anak dengan cara tangan anak di tali dengan karet agar patuh memegang pensil

Leave a Reply