silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,855 Comments

  1. Video tersebut sangat luar biasa. Guru mengajak anak yang belum bisa menggunakan alat tulis dengan cara melakukan permainan dengan berbagai media. Media yang digunakan sangat mendukung memperkuat jari-jari dan oton tangan.

  2. Shanti. Santoso
    NIM : 857369927
    PAUD UPBJJ BOGOR
    Setelah saya melihat tayangan video diatas. Tanggapan saya : Guru melakukan Pendidikan Sensorik dengan baik yaitu melakukan aktivitas yang melibatkan sentuhan, seperti bermain dengan air yaitu memindahkan air kewadah dengan spons cuci piring, ataupun dengan bahan- bahan lain yang merangsang indera, untuk memperkuat keterampilan motorik halus. Dan melatih daya cengkeram: menggunakan permainan seperti memutar seperti mur dan baut yang diputar-putar,mengkancing baju serta membuka dan mengunci gembok untuk memperkuat otot jari dan daya cengkeram. Sebagai guru juga memberikan bimbingan saat anak menggambar atau menulis, sambil membantu mereka mengoreksi cara memegang pensil. Dengan kombinasi metode ini, anak akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar dan berlatih memegang pensil dengan cara yang menyenangkan. Terimakasih..

  3. Nama ratniah
    Nim 821756189
    Masalah yang di hadapi anak belum bisa megang pensil dengan benar adalah ,melatih motorik halus anak secara bertahap diantara cara cara yang dapat dilakukan dengan melatih motorik halus anak secara bertahap di antara cara cara yang dapat di lakukan adalah memindahkan air dari mngkok satu kemangkok lainnya menggunakan spon ,membuka dan menutup gembok kunci ,membuka dan memasangkan kancing baju

  4. Nama : Ashfiyaul Bakhriyah
    NIM : 857761275
    Video seri pembelajaran fisik motorik dengan judul ” Mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar” , menurut saya video tersebut sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru karena terdapat solusi mengatasi masalah tersebut, dalam video tersebut ada 3 solusi yang diberikan yaitu dengan memberikan latihan-latihan menulis awal dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang mampu menguatkan jari-jari tangan anak, yaitu:
    1. Melatih kelenturan jari tangan anak dengan objek tertentu dengan bermain memindahkan air ke wadah ke mangkuk yang lain dengan spons, spons diremas/diperas oleh anak tiap kali dipindahkan ke mangkuk lain
    2. Melatih kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan latihan membuka/menutup gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terorganisasi dengan baik
    3. Melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka atau memasang kancing baju. Cara ini akan melatih kelenturan dan mengoordinasikan otot serta jari-jari tangan anak

  5. Nama : siti helmalia nurfajriah
    Nim : 857375486

    setelah menyaksikan video anak tersebut, saya sangat setuju dengan stimulasi yang diberikan oleh ibu guru
    untuk melatih motorik halus anak agar dapat memegang pensil dengan baik dan benar
    yang dilakukan oleh guru adalah :
    1. melatih jari jemari dengan memeras spons
    2. mengancingkan baju
    3. membuka sekrup
    stimulasi yang dilakukan sudah sangat baik untuk motorik halus anak
    demikian tanggapan saya
    terimakasih

  6. Shanti. Santoso
    NIM : 857369927
    PAUD UPBJJ BOGOR
    Tanggapan saya adalah video ini sangat bagus sekali dan bermanfaat, menjadi contoh dalam melakukan Pendidikan Sensorik yaitu melakukan aktivitas yang melibatkan sentuhan, seperti bermain dengan air yaitu memindahkan air kewadah dengan spons cuci piring, ataupun dengan bahan- bahan lain yang merangsang indera, untuk memperkuat keterampilan motorik halus. Dan melatih daya cengkeram: menggunakan permainan seperti memutar seperti mur dan baut yang diputar-putar,mengkancing baju serta membuka dan mengunci gembok untuk memperkuat otot jari dan daya cengkeram. Dengan kombinasi metode ini, anak akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar dan berlatih memegang pensil dengan cara yang menyenangkan. Terimakasih..

  7. ✏️〰️ Dalam kegiatan belajar menebalkan garis bagi anak TK merupakan langkah awal untuk melatih motorik halus pada jari -jari tangannya agar menjadi kuat dan lincah dalam memegang sesuatu.
    🙌🏻 Dan juga untuk melatih mereka cara memegang pensil dengan baik dan benar.
    🤗 Untuk itu jika ada yang belum bisa memegang pensil dengan baik maka solusinya kita sebagai guru atau pembimbingnya dapat langsung memberikan petunjuk kepada anak tersebut bagaimana cara memegang pensil ✏️ dengan baik dan tepat atau bisa langsung memegang tangan anak tersebut untuk melatihnya menulis atau menebalkan garis tersebut.
    👉🏻 Jadi jika kita terlalu banyak memberikan kegiatan untuk melatih motorik halus,maka akan memakan waktu yang lama dibanding dengan menuntunnya secara langsung.

    🙏🏻 Demikian dan Salam sukses untuk kita semua.

  8. Nama: Albaini putri manik
    Nim: 855890126
    Video seri pembelajaran fisik motorik dengan judul ” Mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar” , menurut saya video tersebut sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru karena terdapat solusi mengatasi masalah tersebut. Video tersebut menunjukkan guru menjelaskan cara memegang pensil dan melatih motorik halus anak dengan berbagai media seperti spon, gembok, dan balok. Metode ini bertujuan melatih otot tangan anak agar lebih kuat memegang pensil. Ringkasan menyoroti pentingnya pendidikan dini dan latihan motorik untuk keterampilan.
    Pegangan pensil yang tidak tepat dapat menyebabkan kelelahan, nyeri, dan kesulitan belajar. Misalnya: pegangan yang salah dapat memengaruhi garis pandang seseorang saat menulis yang dapat menyebabkan ketegangan mata dan leher karena mencondongkan tubuh di atas kertas.
    Tanggapan terhadap video yang membahas cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar adalah:
    Video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu melatih motorik halus anak untuk menguatkan tangan saat memegang pensil.
    Namun, kegiatan pembuka, isi, dan penutup belum terlihat jelas.

  9. Nama: Asysyifa Alafifah
    NIM: 857373515

    Seri pembelajaran mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangat bermanfaat bagi saya yang memiliki anak didik berusia 3-4 tahun. Anak-anak pada usia tersebut memasuki fase awal menulis. Sebelum belajar secara langsung bagaimana cara memegang pensil dan menggerakannya, anak bisa dilatih kemampuan motorik halusnya dengan melakukan beberapa kegiatan, antara lain melakukan kegiatan meremas benda, membuka kunci gembok, serta memasang dan membuka kancing.

  10. Nama : Madya Rani Kusumaning Dewi
    NIM : 877314935
    UPBJJ : Malang

    Video diatas membantu guru khususnya saya dalam memecahkan masalah ketika anak belum bisa memegang pensil dengan benar. Diberikan pula beberapa cara mengatasi masalah tersebut yang dapat saya terapkan dikelas. Karena dengan melatih meningkatkan fisik motorik halus anak merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? karena fisik motorik anak yang belum berkembang akan menghambat anak dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Leave a Reply