silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,848 Comments

  1. Nama : Ketut Bella Indriana
    NIM : 859018381
    Video seri pembelajaran fisik motorik dengan judul ” Mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar” , menurut saya video tersebut sangat bermanfaat bagi saya ,karna dengan mengatasi masalah ini.
    Anak-anak dilatih untuk kelenturan jarinya sehingga otot-otot tangan mereka menjadi tidak kaku dengan cara objek tertentu dengan bermain memindahkan air ke wadah ke mangkuk yang lain dengan spons, spons diremas/diperas, dengan latihan membuka/menutup gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terorganisasi dengan baik dan dengan membuka atau memasang kancing baju
    cara yang sangat mudah untuk di ajarkan kepada anak-anak usia dini, dan mengajarkan dan melatih mereka untuk memkai baju sendiri

  2. Nama :Siti Hajar
    Nim :858458607
    Video ini sangat bermanfaat bagi pendidik,karena di divideo menjelaskan bagaimana cara stimulasi tentang cara mememegang pensil untuk kegiatan pra menulis diantaran memindahkan air menggunakan spons.disekolah kegiatan stimulasi pra menulis sudah mulai dilakukan diantaranya
    1.kolese baik huruf/angka mengunakan bahan loosepart.
    2.menjepit kertas mengunakan jepitan pakaian.
    3.membuat playdoh.
    4.menjahit bentuk pakaian,binatang dan sebagainya.
    Kegunaanya adalah
    1.untuk melatih kelenturan jari-jari anak sebelum memegang pensil.
    2.melatih kekuatan otot jari anak.

  3. Nama : Siti Aisyah
    Nim : 858312607
    Video ini membahas tentang cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Video ini dijelaskan oleh seorang guru yang bernama Bu Guru. Bu Guru menjelaskan bahwa anak-anak pada rentang usia 3 hingga 6 tahun cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cukup cepat. Namun, ada sebagian kecil anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna. Alih-alih mereka mampu membuat garis melengkung, malahan kertasnya sobek dan pensilnya pun patah.
    Bu Guru memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah ini, yaitu:
    1. Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu, seperti pensil. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan menggunakan spon yang diremas atau diperas oleh anak.
    2. Melatih kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan latihan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan sekrup.
    3. Melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju.
    Dengan melakukan latihan-latihan tersebut, diharapkan anak-anak dapat meningkatkan kekuatan dan koordinasi tangan mereka sehingga dapat memegang pensil dengan benar.

  4. MENGATASI ANAK YANG BELUM BISA MEMEGANG PENSIL DENGAN BAIK
    Anak usia 3-6 tahun, cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan kordinasi tangan cukup cepat. Namun ada sebagian kecil untuk yang mempunyai perkembangan belum sempurna. Alih-alih mereka mampu membuat garis melengkung malahan kertasnya sobek dan pensilnya pun patah.
    Maka tugas guru harus banyak memberikan latihan-latihan menulis awal :
    1. Latihlah kelenturan jari-jari anak dalam memegang objek-objek tertentu, sepeti pensil. Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lain, dengan air yang diremas.
    2. Melatih membuka dan memasangkan mur.
    3. Membuka dan memasangkan kancing baju.

  5. Nama : Megawati Areni Putri
    NIM : 856859074

    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Dari vidio yang kami lihat ada sebagian anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sehingga anak tersebut kesulitan pada saat ibu guru memberikan pembelajaran.
    di sini ibu guru sangat tanggap sekali kepada anak yang belum bisa tersebut dengan mendampingi anak tersebut lalu memberikan stimulus untuk melati motorik halus anak dengan berbagai cara. Seperti, guru memintak anak untuk memindakan air dari wadah satu ke wadah yang lainya dengan menggunakan spons cuci piring. Agar anak dapat fokus pada satu objek guru melatih anak dengan berlatih membuka dan mengunci gembok. Guru juga menstimulus anak dengan cara mengajari mereka membuka dan memasangkan kancing baju. Dimana ketiga cara ini sangat berguna untuk melatih motorik halus anak tersebut agar otot-otot tangan menjadi kuat, melenturkan jari-jari dan dapat mengkoordinasikan gerakan tngan dengan baik . Disini kami dapat belajar cara cara mengatasi anak-anak y belum bisa memegang pensil dengan benar di sekolah kami. karna tidak kita pungkiri kita pasti menemukan anak- anak yang seperti ini juga di sekolah kita masing masing. dan cara ini sangat bermanfaat..

  6. Nama : Ade Lita Fitria
    NIM : 857777284
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar

    Dalam video ini, kita diajak untuk memahami pentingnya keterampilan motorik halus pada anak, khususnya dalam memegang pensil dengan benar. Keterampilan ini sangat mendasar dan penting untuk mendukung kemampuan menulis dan aktivitas lainnya di sekolah. Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan memegang pensil dengan baik, yang bisa disebabkan oleh kurangnya kekuatan otot tangan, koordinasi yang belum berkembang sempurna, atau minimnya kesempatan berlatih.
    Video ini memberikan berbagai teknik untuk membantu anak yang mengalami kesulitan tersebut, seperti:
    1. melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil, dengan bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mengkok lainnya dengan menggunakan spons. Spons diremas atau diperas oleh anak tiap kali air dipindahkan ke mangkok lain.
    2. melatih kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan Latihan membuka dan menutup kunci gembok atau Gerakan membuka dan mengencangkan scrub, agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
    3. melatih kelenturan jari-jari anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju . cara ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.
    Dari video ini menunjukkan bahwa setiap anak memiliki perkembangan motorik yang berbeda-beda, dan kesabaran serta konsistensi adalah kunci dalam membantu anak menguasai keterampilan ini. Selain itu, peran orang tua dan guru sangat penting dalam memberikan dukungan dan motivasi kepada anak, sehingga mereka dapat memegang pensil dengan benar dan merasa percaya diri dalam melakukan aktivitas menulis.

    0
    0
  7. Nama : Arni yanti zega
    Nim : 857372552

    Stimulasi menulis yang dilakukan sudah sangat baik dan benar seperti meremas spons, mengancing baju,memasang gembok.hal ini sangat penting untuk melatih koordinasi tangan,seperti memegang pensil,dapat mslatih kelenturan jark-jari anak juga.tetapi sepertinya anak masih harus latihan yang lebih spesifik dalam memegang pensil.
    Kendala yang terlihat dalam video terssbut,anak sulit memsgang pensil.biasanya ini bisa disebabkan kurangnya waktu untuk latihan yang diberikan, anak kurang konsentrasi saat kegiatan.
    Maka, Anak harus dbimbing secara terus-msnerus sampai anak bisa dengan msmbebaskan anak menulis sendiri/menggambar.

    Terimakasih

  8. Dhiaul Fadhilah
    NPM: 85773396

    Dalam video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan tepat. Beberapa anak memiliki kesulitan untuk memegang pensil dikarenakan ada keterampilan motorik halusnya yang belum berkembang, kekuatan tangan yang lemah atau kurangnya koordinasi. Untuk menguatkan keterampilan motorik halusnya, di dalam video telah disebutkan beberapa cara untuk menguatkan keterampilan tersebut.

  9. Nama : Itim Ingkong
    NIM : 858611436

    reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu ketika guru belum menggunakan media siswa terlihat kebingungan.
    Secara keseluruhan yang menjadi kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti memberikan apersepsi, menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran, dan manfaat mempelajari materi, guru hanya memberikan sapaan kemudian membahas materi pelajaran. Kegiatan apersepsi sangat penting dilakukan sebelum pembelajaran dimulai agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

  10. Nama : ELZA FITRA
    NIM : 856287389
    Berdasarkan video tersebut ada 3 solusi yang diberikan untuk mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar yaitu:
    1. Memegang objek-objek tertentu seperti pensil, atau memindahkan air dari satu mangkok ke mangkok yang lain dengan spons sambil di remas/peras
    2. Melatih kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan latihan membuka atau menutup gembok agar kemampuan memegang objek anak semakin kuat dan terorganisasi dengan baik
    3. Untuk melatih kelenturan jari tangan anak lakukan dengan membuka dan memasang kancing baju anak

Leave a Reply