silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,743 Comments

  1. Nama : Ria Fitriana
    Nim : 857865404
    Pokjar : Surakarta

    Setelah saya melihat Video diatas apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangatlah tepat dalam memberikan stumulus bagi anak yang belum bisa memegang pensil. kebetulan di lembaga saya ada murid saya yang masih belom bisa memegang pensil dengan benar, keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
    saya sebagai seorang pendidik sudah sering melatih anak untuk memegang pensil dengan benar, namun alangakah baik nya melatih memegang pensil dengan benar tidak hanya di lakukan di sekolah saja di rumah pun juga bisa di latih dengan bantuan orang tua, agar jari jemar nya cepat lentur.

  2. Kemampuan memegang pensil berkaitan dengan perkembangan motorik halus anak. Oleh karena itu sebelum anak belajar memegang pensil, kita sebagai Guru dapat mengembangkan motorik anak dengan kegiatan-kegiatan awal. Contoh-contoh kegiatan mengembangkan koordinasi tangan pada video di atas dapat menjadi inspirasi kita dalam kegiatan pembelajaran anak. Kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas keseharian anak seperti mengancingkan baju, dapat dilakukan di sekolah dan dikembangkan lebih lanjut di rumah. Hal ini tentu saja memerlukan peran orang tua dan kita dapat bekerjasama dengan orang tua murid.

  3. Assalamualaikum
    Nama: Yanti
    Nim :858160162
    “Anak kesulitan memegang pensil dengan benar”
    Lewat video ini saya banyak mendapatkan pengetahuan bagaimana saja cara yang bisa digunakan dalam melatih kemampuan anak dalam memegang pensil.di kelas saya sendiri saya biasanya menggunakan metode bermain pasir atau cetak hurup dgn adonan guna melatih kelenturan tangan anak dalam memegang pensil.atau lewat latihan membuat coretan bebas .

  4. Nama : HARYATI
    Nim : 856567527
    Judul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar

    Dari video di atas dapat dilihat guru memberikan beberapa stimulasi yang tepat kepada anak untuk meningkat kan kemampuan memegang pensil dengan benar. Selain stimulasi yang terdapat di dalam video untuk melatih perkembangan motorik halus anak dapat juga dengan cara menggunting, kolase, mewarnai, dan meronce.

  5. NAMA : HINDUN
    NIM : 859681009
    UPBJJ : UT SURABAYA
    Masalah yang cukup umum pada perkembangan anak usia dini yaitu anak kesulitan dalam memegang pensil dengan benar. Hal ini biasanya terkait dengan perkembangan motorik halus anak. pada video tersebut Pendekatan yang dilakukan oleh guru untuk melatih motorik halus anak secara bertahap sangat tepat dan kreatif yaitu dengan latihan yang melibatkan gerakan yang lebih sederhana dan terkontrol, sehingga anak dapat membangun kekuatan dan koordinasi otot-otot tangan mereka, yang nantinya mendukung keterampilan memegang pensil dengan benar.
    Adapun kegiatan yang di lakukan guru untuk mengembangkan motorik halus anak adalah
    Memindahkan air dengan spons, latihan ini membantu anak mengembangkan kontrol otot-otot tangan dan jari. Gerakan memeras spons dan memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain juga mengasah keterampilan motorik halus, serta meningkatkan ketelitian dan fokus.
    Membuka dan menutup gembok kunci, latihan ini sangat baik karena melibatkan keterampilan manipulasi objek kecil yang memerlukan koordinasi mata dan tangan. Gembok kunci juga membutuhkan gerakan halus dan terarah yang dapat melatih jari-jari anak agar lebih kuat dan terkoordinasi.
    Membuka dan memasangkan kancing baju, latihan ini tidak hanya berfokus pada keterampilan motorik halus, tetapi juga pada kemampuan anak untuk memahami konsep sebab-akibat (misalnya, bagaimana membuka dan memasangkan kancing), serta meningkatkan kemandirian anak dalam aktivitas sehari-hari.

  6. NAMA : HERLIN PUSPITASARI
    NIM : 859796011
    UPBJJ : SURABAYA
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar memerlukan pendekatan yang sabar, bertahap, dan menyenangkan. Pada usia dini, perkembangan keterampilan motorik halus (seperti menggenggam pensil dengan benar) sangat bervariasi, dan setiap anak mungkin membutuhkan waktu yang berbeda untuk menguasainya.
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar memerlukan pendekatan yang sabar dan bertahap. Dengan memberikan latihan motorik halus, alat bantu yang tepat, dan motivasi yang positif, anak-anak akan lebih mudah belajar memegang pensil dengan benar. Jangan lupa untuk memberikan waktu dan kesempatan yang cukup bagi mereka untuk berkembang sesuai dengan kecepatan masing-masing.

  7. Assallamuallaikum
    Nama : Astri Siti Alfiah
    Nim : 821596167
    Setelah melihat Video di atas, guru sudah melakukan stimulasi dengan baik. Secara umum di mana anak-anak baru masuk sekolah belum bisa memegang pensil dengan baik. Di Tempat saya pun bahkan sampai sekarang belum bisa memegang pensil dengan benar. Di sini peran orang tua sangat penting untuk mem bantu anak agar melatih kembali apa yang sudah di ajarkan guru di sekolah.

  8. Video ini sangat bermanfaat karena mengajarkan cara yang efektif dan menyenangkan untuk melatih motorik halus anak, khususnya bagi anak yang masih kesulitan memegang pensil dengan benar. Menggunakan kegiatan yang sederhana seperti memindahkan air menggunakan spons atau membuka dan memasang kancing baju dapat melatih keterampilan motorik halus anak secara bertahap tanpa membuat anak merasa terbebani. Hal ini juga memberikan anak kesempatan untuk meningkatkan koordinasi tangan dan mata, yang sangat penting dalam perkembangan mereka. Selain itu, aktivitas-aktivitas tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari yang melibatkan keterampilan motorik. Menurut saya, pendekatan yang digunakan dalam video ini sangat tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini, karena fokus pada pengembangan keterampilan praktis yang akan berguna dalam kehidupan mereka.

  9. Dalam video ini sangat bermanfaat bagi pendidik karena mengajarkan cara yang efektif dan menyenangkan untuk melatih motorik halus anak, khususnya bagi anak yang masih kesulitan memegang pensil dengan benar. Menggunakan kegiatan yang sederhana seperti memindahkan air menggunakan spons atau membuka dan memasang kancing baju dapat melatih keterampilan motorik halus anak secara bertahap tanpa membuat anak merasa terbebani. Hal ini juga memberikan anak kesempatan untuk meningkatkan koordinasi tangan dan mata, yang sangat penting dalam perkembangan mereka. Selain itu, aktivitas-aktivitas tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari yang melibatkan keterampilan motorik. Menurut saya, pendekatan yang digunakan dalam video ini sangat tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini, karena fokus pada pengembangan keterampilan praktis yang akan berguna dalam kehidupan mereka.

  10. Nama : Umu Maratus Sholihah
    Nim : 857868194
    UPBJJ : UT Surakarta
    Setelah melihat video dengan judul, Cara Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar.
    Menurut saya video ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan seorang guru agar lebih mengembangkan kemampuan dasar anak, Kemampuan motorik sangat penting bagi perkembangan , termasuk keterampilan motorik halus. Untuk memastikan anak berkembang dengan baik, Anda bisa melatih kemampuan motorik halus anak dengan berbagai kegiatan dan permainan anak yang menyenangkan.
    Cara atau ide kegiatan untuk melatih motorik halus anak
    Motorik halus terdiri dari kelompok otot yang lebih kecil dan terkait dengan ketangkasan. Otot-otot tersebut berada di pergelangan tangan, jari tangan, tangan, kaki, dan jari kaki. Pada tubuh, kemampuan motorik halus memiliki fungsi penting untuk menunjang kehidupan anak hingga dewasa, seperti berikut ini.
    Menggenggam benda. Memencet tombol. Menggosok gigi. Meremas kertas.
    Untuk melatih dan mendukung perkembangan motorik halus pada anak pada video tersebut adalah kegiatan dan permainan yang bisa Anda lakukan bersama anak dengan cara bermain dengan spons.
    Spons atau busa juga bisa menjadi mainan untuk melatih motorik halus anak.
    Guru cukup siapkan spons yang baru dan bersih, air, dan dua mangkuk. Isi salah satu mangkuk dengan air dan biarkan mangkuk yang satu lagi kosong.
    Minta anak untuk memindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lainnya menggunakan spons.
    Ajarkan anak cara untuk menyerap air menggunakan spons, lalu peras air ke dalam mangkuk yang kosong. Meski sederhana, permainan ini dapat memperkuat tangan dan lengan bawah anak. Contoh lain dengan cara memasang gembok dan mengaitkan mur. Kegiatan itu sangat efektif agar bisa menstimulus tingkat konsentrasi anak pada aspek memegang pensil dengan baik dan benar.

Leave a Reply