silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Setelah saya menonton video tersebut, upaya guru untuk menstimulus motorik halus sangat menyenangkan. Melalui kegiatan-kegiatan yang menarik akan membuat anak tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga anak-anak akan semangat dalam belajar. Selain itu video tersebut menginspirasi untuk diterapkan di sekolah dan sangat bermanfaat bagi para pendidik.
Sekian pendapat dari saya, terima kasih.
Video di atas menceritakan tentang salah satu anak yang kesulitan dalam memegang pensil. Kemudian, guru memberikan stimulus dengan cara pertama melatih kelenturan jari dengan cara memindahkan air dengan media spons, yang kedua melatih kekuatan tangan dengan cara membuka dan menutup gembok. Melatih kelenturan dan koordinasi otot dengan cara membuka dan memancingkan berbagai macam kancing.
Setelah saya amati dan saya telaah kejadian tersebut memang sering kali saya jumpai ketika di awal tahun ajaran baru. Banyak anak-anak yang perkembangan motorik harusnya belum terbentuk. Dan di dalam video tersebut sangat menginspirasi karena dijabarkan bagaimana cara-cara menstimulus perkembangan motorik anak. Video yang sangat relevan dan bisa dijadikan acuan untuk anak-anak Didik kami perhatikan menjumpai hal yang sama di dalam awal tahun ajaran baru.
NAMA: NURUL ASTRIANI
NIM: 858555653
Video di atas menceritakan tentang salah satu anak yang kesulitan dalam memegang pensil. Kemudian, guru memberikan stimulus dengan cara pertama melatih kelenturan jari dengan cara memindahkan air dengan media spons, yang kedua melatih kekuatan tangan dengan cara membuka dan menutup gembok. Melatih kelenturan dan koordinasi otot dengan cara membuka dan memancingkan berbagai macam kancing.
Setelah saya amati dan saya telaah kejadian tersebut memang sering kali saya jumpai ketika di awal tahun ajaran baru. Banyak anak-anak yang perkembangan motorik harusnya belum terbentuk. Dan di dalam video tersebut sangat menginspirasi karena dijabarkan bagaimana cara-cara menstimulus perkembangan motorik anak. Video yang sangat relevan dan bisa dijadikan acuan untuk anak-anak Didik kami perhatikan menjumpai hal yang sama di dalam awal tahun ajaran baru.
NAMA: LILIK CHORIDATUS ZUHRIYAH
NIM. : 858864602
POKJAR NGUNUT TULUNGAGUNG
Setelah saya mengamati video diatas apa yang dilakukan Bu guru untuk menstimulus anak yang belum bisa memegang pensil sangatlah bagus,karena dengan cara meremas spon dan memindahkan air kemangkuk satu ke mangkok yang lain itu sangat membantu untuk melenturkan otot jari anak,sama halnya dengan car membuka gembok dan mengkacingkan baju itu sungguh membuat otot – otot jari anak lentur dan sangat bagus untuk belajar memegang pensil.
Video tersebut menunjukkan metode efektif dalam melatih motorik halus anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Aktivitas seperti memindahkan air menggunakan spons dan membuka kancing baju membantu meningkatkan kontrol otot tangan dan jari anak. Pendekatan ini penting, karena keterampilan motorik halus berhubungan langsung dengan kemampuan menulis. Sebaiknya, pengenalan alat tulis dan teknik memegang pensil dilakukan secara bertahap, melibatkan orang tua untuk dukungan di rumah. Latihan tambahan seperti menggambar dan mewarnai juga dapat memperkuat keterampilan ini.
Setelah saya menonton video tersebut, upaya guru untuk menstimulus motorik halus sangat menyenangkan. Melalui kegiatan-kegiatan yang menarik akan membuat anak tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga anak-anak akan semangat dalam belajar. Selain itu video tersebut menginspirasi untuk diterapkan di sekolah dan sangat bermanfaat bagi para pendidik.
Sekian pendapat dari saya, terima kasih
Nama: Saadah Husnul Hotimah
Nim: 857523772
Vidio tersebut sangat bagus memperlihatkan Guru yang kreatif dalam pembelajaran membimbing dan membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan motoriknya,sehingga setelah melihat vidio seri pembelajaran tersebut ,saya merasa banyak tambahan ilmu dan inspirasi yang kreatif untuk melatih motorik halus anak,supaya kelak anak-anak didik bisa memegang pensil dengan benar.
Terimakasih
Setelah saya melihat Video diatas apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangatlah tepat dalam memberikan stumulus bagi anak yang belum bisa memegang pensil. Kebetulan di lembaga saya ada murid saya yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar, keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
Dan di dalam video tersebut sangat menginspirasi karena dijabarkan bagaimana cara-cara menstimulus perkembangan motorik anak. Video yang sangat relevan dan bisa dijadikan acuan untuk anak-anak Didik kami perhatikan menjumpai hal yang sama di dalam awal tahun ajaran baru.
Video pembelajaran berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”
Video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Menurut saya dalam pembelajaran d belum diberi pemahaman cara memegang pensil dengan benar dengan mencontohkan cara menggunakan pensil. Dalam hal itu terlihat jelas saat posisi anak megang pensil masih kaku dan salah karena pensil digengam dengan semua jari serta hanya memberikan stimulus tanpa mencontohkan cara memegang pensil dengan benar.
Assalamualikum.wr.wb
Setelah menonton video diatas. Guru sudah menggunakan cara yang baik untuk mengatasi anak yang belum bisa memeggang pensil, tapi sebelum itu guru memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba dulu. Ketika anak sudah mencoba guru mulai memberikan cara untuk mengatasi masalah anak tersebut dengan bebrapa cara salah satunya melatih kelenturan anak dengan cara bergerak udara dengan menggunakan spons.
Ijin menambahkan memberikan apreaiasi setiap kemajuan yang dicapai sekecil apa pun untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Dorong anak untuk berlatih secara rutin
Wassalamualikum.wr.wb