silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Video di atas saat sangat bermanfaat guru dengan sabar melatih anak yang belum bisa memegang pensil dengan latihan-latihan contoh lagu ini dalam satu anak memindahkan air menggunakan spons dari wadah satu ke wadah lainnya dia anak mengencangkan dan melonggarkan baut juga anak membuka dan mengunci gembok 4 anak memasangkan dan membuka berbagai macam kancing kegiatan-kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih kelenturan dan otot otot jari tangan
Nama : Fri Corina Sandrawati
NIM : 859946247
Menurut saya saran yang disampaikan dalam video tersebut sangat bermanfaat dan sudah sesuai tahapan perkembangan anak usia dini. Melatih anak untuk dapat memegang pensil dengan benar memerlukan proses. Perkembangan yang perlu distimulasi adalah perkembangan motorik halus. Untuk dapat memegang pensil dengan benar anak perlu memiliki kekuatan jari-jari tangan. Selain kegiatan bermain yang sudah disampaikan di video, beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan antara lain: meremas, merobek, membuat dan bermain playdough, bermain ublegh, mencuci pakaian, memindahkan barang dengan jepit, untuk kegiatan membuat garis selain di atas kertas bisa juga dilakukan dengan media lain misalnya membuat garis di atas pasir.
Assalamualaikum wr.wb.
Izin menanggapi, menurut saya video tersebut sangat menginspirasi dan dapat dijadikan pedoman untuk pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik terutama fisik motorik halus anak. Sebenarnya untuk melatih motorik halus anak ada banyak cara yang bisa dilakukan contohnya dengan kegiatan bermain plastisin, menggenggam dan meremas, menggunting dan menempel, dll.
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Rahmiwati
Nim : 859401713
Izin menanggapi
Dalam video tersebut sudah sangat bagus serta dapat menjadi panduan yang bisa diterapkan pula pada lembaga kami di mana video tersebut mengajarkan bagaimana mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yang tentu masalah ini berhubungan dengan motorik halus anak. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk merangsang motorik halus anak dengan beberapa kegiatan antara lain menggenggam dan meremas, menggunting dan menempel dll.
Terimakasih
Nama : Nora Santika Sembiring
NIM: 859809569
Izin Menanggapi ,
Dalam video tersebut Guru menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yakni dengan cara melatih motorik halus anak secara bertahap. Dalam kegiatan tersebut guru mengajak anak untuk menebalkan garis melengkung dan menjelaskan aturan dalam kegiatan yang akan dilakukan , ada beberapa anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna seperti ada anak yang kertasnya sobek dan pensil patah saat kegiatan . Solusi yang dilakukan guru antara lain memberikan latihan menulis awal melalui kegiatan melatih kelenturan jari anak dengan meremas spons memindahkan air ke wadah yang lain, melatih anak memegang objek seperti membuka dan menutup kunci , mengetatkan mur , membuka dan memasangkan kancing baju, hal ini dilakukan untuk melatih kelenturan otot dan jari tangan anak . Kegiatan yang lainnya yang dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari yakni merobek kertas , melipat kertas , bermain puzzle , memindahkan benda dengan pinset dan membentuk adonan plastisin .
Setiap anak memiliki perkembangan motorik yang berbeda -beda sehingga perlu waktu danpendekatan yang tepat , disini peran guru dan orang tua sangat krusial dalam memberikan dukungan dan motivasi kepada anak , orang tua khususnya juga sangat perlu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk melatih motorik halus anak ,terima kasih .
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Setelah menonton video pembelajaran fisik motorik berjudul “Mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar,” saya merasa video itu sangat berguna untuk guru anak usia dini. Video tersebut memberikan solusi untuk anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar. Solusi tersebut termasuk:
1. Memindahkan air ke mangkuk menggunakan spons untuk melatih kelenturan jari.
2. Membuka/menutup gembok agar kemampuan memegang objek meningkat.
3. Memasang kancing baju untuk melatih koordinasi otot dan jari.
Ada juga aktivitas untuk stimulasi perkembangan motorik halus, seperti bermain plastisin, membuat bola kusut dengan pensil, menebalkan garis, huruf, atau angka, menjepit pom-pom, mewarnai gambar, membuka dan menutup resleting.
Nama : SITI AISYAH
NIM : 858312607
Video berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” menyajikan beberapa metode untuk membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk memegang pensil secara efektif. Berikut adalah refleksi dan analisis dari video tersebut.
Kelebihan Video
Pendekatan Praktis: Video ini menunjukkan berbagai aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk melatih motorik halus anak, seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka kunci, dan memasang kancing. Metode ini tidak hanya menarik tetapi juga mudah diterapkan di rumah maupun di sekolah.
Fokus pada Perkembangan Motorik Halus: Kegiatan yang diperkenalkan bertujuan untuk memperkuat otot-otot jari dan tangan anak, yang esensial untuk kemampuan menulis yang baik. Ini sejalan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa latihan motorik halus dapat meningkatkan kemampuan menulis anak.
Pemberian Contoh yang Jelas: Video memberikan contoh konkret tentang bagaimana cara melatih anak, membuatnya lebih mudah dipahami oleh orang tua dan pendidik1.
Kekurangan Video
Kurangnya Struktur: Beberapa pengamat mencatat bahwa video tidak memiliki pembuka, isi, dan penutup yang jelas, sehingga alur penyampaian informasi terasa kurang terorganisir.
Evaluasi yang Tidak Terlihat: Meskipun ada demonstrasi kegiatan, evaluasi terhadap perkembangan anak setelah melakukan kegiatan tersebut tidak dijelaskan secara mendetail, yang penting untuk memahami efektivitas metode.
Variasi Metode Terbatas: Meskipun ada beberapa metode yang ditunjukkan, mungkin ada lebih banyak variasi atau teknik lain yang bisa dieksplorasi untuk membantu anak-anak dengan kesulitan memegang pensil.
Praktik Baik Setelah Menonton Video
Mengintegrasikan Aktivitas Sehari-hari: Orang tua dan pendidik dapat mengintegrasikan latihan motorik halus ke dalam aktivitas sehari-hari seperti bermain plastisin, menggenggam benda kecil, atau melakukan kegiatan seni dan kerajinan.
Menciptakan Lingkungan Belajar yang Mendukung: Penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak untuk berlatih memegang pensil dengan benar, termasuk menyediakan alat tulis yang sesuai dan ruang belajar yang nyaman.
Memberikan Dukungan Emosional: Memberikan pujian dan dukungan kepada anak saat mereka berlatih dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka dalam belajar menulis.
Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan berharga tentang cara membantu anak-anak mengatasi kesulitan dalam memegang pensil dengan benar, meskipun ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan efektivitas penyampaian informasi.
Nama : Yuli Susanti
NIM : 858320106
UPBJJ : Banjarmasin
Dari video tersebut terkait cara mengatasi anak yang kesulitan dalam memegang pensil sangat bagus metode yang di terapkan oleh guru yaitu sangat menarik untuk anak dengan metode bermain sambil belajar dapat melatih motorik halus anak dan melenturkan jari- jari tangan anak dengan cara meremas spons dan memindahkan air ke dalam wadah,membuka dan menutup kunci,mengekatkan mur, serta memasangkan kancing baju yang mana hal tersebut dapat di lakukan oleh anak sehingga memudahkan anak dalam memegang pensil sehingga anak dapat menghubungkan garis dengan bagus jika motorik halus jari-jari tangan anak sudah terlatih.
Nama : Lussy yana Maqdalena
Nim : 855713706
Judul Video mengatasi anak yang kesulitan dalam memegang pensil
Reaksi anak sangat senang karena kegiatan tersebut beraneka ragam seperti Memindahkan air ke mangkuk menggunakan spons untuk melatih kelenturan jari, Membuka/menutup gembok agar kemampuan memegang objek meningkat,Memasang kancing baju untuk melatih koordinasi otot dan jari. Kelemahan pada video di atas pada saat menebali yaitu guru tidak memeberi kegiatan pemanasan terlebih dahulu seperti menggerakkan jari” tangan atau kegiatan lainnya. Kelebihannya guru sangat memperhatikan anak didiknya yang belum memegang pensil dengan cara bimbingan individual.
Nama : Lussy yana maqdalena
Nim : 855713706
Judul kegiatan pada video di atas adalah mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
1.Reaksi anak” pada video tersebut sangat beragam sehingga anak” sangat senang
2.Kelemahan pada video di atas adalah sebelum melakukan kegiatan belum membaca doa atau ice breaking dengan bernyanyi
3.Kelebihan pada video di atas guru sangat memperhatikan peserta didiknya dengan memberikan bimbingan individual
4.Rencana kegiatan setelah melihat video tersebut adalah sebelum melakukan kegiatan bisa melakukan kegiatan pemanasan terlebih dahulu sebelum menebali seperti menggerak gerakkan jari terlebih dahulu