silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Dwi Puspa Sari
Nim : 856815905
Izin menanggapi pak/Bu terkait dengan vdio kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan tersebut.
menurut pendapat saya sendiri berdasarkan dari video kegiatan pembelajaran tersebut sudah cukup baik dalam mengembangkan aspek pengembangan motorik halus bisa saya terapkan juga di lembaga tempat saya bekerja. Namun izin pak/ Bu ada sedikit yang ingin saya tambahkan terkait dengan kegiatan pembelajaran tersebut yaitu, sebaik nya guru dapat menjelaskan terlebih dahulu bahkan bila perlu diulangi sampai beberapa kali ini dan menjelaskan didepan kelas sebaiknya menggunakan media yang lebih besar sehingga anak anak dapat melihat nya dengan saksama dan dapat fokus dengan apa yang telah ditampilkan didepan kelas tersebut, hal ini sangat penting dilakukan supaya anak dapat memahami dengan benar benar mengerti atas pengetahuan yang telah guru jelaskan tersebut sehingga anak mampu untuk menyelesaikan tugas menebalkan garis lengkung nya dengan optimal. serta selama proses kegiatan pembelajaran anak masih berlangsung akan ada baiknya jika guru tetap mengarahkan, membimbing dan membantu anak anak yang merasa kesulitan tersebut dalam mengerjakan tugasnya, guru dapat berkeliling untuk memperhatikan anak anak dalam pengerjaan tugas tersebut.
Terima kasih atas video yang telah menginspirasi untuk memberikan stimulasi motorik halus. Menurut saya, dalam video tersebut guru belum menunjukkan cara memegang pensil yang benar seperti apa. Guru langsung memberikan contoh bagaimana cara menebalkan garis menggunakan pensil. Sebagai tahap awal, sebaiknya guru mengajak semua anak melakukan senam jari, untuk melemaskan otot-otot jari, kemudian memberi contoh cara memegang pensil yang benar dan salah untuk pemahaman anak.
Dalam video tersebut telah dipaparkan cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dengan berbagai macam kegiatan untuk merangsang fisik motorik halus anak, misalnya:
• Memindahkan air dari satu mangkok ke mangkok lainnya menggunakan spons. Anak akan menguatkan otot jari dengan meremas/memeras spons tersebut.
• Memegang kunci lalu memasukkan ke dalam gembok untuk melatih memegang objek yang kecil dan tipis.
• Membuka dan memasang mur baut dengan memutarnya ke kiri dan kanan.
• Membuka dan memasangkan kancing baju untuk melatih kelenturan jari.
Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam keterampilan motorik halus, guru dan orang tua sebaiknya terus merangsang dengan stimulasi-stimulasi yang sesuai dengan usia anak.
Terima kasih atas video yang telah memberikan inspirasi untuk menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya. Dalam video tersebut memberikan tips-tips untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitasnya.
• Guru menanyakan kepada anak jika masih ada yang ragu tentang tugas yang diberikan
• Guru memberikan saran untuk membuat karya sesuai dengan idenya walaupun berbeda tema pembelajaran
• Guru memberikan motivasi kepada anak untuk membuat karya yang disukai anak
• Guru mengggali ide anak agar anak lebih menumbuhkan kreativitasnya
Yang terpenting, guru memberikan motivasi bahwa anak pasti bisa melakukannya walaupun hasil tidak sesuai, guru harus mengapresiasi hasil karya anak.
Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar merupakan langkah penting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus dan menyiapkan mereka untuk menulis dan menggambar. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini:
1. Latih Motorik Halus Secara Bertahap
Aktivitas Melatih Kelenturan Jari:
Meremas Spons: Anak-anak dapat dilatih meremas spons untuk memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya. Ini membantu menguatkan jari-jari tangan.
Memegang Objek:
Membuka dan Menutup Kunci: Anak-anak dapat dilatih membuka dan menutup kunci, mengetatkan mur, dan membuka/kapasng kancing baju. Hal ini melatih kelenturan otot dan jari tangan2.
Permainan Puzzle:
Merobek Kertas/Melipat Kertas/Bermain Puzzle: Aktivitas ini membantu meningkatkan koordinasi antar jari dan meningkatkan kekuatan otot tangan.
2. Teknik Genggaman Pensil yang Baik
Genggaman Tripod Dinamis:
Pensil diposisikan di antara ibu jari dan jari telunjuk, sementara jari tengah menstabilkan pensil. Teknis ini membantu anak memegang pensil dengan stabil dan fleksibel.
Genggaman Quadrupod:
Pensil diposisikan di antara ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, dengan jari keempat menstabilkan pensil dan jari kelima melengkung ke arah telapak tangan. Teknik ini juga efektif untuk memastikan kontrol tulisan yang baik.
3. Praktik Penulisan Awal
Mulai dengan Gerakan Dasar:
Anak-anak dapat dimulai dengan menulis garis-garis lurus dan melengkung untuk membangun kekuatan otot tangan dan meningkatkan koordinasi antar jari.
4. Memberikan Pujian dan Motivasi
Pujian Positif:
Memberikan pujian positif ketika anak berhasil memegang pensil dengan baik dan benar dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terus berpraktek.
5. Lingkungan yang Mendukung
Meja dan Kursi Ukuran Yang Nyaman:
Pastikan anak duduk dengan nyaman di meja dan kursi yang sesuai untuk meningkatkan kenyamanan saat menulis1.
Dengan mengombinasikan strategi-strategi di atas, Anda dapat membantu anak-anak PAUD meningkatkan keterampilan motorik halus dan mempersiapkan mereka untuk menulis dan menggambar dengan lebih baik.
NATALIA PRASANTI
857772063
UPBJJ – UT SEMARANG
Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar merupakan langkah penting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus dan menyiapkan mereka untuk menulis dan menggambar. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini:
1. Latih Motorik Halus Secara Bertahap
Aktivitas Melatih Kelenturan Jari:
Meremas Spons: Anak-anak dapat dilatih meremas spons untuk memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya. Ini membantu menguatkan jari-jari tangan.
Memegang Objek:
Membuka dan Menutup Kunci: Anak-anak dapat dilatih membuka dan menutup kunci, mengetatkan mur, dan membuka/kapasng kancing baju. Hal ini melatih kelenturan otot dan jari tangan.
Permainan Puzzle:
Merobek Kertas/Melipat Kertas/Bermain Puzzle: Aktivitas ini membantu meningkatkan koordinasi antar jari dan meningkatkan kekuatan otot tangan.
2. Teknik Genggaman Pensil yang Baik
Genggaman Tripod Dinamis:
Pensil diposisikan di antara ibu jari dan jari telunjuk, sementara jari tengah menstabilkan pensil. Teknis ini membantu anak memegang pensil dengan stabil dan fleksibel.
Genggaman Quadrupod:
Pensil diposisikan di antara ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, dengan jari keempat menstabilkan pensil dan jari kelima melengkung ke arah telapak tangan. Teknik ini juga efektif untuk memastikan kontrol tulisan yang baik.
3. Praktik Penulisan Awal
Mulai dengan Gerakan Dasar:
Anak-anak dapat dimulai dengan menulis garis-garis lurus dan melengkung untuk membangun kekuatan otot tangan dan meningkatkan koordinasi antar jari.
4. Memberikan Pujian dan Motivasi
Pujian Positif:
Memberikan pujian positif ketika anak berhasil memegang pensil dengan baik dan benar dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terus berpraktek.
5. Lingkungan yang Mendukung
Meja dan Kursi Ukuran Yang Nyaman:
Pastikan anak duduk dengan nyaman di meja dan kursi yang sesuai untuk meningkatkan kenyamanan saat menulis1.
Dengan mengombinasikan strategi-strategi di atas, Anda dapat membantu anak-anak PAUD meningkatkan keterampilan motorik halus dan mempersiapkan mereka untuk menulis dan menggambar dengan lebih baik.
Demikian Ibu, Terimakasih
Assalamu alaikum
Nama : Masniati
Nim : 858516651
Setelah saya menyaksikan vidio di atas saya terinspirasi untuk memberikan stimulasi mororik halus.menurut saya dalam vidio tersebut guru belum menunjukkan bagaimana cara memegang pensil yang benar,guru hanya langsung memberi contoh bagaimana cara menebalkan garis menggunakan pensil.menurut saya sebaiknya guru mengajak semua anak melakukan senam jari,untuk melemaskan otot -otot jari,mengajak anak meremas kertas secara berulang ulang,kemudian memberikan contoh cara memegang pensil yang benar dan salah untuk pemahanan anak.adapun cara mengatasi anak anak yang belum bisa pegang pensil
1.meremas kertas
2. Melatih kelenturan tangan dalam memegang suatu benda
3. Latih kelenturan jari tangan anak dengan memasang dan membuka kancing baju.
Video ini sangat meginspirasi guru ataupun orang tua untuk mengembangkan kemampuan kemampuan dasar fisik anak usia dini agar berkembang optimal, dalam kasus di video ini adalah anak kesulitan memegang pensil dengan baik. Guru memberikan stimulasi melalui kegiatan meremas spons yang diberi air, membuka gembok menggunakan kunci dan memutar mur baut. Ternyata dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan yang menyenangkan.Selain kegiatan di atas masih banyak kegiatan yang bisa kita aplikasikan di rumah atau di sekolah seperti kegiatan mencuci beras, membuat kue donat, membuat bubur kertas dan lain sebagainya
Nama: Irawaty
Nim. : 859401208
Video ini sangat meginspirasi guru ataupun orang tua untuk mengembangkan kemampuan kemampuan dasar fisik anak usia dini agar berkembang optimal, dalam kasus di video ini adalah anak kesulitan memegang pensil dengan baik. Guru memberikan stimulasi melalui kegiatan meremas spons yang diberi air, membuka gembok menggunakan kunci dan memutar mur baut. Ternyata dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan yang menyenangkan.Selain kegiatan di atas masih banyak kegiatan yang bisa kita aplikasikan di rumah atau di sekolah seperti kegiatan mencuci beras, membuat kue donat, membuat bubur kertas dan lain sebagainya
Fitra Yanti, NIM 856310353
Sajian video yang sangat menarik, dan sangat mudah untuk dipahami
Beberapa contoh penanganan anak yang motorik halusnya belum terbentuk dengan maksimal
Ini bisa diterapkan di semua lembaga yang sekiranya ada peserta didik yang mengalami gangguan pada motorik halusnya, yang salah satu tanda gangguannya adalah masih belum bisa memegang pensil dengan benar, atau memegang sendok yang benar di waktu makan
Masih banyak kegiatan lain yang dapat melatih motorik halus anak, diantaranya
1. Mengikat tali sepatu
2. Mengenakan pakaian sendiri
3. Bermain puzzle
4. Bermain plestisin
5. Bermain pasir kinetik
6. Dll
Nama : Nurhidayah
Nim : 856272973
Vidio yang sangat menarik untuk melatih motorik halus anak
Sangat tepat pembelajaran yang diberikan bu guru karena anak yang belum bisa menulis akan bisa menulis dengan benar.
Ini menambah pengetahuan saya sebagai pendidik anak usia dini, karena saya juga mengalami anak seperti itu
Dengan mengikat pensil ke jari anak juga bisa membuat anak bisa menulis