silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,855 Comments

  1. Nama saya Rike Safira Putri
    Izin menanggapi video diatas
    Menurut saya tentang video di atas untuk mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil guru tersebut menunjukkan pendekatan yang efektif dan menyenangkan dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka dengan kegiatan sehari-hari yang relevan dan bertahap guru dapat membantu anak-anak memperkuat koordinasi tangan, mata, ketelitian,kekuatan, dan kemandirian. Metode ini merupakan cara yang baik untuk mendukung perkembangan holistik anak melalui pembelajaran yang interaktif dan terstruktur.

  2. Nama : Pipit Novita
    NIM : 857340398

    Pada video tersebut di atas Ibu guru memberikan latihan kepada anak yang belum dapat menulis dengan latihan motorik halus, untuk memperkuat otot-otot tangannya agar lebih kuat saat memegang pensil sehingga dapat menulis dengan baik.
    cara yang ibu guru lakukan untuk melatih motorik halus anaknya yaitu dengan cara :
    1. memindahkan air dengan meremas spons yang berisi air
    2. membuka dan mengunci gembok
    3. membuka dan menutup mur
    4. membuka dan mengancingkan baju.
    Hal yang dilakukan oleh Ibu guru sangat bagus karena dapat menstimulasi motorik halus jari-jari tangan anak sehingga menjadi lebih kuat

  3. 1.Reaksi anak dalam kegiatan pengembangan yang dilakukan : Anak terlihat senang dengan kegiatan menebalkan garis yang diberikan gurunya
    2.Kelemahan guru dalam bidang pengembangan yang dilakukan : Guru langsung memberikan contoh cara menebalkan garis tanpa mencontohkan cara memegang pensil dengan benar,sehingga anak yang belum terlatih otot jari tangannya merasa kesulitan dalam menggoreskan pensil yang dipegangnya.
    3.Kelebihan guru dalam kegiatan pengembangan yang dilakukan : Guru bisa menemukan cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan cara memindahkan air dari tempat satu ketempat yang lainnya dengan menggunakan (meremas) spons,membuka dan menutup kunci gembok,serta membuka dan memasangkan kancing baju untuk melatih kekuatan dan kelenturan otot jari tangan.
    4.Hal unik selama kegiatan pengembangan yang dilakukan ; terlihat seorang anak yang tdak mampu memegang pensil dengan benar sehingga lembar kegiatan yang diberikan oleh gurunya sampai bolong.
    5.Saran pengembangan untuk kegiatan selanjutnya : Seharusnya berikan kegiatan untuk melatih otot jari tangan anak terlebih dahulu untuk setiap anak,kemudian contohkan cara memegang pensil dengan benar.Setelah semua anak benar-benar sudah bisa memegang pensil dengan benar barulah diberikan kegiatan meniru garis dan sebagainya untuk persiapan menulis sehingga kegiatan menjadi teralur dan terarah.

  4. Nama : Anita Sari
    Nim. : 858839806

    Pada video pembelajaran cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil tersebut sudah baik karena dapat menstimulasi motorik halus terutama pada jari-jari tangan anak sehingga menjadi lebih kuat dan tidak kaku nantinya saat memegang pensil.
    Berbagai cara yang dilakukan guru untuk melatih kelenturan jari anak yaitu dengan meremas sepon dari mangkok satu ke mangkok lainnya, membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan memasangkan sekrup/mur baut, dan membuka dan memasangkan kancing baju.
    Mungkin selain itu guru juga bisa menambahkan dengan kegiatan memperkenalkan berbagai macam alat tulis untuk dipegang, bermain plastisin, merobek kertas menjadi kecil-kecil, dan menjepit kertas menggunakan jepitan jemuran baju.

  5. Pada Video tersebut menunjukkan atau menceritakan seorang anak bernama Pandu yang belum bisa memegang pensil dengan benar, karena ketika dia akan menebalkan garis, kertasnya jadi sobek dan pensilnya patah. Ibu guru mengatasi masalah tersebut dengan terlebih dahulu melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan berbagai metode seperti memindahkan air melalui spon dari baskom satu ke baskom yang lain, mengunci dan membuka gembok, membuka dan memasang mur serta membuka kancing baju. Hal ini dapat membantu saya mengatasi hal serupa di tempat saya mengajar, karena yang pernah saya lakukan untuk melenturkan jari tangan anak adalah dengan menggunakan plastisin dan tanah liat, jadi setelah ini saya bisa menerapkan metode yang ada dalam video tersebut untuk melatih kelenturan jari-jari tangan anak.

  6. Izin menanggapi,
    Pada video tersebut menunjukkan atau menceritakan seorang anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, karena ketika dia akan menebalkan garis, kertasnya sobek dan pensilnya patah. Ibu guru mengatasi masalah tersebut dengan terlebih dahulu melatih kelenturan jari tangan anak dengan berbagai metode seperti memindahkan air melalui spons dari baskom satu ke baskom yang lain, mengunci dan membuka gembok, memasang dan membuka mur serta membuka kancing baju. Hal ini dapat membantu saya mengatasi hal serupa ditempat saya mengajar, karena yang pernah saya lakukan untuk melenturkan jari tangan anak hanya dengan menggunakan plastisin dan tanah liat. Jadi,setelah ini saya bisa menerapkan metode yang ada dalam video tersebut untuk melatih kelenturan jari tangan anak.

  7. Nama : Nurhidaya
    Nim : 859429132

    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Dari vidio tersebut cara menstimulasi motorikhalus anak agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar sudah sangat tepat seperti melakukan kegiatan dengan memindahkan air menggunakan spon, mengancing baju, memasukkan skrup, membuka kunci gembok. Namun masih banyak cara lain untuk dapat menstimulasi motorik halus agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar seperti meronce, mengayam, bermain plastisin, merobek kertas dan sebagainya
    saran saya sebaiknya sebelum guru melakukan kegiatan menebalkan huruf terlebih dahulu guru menjelaskan dengan pengenalan alat pensil seperti jenisny, kegunaannya, maanfaatnya dan sebagainya.

  8. Dari vidio di atas cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil tersebut sudah sangat baik karena dapat menstimulasi motorik halus pada anak.Namun masih banyak kegiatan lain juga untuk melatih motorik halus anak misalnya memegang pensil dengan genggaman quadrupod di mana pensil di posisikan di antara ibu jari , telunjuk,dan jari tengah ,jari ke empat menstabilkan pensil dan jari ke lima melengkung ke arah telapak tangan

  9. Wananda Abdi Pertiwi
    859040831

    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Dari vidio tersebut cara menstimulasi motorik halus anak agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar sudah sangat tepat seperti melakukan kegiatan dengan memindahkan air menggunakan spon, mengancing baju, memasukkan skrup, membuka kunci gembok. Namun masih banyak cara lain untuk dapat menstimulasi motorik halus agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar seperti meronce, mengayam, bermain plastisin, merobek kertas dan sebagainya
    saran saya sebaiknya sebelum guru melakukan kegiatan menebalkan huruf terlebih dahulu guru menjelaskan dengan pengenalan alat pensil seperti jenisny, kegunaannya, maanfaatnya dan sebagainya.

  10. Nama : Fabella Ardikafiana Putri
    Nim :858876843
    Vidio tersebut sangat membantu apalagi saya berada di lembaga KB masih banyak anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar jika kegiatan menebali atau mencoret saya sudah memperaktekkan kegiatan memeras busa di sekolah saya untuk kegiatan lain pada video diatas mungkin akan saya praktekan dikemudian hari agar motorik halus pada anak semakin terkoordinasi, yaitu kegiatan:
    1. Memasang dan membuka scrup
    2. Memasang dan membuka kancing baju,
    3. Membuka dan menutup gembok.

Leave a Reply