silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama = Rahayu Kona’ah
Nim = 858527124
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya yang notabenenya seorang pendidik KB. Yang mana banyak anak KB yang masih kesulitan memegang pensil. Terimakasih
Izin menanggapi video diatas
Menurut saya tentang video di atas untuk mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil. guru menunjukkan cara yang baik dan menyenangkan untuk membantu anak-anak meningkatkan keterampilan motorik halus mereka melalui kegiatan sehari-hari yang relevan dan bertahap. guru dapat membantu anak-anak memperkuat koordinasi tangan, mata, ketelitian, kekuatan, dan kemandirian. Metode pembelajaran interaktif dan terstruktur ini baik untuk mendukung perkembangan holistik anak. Berikut cara melatih motorik halus anaknya yaitu dengan memindahkan air dengan meremas spons yang berisi air, membuka dan mengunci gembok, membuka dan menutup mur, membuka dan mengancingkan baju.
Dari video tersebut saya melihat bagaimana strategi guru dalam melatih anak dalam memegang pensil dengan benar. Saran saya supaya guru melakukan pengenalan objek terlebih dahulu agar anak memahami cara menggunakannya. terimakasih
Dalam video tersebut saya melihat bagaimana seorang guru memberikan stimulus memegang pensil kepada anak-anak.
Pemberian stimulus oleh guru sangatlah efektif dengan cara meremas spon, merobek kertas, memakai kunci dan gembok serta memasang kancing baju
kegiatan tersebut dalam melatih kemampuan motorik halus anak dalam menggunakan jari jemari yang nantinya akan berdampak kepada anak yang sedang belajar menulis.
Erika lina juantari (859666281)Dari video diata anak sudah mampu menegbangkan motoric halus anak dalam praenulis .contohnya memegang pensil dengan benar. Namun guru sebainya memberikan pendekatan kepada anak agar anak merasa diperhatikan memberikan pembelajaran yang edukatif yang membangun rasa percaya direi anak sehingga anak merasa mampu menyelesaikan tugasnya
Assalamualaikum
nama : Mustika
nim : 856281578
dari video tersebut dapat dapat kita lihat berbagai kegiatan yang dilakukanoleh guru untuk pengembangan memegang pensil dengan baik. dengan cara menyenangkan . setelah itu guru mengajarkan dengan metode bertahap dengan memulai dengan cara bentuk garis, memindahkan air dengan spon sehingga meningkatkan kekuatan otot tangan atau jari untuk memegang pensil. pada kegiatan tersebut juga memberikan pengalaman seorang guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan adanya interaktif antara guru dan anak.
cara mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil ini sangat menginspirasi, dan menjadi bahan altrnatif pembelajaran anak ketika terjadi kendala yang sama
Nama : Lilik Nur Kholidah
NIM : 857988407
Setelah melihat video tersebut saya menemukan solusi yang dapat sy terapkan di sekolah. Bagaimana cara mengatasi anak yg masih kesulitan dalam memegang pensil. Guru dapat menstimulasi motorik halus anak dengan kegiatan sehari-hari, seperti mengancingkan baju, mengikat tali sepatu atau membuka kunci gembok. Namun selain itu perlu adanya pendekatan personal kepada anak dengan memberikan perhatian juga mengembangkan pembelajaran tersebut dalam kegiatan yang menyenangkan bagi anak.
nama : ni ketut nita prawani
nim : 859015164
setelah melihat video diatas saya mulai memahami bagaimana mengatasi anak yang sulit memegang pensil
terimakasih atas inovasinya dalam memberikan solusi utk mengatasi problema anak usia dini
Nama : Indah Putri Ashary
NIM : 858755543
setelah melihat tayangan video berikut ini saya dapat mencari solusi terhadap penanganan untuk cara mengatasi anak yang sulit untuk memegang pensil dengan benar. maka dari itu Guru juga dapat mengeksplor berbagai stimulasi yang dapat meningkatkan pengembangan motorik halus pada anak dalam melaksanakan kegiatan seperti mengikat tali sepatu , menjepit benda dengan japitan, bermain biji-bijian , bermain pasir sehingga guru juga dapat memotivasi anak dalam menstimulasi berbagai kegiatan tersebut.