silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Izin menanggapi
Dalam video ini memberi sebuah gambaran yang baik tentang bagaimana caranya mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan melalui pelatihan motorik halus yang bertahap dan tidak membuat anak mudah bosan. Juga dengan melihat video ini dapat menjadi sebuah pembelajaran bagi seorang guru pemula seperti saya yang masih harus terus belajar tentang bagaimana cara mengajar anak, supaya anak cepat paham akan pembelajaran yang diberikan. Video ini juga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan yang berharga bagi para pendidik dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus untuk keberhasilan mereka dalam belajar menulis kuga dalam berbagai aspek. Penekanan yang ada pada pemahaman akar masalah dan penggunaan aktivitas yang relevan menjadikan pendekatan ini sangat efektif dan berpusat pada kebutuhan anak. dan juga dapat memberi ide kepada guru untuk memberi pembelajaran yang menyenangkan agar anak tidak merasa bahwa belajar itu adalah sesuatu yang membosankan dan tidak menyenangkan.
Terimakasih🙏
Video di atas mengajarkan kami sebagai pendidik agar berupaya menstimulasi anak usia dini dalam mengajarkan menulis. Tahapan-tahapan melatih motorik halusnya agar otot-otot tangan menjadi lentur yang akan digunakan menulis sangat bagus dan menarik. Anak juga akan senang dan tidak mudah bosan.
Terimakasih
Trimksih karna melalui fidio ini sya dapat mempelajari bnyak metode untuk melatih klenturan jari2 tangan anak,karna di kelas sya jga saat ini ada anak yg blom mahir dlm memegang pensil
NAMA: Agnes Dewi Rusminaya
NIM: 858532885
Video yang ditayangkan diatas sangat bermanfaat bagi saya dan menjadi motivasi bagi saya untuk lebih memperhatikan masalah yang dihadapi anak didik kita. Guru tersebut menjelaskan dengan jelas cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Walaupun hal tersebut adalah masalah kecil tetapi bagi seorang guru itu adalah masalah yang harus segera kita atasi. Dengan adanya video diatas kita dapat mencontoh apa yang dilakukan guru tersebut untuk diterapkan pada anak didik kita agar dapat melatih kelenturan jari anak dengan alat-alat yang sederhana disekitar kita.
Nama : Prematira Nurhardini Waluyajati
NIM : 858528355
Prodi : S1 PG PAUD
Di kelas TK A , kegiatan motorik halus anak dilakukan dengan mewarnai, baik dengan pensil ataupun crayon, melukis dengan kuas, menebalkan garis serta mulai menulis namanya sendiri. Untuk itu, anak mulai belajar memegang pensil dengan benar. Mungkin bagi beberapa anak, memegang pensil dengan benar itu susah. Namun pada video di atas ada beberapa cara agar anak bisa memegang pensil dengan benar; memindhkan air dengan spons, buka tutup gembok dan juga membuka dan memasangkan kancing baju. Iya, saya sangat setuju. Memang sebelum anak belajar mengenal pensil dan alat tulis lainnya, mereka dikenalkan dengan beberapa kegiatan “Practical life activities”, seperti contoh video di atas. Kegiatan kecakapan hidup lain seperti memeras jeruk, menyendok beras, bermain playdough, juga bisa dilakukan anak, untuk melatih ketraampilan sosial juga dapat memperkuat motorik halus mereka. Bagi anak, melakukan kegiatan memeras air dengan spons, buka tutup gembok, memasang kancing, bermain playdough, mereka merasa sedang bermain-main saja, padahal hal tersebut juga berguna untuk melatih ketrampilan anak dalam memegang pensil.
Nama : Syahriah
NIM : 859944347
Izin menyampaikan pendapat terkait video di atas.
Dari video tersebut, terlihat seorang guru yang sedang mengajarkan siswanya cara melatih motorik halus dengan cara memindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lain, membuka lalu memasang gembok, dan membuka serta mengancingkan baju. Cara tersebut dapat membantu melatih otot anak agar dapat memegang pensil dengan benar. Dalam video tersebut, guru sangat sabar dalam mengajarkan anak-anak. Selama proses tersebut berjalan dengan baik, maka otot tangan anak akan terbiasa dan mampu memegang pensil dengan benar. Guru yang sabar akan memberikan rasa nyaman pada siswa sehingga akan membantu dalam proses kegiatan belajar siswa.
Video yang ditayangkan memberikan gambaran yang baik, bagaimana seorang guru mengatasi kesulitan anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar.Melalui pendekatan kepada anak ketika mereka melakukan tugas terkait dengan menulis,guru jadi bisa lebih mengetahui anak yang mana saja yang perlu tambahan stimulus lagi pada motorik halusnya,dengan beberapa stimulus melalui kegiatan seperti memindahkan air kedalam mangkok dengan menggunakan spon yang dicelupkan kedalam mangkok berisi air kemudian diperaskan ke mangkok yang lainnya,membuka dan menutup kunci gembok,atau melepas dan memasang kancing baju
Nama: Restu Riani
Nim :856864298
Berdasarkan pengalaman saat sebagai guru paud. Video ini sangat bermanfaat dikarenakan saya sering menemukan anak dengan kasus yang sama seperti dividio yakni anak belum bisa memegang pensil dengan benar. Dalam hal ini sangat penting untuk melatih motorik halus tangan dan jari anak karena sangat berpengaruh dalam cara anak memegang pensil. Seperti yang dicontohkan dalam video yaitu melakukan aktivitas seperti memindahkan air dari satu tempat ke tempat yg lain dengan menggunakan spons yang telah dicelupkan dengan air dengan cara meremas atau di peras dari satu wadah ke wadah lainnya. Sehingga dapat memperkuat motorik halus pada anak. Dengan adanya tontonan video diatas dapat menambah pengetahuan kami sebagai guru bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.
Nama : Faizatus Shoimah
NIM : 858828992
Pada tayangan video pembelajaran diatas seorang guru sedang memberikan pembelajaran awal untuk menebali garis sesuai dengan bentuknya. Disisi lain ada siswa yang belum mampu dalam memegang pensil sehingga guru memberikan kegiatan mandiri terhadap siswa tersebut untuk melatih fisik motorik halusnya. Kegiatan yang diberikan guru terhadap siswa tersebut yakni, meremas spons, memutar-mutar bentuk balok, membuka gembok kunci dan memasang kancing baju. Kesimpulannya, guru harus memiliki banyak metode dalam kegiatan belajar agar siswa tidak bosan dengan kegiatan yang monoton didalam kelas, terutama pembelajaran awal tentang pengenalan memegang pensil.
Nama : Dwi Astuti Handayani
NIM : 857856333
Video tentang mengatasi anak yang belum bisa pegang pensil secara benar sangat bermanfaat bagi saya. Video ini memberikan ilmu dan pengalaman bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, karena permasalahan itu sering kita hadapi sebagai guru TK pada awal anak masuk sekolah. Contoh stimulasi-stimulasi awal sebelum anak memegang pensil dapat menjadi contoh untuk saya terapkan ketika mengajar di sekolah dalam mengatasi masalah anak yang masih sulit memegang pensil dengan benar.