silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Menurut pendapat saya pada video ini bagaimana ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ” . dimana gurunya melakukan melakukan pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan, kemudian sang guru mengetahui salah satu muridnya memiliki kemampuan yang kurang dalam perkembangan motorik kasarnya. Sehingga guru tersebut menggunakan berbagai tehnik dalan melatih motorik halus anak misalnya : memindahkan air dengan spon, membuka dan menutp gembok , membuka dan memsang mur baut, membukan dna nenasang kancing baju.

  2. Nama : mardiana santi
    Nim : 858191396
    Setelah melihat vidio ini tentang anak kesulitan menulis megang pensil ini,sering saya jumpai di lembaga tempat saya mengajar ada beberapa siswa tidak bisa dipaksaunutuk belajar memegang pensil,walau saya beberapa cara untuk melatih kelenturan jari mereka.biasa nya anak yg kesulitan megang pensil saya ajak sebelum belajar meremes-remes kertas,dengan menonton vidio ini sangat membantu saya dalam pengajran dan akan saya terapkan disekolah.terimakasih sudah dibolehkan menonton vidio ini sangat bermanfaat buat saya.

  3. nama : Catur Fitria Haryani
    nim : 858535343
    di awal video, bu guru mengajak anak untuk memfokuskan konsentrasi agar memperhatikan apa yang akan di jelaskan bu guru. pada saat anak memperhatikan ada pula anak yang masih sibuk menoleh kanan kiri, bu guru memanfaatkan kesempatan untuk menjelaskan dan mencontohkan apa yang harus di kerjakan oleh anak. banyak anak yang bisa mengerjakan dengan baik , ada pula anak yang kesulitan. ini menandakan bahwa perkembangan kognitif anak antara anak satu dengan yang lain tidak sama. ada anak yang bisa dengan mudah menyelesaikan pekerjaan ada juga yang sedikit kesulitan, terlebih ketika memegang pensil. ada beberapa anak yang dengan mudah menarik garis ada pula anak yang ketika memegang pensil dan mencoba menggunakannya pensil tersebut patah.langkah bu guru untuk mengajari anak dengan memegang,meremas objek untuk melenturkan jari tangan adalah langkah yang tepat karena ketika anak sudah bisa meremas,memegang objek dengan baik, maka anak juga akan bisa dengan mudah memegang pensil dan menggunakannya dengan baik. dalam video ini, kegiatannya sangat bagus untuk melatih motorik halus dan ke fokusan sang anak agar berkembang dengan baik di masa tumbuh kembangnya

  4. Nama: melfianita
    Nim : 856280085

    Setelah saya menonton video ini yang judul memegang pensil dengan benar
    Saya bisa menambah ilmu dan wawasan saya bagaimana
    menangani kasus seperti ini
    Dan ada nya video ini saya jadi tahu bagaimana solusi nya
    Seperti meremas spon
    Membuka dan menutup gembok
    Membuka dan memasang kancing
    Membuka dan memasang mur baut
    Guna melatih motorik anak supaya tangan anak tidak kaku
    Bagus sekali dengan adanya video iniGPO sangat membantu sekali

  5. NAMA : SRI RUMININGSIH
    NIM : 857717597
    Pada program video ini memperlihatkan cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. dan menggunakan cara-cara agar melatih anak tersebut .
    Analisis :
    Melatih kekuatan otot jari dan genggaman agar melatih tangan agar gerakan halus dapat dilakukannya serta membangun kesabaran dan konsentrasi. Untuk dapat memegang dan menggunakan pensil untuk menulis lebih nyaman.
    Kesimpulan :
    Ketiga aktivitas tersebut saling melengkapi dalam mengembangkan keterampilan motorik halus
    Aktivitas tersebut sesuai dengan tahap perkembangan anak yang dapat dilakukan melalui permainan yang menyenangkan dan membantu anak tidak merasa tertekan

  6. Identifikasi Masalah
    Anak usia 3-6 tahun mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang berbeda-beda. Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan dalam membuat garis lengkung, yang dapat menyebabkan kertas sobek atau pensil patah [01:59].

    Latihan Kelenturan Jari
    Latih kelenturan jari anak dengan kegiatan seperti memindahkan air menggunakan spons. Anak-anak dapat meremas dan memeras spons untuk memindahkan air antar mangkuk [02:45].

    Latihan Memegang Objek
    Latih kemampuan anak memegang objek dengan kegiatan membuka dan menutup kunci gembok atau mengencangkan sekrup. Aktivitas ini membantu memperkuat kemampuan memegang dan koordinasi tangan anak [03:22].

    Melatih Koordinasi Otot dan Jari Tangan
    Latih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan kancing baju. Cara ini melatih kelenturan dan koordinasi otot serta jari tangan anak [04:36].

    Kesimpulannya, video ini memberikan beberapa cara praktis untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan memegang pensil dengan benar, yang meliputi latihan kelenturan jari, latihan memegang objek, dan melatih koordinasi otot serta jari tangan.

  7. Nama : Maria Desi Yosita
    NIM : 856338897

    Pada program video ini memperlihatkan cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. dan menggunakan cara-cara agar melatih anak tersebut .
    Analisis :
    Melatih kekuatan otot jari dan genggaman melalui spons, melatih memasangkan kancing baju, melatih memegang dan mengunci gembok

    Dari kegiatan tersebut saya dapat menarik kesimpulan bahwa Ketiga aktivitas tersebut saling melengkapi dalam mengembangkan keterampilan motorik halus yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

  8. NAMA : MARIA DESI YOSITA
    NIM : 856338897

    Berdasarkan video tersebut untuk melatih anak memegang pensil adalah dengan mengajari memegang spons yang sudah dibasuh air, memasangkan kancing baju, dan memegang dan mengunci gembok, dari ketiga kegiatan tersebut sangat bagus dan sesuai untuk anak PAUD dalam melatih kelenturan jari tangannya.

  9. Hotlina Rezki Hasibuan
    Nim : 825335819
    Dari vidio diatas setiap anak berkembang dengan kecepatan nya sendiri.yang terpenting adalah memberi dukungan, kesabaran dan lingkungan yang positif agar anak merasa yaman dan percaya diri sa’at menulis. Kemampuan memegang pensil harus dilakukan dengan bertahap pada anak prasekolah [ada usia (3-5) tahun. Mungkin masih mengenggam pesil yang belum sempurna, jangan terlalu khawatir dan mereka akan berkembang secara bertahap. Fokus pada prosesnta dan butuh kesabaran agar anak bisa berkembang motorik halus. Jangan terburu-buru dan lakukan memberi pujian setiap anak yang berkembang.

  10. Nama : GRASELA NJERA ANA HUTAR
    NIM: 859272989

    Dari video yang sudah saya nonton di atas , memberikan saya penambahan pengertian untuk kegiatan di lembaga saya , selama ini kegiatan yang kami lakukan sebagai guru pada saat anak tidak bisa menulis kami selalu memberikan hal yang Pertama pada video seperti memindahkan air dari wadah yang satu ke wadah yang lain, tapi setelah saya menonton video di atas saya mendapat kan ilmu baru , seperti membuka memasangkan mur , dan memasangkan kancing baju. Maka
    yang saya lakukan di sekolah saya.
    Terimakasih atas penayangan video nya🙏

Leave a Reply