silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama Helena petronela
Nim : 837878524
Dari video yang saya amati guru sudah melakukan dengan baik cara mengatasi anak yang sulit memegang pensil dengan baik namun masih ada cara lain yang harus di ajarkan kepada anak yaitu dengan cara meremas-remas kertas atau meremas plastisin agar sistem motorik pada jari-jari anak dapat berfungsi dengan baik sehingga pada saat memegang pensil untuk menulis mereka sudah dapat melakukannya.
Terima kasih..
Nama : Helena petronela
Nim : 837878524
Dari video yang saya amati kegiatan yang telah dilakukan sudah sangat baik dan masih ada yang perlu di lakukan agar jari-jari anak dapat berfungsi lebih baik lagi yaitu dengan cara mengajarkan kepada anak cara meremas kertas atau plastisin, menutup dan membuka kancing baju.
Terima kasih🙏
menurut saya di video ini kejadian yang sering ditemui di taman kanak kanak terutama di tahun pertama belajar. maka dari itu video ini sangat membantu guru dalam mencari cara saat menemukan anak didik yang mengalami kesulitan memegang pensil saat akan menulis. di video menunjukan cara cara dalam melatih motorik tangan agar otot tangan dapat memegang pensil yaitu dengan cara memindahkan air dari 1 mangkok ke mangkok lainnya dengan spons cuci piring yang diremas, latihan membuka gembok / melatih tangan dengan gerakan memutar, dan melatih kelenturan tangan dengan berlatih membuka kancing baju.
Nama : Krisdayanti Violita Pitoy
NIM : 858475477
Menurut pendapat saya, Video ini sangat bermanfaat untuk para pendidik PAUD karena memberikan pemahaman praktis mengenai cara menghadapi anak yang belum mampu memegang pensil dengan baik. Saya melihat bahwa guru dalam video menggunakan pendekatan yang sabar, kreatif, dan menyenangkan, misalnya melalui permainan motorik halus dan kegiatan menggambar. Hal ini membantu anak melatih otot tangan secara bertahap sebelum diajarkan cara memegang pensil yang benar.
Saya juga belajar bahwa penting bagi guru untuk tidak memaksakan anak, melainkan memberi stimulus sesuai tahap perkembangan motorik mereka. Metode yang ditampilkan sangat aplikatif dan dapat saya terapkan saat mengajar nantinya.
Video diatas memberikan panduan yang sangat berguna untuk guru agar di ajarkan kepada anak-anak yang belum bisa memegang pensil.Dalam video diatas anak-anak di beri latihan motorik halus terlebih dahulu sebelum diberikan latihan memegang pensil itu sendiri.
memindahkan air dari makok satu ke makok yang lain, dan beberapa cara lainnya.
Nama : Krisdayanti Violita Pitoy
NIM : 858475477
Menurut pendapat saya, Video ini sangat bermanfaat untuk para pendidik PAUD karena memberikan pemahaman praktis mengenai cara menghadapi anak yang belum mampu memegang pensil dengan baik. Saya melihat bahwa guru dalam video menggunakan pendekatan yang sabar, kreatif, dan menyenangkan, misalnya melalui permainan motorik halus dan kegiatan menggambar. Hal ini membantu anak melatih otot tangan secara bertahap sebelum diajarkan cara memegang pensil yang benar.
Saya juga belajar bahwa penting bagi guru untuk tidak memaksakan anak, melainkan memberi stimulus sesuai tahap perkembangan motorik mereka. Metode yang ditampilkan sangat aplikatif dan dapat saya terapkan saat mengajar nantinya.
Video diatas sangat membantu para guru untuk diterapkan ke pada anak didiknya, dalam video tersebut anak didik diberikan latihan motorik halus terlebih dahulu, setelah kemampuan motorik halus nya anak lebih baik baru ke latihan memegang pensil itu sendiri.
NAMA : Noreen
NIM : 858618328
Menurut saya Video berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” memberikan panduan praktis dalam melatih keterampilan motorik halus anak. Beberapa kegiatan yang ditampilkan, seperti memindahkan air dengan meremas spons, membuka dan menutup mur atau baut, serta membuka dan memasang kancing baju, merupakan bentuk stimulasi yang efektif. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya melatih kelenturan dan kekuatan jari, tetapi juga meningkatkan koordinasi tangan dan konsentrasi anak. Pendekatan yang disampaikan sangat relevan, mudah diterapkan di rumah, dan mampu mempersiapkan anak untuk belajar menulis secara menyenangkan dan terstruktur.
Izin menjawab
Menurut saya Video berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” memberikan panduan praktis dalam melatih keterampilan motorik halus anak. Beberapa kegiatan yang ditampilkan, seperti memindahkan air dengan meremas spons, membuka dan menutup mur atau baut, serta membuka dan memasang kancing baju, merupakan bentuk stimulasi yang efektif. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya melatih kelenturan dan kekuatan jari, tetapi juga meningkatkan koordinasi tangan dan konsentrasi anak. Pendekatan yang disampaikan sangat relevan, mudah diterapkan di rumah, dan mampu mempersiapkan anak untuk belajar menulis secara menyenangkan dan terstruktur.
Assalamualaikum Wr.wb
saya Rena Fathonah Nim 877834371 dari UPBJJ Bandung
Video ini sangat bermanfaat terutama bagi para pendidik PAUD dan orang tua yang ingin membantu anak belajar memegang pensil dengan benar, karena memegang pensil adalah keterampilan dasar yang penting untuk perkembangan motorik halus anak dan keberhasilan akademik mereka.