silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisaΒ mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, Β evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) sepertiΒ jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik Β yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Judul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
nama : jojor sitorus
nim : 859805848
Upbjj : Siantar
vidio ini sangat penting dalam melatih otot-otot tangan supaya kuat untuk memegang pensil,dengan memasang kancing baju anak-anak juga melatih jari tangan dalam mengaitkanya sama dengan menulis. dengan meremas-remas kertas juga dapat menguatkan jari tangan. intinya sianak terlebih dahulu di latih kekuatan tangan dan jari baru kita beri sianak pensil untuk menggambar
Nama : Ida Lestari
NIM : 877315295
Dari video pembelajaran berikut yang berjudul β Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar β Kita sebagai seorang guru harus bisa mengidentifikasi setiap anak didik kita. Apabila kita temukan ada anak yang mengalami kesulitansebagai kita bisa memberikan stimulus agar perkembangan setiap anak didik bisa optimal. Contoh seperti dalam video anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar diberikan kegiatan memindahkan air dengan spons, membuka dan memasang mur, juga memasang kancing baju, dll. Kegiatan ini merupakan cara yang menyenangkan dan efektif untuk membantu mengatasi kesulitan anak yang memegang pensil dengan benar.
Nama : Sri Febriyati
NIM : 856283912
Dari video mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar bisa dilakukan dengan memberi rangsangan untuk melatih otot tangan anak supaya jari jari anak tidak kaku lagi dalam memegang pensil.kegiatan yang bisa di lakukan adalah memindahkan air dengan menggunakan spons,menutup dan membuka gembok dan memasangkan kancing baju,ketiga contoh kegiatan tersebut bisa di lakukan kepada anak dengan menyenangkan dan juga jangan lupa selalu memberi motivasi kepada anak.
Assalamualaikum
Endang SUSILOWATI
877961905
Dengan ada ya video ini saya dapat wawasan baru dan cara untuk menangani anak anak,, dan memberikan contoh praktik stimulasi motorik halus secara konkrit menggunakan metode latihan berulang dan alat bantu sederhana
Terimakasih
Video ini memberikan berbagai tips yang menarik baik bagi pendidik maupun orangtua, karena untuk persiapan menulis anak dapat berlatih dengan cara-cara yang menyenangkan sehingga anak tidak akan merasa bahwa ia sedang berlatih untuk persiapan menulis. Cara-cara berlatih yang diberikan di video ini juga mudah diterapkan baik di rumah maupun di sekolah dengan alat dan bahan yang sederhana, anatara lain memindahkan air dengan spons (memeras), mengunci dan membuka gembok, dan memasangkan kancing baju. Jadi untuk melatih hand gripping anak, tidaklah harus dengan cara-cara kaku seperti memaksa anak untuk memegang pensil setiap saat, tetapi kita persiapkan terlebih dahulu kemampuan motorik halus anak agar anak lebih siap untuk tahap selanjutnya yaitu memegang pensil.
Judul video ” mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ”
Dari video tersebut ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil. Yaitu :
1. Melatih kelenturan jari-jari anak untuk memegang suatu objek misalnya pensil
2. Anak memindahkan air dari baskom ke mangkokmenggunakan spon dengan cara spon diremas-remas menggunakan jari-jari tangan
3. Malatih jari-jari Anak menggunakan gembok dengan cara mambuka dan menutup pintu gembok.
Terimakasih
Judul video ” mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ”
Dari video tersebut ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil. Yaitu :
1. Melatih kelenturan jari-jari anak untuk memegang suatu objek misalnya pensil
2. Anak memindahkan air dari baskom ke mangkokmenggunakan spon dengan cara spon diremas-remas menggunakan jari-jari tangan
3. Malatih jari-jari Anak menggunakan gembok dengan cara mambuka dan menutup pintu gembok.
Terimakasih
Assalamualaikum wr.wb
Izin menanggapi diskusi sesi 4
Nama: Saidah
Nim. : 858332505
Pada video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Berikanlah tujuan dan penjelasan dari sinopsis kita kata di atas
Tentu, mari kita bedah sinopsis tersebut:
Tujuan:
Tujuan utama dari program video ini adalah untuk memberikan panduan praktis bagi guru (atau pengajar lainnya) dalam mengatasi kesulitan anak usia dini dalam memegang pensil dengan benar. Secara lebih spesifik, tujuannya adalah untuk:
Menunjukkan metode alternatif dan bertahap untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak sebagai fondasi penting untuk memegang pensil.
Menginspirasi guru untuk menggunakan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan dalam melatih kemampuan pramenulis anak.
Memberikan contoh konkret berupa aktivitas-aktivitas sederhana yang dapat diimplementasikan di dalam maupun di luar kelas.
Penjelasan:
Sinopsis ini menjelaskan bahwa program video tersebut berfokus pada solusi konkret untuk masalah umum yang dihadapi oleh anak-anak di awal masa sekolah, yaitu kesulitan dalam memegang pensil dengan tepat. Alih-alih langsung memaksa anak memegang pensil dengan benar, program ini mengedepankan pendekatan yang lebih mendasar dan bertahap.
Pendekatan ini menekankan pentingnya melatih motorik halus anak terlebih dahulu. Motorik halus adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan otot-otot kecil, terutama di tangan dan jari, yang sangat penting untuk tugas-tugas seperti menulis, menggambar, dan mengancingkan baju.
Sinopsis ini juga memberikan contoh konkret dari latihan motorik halus yang disajikan dalam video, yaitu:
Memindahkan air dengan spon: Aktivitas ini melatih kekuatan genggaman, koordinasi tangan-mata, dan kontrol gerakan saat memeras spon.
Membuka dan menutup gembok kunci: Latihan ini mengembangkan koordinasi bilateral (menggunakan kedua tangan secara bersamaan), kekuatan jari, dan keterampilan memanipulasi objek kecil.
Membuka dan memasangkan kancing baju: Aktivitas ini melatih ketangkasan jari, koordinasi tangan-mata, dan kemampuan memecahkan masalah sederhana.
Dengan demikian, program video ini tidak langsung mengajarkan cara memegang pensil, tetapi memberikan langkah-langkah persiapan yang esensial melalui latihan motorik halus. Diharapkan, dengan motorik halus yang terlatih, anak akan lebih mudah dan alami dalam mengembangkan pegangan pensil yang benar.
Trimksih ππ
Nama: Saidah
Nim. : 858332505
Pada video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Berikanlah tujuan dan penjelasan dari sinopsis kita kata di atas
Tentu, mari kita bedah sinopsis tersebut:
Tujuan:
Tujuan utama dari program video ini adalah untuk memberikan panduan praktis bagi guru (atau pengajar lainnya) dalam mengatasi kesulitan anak usia dini dalam memegang pensil dengan benar. Secara lebih spesifik, tujuannya adalah untuk:
Menunjukkan metode alternatif dan bertahap untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak sebagai fondasi penting untuk memegang pensil.
Menginspirasi guru untuk menggunakan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan dalam melatih kemampuan pramenulis anak.
Memberikan contoh konkret berupa aktivitas-aktivitas sederhana yang dapat diimplementasikan di dalam maupun di luar kelas.
Penjelasan:
Sinopsis ini menjelaskan bahwa program video tersebut berfokus pada solusi konkret untuk masalah umum yang dihadapi oleh anak-anak di awal masa sekolah, yaitu kesulitan dalam memegang pensil dengan tepat. Alih-alih langsung memaksa anak memegang pensil dengan benar, program ini mengedepankan pendekatan yang lebih mendasar dan bertahap.
Pendekatan ini menekankan pentingnya melatih motorik halus anak terlebih dahulu. Motorik halus adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan otot-otot kecil, terutama di tangan dan jari, yang sangat penting untuk tugas-tugas seperti menulis, menggambar, dan mengancingkan baju.
Sinopsis ini juga memberikan contoh konkret dari latihan motorik halus yang disajikan dalam video, yaitu:
Memindahkan air dengan spon: Aktivitas ini melatih kekuatan genggaman, koordinasi tangan-mata, dan kontrol gerakan saat memeras spon.
Membuka dan menutup gembok kunci: Latihan ini mengembangkan koordinasi bilateral (menggunakan kedua tangan secara bersamaan), kekuatan jari, dan keterampilan memanipulasi objek kecil.
Membuka dan memasangkan kancing baju: Aktivitas ini melatih ketangkasan jari, koordinasi tangan-mata, dan kemampuan memecahkan masalah sederhana.
Dengan demikian, program video ini tidak langsung mengajarkan cara memegang pensil, tetapi memberikan langkah-langkah persiapan yang esensial melalui latihan motorik halus. Diharapkan, dengan motorik halus yang terlatih, anak akan lebih mudah dan alami dalam mengembangkan pegangan pensil yang benar.
Trimksih ππ
Assalamu’alaikum
Yesi, 856283604
Setelah melihat video tentang bagaimana solusi untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan cara, memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain, disamping untuk melatih kelenturan jari, kegiatan ini juga bermanfaat untuk melatih kesabaran anak, bagaimana air tidak tumpah, kemudian anak diminta untuk memasang kancing baju, membuka kunci gembok, dan membuka sekrup, dari kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pada anak.
Terima kasih.