silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,721 Comments

  1. Nama : KAMALA
    NIM : 625970174
    Program video ini menampilkan strategi efektif guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, yaitu melalui pelatihan motorik halus secara bertahap. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka kunci, serta memasang dan membuka kancing baju menjadi stimulasi yang menyenangkan dan bermanfaat untuk memperkuat otot-otot jari anak. Pendekatan ini sangat sesuai untuk anak usia dini karena menggabungkan aktivitas bermain dengan pembelajaran keterampilan dasar menulis.

  2. video tentang video tentang anak yang belum bisa memegang pensil, di stimulasi oleh guru dengan bbeberapa permainan, anggtara lain memeras spon, mengancingkan kancing baju, akan mestimulasi anak melalui kelenturan tangan anak dan otot pada anak, untuk menyiapkan anak pra pegang pensil. video inisangat relefan dengan menggabungkan perminn dengan pembelajaran dasar pembelajaranketrampilan menulis

  3. Nama: Indah Melani N.w
    Nim: 857880571
    Menurut saya Video pembelajaran ini sangat menarik dan relevan dengan tantangan yang sering dihadapi guru PAUD, khususnya dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak. menurut saya pendekatan yang dilakukan guru dalam video, yaitu menggunakan aktivitas konkret seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup kunci, serta memasang kancing baju. Aktivitas-aktivitas tersebut tidak hanya melatih koordinasi tangan dan jari anak secara bertahap, tetapi juga menyenangkan dan sesuai dengan dunia bermain anak usia dini.di mana anak dilibatkan secara aktif melalui pengalaman langsung. Ini sangat sejalan dengan prinsip pengembangan motorik halus dalam Kurikulum Merdeka dan pendekatan belajar melalui bermain. Dengan memberikan stimulasi yang tepat, guru dapat membantu anak menguasai keterampilan pra-menulis seperti memegang pensil dengan benar.
    Secara keseluruhan, video ini memberikan inspirasi praktik baik yang dapat diterapkan oleh guru-guru PAUD lainnya. Saya merasa video ini dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat, terutama dalam mendukung profesionalisme guru dalam menangani kebutuhan perkembangan setiap anak secara individual.

  4. 【Jawaban】: Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, Anda bisa menggunakan metode berikut:
    1.Mulailah dengan memberikan contoh bagaimana memegang pensil dengan benar.
    2.Berikan dukungan dan bimbingan secara konsisten.
    3.Gunakan alat bantu seperti penjepit pensil.
    4.Berikan pujian dan pengakuan saat anak membuat kemajuan.
    【Penjelasan】: Membantu anak belajar memegang pensil dengan benar adalah bagian penting dari pendidikan motorik mereka. Ini membantu mereka mengembangkan koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik halus. Anda bisa memulai dengan memberikan contoh bagaimana memegang pensil dengan benar, lalu berikan dukungan dan bimbingan secara konsisten. Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti penjepit pensil untuk membantu mereka memegang pensil dengan benar. Selain itu, berikan pujian dan pengakuan saat anak membuat kemajuan. Ini akan memotivasi mereka untuk terus berusaha dan belajar.

  5. Video ini sangat bermanfaat karena memberikan contoh nyata bagaimana melatih keterampilan motorik halus anak yang belum siap menulis. Saya terinspirasi untuk menerapkan kegiatan seperti memindahkan air dengan spons dan membuka kancing baju dalam pembelajaran sehari-hari. Guru tampak sabar, dan pendekatan yang dilakukan bersifat menyenangkan bagi anak. Semoga video semacam ini lebih banyak dibagikan agar kami para guru PAUD bisa terus belajar dari praktik baik di lapangan.

  6. Nama : Nadia Kudsiah
    NIM : 859941445
    Assalamualaikum..
    Ini adalah salah satu pembelajaran yang cukup menarik dan memberi wawasan,. Dimana pada suatu pembelajaran guru merupakan fasilitator sekaligus pelatih dalam anak mengembangkan kemampuannya.. pada saat pembelajaran, gutu terlihat memberikan tugas menebalkan garis menggunakan pensil, tapi terdapat anak yang belum bisa memegang pensil secara baik, sehingga di perlukan solusi untuk bisa mencapai tahap tersebut yaitu melalui latihan motorik dengan cara meremas spon, dan memegang suatu benda secara fokus, serta tangan dan jari dilatih memutar secara teratur sehingga kelenturan jemari, agar ketika anak memegang pensil, cara memegang sudah mulai benar dan terarah..
    dilihat dari video di atas, guru cukup sigap dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahan di dalam kelas..

  7. Nama : Nadia Kudsiah
    NIM : 859941445
    Assalamualaikum..
    Ini adalah salah satu pembelajaran yang cukup menarik dan memberi wawasan,. Dimana pada suatu pembelajaran guru merupakan fasilitator sekaligus pelatih dalam anak mengembangkan kemampuannya.. pada saat pembelajaran, gutu terlihat memberikan tugas menebalkan garis menggunakan pensil, tapi terdapat anak yang belum bisa memegang pensil secara baik, sehingga di perlukan solusi untuk bisa mencapai tahap tersebut yaitu melalui latihan motorik dengan cara meremas spon, dan memegang suatu benda secara fokus, serta tangan dan jari dilatih memutar secara teratur sehingga kelenturan jemari, agar ketika anak memegang pensil, cara memegang sudah mulai benar dan terarah..
    dilihat dari video di atas, guru cukup sigap dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahan di dalam kelas..
    sehingga guru bukan hanya sebagai pengajar saja, tetapi juga sebagai motivator dalam proses pembelajaran..

  8. Pada pembelajara yang ditayangkan pada video tidak terdapat pembukaan, isi dan penutup. Guru menyampaikan hal yang ingin diajarkan dan memberi contoh proses pengerjaannya dipapan tulis dengan mengambil satu lembar kerja yang dikerjakan oleh Guru sebagai contoh. Beberapa strategi pengembangan kemampuan halus yang ingin dicapai dilakukan dengan berbagai pendekatan metode pengembangan dan media yang dipergunakan juga terlihat cukup bervariasi. Namun tidak ditayangkan pada video mengenai hasil dari pengembangan tersebut melalu evaluasi pencapaian. Pembelajaran yang ditayangkan sudah
    sesuai dengan pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini, yaitu cara-cara menguatkan otot halus pada tangan agar dapat memegang pensil dengan benar.

  9. Nama : Wahyuni
    Nim : 855897444
    Menurut saya, tayangan vidio tersebut sangat bermanfaat bagi kami seorang guru, karena sering x kami menjumpai anak-anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar, tugas kita ada bagaimna cara kita menstimulasi anak tersebut agar bisa menggunakan pensil tersebut dengan benar, didalam cuplikan vidio tersebut, ada 3 cara untuk menstimulasi anak yang blm bisa memegang pensil dengan benar yaitu :
    1. Memindahkan air menggunakan spons
    2. Membuka gembok dan memasang baut
    3. Memasang berbagai kancing baju.
    Ada banyak cara kita untuk menstimulasi anak agar bisa memegang pensil dengan baik. Dapat dilakukan dengan :
    Bermain plastisin, meremas ampas kelapa, meremas kertas, merobek kertas dan banyak lagi. Gunakan hal yang menyenangkan agar anak lebih bersemangat lagi untuk mencoba sesuatu. Dan jngan lupa beri dukungan positif….
    Terimakasih….

  10. Aktivitas lain yang dapat dilakukan dalam kegiatan pra menulis selain aktivitas yang sudah dilakukan dalam video ini adalah memberikan kegiatan merobek kertas lalu membuat bentuk menjadi bola kertas, bermain playdough, meronce, menjepit pom pom menggunakan pinset, melipat kertas, serta bermain balok dan puzzle. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat melatih motorik halus dan konsentrasi.

Leave a Reply