silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Selvi Anggraini
Nim : 856731438
Program Studi : S1 PGSD
Setelah saya melihat video tersebut dapat disimpulkan bahwa
1. Penyebab permasalahan dalam video di GPO tersebut dimana
A. guru tersebut kurang mempersiapkan perencanaan pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran tidak berjalan dengan lancar, terlihat pada belum terlaksananya kegiatan pratikum
B.Guru harus menguasai materi dan Langkah-langkah pembelajaran sehingga bisa menggunakan waktu yang ada dengan efektif.
C. Guru tidak mampu menguasai kelas sehingga didalam pembelajaran kelas terlihat ribut
C.
Nama : Rio Dwi Andika
NIM : 856993176
Prog.Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
analisis video pembelajaran diatas
kelemahan:
didalam video guru kurang mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik, guru tidak melakukan apersepsi, memantik siswa untuk semangat dalam menerima pembelajaran dan terlalu lama dalam mempersiapan alat peraga yang akan dipergunakan sehingga siswa merasa bosan dan waktu pembelajaran menjadi tidak efektiv.
kelebihan :
didalam pembelajaran siswa sudah mulai siap untuk menerima pembelajaran ketika guru datang, guru telah siap membawa alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran pada hari itu.
saran perbaikan:
seharusnya agar pembelajaran berjalan dengan baik, sebelum berangkat mengajar guru telah mempersiapkan diri dengan baik, menyiapkan perangkat pembelajaran dan mengetahui pembagian waktu didalam pembelajaran yang akan dilaksanakan didalam kelas sehingga siswa dan guru dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar serta materi yang didapatkan siswa lebih maksimal karena telah dipersiapkan dengan baik
terimakasih
Salah satu penyebab permasalahan yang di vedio diatas adalah
didalam video guru kurang mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik, guru tidak melakukan apersepsi, memantik siswa untuk semangat dalam menerima pembelajaran dan terlalu lama dalam mempersiapkan alat peran yang akan dipergunakan sehingga siswa merasa bosan dan waktu pembelajaran menjadi tidak efektiv.
kelebihan
dalam pembelajaran siswa sudah mulai siap menerima pembelajaran ketika guru datang, guru telah siap membawa alat peran yang akan digunakan dalam pembelajaran pada hari itu.
saran perbaikan: guru sebaiknya harus menyiapkan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, karena itu salah satu hal yg terpenting.
seharusnya agar pembelajaran berjalan dengan baik, sebelum berangkat mengajar guru telah mempersiapkan diri dengan baik, menyiapkan perangkat pembelajaran dan mengetahui pembagian waktu dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan di dalam kelas sehingga siswa dan guru dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar serta materi yang diperoleh siswa lebih maksimal karena telah dipersiapkan dengan baik.
Guru hendaknya melihat dan mengatur alokasi waktu yang tepat baik dalam kegiatan pembuka isi dan penutup.
Dan tidak kala penting nya guru juga wajib membimbing, menganalisa dan merencanakan serta mempersiapkan alat peraga seperti mengulang kembali pelajaran kemarin dan mengingat kan ini pelajaran yang selanjutnya.
Nama : Nurul Istiqomah
NIM : 858414677
Program studi : S1 PGSD
UPBJJ : Samarinda
Analisis pemasalahan yang saya dapatkan dari video diatas antara lain sebagai berikut:
1. guru tidak melakukan kegiatan awal (apersepsi) terlebuh dahulu sehingga siswa belum merasa enjoy saat mulai belajar
2. guru tidak menyanyakan kabar atau keadaan kelas terlebih dahulu sehingga belum membangun keakraban antara siswa dan guru
3. kurangnya persiapan guru dalam mengajar, sehingga siswa cepat bosan
4. guru belum merangkai alat peraga sebelum masuk kelas sehingga para siswa lama menunggu untuk mulai belajar
5. suasana kelas yang tidak kondusif karena gurunya sibung merangkai alat peraga dan muridnya disuruh diam saja dalam waktu yang lumayan lama sehingga kelas menjadi ribut
6. karena merakit alat peraga nya memakan waktu yang lama sampai bel istirahat, guru juga melewatkan kegiatan penutup.
saran perbaikan
1. sebaiknya guru jangan melewatkan kegiatan awal karena siswa bisa fokus mendengarkan dan memperhatikan guru itu tergantung kegiatan awal yang dilakukan guru
2. sebaiknya guru sudah menyiapkan segalanya sebelum berangkat untuk mengajar, termasuk alat peraga, modul ajar dan lembar tugas siswa
3. sebaiknya jika alat peraganya masih perlu dirakit sedikit, hendaknya guru bisa memberikan tugas diskusi secara berkelompok atau membaca agar siswa tidak ribut karena lama menunggu
4. sebaiknya guru tetap harus melakukan kegiatan penutup sebelum istirahat tentang menanyakan pelajaran apa yang dipelajari hari ini?, dll
Nama : SITI FATIMAH
NIM : 856047069
Program studi : S1 PGSD
POKJAR : LANGKAT
UPBJJ : MEDAN
Setelah mengamati video tersebut, saya menemukan beberapa kekurangan pada pembelajaran yang disajikan, diantaranya :
1. Pembelajaran tidak dimulai dengan Appersepsi. Tidak ada kegiatan berdoa Bersama, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, dll.
2. Tidak menggunakan waktu dengan efektif
3. Guru tidak mampu menguasai kelas sehingga didalam pembelajaran kelas terlihat ribut
4. Berkaitan dengan media pembelajaran, guru tidak menyiapkan media yang baik dan bisa dikatakan guru belum siap dalam penggunaan media. Media pembelajaran yang disajikan juga kurang menarik, dan tidak melibatkan siswa didalam penggunaannya.
Adapun Solusi yang bisa saya jabarkan untuk masalah mengatasi masalah diatas adalah :
1. Harus ada Perencanaan pembelajaran yang baik. Guru hendaknya menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik yang sudah dilengkapi dengan alokasi waktu, baik dalam Appersepsi, kegiatan awal, kegiatan inti, maupun pada kegiatan penutup.
2. Guru harus menguasai materi dan Langkah-langkah pembelajaran sehingga bisa menggunakan waktu yang ada dengan efektif.
3. Guru sebaiknya menguasai beberapa model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa agar tertarik terhadap pembelajaran yang disajikan
4. Sebelum pembelajaran dimulai guru hendaknya sudah menyiapkan alat peraga yang menarik untuk diamati siswa.
Nama: Suci Dina Anggraeni
Nim : 856025429
Pokjar: Labusel
Dalam video pembelajaran yang sudah saya lihat dengan topik “Mengefektifkan waktu pada saat mengunakan alat petaga pada mata pelajaran IPA SD” ialah tampak seorang guru kurang mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik dan maksimal. Guru tidak melakukan berdoa sebelum pembelajaran dimulai, tidak menanyakan kabar para siswanya dan tidak mengecek kehadiran siswa. Di dalam pembelajaran tersebut guru terlalu lama dalam mempersiapkan alat alat yang akan digunakan dalam pembelajaran sampai bel istirahat. Sehingga semua siswa ribut dan merasa bosan di dalam kelas. Sehingga mengakibatkan kelas yang tidak kondusif.
Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut ialah, tampak seluruh siswa sudah siap untuk menerima pelajaran dan siap menerima penyampaian materi dari guru. Guru juga sudah mempersiapkan alah alat yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Saran perbaikan dalam video pembelajaran tersebut ialah, sebaiknya sebelum memulai pembelajaran berlangsung guru dapat mengoptimalkan rencana pembelajaran dengan baik. Baik itu dari alokasi waktunya, kegiatan awal, kegiatan inti beserta kegiatan penutup nya. Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya seorang guru melakukan presepsi terhadap siswa. Dan dapat juga melakukan kegiatan ice breaking, sehingga semua siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Guru juga harus dapat mengoptimalkan waktu, agar materi tersampaikan dengan baik. Dan guru juga harus dapat menguasai kelas, sehingga kelas jadi kondusif.
Nama: Suci Dina Anggraeni
Nim : 856025429
Pokjar: Labusel
Dalam video pembelajaran yang sudah saya lihat dengan topik “Mengefektifkan waktu pada saat mengunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA SD” ialah tampak seorang guru kurang mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik dan maksimal. Guru tidak melakukan berdoa sebelum pembelajaran dimulai, tidak menanyakan kabar para siswanya dan tidak mengecek kehadiran siswa. Di dalam pembelajaran tersebut guru terlalu lama dalam mempersiapkan alat alat yang akan digunakan dalam pembelajaran sampai bel istirahat. Sehingga semua siswa ribut dan merasa bosan di dalam kelas. Sehingga mengakibatkan kelas yang tidak kondusif.
Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut ialah, tampak seluruh siswa sudah siap untuk menerima pelajaran dan siap menerima penyampaian materi dari guru. Guru juga sudah mempersiapkan alah alat yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Saran perbaikan dalam video pembelajaran tersebut ialah, sebaiknya sebelum memulai pembelajaran berlangsung guru dapat mengoptimalkan rencana pembelajaran dengan baik. Baik itu dari alokasi waktunya, kegiatan awal, kegiatan inti beserta kegiatan penutup nya. Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya seorang guru melakukan presepsi terhadap siswa. Dan dapat juga melakukan kegiatan ice breaking, sehingga semua siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Guru juga harus dapat mengoptimalkan waktu, agar materi tersampaikan dengan baik. Dan guru juga harus dapat menguasai kelas, sehingga kelas jadi kondusif.
Nama : Robin Natan Abner Zebua
Nim : 855853705
Program Studi : S1 PGSD
Pokjar : Idanogawo
UPBJJ : Medan
Analisis pemasalahan yang saya dapatkan dari video diatas antara lain sebagai berikut:
1. Guru tidak melakukan kegiatan awal (apersepsi) sehingga siswa tampak kurang bersemangat.
2. Sebaiknya guru sudah menyiapkan segalanya sebelum berangkat untuk mengajar, termasuk alat peraga, modul ajar dan lembar tugas siswa.
3. sebaiknya guru tetap harus melakukan kegiatan penutup sebelum istirahat tentang menanyakan pelajaran apa yang dipelajari hari ini, sehingga selalu terjalin interaksi yang baik antara guru dengan siswa tersebut.
BERANDA
TENTANG GPO
KONTAK
PROFILE
LOG OUT
X
Home / Seri Pembelajaran SD / Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
SERI PEMBELAJARAN SD
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
Analog kesamaan atau perbedaannya,
Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
Pakar Dosen
–
–
Pakar Guru
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Post navigation
PREVIOUS
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
NEXT
Mengajar Berat Benda
Similar Posts
125 Comments
Comments navigation
Older comments
Selvi Anggraini says:
November 19, 2023 at 2:04 pm
Nama : Selvi Anggraini
Nim : 856731438
Program Studi : S1 PGSD
Setelah saya melihat video tersebut dapat disimpulkan bahwa
1. Penyebab permasalahan dalam video di GPO tersebut dimana
A. guru tersebut kurang mempersiapkan perencanaan pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran tidak berjalan dengan lancar, terlihat pada belum terlaksananya kegiatan pratikum
B.Guru harus menguasai materi dan Langkah-langkah pembelajaran sehingga bisa menggunakan waktu yang ada dengan efektif.
C. Guru tidak mampu menguasai kelas sehingga didalam pembelajaran kelas terlihat ribut
C.
riodwiandika98 says:
April 22, 2024 at 3:02 pm
Nama : Rio Dwi Andika
NIM : 856993176
Prog.Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
analisis video pembelajaran diatas
kelemahan:
didalam video guru kurang mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik, guru tidak melakukan apersepsi, memantik siswa untuk semangat dalam menerima pembelajaran dan terlalu lama dalam mempersiapan alat peraga yang akan dipergunakan sehingga siswa merasa bosan dan waktu pembelajaran menjadi tidak efektiv.
kelebihan :
didalam pembelajaran siswa sudah mulai siap untuk menerima pembelajaran ketika guru datang, guru telah siap membawa alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran pada hari itu.
saran perbaikan:
seharusnya agar pembelajaran berjalan dengan baik, sebelum berangkat mengajar guru telah mempersiapkan diri dengan baik, menyiapkan perangkat pembelajaran dan mengetahui pembagian waktu didalam pembelajaran yang akan dilaksanakan didalam kelas sehingga siswa dan guru dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar serta materi yang didapatkan siswa lebih maksimal karena telah dipersiapkan dengan baik
terimakasih
impiansriwardana19 says:
April 22, 2024 at 11:03 pm
Salah satu penyebab permasalahan yang di vedio diatas adalah
didalam video guru kurang mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik, guru tidak melakukan apersepsi, memantik siswa untuk semangat dalam menerima pembelajaran dan terlalu lama dalam mempersiapkan alat peran yang akan dipergunakan sehingga siswa merasa bosan dan waktu pembelajaran menjadi tidak efektiv.
kelebihan
dalam pembelajaran siswa sudah mulai siap menerima pembelajaran ketika guru datang, guru telah siap membawa alat peran yang akan digunakan dalam pembelajaran pada hari itu.
saran perbaikan: guru sebaiknya harus menyiapkan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, karena itu salah satu hal yg terpenting.
seharusnya agar pembelajaran berjalan dengan baik, sebelum berangkat mengajar guru telah mempersiapkan diri dengan baik, menyiapkan perangkat pembelajaran dan mengetahui pembagian waktu dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan di dalam kelas sehingga siswa dan guru dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar serta materi yang diperoleh siswa lebih maksimal karena telah dipersiapkan dengan baik.
Guru hendaknya melihat dan mengatur alokasi waktu yang tepat baik dalam kegiatan pembuka isi dan penutup.
Nah,dari vidio tersebut juga sangat memberikan dampak positif buat diri saya sendiri,dimana kita bisa belajar dari kelamahan dan kelebihan dari apa yg telah kita lihat dari vidio tersebut.
Barangkali itu saja yang dapat saya analisis dari vidio tersebut, sebelumnya saya sangat mengapresiasi vidio tersebut..
Terimakasih…
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Siti Sulthaniati
NIM: 858050331
Kelas : B
Semester: 8
Jurusan: S1-PGSD
Menurut saya, terdapat banyak
kekurangan dalam proses pembelajaran
yang dilaksanakan di video tersebut. Pada proses pembelajaran terdapat tiga kegiatan pokok yang harus dilaksanakan yaitu kegiatan awal/pembuka, kegiatan inti dan kegiatan akhir atau penutup. Pada tayangan video di atas, proses pembelajaran tidak didahului dengan kegiatan pembuka, guru tidak mengucapkan salam, tidak berdoa, absen, apersepsi dan motivasi sehingga anak kelihatan tidak tertarik untuk mengetahui lebih dalam (tidak ada rasa ingin tahu) terhadap materi yang akan disampaikan guru. Pada tayangan video di atas, guru tampak tidak siap untuk mengajar, waktu pembelajaran dihabiskan hanya untuk mempersiapkan media pembelajaran yang seharusnya sudah sipersiapkan sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Sehingga, kegiatan pembelajaran terlewat begitu saja. Karena tidak dapat mengatur alokasi waktu tersebut, kegiatan pembelajaran juga melewatian kegiatan penutup sehingga guru tidak dapat mengetahui perkembangan kemajuan dalam proses pembelajaran siswanya yang biasanya diketahui melalui penilaian akhir serta evaluasi.
Sekian pendapat dari saya, kurang Lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: HIlda Rahmadani
NIM : 856080923
Program studi: S1 PGSD
UPBJJ : Batam
1. Kelemahan
– Guru tidak melakukan kegiatan awal (apersepsi) terlebih dahulu, sehingga siswa belum merasa enjoy saat pembelajaran dimulai. Tidak adanya kegiatan berdoa serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Guru tersebut tidak merefleksi pembelajaran sebelumnya, serta tidak adanya pengaitan dengan pembelajaran hari ini.
– Tidak adanya kedekatan intens dari guru terhadap muridnya. Contohnya menanyakan kabar hari ini.
– Kurangnya kesiapan guru dalam mengajar sehingga waktu yang digunakan terbuang sia-sia.
– Dikarenakan guru sibuk merakit alat peraga dan juga tidak melibatkan siswa, maka kondisi kelas menjadi tidak kondusif.
– Karena memakan waktu untuk merakit alat peraga. Maka, guru tersebut juga melewatkan kegiataan penutup.
2. Kelebihan
– Guru tersebut sudah menentukan alat peraga yang akan digunakan.
– Siswa yang siap menerima pelajaran diawal video.
– Metode yang akan digunakan bagus dengan adanya alat peraga.
3. Saran perbaikan
– Gunakan alat peraga interaktif
a. Permainan edukatif : gunakan permainan edukatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses KBM, dengan hal ini dapat membantu mereka agar belajar dengan lebih menyenangkan dan efisien, sehingga proses KBM lebih fleksibel.
– Membuat materi pembelajaran yang menyenangkan
Membagi siswa menjadi berkelompok dengan mendiskusikan materi pembelajaran dengan teman sebaya serta pengalaman yang mereka punya, guru tetap membimbing kebingungan yang di alami siswa.
– Menggunakan alat peraga untuk membantu siswa belajar mandiri
– Menggunakan alat peraga untuk mengevaluasi diri siswa. Dengan membuat lembar penilaian rubik penilaian ataupun teknologi dengan aplikasi penilaian dan tes online.