Similar Posts
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Nama : Fitria Widiastuti
Nim : 857106552
UPBJJ : UT Jakarta
Pokjar : SMPN 92
Menurut saya ada beberapa kelemahan dalam pembelajaran tersebut.
– Guru tidak mengucapkan salam sebelum pelajaran dimulai
– Guru tidak melakukan absensi sebelum memulai belajar
– Guru tidak menyampaikan tujuan atau materi pelajaran yang akan dicapai
Kemudian kelebihan dalam pembelajaran tersebut
– Guru dapat mengatur kondisi kelas
– Guru mampu mengajak siswa siswi aktif untuk tanya jawab
– Guru memberikan kesempatan kepada siswa siswi untuk bergantian membaca cerita
– Guru membacakan cerita dengan jelas
kelebihan dalam pembelajaran tersebut
– Guru dapat mengatur kondisi kelas
– Guru mampu mengajak siswa siswi aktif untuk tanya jawab
– Guru memberikan kesempatan kepada siswa siswi untuk bergantian membaca cerita
– Guru membacakan cerita dengan jelas
dalam video pembelajaran bahasa indonesia ” metode pembelajaran menyimak di kelas 1 sd “. Ada beberapa kelemahan yang saya liat dari dalam pembelajaran tersebut :
1. pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam sebelum pembelajaran.
2. guru ditak menerangan tujuan pembelajaran tersebut .
3. guru tidak mengabsensi siswa siswi yang hadir .
untuk kelebihannya adalah :
1. guru mampu membuat siswa siswi berantisipasi dalam mencerita dongen tersebut
2. guru mampu membangukan semangat siswa siswi untuk bertanya jawab
Nama : ADE IRMA CITA DEWI
dalam video pembelajaran bahasa indonesia ” metode pembelajaran menyimak di kelas 1 sd “. Ada beberapa kelemahan yang saya liat dari dalam pembelajaran tersebut :
1. pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam sebelum pembelajaran.
2. guru ditak menerangan tujuan pembelajaran tersebut .
3. guru tidak mengabsensi siswa siswi yang hadir .
untuk kelebihannya adalah :
1. guru mampu membuat siswa siswi berantisipasi dalam mencerita dongen tersebut
2. guru mampu membangukan semangat siswa siswi untuk bertanya jawab
Nama: Novita Anggraini
NIM: 858877125
Kelas: 6 B
Prodi: PGSD
POKJAR: Salut Kota Kediri
UPJJ: Malang
Judul : Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
Sumber : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/metode-pembelajaran-menyimak-di-kelas-i-sd/
Ringkasan video : Pada video tersebut diperlihatkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Video tersebut reaksi anak kurang fokus karena hanya dilakukan teacher center. Kemudian guru menyadari hal itu dan hal yang dilakukan guru sudah benar. Melihat siswanya kurang paham dengan isi cerita yang telah ia bawakan, guru meminta salah satu siswa untuk membacakan cerita tersebut ke depan, sehingga pembelajaran tidak satu arah melainkan dua arah dengan melibatkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran (student center). Sehingga, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Akan tetapi, hanya siswa yang mau ke depan saja yang bisa menjawab soal yang diberikan guru.
Tujuan melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu untuk memberikan pengalaman kepada siswa untuk berkontribusi dalam pembelajaran.
Reaksi anak : Pada video tersebut, terlihat siswa kurang fokus dan tidak minat dengan pelajaran. Siswa terlihat tidak memahami isi cerita yang dibawakan oleh guru. Ketika guru melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan membaca teks cerita. Siswa menjadi lebih antusias dalam pembelajaran.
Kelebihan : Guru bertanya kepada siswa untuk menjawab soal dan menceritakan ulang. Namun, tidak ada yang bisa menjawab. Menyadari hal itu, guru kemudian melibatkan siswa untuk membaca teks cerita ke depan kelas. Sehingga, siswa tahu isi cerita tersebut dan bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Kekurangan :
1. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
2. Guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar
3. Guru terlalu cepat membacakan cerita
4. Guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran
5. Guru juga tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran, sehingga tidak ada review ulang atas materi yang disampaikan hari ini.
Hal unik : Guru mengajak salah satu siswa untuk membacakan isi cerita tersebut, sehingga pembelajaran tidak hanya teacher centered, melainkan student centered.
Hal yang akan diperbaiki :
Hal-hal yang akan saya perbaiki meliputi :
1. Saya akan melakukan kegiatan awal pembelajaran
2. Saya akan melakukan apersepsi untuk menumbuhkan fokus belajar
3. Saya akan membacakan teks cerita secara perlahan dan lebih ekspresif
4. Selain membacakan teks cerita, saya juga bisa menggunakan video untuk membantu menyampaikan isi cerita dari teks yang dibacakan tersebut
Nama : Herna Panggabean
Nim : 859900045
Jurusan : PGSD
Judul : Judul : Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
Sumber : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/metode-pembelajaran-menyimak-di-kelas-i-sd/
Kekurangan dalam video pembelajaran :
Tidak menyapa siswa dan tidak mengabsensi.
Kelebihan dalam video pembelajaran:
– Guru menjelaskan cerita dengan cara membacakannya dengan jelas.
– interaksi guru dan siswa sudah bagus dimana siswa diajak juga untuk mau membaca kedepan.
– siswa sudah mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru mengenai cerita di akhir pembelajaran.
Nama : Wahyuni Hutasuhut
NIM : 856067734
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT Medan
Judul video: Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas SD
Sinopsis: video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng
1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru, terlihat anak anak kurang fokus dengan pembelajaran tersebut. Terlihat pada video pertama siswa tidak memahami isi cerita yang dibacakan oleh guru. Namun di video Kedua saat guru melibatkan siswa terlihat siswa sangat antusias dalam mengikuti cerita tersebut
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
1. Guru tidak mengucapkan salam
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak memberikan apersepsi kepada siswa
4?! Guru tidak menghubungkan cerita dengan kehidupan sehari-hari
5. Guru terlalu cepat membacanya
7. Guru tidak menggunakan media belajar
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
1. Guru mampu menguasai kelas
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan cerita
3. Guru mampu mengajak siswa aktif dalam melakukan kegiatan tanya jawab
4. Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru meminta siswa untuk membacakan cerita tersebut secara perseorangan sehingga pelajaran berlangsung dengan baik dan menumbuhkan semangat siswa lain untuk maju kedepan membacakan cerita tersebut.
5. Upaya yang dapat saya usahakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Guru sebaiknya menggunakan media belajar untuk meningkatkan minat belajar anak anak agar mereka lebih semangat lagi dalam belajar.
Nama : Lia Aprianingsih
Nim :878260051
Menurut saya kelebihan pada guru yang di dalam video tersebut adalah penyabar, membimbing jalannya diskusi sehingga siswa memahami tugasnya.
Kekurangannya yaitu guru tidak mengecek kehadiran siswa,menanya kondisi atau kabar,tidak adanya kegiatan apersepsi sebelum masuk ke materi,tidak ada adanya ice breaker atau motivasi sehingga suasana monoton,tidak berwarna.metodenya tidak bervariasi,hanya berfokus ke guru teacher centre.
Masukan dari saya pentingnya menggunakan media pembelajaran menarik atau metode pembelajaran yang bervariasi agar menghidupkan suasana.dan sebagai tambahan ice breaker itu juga bagus digunakan agar lebih matang siswa untuk mengikuti pembelajaran.
Nama : Anindita Arsanti
NIM : 857131484
UPBJJ UT Jakarta
Dalam video pembelajaran “Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD”, terdapat beberapa kelemahan dan kelebihan.
Beberapa kelemahannya, yaitu :
1. Guru tidak mengucapkan salam di awal pembelajaran.
2. Guru tidak mengabsensi siswa.
3. Guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran dan capaian akhir pembelajaran.
Selain itu, terdapat beberapa kelebihan yaitu :
1. Guru dapat menciptakan kondisi kelas yang kondusif.
2. Guru membacakan cerita dengan jelas dan mudah dipahami oleh siswa.
3. Guru dapat memancing siswa agar aktif dalam pembelajaran di kelas.
4. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berani membaca cerita secara bergantian.
Kelebihan dari video tersebut yaitu
guru sangat ekspresif dalam membawakan cerita dongengnya, dalam penyampaiannya, suara sudah jelas dan lantang, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajarnya, ada umpan balik setelah cerita dibacakan yaitu guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk menjadi acuan keberhasilan pemahaman dalam menyimak dongeng tersebut.
Kekurangannya yaitu pada awal pembelajaran belum melakukan kegiatan seperti presensi dan tujuan pembelajaran, media yang digunakan hanya berupa buku, jadi anak cepat bosan dalam menyimaknya, kurangnya fasilitas yang memadai, pada kegiatan akhir guru belum menjelaskan secara singkat materi yang sudah di ajarkan dan juga belum menjelaskan materi apa yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya