silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

210 Comments

  1. Nama : Fitria Widiastuti
    Nim : 857106552
    UPBJJ : UT Jakarta
    Pokjar : SMPN 92
    Menurut saya ada beberapa kelemahan dalam pembelajaran tersebut.
    – Guru tidak mengucapkan salam sebelum pelajaran dimulai
    – Guru tidak melakukan absensi sebelum memulai belajar
    – Guru tidak menyampaikan tujuan atau materi pelajaran yang akan dicapai

    Kemudian kelebihan dalam pembelajaran tersebut
    – Guru dapat mengatur kondisi kelas
    – Guru mampu mengajak siswa siswi aktif untuk tanya jawab
    – Guru memberikan kesempatan kepada siswa siswi untuk bergantian membaca cerita
    – Guru membacakan cerita dengan jelas

  2. kelebihan dalam pembelajaran tersebut
    – Guru dapat mengatur kondisi kelas
    – Guru mampu mengajak siswa siswi aktif untuk tanya jawab
    – Guru memberikan kesempatan kepada siswa siswi untuk bergantian membaca cerita
    – Guru membacakan cerita dengan jelas

  3. dalam video pembelajaran bahasa indonesia ” metode pembelajaran menyimak di kelas 1 sd “. Ada beberapa kelemahan yang saya liat dari dalam pembelajaran tersebut :
    1. pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam sebelum pembelajaran.
    2. guru ditak menerangan tujuan pembelajaran tersebut .
    3. guru tidak mengabsensi siswa siswi yang hadir .
    untuk kelebihannya adalah :
    1. guru mampu membuat siswa siswi berantisipasi dalam mencerita dongen tersebut
    2. guru mampu membangukan semangat siswa siswi untuk bertanya jawab

  4. Nama : ADE IRMA CITA DEWI
    dalam video pembelajaran bahasa indonesia ” metode pembelajaran menyimak di kelas 1 sd “. Ada beberapa kelemahan yang saya liat dari dalam pembelajaran tersebut :
    1. pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam sebelum pembelajaran.
    2. guru ditak menerangan tujuan pembelajaran tersebut .
    3. guru tidak mengabsensi siswa siswi yang hadir .
    untuk kelebihannya adalah :
    1. guru mampu membuat siswa siswi berantisipasi dalam mencerita dongen tersebut
    2. guru mampu membangukan semangat siswa siswi untuk bertanya jawab

  5. Nama: Novita Anggraini
    NIM: 858877125
    Kelas: 6 B
    Prodi: PGSD
    POKJAR: Salut Kota Kediri
    UPJJ: Malang

    Judul : Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD

    Sumber : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/metode-pembelajaran-menyimak-di-kelas-i-sd/

    Ringkasan video : Pada video tersebut diperlihatkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Video tersebut reaksi anak kurang fokus karena hanya dilakukan teacher center. Kemudian guru menyadari hal itu dan hal yang dilakukan guru sudah benar. Melihat siswanya kurang paham dengan isi cerita yang telah ia bawakan, guru meminta salah satu siswa untuk membacakan cerita tersebut ke depan, sehingga pembelajaran tidak satu arah melainkan dua arah dengan melibatkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran (student center). Sehingga, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Akan tetapi, hanya siswa yang mau ke depan saja yang bisa menjawab soal yang diberikan guru.
    Tujuan melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu untuk memberikan pengalaman kepada siswa untuk berkontribusi dalam pembelajaran.

    Reaksi anak : Pada video tersebut, terlihat siswa kurang fokus dan tidak minat dengan pelajaran. Siswa terlihat tidak memahami isi cerita yang dibawakan oleh guru. Ketika guru melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan membaca teks cerita. Siswa menjadi lebih antusias dalam pembelajaran.

    Kelebihan : Guru bertanya kepada siswa untuk menjawab soal dan menceritakan ulang. Namun, tidak ada yang bisa menjawab. Menyadari hal itu, guru kemudian melibatkan siswa untuk membaca teks cerita ke depan kelas. Sehingga, siswa tahu isi cerita tersebut dan bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

    Kekurangan :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
    2. Guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar
    3. Guru terlalu cepat membacakan cerita
    4. Guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran
    5. Guru juga tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran, sehingga tidak ada review ulang atas materi yang disampaikan hari ini.

    Hal unik : Guru mengajak salah satu siswa untuk membacakan isi cerita tersebut, sehingga pembelajaran tidak hanya teacher centered, melainkan student centered.

    Hal yang akan diperbaiki :
    Hal-hal yang akan saya perbaiki meliputi :
    1. Saya akan melakukan kegiatan awal pembelajaran
    2. Saya akan melakukan apersepsi untuk menumbuhkan fokus belajar
    3. Saya akan membacakan teks cerita secara perlahan dan lebih ekspresif
    4. Selain membacakan teks cerita, saya juga bisa menggunakan video untuk membantu menyampaikan isi cerita dari teks yang dibacakan tersebut

  6. Nama : Herna Panggabean
    Nim : 859900045
    Jurusan : PGSD

    Judul : Judul : Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD

    Sumber : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/metode-pembelajaran-menyimak-di-kelas-i-sd/

    Kekurangan dalam video pembelajaran :
    Tidak menyapa siswa dan tidak mengabsensi.
    Kelebihan dalam video pembelajaran:
    – Guru menjelaskan cerita dengan cara membacakannya dengan jelas.
    – interaksi guru dan siswa sudah bagus dimana siswa diajak juga untuk mau membaca kedepan.
    – siswa sudah mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru mengenai cerita di akhir pembelajaran.

  7. Nama : Wahyuni Hutasuhut
    NIM : 856067734
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : UT Medan
    Judul video: Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas SD
    Sinopsis: video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng

    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru, terlihat anak anak kurang fokus dengan pembelajaran tersebut. Terlihat pada video pertama siswa tidak memahami isi cerita yang dibacakan oleh guru. Namun di video Kedua saat guru melibatkan siswa terlihat siswa sangat antusias dalam mengikuti cerita tersebut
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    1. Guru tidak mengucapkan salam
    2. Guru tidak mengabsen siswa
    3. Guru tidak memberikan apersepsi kepada siswa
    4?! Guru tidak menghubungkan cerita dengan kehidupan sehari-hari
    5. Guru terlalu cepat membacanya
    7. Guru tidak menggunakan media belajar

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    1. Guru mampu menguasai kelas
    2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan cerita
    3. Guru mampu mengajak siswa aktif dalam melakukan kegiatan tanya jawab

    4. Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru meminta siswa untuk membacakan cerita tersebut secara perseorangan sehingga pelajaran berlangsung dengan baik dan menumbuhkan semangat siswa lain untuk maju kedepan membacakan cerita tersebut.

    5. Upaya yang dapat saya usahakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
    Guru sebaiknya menggunakan media belajar untuk meningkatkan minat belajar anak anak agar mereka lebih semangat lagi dalam belajar.

  8. Nama : Lia Aprianingsih
    Nim :878260051
    Menurut saya kelebihan pada guru yang di dalam video tersebut adalah penyabar, membimbing jalannya diskusi sehingga siswa memahami tugasnya.
    Kekurangannya yaitu guru tidak mengecek kehadiran siswa,menanya kondisi atau kabar,tidak adanya kegiatan apersepsi sebelum masuk ke materi,tidak ada adanya ice breaker atau motivasi sehingga suasana monoton,tidak berwarna.metodenya tidak bervariasi,hanya berfokus ke guru teacher centre.
    Masukan dari saya pentingnya menggunakan media pembelajaran menarik atau metode pembelajaran yang bervariasi agar menghidupkan suasana.dan sebagai tambahan ice breaker itu juga bagus digunakan agar lebih matang siswa untuk mengikuti pembelajaran.

  9. Nama : Anindita Arsanti
    NIM : 857131484
    UPBJJ UT Jakarta
    Dalam video pembelajaran “Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD”, terdapat beberapa kelemahan dan kelebihan.
    Beberapa kelemahannya, yaitu :
    1. Guru tidak mengucapkan salam di awal pembelajaran.
    2. ⁠Guru tidak mengabsensi siswa.
    3. ⁠Guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran dan capaian akhir pembelajaran.
    Selain itu, terdapat beberapa kelebihan yaitu :
    1. Guru dapat menciptakan kondisi kelas yang kondusif.
    2. ⁠Guru membacakan cerita dengan jelas dan mudah dipahami oleh siswa.
    3. ⁠Guru dapat memancing siswa agar aktif dalam pembelajaran di kelas.
    4. ⁠Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berani membaca cerita secara bergantian.

  10. Kelebihan dari video tersebut yaitu

    guru sangat ekspresif dalam membawakan cerita dongengnya, dalam penyampaiannya, suara sudah jelas dan lantang, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajarnya, ada umpan balik setelah cerita dibacakan yaitu guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk menjadi acuan keberhasilan pemahaman dalam menyimak dongeng tersebut.

    Kekurangannya yaitu pada awal pembelajaran belum melakukan kegiatan seperti presensi dan tujuan pembelajaran, media yang digunakan hanya berupa buku, jadi anak cepat bosan dalam menyimaknya, kurangnya fasilitas yang memadai, pada kegiatan akhir guru belum menjelaskan secara singkat materi yang sudah di ajarkan dan juga belum menjelaskan materi apa yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya

Leave a Reply