silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

364 Comments

  1. Nama : Henisa Purwati Zebua
    NIM : 856598965
    Program studi : PGSD
    UPBJJ : JAMBI

    Dari Video ini, menurut saya terdapat beberapa kelemahan dan kelebihan.

    Kelemahan:
    1. Guru tidak memeriksa kehadiran siswa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    3. Guru tidak mengulas kembali materi yang dibahas sebelumnya
    4. Guru tidak menunggu agar siswa siap untuk belajar. Seperti ketika guru memberikan perintah untuk mengeluarkan buku, guru tidak menunggu siswa mengeluarkan buku san siap untuk belajar. Guru langsung menjelaskan materi ketika siswa sibuk untuk mempersiapkan bahan ajar yang mau digunakan.
    5. Pada awalnya pembelajaran hanya berpusat pada guru.

    Kelebihan:
    1. Proses tanya jawab sudah dilakukan oleh siswa dan guru di dalam kelas. Sehingga membuat keadaan pembelajaran menjadi hidup. Karena adanya respon dari siswa
    2. Setelah diperbaiki, guru sudah baik menggunakan media pembelajaran yaitu dengan menampilkan gambar gambar sehingga siswa tidak hanya membayangkan saja.

    Alternatif :
    Guru bisa menambahkan media pembelajaran berupa video. Sehingga siswa lebih tertarik

  2. Nama : Noviyanti
    Nim : 858448082
    Progran Studi : S1 PGSD-BI
    UPBJJ : Samarinda
    Assalamualaikum.wr.wb
    Menanggapi Video Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
    Menurut pendapat saya terkait vedeo tersebut adalah :
    Dalam proses pembelajaran, media merupakan alat bantu untuk mencapai
    tujuan pembelajaran itu sendiri, media juga merupakan suatu kenyataan yang
    tidak dapat dipungkiri, oleh karena itu, guru dituntut mampu menggunakan
    bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan zaman. Guru sekurang kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien dalam upaya
    mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.
    Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat
    membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan
    rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh
    psikologis terhadap siswa.
    Jenis media yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran cukup
    beragam, mulai dari media yang sederhana sampai media yang canggih,
    misalnya media flip chart. Media flip chart merupakan lembaran kertas manila
    atau flano yang berisi pesan atau bahan pelajaran. Flip chart, memudahkan
    pengajar untuk menerangkan pelajaran atau informasi lain, baik gambar
    maupun tulisan. Bahan pelajaran atau gambar dalam flip chart dapat dijelaskan
    secara berurutan atau tahap demi tahap.
    Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru/ pengajar sering kali
    mengabaikan penggunaan media dalam proses pembelajaran, diantaranya
    seperti sulit mencari media yang tepat, waktu persiapan mengajar terbatas,
    dan biaya yang tidak ada.
    memilih menggunakan media flip chart dibandingkan dengan
    media yang lain, karena media flip chart ini walaupun sederhana tapi
    penerapannya sangat efektif, diantaranya penyajian materi bisa secara
    bertahap disampaikan kepada peserta didik, tidak banyak waktu yang
    terbuang dalam menyajikan materi karena pengajar telah menyiapkan materi
    di rumah, dan setiap lembaran flip chart dapat menarik perhatian dan minat
    peserta didik, karena adanya kombinasi antara gambar-gambar, huruf-huruf
    maupun angka. Untuk mempercepat pencapaian tujuan dalam proses
    pembelajaran salah satunya melalui media flip chart.
    menurut saya media pembelajaannya sudah bagus dengan menggunakan media flip chart,
    hanya saja dalam vedeo tersebut masih ada yang kurang yaitu :
    -Tidak mengabsen siswa.
    -Tidak menyebutkan Tujuan mempelajari peristiwa alam.
    -kurangnya melakukan Apersepsi.
    -Guru tidak mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
    -guru menyuruh siswa mengeluarkan buku IPA tapi tidak memberi tahu halamannya.
    -guru memberikan pertanyaan tentang materi baru sebelum menjelaskan, sehingga siswa kebingungan saat akan menjawab.
    Demikian yang dapat saya sampaikan.
    saya ucapkan Terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb.

  3. berdasarkan video yang telah saya lihat, menurut saya urutan proses pembelajaran tidah runtut, dalam menjelaskan materi terlalu tergesa-gesa, saat menggunakan media flip chart guru pun masih kurang detail saat menjelaskan masing-masing gambar sehingga siswa kurang bisa memahami tetapi interaksi siswa dan guru sudah terjalin dengan baik dan pertanyaan guru mengiring siswa untuk bisa berpikir apa saja yang termasuk bencana alam

  4. NAMA : PAJARIAH
    NIM : 858423074
    PRODI : S1-PGSD

    Pada Video pembelajaran tersebut guru belum melakukan apersepsi namun langsung memamparkan materi pembelajaran.Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga guru kesulitan dalam memberikan contoh benda dan tumbuhan kepada siswa ,siswa pun masih bingung apa yang di jelaskan guru tersebut.Alangkah baiknya guru menyediakan media ataupun alat bantu dalam pembelajaran sehingga guru dapat dengan mudah memberikan contoh-contohnya kepada siswa dan siswa pun dengan mudah untuk menangkap materi yang dijelaskan karena ada media ataupun alat bantu yang mereka lihat secara langsung.

  5. Nama : Mariati
    NIM : 856565365

    Setelah melihat tayangan video pembelajaran tersebut guru sudah baik dalam menyampaikan materi dan menjelaskan materi dengan menggunakan media flip chart .
    Kekurangan dalam video pembelajaran yg di lakukan guru tersebut seharusnya lebih banyak melibatakan siswa dalam pembelajaran .

  6. Menurut pendapat saya dari video yang sudah ditonton tersebut terlihat seorang guru sedang memberikan tentang “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”.

    Kekurangan dari video :
    1.Pada saat kegiatan awal atau pendahuluan pembelajaran guru belum melakukan apersepsi.
    2. guru tidak menjelaskan arah dan tujuan pembelajaran
    3. Pada video tersebut terlihat guru tidak menggunakan media / tidak menggunakan video pembelajaran yang bisa ditonton langsung oleh peserta didik sehingga murid susah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
    4. guru tidak menanyakan siswa tentang contoh peristiwa alam dan guru tidak meminta siswa untuk mendeskripsikan bentuk kejadian alam tersebut.
    5. guru tidak mengaktifkan mode diskusi dalam pembelajaran tersebut.

    adapun kelebihan video :
    1. Guru sangat menguasai materi sehingga siswa mudah memahami materi yang di sampaikan.
    2. Intonasi dan penggunaan bahasa yang jelas dalam penyampaian materi.
    3. Menggunakan media sederhana sehingga sangat membantu siswa memahami pembelajaran yang sedang di ikuti.

  7. Nama : Sonia Rizki
    Nim : 856734963
    Prodi : S1 – PGSD

    Menurut pendapat saya dari video yang sudah ditonton tersebut terlihat seorang guru sedang memberikan tentang “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”.

    Kekurangan dari video :
    1.Pada saat kegiatan awal atau pendahuluan pembelajaran guru belum melakukan apersepsi.
    2. guru tidak menjelaskan arah dan tujuan pembelajaran
    3. Pada video tersebut terlihat guru tidak menggunakan media / tidak menggunakan video pembelajaran yang bisa ditonton langsung oleh peserta didik sehingga murid susah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
    4. guru tidak menanyakan siswa tentang contoh peristiwa alam dan guru tidak meminta siswa untuk mendeskripsikan bentuk kejadian alam tersebut.
    5. guru tidak mengaktifkan mode diskusi dalam pembelajaran tersebut.

    adapun kelebihan video :
    1. Guru sangat menguasai materi sehingga siswa mudah memahami materi yang di sampaikan.
    2. Intonasi dan penggunaan bahasa yang jelas dalam penyampaian materi.
    3. Menggunakan media sederhana yang akan membantu siswa memahami pembelajaran yang sedang di ikuti.

  8. Nama : Albert Aritonang
    Nim : 856036596
    UT Pokjar Humbahas .

    Salam sejahtera buat kita semua
    Saya ingin memberikan sedikit comentar saya terhadap video pendidikan .
    1. Guru sudah baik terhadap murid tersebut dalam mengajar anak didik , dan memberikan solusi solusi kepada murid tersebut .
    2. Guru langsung terjun pada mata pelajaran , padahal belum melakukan , seyum, sapa , salam , atau berdoa pada awal masuk ke dalam ruangan .
    3. Setelah memulai pelajaran , sudah memberikan sedikit banyak nya pengarahan pada mata pelajaran yang di ampuh , siswa tersebut harus kita ajak diskusi , setelah diskusi kita ajak ke taman, linhkungan yang ada di daerah tersebut .
    Karna anak didik tersebut harus kita bimbing secara langsung dan harus menunjukkan manakah yang bisa di tanam dan tidak bisa di tanam , atau di lingkungan tersebut bisa kita konsumsi atau kita kelola jadi obat .
    Maka dengan itu murid harus bisa mengutarakan apa saja yang di ketahui apa saja yang ada di lingkungan kita .
    Baru kita beri penilaian kepada anak didik kita .
    Semoga kedepan nya ,kita semua guru bisa menjadi teladan kepada anak didik kita .
    Sekian dan terimakasih .

  9. Nama : Dewi Fitri Kurniawati
    NIM : 858901836
    UPBJJ : Jember

    Dalam video pembelajaran tersebut sudah cukup menarik, akan tetapi masih ada beberapa kelemahan pembelajaran dalam video tersebut.
    Kelemahan yang saya temukan pada video pembelajaran tersebut yaitu:
    1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
    2. Guru bukannya memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicaakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
    3. Ketika guru membuka berbagai flip chart, nampak tergesa-gesa dan tidak ada penjelasan.
    4. Flip chart yang digunakan kurang jelas semua siswa yang ada di dalam kelas tidak dapat melihatnya.
    5. Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan evaluasi atau tugas.

    Selain itu, ada beberapa kelebihan dalam video pembelajaran tersebut diantaranya:
    1. Guru sudah menggunakan media pembelajaran (berupa flip chart) yang cukup menarik, efektif, dan mudah dipahami oleh siswa.
    2. Guru sudah menggunakan strategi dan metode yang baik.
    3. Guru cukup menguasai kelas sehingga siswa dapat dengan tertib mendengarkan penjelasan dari guru.
    4. Guru mampu memberikan pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa.
    5. Siswa terlihat antusias dan semangat ketika guru memberi pertanyaan.
    6. Guru memberikan umpan balik yang bagus terhadap siswa sehingga kelas lebih aktif.

  10. Nama : Paramita Sari Harahap
    NIM : 859893233
    Prodi : S1-PGSD BI
    Kelas : D

    Menurut pendapat saya setelah menonton dan mengamati video “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD” diatas dapat dilihat penggunaan media flip chart mampu menjeaskan dan menyampaikan materi dengan baik, penggunaan media ini dapat memberi gambaran kepada siswa mengenai materi peristiwa-peristiwa alam di Indonesia. Guru sangat menguasai dan terampil menggunakan media dan materi yang di jelaskan serta mengaitkan gambar pada flip chart dengan fenomena nyata yang mungkin sering dijumpai peserta didik. Terlihat pula siswa cukup antusias dalam mendengarkan pemaparan materi dari guru. Guru juga membuat sesi tanya jawab dalam menjabarkan materi sehingga siswa terlihat aktif dan tertarik untuk menjawab pertanyaan dari guru, hal ini tentu menghilangkan rasa bosan siswa pada materi.
    Kekurangan pada kegiatan pembelajran yang dilakukan guru pada video tersebut adalah, 1) pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan, arah dan kegiatan apa yang akan dilakukan hari ini, 2) guru tidak melakukan apesepsi 3) dalam penggunaan media sayangnya hanya guru yang terlibat aktif dalam menjelaskan materi, mungkin dapat meminta siswa untuk mengamati gambar lalu menjelaskan dan guru dapat mengkonfirmasi pendapat siswa, jadi pembelajaran lebih tampak menyenangkan aktif dan kreatif.

Leave a Reply