silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

167 Comments

  1. Nama: Agista Alfinada
    NIM : 857132834
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ : Jakarta
    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Berikut ini adalah tanggapan saya terkait video “Mengajar dengan Menggunakan Media Flowchart”:

    Kelemahan pada video pertama terlihat dari suasana kelas yang kurang kondusif, dimana siswa tampak gaduh dan saling mengganggu meskipun guru sudah berada di depan kelas. Hal ini terjadi karena guru belum menjalankan tahapan pembelajaran dengan optimal, seperti kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, serta kegiatan penutup. Ketidakhadiran tiga tahapan penting tersebut berdampak pada kurang efektifnya proses pembelajaran, rendahnya tingkat pemahaman siswa, dan belum tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal.

    Kelemahan pada video kedua adalah ketika guru tidak terlebih dahulu menjelaskan struktur organisasi pemerintahan. Guru langsung menyampaikan materi menggunakan media flowchart dengan bantuan slotcard yang ditempel berdasarkan urutan pemerintahan. Meskipun metode flowchart sangat berguna dalam memvisualisasikan alur proses, namun metode ini memiliki keterbatasan dalam menjelaskan konsep dan teori secara mendalam. Penggunaan flowchart sebagai media pembelajaran membutuhkan pemahaman yang kuat terhadap materi agar alur yang digambarkan dapat dipahami dengan baik oleh siswa.

    Demikianlah tanggapan saya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  2. Nama: Noviyanti
    NIM: 857332613
    UPBJJ UT: Bogor
    Assalamualaikum wr. wb.
    Mohon izin untuk menanggapi terkait video “mengajar dengan menggunakan media flowchart” diatas.
    Menurut pendapat saya media yang dipilih oleh guru pada pembelajaran IPS sudah sesuai dan cukup membantu menarik minat siswa terhadap pelajaran tersebut. Hanya saja terdapat beberapa kelemahan dari video yang ditampilkan. Antara lain, guru tidak menyusun atau kurang melaksanakan proses pembuka, inti, dan penutup pembelajaran, sehingga siswa terlihat kurang kondusif. Seharusnya guru bisa mengawali dengan meminta siswa memimpin untuk doa bersama, mengecek kehadiran siswa, melakukan apersepsi diawal untuk mengawali pelajaran dan mempersiapkan murid untuk belajar. Kemudian dapat dilanjutkan dengan memberikan informasi tujuan pembelajaran kepada siswa dan memperdalam materi melalui flowchart yang sudah diisi bersama siswa. Kekurangan lainnya yaitu guru kurang memperhatikan satu persatu siswanya saat proses belajar, sehingga di akhir pelajaran baru ditemui siswa yang tidak memperhatikan saat pelajaran sedang berlangsung. Maka untuk saran kedepannya guru dapat menyiapkan ice breaking untuk membuat siswa tetap fokus dan membuat siswa tidak merasa jenuh saat belajar.
    Demikian tanggapan dari saya, mohon maaf jika ada kesalan. Terima kasih atas perhatiannya
    Wasalamualaikum wr.wb

  3. Lia Agustina
    856591661
    menurut saya, pada video pembelajaran ini guru tidak melakukan ice breaking sehingga membuat suasana kelas tidak kondusif dan tidak terkontrol, media pemeblajaran yang digunakan ghuru udah baik untuk membuat siswa menjadi aktif selama pembelajaran berlangsung

  4. NAMA: MONI PEBRIAN
    NIM: 856602313
    PRODI: PGSD
    Video “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart” menyajikan metode yang efektif untuk membantu siswa memahami struktur pemerintahan desa. Penggunaan flow chart sebagai alat visual mempermudah siswa dalam mengikuti alur informasi. Namun, video dapat ditingkatkan dengan penjelasan lebih mendalam tentang setiap elemen yang ditampilkan. Menambahkan interaksi, seperti tanya jawab, dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Proses pembelajaran ini akan menjadi lebih menarik jika guru memperhatikan tahap perkembangan anak, konten flow chart perlu disajikan dengan bahasa yang sederhana dan ilustrasi yang jelas, sesuai dengan pemahaman siswa kelas 3 SD. Sebelum memulai pembelajaran, guru perlu mengkondisikan dan menyiapkan murid dan lingkungan belajar murid lebih fokus dan siap, sehingga tercipta suasana belajar yang positif. Guru perlu berperan sebagai fasilitator yang menuntun murid menemukan pengetahuannya sendiri dan memberikan penguatan terhadap pemahaman muridnya. Guru perlu mendorong siswa untuk menggali informasi lebih lanjut tentang struktur pemerintahan dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penggunakaan media flow chart juga bisa dipadukan dengan kegiatan diskusi secara berkelompok, agar setiap murid mendapat kesempatan yang sama dalam belajar. Guru juga bisa mengajak siswa berkontribusi dengan mendiskusikan dan membuat flow chart mereka sendiri untuk mengembangkan kreativitas. Perhatian yang guru berikan terhadap seluruh murid harus lebih merata, sehingga tidak ditemukan murid-murid yang tertidur selama proses pembelajaran. Dan jangan lupa untuk memberikan umpan balik positif saat siswa berpartisipasi aktif dalam menyusun flow chart.

  5. Nama : Atika Asinaida Tanjung
    Nim : 856026825

    Dari video diatas, menurut pendapat saya guru tidak dapat mengendalikan siswa, banyak siswa yang asik dengan kegiatannya sendiri, siswa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran di dalam kelas tidak berjalan dengan kondusif. Setelah melakukan refleksi dan melakukan perbaikan pembelajaran, guru dapat mengelola kelas dengan baik, karena guru menyediakan media yang menerik minat siswa.

  6. nama : jessica aprilia maruhawa
    nim : 859873152

    ijin menanggapi video di atas :
    Pembelajaran yang dilakukan guru sudah menarik, dan menggunakan media pembelajaran. Namun akan lebih baik apabila media pembelajaran yang di gunakan untuk pembelajaran saat ini lebih mengikuti perkembangan kebutuhan peserta didik, serta menggunakan media pembelajaran melalui pemanfaatan media teknologi

  7. Nama :Riko supardi
    NIM :856085961
    UPBJJ: Batam
    izin menanggapin hasil video di atas
    Komentar terhadap Video Pertama:
    Dalam video pertama, tampak bahwa suasana kelas kurang terkendali. Beberapa siswa tampak berbicara sendiri dan kurang memperhatikan guru meskipun pembelajaran sudah dimulai. Hal ini menunjukkan bahwa guru belum sepenuhnya menerapkan langkah-langkah pembelajaran secara sistematis, seperti pembukaan yang mampu menarik perhatian, kegiatan inti yang terstruktur, serta penutup yang merangkum materi. Ketidakhadiran struktur pembelajaran tersebut menyebabkan proses belajar menjadi kurang terarah, daya serap siswa menurun, serta tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal.

    Komentar terhadap Video Kedua:
    Pada video kedua, kelemahan terletak pada penyampaian materi yang tidak diawali dengan penjelasan konsep dasar mengenai struktur pemerintahan. Guru langsung memperkenalkan media flowchart dan slotcard untuk menjelaskan urutan jabatan dalam pemerintahan. Meskipun media ini bersifat visual dan dapat membantu siswa memahami alur, penggunaan metode ini tanpa pengantar konseptual membuat siswa kesulitan dalam menangkap makna mendalam dari materi. Media seperti flowchart seharusnya digunakan sebagai alat bantu setelah siswa memahami konsep, bukan sebagai pengganti penjelasan teori yang esensial.

Leave a Reply