silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

144 Comments

  1. NAMA : DANANG NURHALIMI
    NIM : 857145586
    PRODI PGSD

    •SEBELUM MENGGUNAKAN FLOW CHART ANAK- ANAK KURANG MEMPERHATIKAN DARI YANG DIJELASKAN OLEH GURU, DI SEBABKAN PEMBELAJARAN TERLALU MEMBOSANKAN
    • GURU TIDAK ADA KETRAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN SALAM KEPADA ANAK, MENUTUP PELAJARAN ,
    •HAL INI SANGAT UNIK SEHINGGA ADA ANAK YANG TERTIDUR KETIKA GURU MENERNGKAN DAN SEMUA SISWA TERTAWA.

  2. Nama : IHSAN FIRMANSYAH
    NIM : 877597731
    Prodi : PGSD
    Menurut pendapat saya dari video ini pada pendahuluan guru kurang mengkondisikan kelas banyak siswa yang bercanda dan bermain ,setelah itu guru berusaha menarik perhatian siswa dengan pembelajaran menggunakan media yang menarik dengan Flowchart yang dapat membantu siswa melihat struktur pemerintahan secara terorganisir, sementara slot card dengan penjelasan singkat berfungsi memecah informasi kompleks menjadi bagian-bagian sederhana. Ini sesuai dengan gaya belajar anak usia sekolah dasar, yang lebih menyukai pembelajaran konkret dan melibatkan aktivitas langsung.
    Penggunaan media ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif, misalnya dengan memasang slot card di flowchart yang telah disediakan. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu mereka lebih mudah mengingat materi karena terlibat secara fisik dan visual. Guru perlu berperan sebagai fasilitator yang membimbing murid menemukan pengetahuannya sendiri dan memberikan penguatan terhadap pemahaman muridnya. Guru perlu mendorong siswa untuk menggali informasi lebih lanjut tentang struktur pemerintahan dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.Perhatian yang diberikan guru terhadap seluruh murid harus lebih merata, sehingga tidak ditemukan murid-murid yang tertidur selama proses pembelajaran. Dan jangan lupa untuk memberikan umpan balik positif saat siswa berpartisipasi aktif dalam menyusun diagram alir.

  3. NAMA : DJEFRIDUS KLAU, S.Pd.
    NIM : 501372279
    PRODI : MPDR

    Judul Video 2, “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart”.
    Di awal video itu, guru tidak menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, Saran saya guru harus memiliki strategi untuk menciptakan pusat konsentrasi dan pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif, guru merefleksi diri dan menyiapkan alur pembelajaran struktur pemerintah desa dengan menggunakan media belajar flow chart. Sekian dan terima kasih.

  4. Nama: Enung Setiawati
    Nim: 857401377
    Prodi: PGSD

    Dalam vidio tersebut tidak ada pembuka kelas dulu dan tidak ada penjelasan,
    Dan mungkin sebagian anak akan merasa kebingungan tugas apa yg akan dilaksanakan tersebut

Leave a Reply