silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai dengan kurikulum.
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
ALIFHA MUAD FASHA, 857440988, S1 PGSD
Nama : Intan Yulistiana
Nim : 856455161.
Pembelajaran yang dilakukan di video tersebut terdapat banyak sekali kelemahan yang tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran..
Contohnya seperti kegiatan pendahuluan yang meliputi:
1. Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa..
2. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan
4. Tidak melakukan ice breaking, yang mana kegiatan tersebut dapat membantu suasana kelas menjadi kondusif..
Nama : Intan Yulistiana
Nim : 856455161.
Pembelajaran yang dilakukan di video tersebut terdapat banyak sekali kelemahan yang tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran..
Contohnya seperti kegiatan pendahuluan yang meliputi:
1. Guru tidak mengucapkan salam dan berdoa
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak melakukan tahapan penyampaian kegiatan dengan baik.
4. Tidak melakukan ice breaking, yang mana kegiatan tersebut dapat membantu suasana kelas menjadi kondusif..
Nama : Annisa Nurpratami Putri Yunasari
NIM : 857425731
S1 PGSD
Pembelajaran yang dilakukan pada video memiliki beberapa kelemahan yang tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran. Kelemahan yang terdapat pada video tersebut yaitu;
1. Guru langsung memulai pembelajaran, tidak menyertai pendahuluan (Memberi Salam, Berdoa, Absensi)
2. Guru tidak mengulangi/mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya
3. Guru langsung memulai pembelajaran tanpa mengkondisikan siswa terlebih dahulu
4. Anak-anak terlihat tidak kondusif bahkan asik bermain dengan temannya, tanpa memperhatikkan ibu guru mereka
5. Guru menggunakan metode ceramah dan menggunakan alat peraga seadanya.
Saran yang dapat saya berikan;
Guru seharusnya terlebih dahulu mengucapkan salam ketika masuk kedalam kelas, lalu mempimpin do’a sebelum melakukan pembelajaran dan setelah itu melakukan absensi kepada murid agar kita dapat mengetahui berapa siswa yang hadir. Kemudian, sebelum kita masuk kepada materi selanjutnya kita harus mengulangi sedikit materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk mengingatkan kembali kepada anak-anak. Setelah itu, guru bertanya kepada murid-muridnya apakah siap untuk mempelajari materi selanjutnya dan setelah itu guru memberikan ice breaking agar murid-murid lebih semangat dalam belajar. Sebelum memulai materi baru, guru menjelaskan terlebih dahulu materi, tujuan dan pencapaian yang harus mereka penuhi agar terstruktur. Untuk anak di keals rendah,menggunakan metode ceramah saja tidak cukup bahkan bisa membuat mereka bosan, disini guru sudah menggunakan alat peraga tetapi hanya dengan alat seadanya. Sebaiknya alat peraga lebih dipersiapkan dengan matang agar anak-anak penasaran sehingga membuat mereka semakin semangat dan ingin mengetahui lebih dalam tentang materi tersebut.
ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN DI LAMAN GURU PINTAR ONLINE
Nama : Nurhasanah
NIM : 858082338
A. Judul Video yang Dianalisis
Adapun Video yang dianalisis adalah video dengan judul Pembelajaran dengan Menggunakan Media Flowchart “.
B. Kelebihan pada Pembelajaran yang dilaksanakan pada Video tersebut adalah :
1. Guru tampak menggunakan media pada proses pembelajaran yang membahas materi tentang struktur pemerintah Desa.
2. Guru tampak melibatkan siswa secara langsung (Guru Menunjuk siswa bernama Devi) untuk memasangkan Tulisan yang telah disediakan ke bagan yang terpajang di papan tulis.
3. Siswa bernama Devi memahami pelajaran tersebut tampak bahwa dia mampu meletakkan kartu tulisan di bagan yang tepat.
4. Siswa tampak sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran, tampak ketika guru bertanya hampir semua siswa bertunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan guru ke depan.
5. Materi dan proses pembelajaran susuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
C. Kekurangan pada Pembelajaran yang dilaksanakan pada Video tersebut adalah :
1. Guru tampak memulai pembelajaran di kelas tanpa dimulai dengan Doa terlebih dahulu.
2. Guru tidak menjelaskan tentang apa itu struktur organisasi, dan apa itu struktur organisasi pemerintah Desa.
3. Guru tampak kurang menguasai kelas, tampak pada proses pembelajaran terdapat seorang siswa laki-laki bernama Rizki sedang tertidur.
4. Guru tampak tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan.
5. Guru tampak mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Doa Penutup.
ANALISIS VIDIO PEMBELAJARAN DI LAMAN GURU PINTAR ONLINE
Nama : Nike Rizqy Karima
NIM : 858862268
Prodi : PGSD BI – 119 2A
“Analisis vidio pembelajaran IPS (pembelajaran Menggunakan Flow Chart)”
Dalam vidio yang disajikan terdapat kondisi kelas yang sangat tidak kondusif dan guru terlihat tanpa persiapan sehingga siswa pun tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran sehingga tercipta suasana kelas yang tidak kondusif. Nah dari vidio tersebut dapat diambil beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:
A. Kelebihan
1. Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa
2. Media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan materi yang diajarkan seingga mudah dipahami
3. Guru melibatkan siswa secara langsung sehingga terjadi pembelajaran 2 arah yang menjadikan siswa lebih aktif dan terfokus
4. Dengan media dan metode yang digunakan siswa menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran
B. Kekurangan
1. Kegiatan pembelajaran tidak dilaksanakan secara runtut sehingga siswa belum siap untuk memulai pembelajaran
2. Tidak ada apresepsi pembelajaran seperti salam, berdoa, absesnsi ataupun ice breaking
3. Guru masuk kelas terlihat tanpa rencana sehingga kelas kurang kondusif
4. Guru belum menjelaskan terlebih dahulu mengenai materi yang akan dibahas
5. Guru tampak kurang menguasai kelas karena ada siswa yang tertidur
6. Guru tidak memberikan kesimpulan pembelajaran
7. Guru mengakhiri pembelajaran tanpa do’a dan kalimat penutup.
Nama : Ana Rohayani
NIM : 859134367
Prodi : S1-Pgsd
dari beberapa video yang saya tonton, semuanya memang tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran, tidak adanya salam pembuka dan apersepsi mungkin untuk mempersingkat waktu. akan tetapi dalam video-video pembelajaran tersebut menurut saya hanya menyampaikan masalah inti yang sering dihadapi guru dan bagaimana kreativitas guru dikembangkan. sangat membantu.
Nama : Jimmy Ardi Pradana
NIM : 85882166
Prodi : S1-PGSD
A. Judul Video
– “Pembelajaran dengan Menggunakan Media Flowchart”
– Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-menggunakan-flow-chart/
– Screenshoot Komentar
B. Kelebihan
– Guru tampak menggunakan media pada proses pembelajaran yang membahas materi tentang struktur pemerintah Desa.
– Guru tampak melibatkan siswa secara langsung (Guru Menunjuk siswa bernama Devi) untuk memasangkan Tulisan yang telah disediakan ke bagan yang terpajang di papan tulis.
– Siswa bernarna Devi memahami pelajaran tersebut tampak bahwa dia marnpu meletakkan kartu tulisan di bagan yang tepat.
– Siswa tampak sangat antusias untuk mengikuti pernbelajaran, tampak ketika guru bertanya hampir semua siswa bertunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan guru ke depan.
– Materi dan proses pembelajaran susuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
C. Kekurangan
– Guru tampak memulai pembelajaran di kelas tanpa dimulai dengan Doa terlebih dahulu. 2) Guru tidak menjelaskan tentang apa itu struktur organisasi, dan apa itu struktur organisasi pemerintah Desa.
– Guru tampak kurang menguasai kelas, tampak pada proses pembelajaran terdapat seorang siswa laki-laki bernama Rizki sedang tertidur.
– Guru tampak tüak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan
– Guru tampak mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Doa Penutup.
Nama : Dewi Marpaung
NIM : 859894837
Prodi : S1 PGSD
Judul video yang sudah saya tonton adalah pembelajaran dengan menggunakan media flochart.
Kelebihan :
1. Guru mengajar dengan menggunakan media sehingga siswa dengan mudah mengerti pelajaran
2. Guru melibatkan siswa dalam belajar mengajar di ruangan.
3. Guru memberi pujian kepada siswa yang ikut serta mengerjakan kepalanya tulis
4. Siswa bersemangat belajar
Kelemahan :
1. Guru membuka pelajaran tampa mengucapkan salam
2.Guru mengajar tidak diawali dengan doa.
3. Guru tidak menguasai kelas.
4 . Guru mengajar secara monoton
Nama : Niken Arika Putri
NIM : 858894408
Prodi : S1-PGSD
Berdasarkan pembelajaran yang ada divideo tersebut, nampak bahwa suasana kelas tidak kondusif, dan siswa cenderung ramai sendiri. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam dan doa. Guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah yang terkesan sangat monoton sehingga banyak siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Guru kurang dapat mengkondisikan kelas hal ini terlihat dari masih terdapat siswa yang tertidur saat jam pelajaran.
Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran, nampak bahwa guru telah menggunakan media dalam pembelajarannya, guru juga telah melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta nampak siswa mulai antusias mengikuti pembelajaran.