silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

53 Comments

  1. Nama : RIDHO ULIL AMRI
    NIM : 858568595
    Review video pembelajaran IPS
    PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN FLOW CHART
    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-menggunakan-flow-chart/

    Dalam video tersebut, seorang guru sedang mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan topik tentang aparatur atau perangkat desa dan kelurahan. Guru tersebut menggunakan metode ceramah dan media berupa diagram alir atau flow chart yang ditempel di depan kelas. Namun, tampaknya respon siswa terhadap metode pembelajaran yang dilakukan ini kurang mendapatkan perhatian dan cenderung tidak mendapatkan hasil yang maksimal

    Adapun beberapa kelemahan yang saya soroti dalam video pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:

    a. Kegiatan Pembukaan : Dalam kegiatan pembuka tampak bahwa guru tidak memulai pembelajaran dengan salam dan doa. Selain itu, guru juga tidak mengecek kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran. Akibatnya, siswa tampak ramai dan gaduh dan tidak memperhatikan selama proses pembelajaran terjadi.
    b. Pada Penjelasan Materi: Guru tidak memberikan penjelasan yang cukup tentang materi yang diajarkan. Tidak ada definisi yang jelas tentang apa itu aparatur atau perangkat desa dan kelurahan serta fungsinya, padahal metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, sehingga siswa tidak mendapatkan materi secara sempurna.
    c. Pada Kegiatan Pembelajaran: Guru terlihat kurang interaktif dan kurang mampu menarik perhatian siswa sehingga siswa cenderung abai pada penjelasan yang diberkan oleh guru. Padahal untuk metode ceramah, guru harus mampu menarik perhatian siswa agar siswa mendengarkan sehingga materi yang diberikan dapat diserap secara efektif.
    d. Penutupan Pembelajaran: Guru tidak melakukan salam penutup saat mengakhiri pembelajaran.

    Namun, video tersebut juga memiliki beberapa kelebihan:
    a. Penggunaan Media: Penggunaan media dalam pembelajaran tampak menyenangkan dan berhasil menarik antusiasme siswa. Siswa tampak sangat antusias untuk membantu guru dalam menempelkan struktur perangkat desa di depan kelas.

  2. NAMA : NUNI LESTARI
    NIM : 857382592
    UPBJJ : BOGOR
    POKJAR : LEUWILIANG
    Menurut saya, pada awal video ditampilkan kegiatan pembelajaran yang monoton dengan metode ceramah, guru memulai pembelajaran tanpa berdoa dan apersepsi, keadaan kelas di awal belum kondusif namun guru sudah memulai pembelajaran sehingga siswa kurang terarik dengan pembelajaran tersebut.
    Setelah menggunakan media Flow Chart dapat diketahui bahwa:
    Kelebihan video
    1. Guru mampu menyiapkan peserta didik dalam keadaan rapi sebelum memulai pembelajaran.
    2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran diawal menggunakan media pembelajaran sehingga tidak monoton.
    3. Guru dapat mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan cara meminta siswa menempelkan bagian struktur kepala pemerintahan tingkat desa.
    4. Siswa cukup antusias untuk aktif dan maju kedepan kelas ikut berpartisipasi.
    5. Guru memberikan timbal balik berupa apresiasi kepada siswa yang berani maju kedepan kelas.

  3. Nama : Entelina Hutajulu
    NIM : 856095314
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Asahan

    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-menggunakan-flow-chart/
    Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flowchart
    Menurut analisa saya pada vidio pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan topik Struktur Pemerintahan Desa memiliki kekurangan yaitu
    1. Pada kegiatan pembelajaran guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.
    2. Pada saat akan memulai pembelajaran guru tidak mencek kesiapan siswa , sehingga pada saat pembelajaran berlangsung siswa ada yang ribut dan ada yang jalan- jalan di kelas.
    3. Guru tidak menjelaskan materi tentang struktur pemerintahan desa

    Selain memiliki kekurangan vidio pembelajaran ini juga memiliki kelebihan yaitu:
    1. Dalam Vidio pembelajaran ini menggunakan media pembelajaran Flowchart sehingga guru dapat menarik perhatian siswa untuk ikut aktif menempelkan Struktur Pemerintahan Desa.
    2. Guru mampu menguasai kelas.

Leave a Reply