silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”, “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”, dan “tepuk tangan”.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.
Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.
Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.
Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.
Wing Hanyom Sari
Nama:ita’ul afidah
Nim:3858872251
Dalam vidio ini menurut saya sangat bagus sekali.vidio yang berjudul pemberian hadiah pada anak..tidak hanya itu.kalimat berupa pujianpun juga sangat penting dan berharga bagi anak didik kita.untuk menambah rasa percaya diri anak untuk melakukan hal yang baik lagi..membuat anak semangat bersekolah dan sangat belajarnya…
Nama: Uun Churotul Jannah
Nim. : 858872309
Prodi.: PG PAUD
Assalamualaikum wr.wb
Dari video di atas memberikan pujian / penghargaan kepada anak dengan experisi guru yang sangat menyenangkan buat anak termotivikasi,anak merasa di hargai,jadi pemberian pujian itu sangat perlu di lakukan untuk anak usia dini
Wa’alaikum salam wr.wb
Nama: Eva Yuniya Tsanita
NIM : 858868631
Dalam video tersebut , menampilkan seorang guru yang memberikan pujian yang tepat. Apalagi guru memberikan pujian dengan ekspresi wajah seperti senyuman dan ungkapan kata “hebat, bagus”.
Tips-tips dalam memberikan pengghargaan dalam video tersebut sangat bagus jika benar-benar diterapkan.
Pujian dapat memberikan dampak positif pada anak , dapat meningkatkan kepercayaan diri, menumbuhkan motivasi belajar dan mengembangkan diri. Sebagai guru jangan pernah membanding-bandingkan anak dengan anak yang lain, justru sebagai guru mampu memberikan dorongan kepada anak yang belum dapat melakukan perbuatan baik, disiplin dan belum mentaati peraturan. Pada tips-tips yang di sampaikan pada video tersebut bahwa memberikan penghargaan tanpa berlebihan.
Nama: Neti Nurhayati
Nim : 858868799
Prodi: PG PAUD BI
Setelah melihat video penerapan ketaatan melalui pemberian penghargaan diatas menurut saya hal tersebut adalah suatu trik yang sangat tepat yang seharusnya digunakan ibu guru paud dalam kegiatan sehari hari dengan memberikan pujian pujian atau reward yang positif akan memupuk semangat anak dalam aktivitas disekolah anak akan tampak ceria, senang, bahagia dan merasa dihargai dengan demikian anak akan selalu ingat dan selalu mentaati peraturan peraturan yang ada disekolah.
Nama : Uun Churotul Jannah
Nim : 858872309
Prodi : PG PAUD
Assalamu’alikum wr.wb
Dari video diatas memberikan pujian atau penghargaan kepada anak dengan expresi guru yang sangat menyenangkan membuat anak termotivikasi dan membuat anak dihargai,jadi pemberian pujian itu sangat perlu dilakukan untuk anak usia dini
Wa’alaikum sallam wr.wb
Assalamualaikum wr.. wb..
Nama : IKA NOVIDA YENI
Nim : 859171208
Prodi : PGPAUD
Hasil Analisis Video Tentang Membentuk Ketaatan Peraturan Anak Usia Dini : Dengan Pemberian Hadiah “Praise”
Dalam hal ini perlu adanya kesabaran bagi guru untuk dapat menjelaskan serta mencontohkan kepada anak didik sikap disiplin dari berbaris yang benar sesuai urutannya jangan saling mendorong dan menyerobot. Oleh karena itu perlunya penanaman nilai kedisiplinan pada anak sejak dini. Cara memberi hadiah “praise” juga dapat membentuk kedisiplinan agar anak semangat melakukan kegiatan. Hadiah “ Praise” tidak hanya di tunjukkan dengan benda atau barang melainkkan juga dengan pujian seperti : Hebat, Pintar dan pujian yang lainnya untuk menyemangati anak-anak dalam melakukan kegiatan yang sudah dilakukan. Bagi anak yang belum bisa mengikuti penerapan kedisiplinan tersebut guru tetap harus memberikan dorongan berupa pujian agar anak dapat melakukan hal yang sama seperti teman-temannya sehingga tidak ada perbedaan antara anak yang sudah menerapkan kedisiplinan pada dirinya.
Nama : Siti Masitoh
NIM : 857477833
Program Studi : S1 PGPAUD Masukan Sarjana Pokjar Gambir
Dosen : Rostini, S.Pd., M.Pd.
Setelah saya menyaksikan tayangan ideo dari Seri Menanamkan Ketaatan Peraturan PAUD yang berjudul Pemberian Hadiah “Praise” saya rasa apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat dalam memberikan penghargaan terhadap anak yang sudah berlaku baik. Pemberian reward kepada anak tidak melulu tentang memberikan sesuatu berbentuk benda. Penghargaan ini bisa berupa pemberian pujian yang dilakukan baik dengan cara verbal dan non verbal misalnya dengan kata-kata, ekspresi wajah, melalui senyuman, gerak tubuh atau sekedar tepukan di pundak. Dari sekian banyak cara pemberian pujian yang dilakukan guru tersebut, yang paling saya sangat suka adalah saat guru memberikan pujian, beliau berikan dengan kata-kata yang sangat spesifik, cara tersebut sangat tepat karena dengan begitu anak akan bisa tahu kenapa dia dipuji dan nantinya secara otomatis anak jadi bisa menbedakan apa yang harus, boleh dan baik untuk dilakukan.
Melalui tayangan ini pun saya jadi tau bahwa pujianpun tidak bisa dilakukan secara sembarangan, dimana kita selalu pendidik harus memperhatikan cara memberikan pujian yang tepat, diantaranya:
1. Timing yaitu guru harus sesegera mungkin memberikan pujian tepat pada saat berlaku baik
2. Berikan pujian kepada seluruh anak dengan cara yang sama jangan membeda-bedakan
3. Tidak memberikan pujian secara berlebihan kepada anak, harus sesuai dengan porsinya dan sesuai fakta.
4. Berikan motivasi atau dorongan kepada anak yang memang kebetulan belum berbuat baik, belum disiplin juga belum taat aturan
Nama: WINARTI
Nim : 858870691
Prodi : PGPAUD BI
UPBJJ UT :MALANG
(Seri ketaatan peraturan PAUD pemberian Hadiah “praise” )
Dalam video ini menurut pemahaman saya sangat bagus banget, tentang guru memberikan hadiah kepada anak didiknya setelah anak tersebut melakukan sesuatu atau lebih jelasnya menyelesaikan tugas yg diberikan. karena anak akan lebih senang dan semangat dalam menyelesaikan tugasnya. Hal tersebut juga sering saya terapkan ditempat saya mengajar,saya selalu dan bahkan tiap hari memberikan apresiasi kepada anak didik saya contohnya: acungan jempol, memberikan memberikan reward berupa stiker bintang bagi anak yang menyelesaikan tugasnya dengan baik.dengan sistem saya ini membuat anak-anak sangat bersemangat dalam mengerjakan tugasnya dan merasa tidak bosan.
Nama : Hadi Atikasari
NIM : 858870598
Prodi : S1 PGPUD
UPBJJ : Malang
Menurut saya membentuk disiplin diri pada Anak Usia Dini dengan cara menanamkan ketaatan pada aturan melalui pemberian pujuan (praise) sngat tepat dilakukan guru agar anak usia dini selalu memiliki dorongan untuk beerbuat baik. Membeerikan hadiah atas perilaku anak yang taat aturan dapat dilakukan dengan cara verbal maupun nonverbal. Saat anak melakukan perbutan baik, misal berangkat sekolah tepat waktu segera mungkin ibu guru memberikan pujian agar anak semakin semangat disiplin dalam berngkat sekolah. Untuk anak yang blum melakukan perbuatan baik guru dapat memberikan dorongan kepada anak. Semoga anak didik kita dapat menjadi generasi yang disiplin dan taat aturan nantinya.
Nama : Veronika Lussia
NIM : 858866907
Seri menanamkan ketaatan peraturan PAUD dengan Pemberian Praise
Saya setuju jika guru selalu memberikan pujian kepada anak setelah melakukan perilaku ketaatan/kepatuhan atas suatu aturan yang sudah disepakati bersama. Pujian merupakan salah satu kebutuhan psikologis anak yang harus terpenuhi. Anak akan merasa dihargai atas segala perilaku yang baik oleh guru/ orang dewasa, sehingga anak akan bangga akan segala hasil usaha yang telah dilakukannya. Hal tersebut akan membuat anak mengulangi perilaku yang baik/ ketaatan setiap hari. Dan lama-kelamaan akan menjadikan suatu kebiasaan untuk berperilaku baik atau taat baik di lingkungan sekolah mauoun di rumah. Diharapkan pula bahwa selama anak-anak di rumah, orang tua/keluarga juga sebaiknya menerapkan sikap suka memberi pujian kepada anak ketika anak melakukan ketaatan/kepatuhan.