silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Sri Tatminingsih

Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

594 Comments

  1. NAMA : MARIA ULFA
    NIM : 858838456
    PRODI : PG PAUD AKPMM

    Menurut saya, dari video menanamkan ketaatan peraturan PAUD melalui pemberian hadiah “Parise” sangat efektif dalam membentuk perilaku positif sejak dini, karena anak masih dalam tahap perkembangan awal (fase fondasi) dimana mereka merespon lebih cepat dan baik terhadap pendekatan yang melibatkan penguatan positif daripada hukuman, karena hadiah / pujian bisa menjadi motivator yang kuat bagi anak-anak untuk mengikuti aturan. Mereka akan sangat senang jika perilaku mereka dihargai, tetapi harus juga dilakukan dengan strategi yang seimbang agar anak belajar memahami nilai ketaatan dan tanggung jawab.

  2. Nama : Mutia Nur Indah
    NIM : 857441331
    UT Bandung
    Pokjar : Baleendah
    Mata Kuliah : Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD4504)
    Judul video : Menanamkan ketaatan peraturan PAUD melalui pemberian hadiah “Parise”

    Kerap kali kita sebagai guru mendapati anak yang sulit diatur, anak tidak mau antri, saling mendorong dan sebagainya. salah satu tugas guru adalah menanamkan disiplin pada anak usia dini untuk menanamkan ketaatan dan peraturan pada anak usia dini. Salah satunya dengan memberi hadiah atau penghargaan yang bersifat verbal seperti “kamu pintar”, “kamu hebat”, dan juga yang non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap bahu dan kepala anak”dan juga tepuk tangan. Guru dapat memberikan penghargaan baik yang bersifat verbal maupun non verbal ini tanpa membeda bedakan peserta didik, dengan demikian anak akan merasa dihargai dan akan berupaya menjadi lebih baik dalam hal disiplin

  3. Nama : Isnaini Azizah
    NIM : 858839963
    Judul Video : Menanamkan Ketaatan Peraturan PAUD melalui Pemberian Hadiah “Praise”
    Pokjar : Salut Blitar Raya
    _________________________

    Sebagai pendidik kedisiplinan sangat perlu dikenalkan dan ditanamkan kepada anak usia dini. Dalam video tersebut upaya guru untuk melatih dan membentuk kedisiplin dalam mentaati peraturan dilingkungannya dengan mengajak anak untuk antri berbaris dan bergantian melaksanakan kegiatan gosok gigi. Guru juga memberikan reward berupa pujian-pujian positif dan memberikan apresiasi dari gerak tubuh sebagai simbol yang menandakan anak tersebut telah melakukan hal yang baik. Pemberian reward atau penghargaan bagi anak sangat memengaruhi perkembangan mereka. Anak yang mendapatkan reward, mereka akan merasa bangga karena dirinya merasa dihargai atas usahanya dalam berbuat baik. Sehingga, anak akan mulai terbiasa melakukan kedisiplinan dan ketaatan dilingkungan sekolahnya. Pemberian penghargaan atau hadiah dapat guru berikan dalam berbagai bentuk. Apabila ada anak yang belum bersedia melakukan kedisiplinan, maka guru tetap harus memberikan anak dorongan positif serta arahan-arahan yang menjadikan anak nantinya terbiasa bersikap disiplin dan taat terhadap peraturan yang ada dilingkungannya.

  4. Nama:Lailatul Kharisma
    NIM:858834427
    Dalam vidio tersebut nampak guru menanamkan disiplin pada anak dengan pemberian hadiah berupa verbal dan non verbal .Hadiah verbal berupa kalimat verbal seperti pemberian pujian dan dorongan pada anak yang belum menanamkan sikap disiplin.Untuk non verbal seperti mengacungkan ibu jari ,mengusap kepala anak,mengusap bahu anak.Dengan pemberian hadiah seperti itu anak akan merasa di hargai oleh guru.

  5. Nama : Maimunah
    Prodi : PGPAU
    UPBBJ : MALANG
    Judul Video : Menanamkan Ketaatan Peraturan PAUD melalui Pemberian Hadiah “Praise”
    menurut video yang telah sy amati, wajib untuk pendidik, untuk selalu memberi apresiasi terhadap anak tanpa membedakan satu sama lain, dari aprsiasi tersebut akan menimbulkan rasa semangat berkali-kali lipat terhadap anak. Memberi apresiaisi tidak harus dari hadiah saja ,contohnya bisa dari ucapan ” wah kamu hebat nak” “bagus sekalii”dari situ saja sudah menimbulkan rasa senang serta merasa dihargai bagi anak tersebut.

  6. Nama : Iim Nursyamsiyah
    NIM : 857475592
    Luarr biasa,,, menjadi seorang Guru PAUD itu harus menyenangkan dan energik, termasuk dalam menanamkan kedisiplinan anak. Disiplin disini bukan berarti menggunakan nada tinggi, melainkan dengan bahasa tubuh dan pujian disertai dengan senyuman. Seperti dalam video tersebut, upaya bu guru dalam menanamkan kedisiplinan dengan memberikan pujian terhadap anak yang melakukan kebaikan dapat membuat anak termotivasi dan lebih percaya diri sangat baik. Itu akan memberikan kesan kepada anak, bahwa dirinya merasa dihargai keberadaannya, dan jikapun ada yang melanggar bu guru tersebut menegurnya dengan teguran yang membangun, sehingga anak akan termotivasi untuk mengikuti arahan bu guru. Terimakasih

  7. Nama : Yayah Rohayati
    Nim : 857477288

    seperti dalam video yang berjudul “penerapan ketaatan aturan melalui pemberian penghargaan (praise)”, sebagai seorang guru kita harus bisa membentuk dan menanamkan rasa kedisiplinan pada anak. yang harus dilakukan oleh guru salah satunya adalah dengan memberikan penghargaan, perhatian serta pujian pada anak. cara memberikan pujian yang tepat menurut video tersebut adalah penghargaan dalam bentuk pujian dapat dilakukan dengan kata-kata, ekspresi wajah, atau gerak tubuh. seperti memberikan senyuman, tepuk tangan, memberikan dua jempol, ataupun kata-kata (hebat, bagus, pinter).
    seorang guru harus memberikan penghargaan yang tepat kepada anak dengan cara memberikan penghargaan sesudah anak melakukan perbuatan baik, berikan penghargaan kepada perbuatan anak tanpa membedakan anak yang satu dengan yang lainnya, berikan dorongan kepada anak yang belum dapat melakukan perbuatan baik dan belum dapat mentaati peraturan, berikan penghargaan pada anak tanpa berlebihan.

  8. 2. Berdasarkan tayangan video “Seri Ketaatan Peraturan PAUD – Pemberian Hadiah (Parise)” terlihat upaya seorang guru menanamkan kedisiplinan kepada AUD,upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberikan penghargaan bersifat verbal dan juga nonverbal saat menyikapi keberhasilan anak saat mampu melakukan sesuatu yang baik.
    Menurut pendapat saya memberikan reward pada anak baik yang bersifat verbal ataupun nonverbal memberikan manfaat menstimulus prilaku ketaan peraturan AUD,hal ini karena saat anak mampu mematuhi peraturan dan mendapatkan penghargaan, mereka akan lebih termotivasi untuk terus melakukannya. Dengan memberikan reward secara konsisten setiap kali anak mematuhi peraturan,akan membantu membangun kebiasaan baik yang berkelanjutan. Seiring waktu, penghargaan dapat membantu anak mengembangkan motivasi diri untuk mematuhi peraturan, bukan hanya karena ingin mendapatkan reward, tetapi karena mereka memahami pentingnya perilaku tersebut.Selain memberikan dampak positif ,adapula dampak negatifnya .Jika penghargaan diberikan secara tidak adil atau hanya kepada anak tertentu, hal ini dapat menimbulkan rasa iri antara anak-anak,dan jika penghargaan diberikan untuk hal-hal yang yang cukup sepele, anak mungkin merasa bahwa mereka tidak perlu berusaha keras untuk mendapatkan pengakuan orang sekitarnya kemudian hal ini dapat mengurangi nilai usaha.

  9. Nama. : Versi Sartika
    Nim : 856838468
    Judul video : menanamkan ketaatan peraturan PAUD melalui pemberian hadiah.
    Didalam video yang saya perhatikan tampak seorang pendidik berupaya dalam mendisiplinkan peserta didik nya
    Pendidik berusaha agar semua anak didiknya mengikuti peraturan dengan memberikan pujian pujian , kata kata yang membuat peserta didik senang dan bahagia, memberikan penghargaan kepada semua anak didiknya Tampa membeda bedakan anak didiknya. Dengan demikian, peserta didik nya merasa sangat dihargai dan termotivasi oleh pendidiknya, mereka berusaha semaksimal mungkin menjadi lebih baik dalam mengikuti peraturan yang ada.
    Dengan demikian Tampa terasa pendidik sudah menanam kan ketaatan dan rasa patuh , rasa disiplin pada peraturan yang ada pada anak usia dini.
    Setelah saya melihat video ini saya sebagai pendidik mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru bagaimana cara menanamkan ketaatan peraturan pada anak usia dini dengan cara memberikan pujian kepada mereka, memberikan apresiasi, dan terlebih cara menghargai mereka Tampa membeda bedakan anak didik..

  10. Nama. : Versi Sartika
    Nim : 856838468
    UPBJJ. : BENGKULU
    Judul video : menanamkan ketaatan peraturan PAUD melalui pemberian hadiah.
    Didalam video yang saya perhatikan tampak seorang pendidik berupaya dalam mendisiplinkan peserta didik nya
    Pendidik berusaha agar semua anak didiknya mengikuti peraturan dengan memberikan pujian pujian , kata kata yang membuat peserta didik senang dan bahagia, memberikan penghargaan kepada semua anak didiknya Tampa membeda bedakan anak didiknya. Dengan demikian, peserta didik nya merasa sangat dihargai dan termotivasi oleh pendidiknya, mereka berusaha semaksimal mungkin menjadi lebih baik dalam mengikuti peraturan yang ada.
    Dengan demikian Tampa terasa pendidik sudah menanam kan ketaatan dan rasa patuh , rasa disiplin pada peraturan yang ada pada anak usia dini.
    Setelah saya melihat video ini saya sebagai pendidik mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru bagaimana cara menanamkan ketaatan peraturan pada anak usia dini dengan cara memberikan pujian kepada mereka, memberikan apresiasi, dan terlebih cara menghargai mereka Tampa membeda bedakan anak didik..

Leave a Reply