silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

201 Comments

  1. NAMA : KARNIS TUTI LAOLI
    NIM : 856022186
    PRODI : S 1 PGSD
    POKJAR : LOTU

    Dari video yang saya tonton reaksi siswa dalam mengikuti pembelajaran sangat antusias karena guru menyampaikan pembelajaran dengan sangat jelas dan juga di sertai alat peraga.

    Kelemah guru dalam pembelajaran ini yaitu tidak ada kegiatan pendahuluan pembelajaran yang dilakukan oleh guru
    Kelebihan guru dalam menyampaikan pembelajaran yaitu penyampaian materi yang sangat jelas dan disertai alat peraga yang mendukung penyampaian pembelajaran.

    Hal yang unik yang saya temukan semua siswa mau memberi respon terhadap pembelajaran serta pertanyaan yang di sampaikan oleh guru.

    Menurut saya dalam penerapan keterampilan bertanya dikelas sangat perlu dilakukan oleh guru karna dengan siswa mau bertanya maka dia mempunyai mengikuti arah pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
    Dari video ini saya dapat pengalaman baru bahwa dengan penjelasan yang tepat serta metode yang tepat dalam meningkat keterampilan bertanya dikelas dengan menggunakan alat peraga sebagai pemicu anak untuk merasa ingin tau sehingga mendorong anak didik untuk bertanya.

    Terimakasih.

  2. Nama : christiani lika oktavia
    NIM : 858422556

    menurut saya video pembelajran diatas sudah cukup baik. guru juga bisa membuat peserta didik nya aktif bertanya di kelas dan menggunakan media yang pembelajaran yang dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik.

  3. Nama : Zlindri Nabela
    NIM : 856456149
    Program Studi : PGSD-S1

    Judul Video : Penerapan Keterampilan Bertanya.

    Dari video yang sudah saya amati, video tersebut sudah sangat bagus, dan cara mengajar guru juga tidak monoton, mampu berinteraksi dengan para siswa.
    Dan untuk kekurangan nya hanya terletak pada tidak di awali dengan pendahuluan untuk memulai pelajaran.
    Hal yang unik dari video ini, guru nya sangat ekspresif sehingga membuat antusias anak untuk mengikuti proses pembelajaran.

  4. Nama : ERONUSI ZEGA
    NIM : 855971906

    setelah melihat video pembelajaran ini saya memberikan tanggapan sebagai berikut :
    siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan siswa sangat aktif dalam proses pembelajaran hanya saja pada pada kegiatan pendahuluan tidak ada seperti guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, guru tidak mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa.

  5. Nama : Nurul Hikma Rismawati
    NIM : 837676157
    Prodi : S1 PGSD
    Tutor : Yuni Susilowati, M.Pd

    Setelah melihat vidio pembelajaran, menurut pendapat saya:
    1. Guru memberikan metode pembelajaran yang bervariasi, hal tersebut dapat memberikan semangat siswa dalam pembelajaran dan membuat tidak bosan apalagi untuk anak SD kelas 1.
    2. Siswa begitu antusias saat pembelajaran dimulai, memperhatikan dengan baik saat guru menjelaskan materi.
    3. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan melakukan percobaan dengan benda-benda yang dibawah, kelas begitu aktif serta interaksi guru dengan siswa sangat baik.

    Adapun kelemahan guru saat pembelajaran dimulai tidak ada pendahuluan.

    Saat pembelajaran akan berakhir guru memberikan evaluasi, mengingatkan kembali materi yang disampaikan.
    Mohon maaf jika kurang tepat, terima kasih.

  6. Nama : Radiya Tri Kummala
    Nim : 858053645
    Pokjar : Opu daeng manambon

    Menurut pendapat saya, pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik dan menarik, terlihat dari semangatnya para siswa-siswi yg begitu antusias menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru tersebut. Penyampaian materi juga sangat mudah untuk dipahami apalagi dibantu dengan adanya alat peraga sehingga sangat mudah sekali untuk dicertna oleh peserta didik. Hanya saja ada sedikit kekurangan pada kegiatan pendahuluan, guru tersebut tidak mengajak siswa untuk berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa dan tidak memberikan apersepsi serta tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran.

  7. Nama : Uswatun Khasanah
    NIM : 857605519
    Prodi : PGSD BI
    UPBJJ /Pokjar : Purwokerto / SMP 3 Muhammadiyyah Purwokerto

    Setelah melihat dan mengamati video tersebut, menurut pendapat saya Guru dalam menyampaikan kegiatan inti materi sudah baik dan sudah bisa menguasai kelas sehingga siswa menjadi aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan . dalam pembelajaran guru juga sudah memanfaatkan alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya. Namun , dalam pembelajaran tersebut guru belum melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, do’a,menanyakan kabar dan absensi, juga tidak melakukan apersepsi/ keterkaitan materi sebelumnya dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut. Pada kegiatan penutup juga guru tidak menyimpulkan hasil pembelajaran dan tidak menutup dengan do’a. Alangkah baiknya jika kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup dapat di laksanakan oleh guru agar proses pembelajaran menjadi lebih baik.

  8. Nama: Agus Krisna Nazara
    NIM : 856038504
    Prodi : PGSD-S1
    Menurut pendapat saya, dari video tersebut, keterampilan bertanya seorang guru sudah sangat baik dan kreatif sehingga peserta didik tertarik untuk mendengar dan menjawab pertanyaan dari guru. Hal ini karena, intonasi dan bahasa tubuh yang digunakan oleh guru sangat baik sehingga mendapat respon yang baik juga dari peserta didik, sehingga suasana kelas menjadi hidup dan tidak membosankan dan juga peserta didik bisa secara langsung mempraktekkan materi yang disampaikan oleh guru misalkan cara membedakan berat timbangan maupun berat suatu benda.

    Demikian pendapat dari saya, terimakasih 🙏

  9. Nama : MASLINDA
    Nim : 855887783
    UPBJJ : Banda Aceh

    Setelah menyaksikan tayangan video, menurut saya metode yang digunakan guru telah sesuai dengan materi dan karakteristik siswa kelas rendah. Guru menggunakan alat peraga sederhana yang mudah di pahami siswa. Pembelajaran menjadi sangat menyenangkan karena guru melibatkan siswa dalam pembelajaran. Sebagian besar siswa di kelas terlihat antusias mengikuti pembelajaran. Siswa menjawab pertanyaan guru dengan semangat.

  10. Nama : Thomas Mei Rianto
    Nim : 835681565

    Dalam video tersebut ketrampilan bertanya sudah sesuai dengan materi, ketrampilan bertanya dapat meningkatkan rasa ingin tahu para murid karena guru memberikan pertanyaan – pertanyaan yang membuat murid lebih aktif untuk menjawab. Ketrampilan bertanya dapat digunakan untuk menggali pengetahuan murid, ketrampilan bertanya menuntut guru untuk menyiapkan banyak pertama dan pertanyaan yang terarah agar suasana pembelajaran lebih aktif dan kondusif.

Leave a Reply