silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Dinda Nirmala
NIM : 857339419
Pokjar : Salut Edukasi Mandiri Bogor Selatan
Program Studi : 118/PGSD
UPBJJ : UT Bogor
1. Kekurangan
Dari video pembelajaran di atas menurut analisa saya kekurangannya yaitu tidak ada pembukaan seperti salam dan doa sebelum pembelajaran dimulai. Seharusnya guru memberi tahu tujuan pembelajaran di hari itu setelah melakukan pembukaan dilanjut dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan pemantik peserta didik. Alangkah baiknya guru sudah menyiapkan LKPD atau Soal Evaluasi yang nantinya dikerjakan Peserta didik setelah guru menjelaskan materi, di dalam video guru memberikan tugas tetapi meminta peserta didik mengerjakannya di rumah.
2. Kelebihan
Dari video pembelajaran di atas menurut analisa saya kelebihannya yaitu dilihat dari segi penampilan guru sangat rapi sehingga peserta didik terlihat lebih nyaman dan guru mengeluarkan suara yang lantang berhasil menarik perhatian peserta didik, menciptakan suasana belajar yang kondusif sejak awal. Antusiasme guru dalam menyampaikan materi menular kepada peserta didik, membangkitkan semangat dan minat mereka untuk terlibat lebih aktif. Guru juga menyisipkan pertanyaan-pertanyaan pemantik yang mendorong partisipasi peserta didik secara menyeluruh. Suasana kelas pun menjadi hidup dan interaktif. Metode pembelajaran yang diterapkan sudah tepat, karena selaras dengan karakteristik, kebutuhan, serta tahap perkembangan peserta didik, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan bermakna.
3. Saran
Untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah baik, guru dapat terus mengeksplorasi variasi metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar suasana kelas tetap dinamis dan tidak monoton. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang interaktif juga dapat menjadi pendukung yang efektif dalam meningkatkan partisipasi peserta didik. Guru juga disarankan untuk terus menggali potensi peserta didik secara individual agar pendekatan pembelajaran semakin personal dan tepat sasaran, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat terus terjaga dan berkembang.
NAMA MAHASISWA : RESA ADINDA
NIM : 856026889
TUTOR : Frikson Jony Purba, S.Si., M.Pd
Video 2 : Penerapan keterampilan bertanya di kelas 1
Link Video : https://drive.google.com/file/d/1AnayW8Io_z8aoJauPunMK2MGiKib-Be8/view?usp=sharing
1. Adapun reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu anak terlihat antusias dengan metode pembelajaran di kelas. Terlihat dengan seorang siswa yang mampu berpartisipasi kedepan kelas membandingkan gelas mana yang berat dan yang ringan. Sehingga siswa lebih percaya diri dan berani untuk kedepan. Siswa mampu mendengarkan instruksi yang diberikan guru dengan baik dengan mengeluarkan benda yang dibawa seperi buku, pensil, penghapus,tempat makan dll.Dan siswa mampu merasakan benda yang ringan maupun yang berat sesuai dengan benda yang dipegang masing-masing siswa.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya sudah cukup baik.
3. Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video menurut saya guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga keterampilan bertanya siswa sangat baik.Sehingga siswa termotivasi untuk lebih percaya diri maju kedepan kelas. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, bambu. guru juga mampu merefleksikan pembelajaran sehingga siswa dapat membandingkan apa yang terjadi terhadap kertas dan penghapus bagaimana yang akan terjadi.dengan guru memberikan tugas kepada siswa agar dapat memperaktekkan dirumah.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya guru mampu menarik siswa agar focus dalam memahami keterampilan bertanya. Guru juga mencontohkan benda-benda yang dapat dijumpai siswa seperti benda yang ringan dan berat.
5. Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu guru harus mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan melihat 3 point yaitu pendahuluan, isi dan penutup.
Video 3 : Penerapan keterampilan bertanya di kelas 1
NAMA MAHASISWA : MARIANUS JAKA HERNANDES MANIK
NIM : 856020405
1. Dapat kita lihat dari video Penerapan keterampilan bertanya di kelas 1 reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, siswa terlihat antusias.Dan siswa mampu aktif berpartisipasi kedepan kelas membandingkan gelas mana yang berat dan yang ringan. Dengan siswa berani kedepan kelas maka siswa akan lebih percaya diri dan berani. Siswa juga mampu mendengarkan instruksi yang diberikan guru dengan baik, guru mengisntruksikan agar siswa mengeluarkan benda yang dibawa seperi buku, pensil, penghapus,tempat makan dll. Siswa mampu merasakan benda yang ringan maupun yang berat sesuai dengan benda yang dipegang masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat merasakan benda yang dipegang apakah berat atau ringan.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya tidak ada.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video tersebut guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.Siswa juga sangat antusias. Sehingga siswa termotivasi untuk lebih percaya diri maju kedepan kelas. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, bambu. Guru merefleksikan pembelajaran yang sudah dipelajari. Setelah itu guru memberikan tugas kepada siswa agar mempraktekkan dirumah masing-masing.
4. Adapun hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya guru mampu menarik siswa agar focus dalam memahami keterampilan bertanya. Guru juga mencontohkan benda-benda yang dapat dijumpai siswa seperti benda yang ringan dan berat.
5. Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu guru harus mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan pendahuluan, isi dan penutup.
Nama : Dwi Isnatur Rojabiah
Nim : 859835177
Pokjar : Bau-bau
Salut : Kendari
Program Studi : S1 PGSD
Assalamualaikum, tanggapan saya dari vidio yang berjudul Penerapan Keterampilan bertanya di Kelas 1 yaitu :
1, kelemahan dalam vidio tersebut adalah tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti : ucapan salam dari guru, memimpin doa dengan menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa, menyanyikan lagu wajib nasional, memeriksa kehadiran siswa, ice breaking yang dapat memberi semangat belajar, melakukan apresepsi dengan memberikan gambaran kegiatan sehari-hari yang dikaitkan dengan materi, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran. tidak melakukan penyimpulan materi pada kegiatan penutup
kelemahan selajutnya adalah guru memberikan pematik ke siswa dengan menjawab secara serentak akibatnya, guru sulit menilai pemahaman masing-masing siswa mana yang masih mengalami kesulitan dan benar-benar memahami.
2. kelebihan dari vidio pembelajaran tersebut adalah teknik keterampilan bertanya guru dalam vidio sangat efektif. pertanyaan sederhana namun bermakna, mampu membangun komunikasi dua arah sehingga membuat siswa aktif terlibat dalam pembelajaran. hal ini terlihat jelas bagaimana guru dalam vidio tersebut merangsang ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis mereka dengan melatih saling bekerjasama dengan menukarkan benda yang di bawa dengan teman sebangkunya. Terlihat juga bahwa buguru sangat menguasai materi dengan menyuguhkan banyak contoh materi pembelajaran, bersuara lantang dan menjelaskan dengan sangat bersemangat membuat siswa lebih antusias untuk menanggapi setiap pertanyaan yang di lontarkan. buguru juga siap dalam menyiapkan alat peraga yang sederhana yang sering di jumpai dilingkungan sekolah. Ibu guru juga bisa membuat kondisi suasana pembelajaran yang tenang. demikian tanggapan saya kurang dan lebihnya mohon di maafkan
Nama : Leni kristiani gulo Nim : 859870386 UPBJJ:UT Medan Saya telah menonton video dan setelah saya mengamati,ada sedikit ketertarikan dengan alat peraga dan guru tersebut lebih lanjut dalam menjelaskan arti dri tema tersebut. Begitu menurut saya Terima kasih
NAMA: IRMAYANTI
NIM: 859886729
POKJAR: RANTAU PRAPAT
PROGRAM STUDI: S1 PGSD
UPBJJ: UT MEDAN
Setelah saya mengamati video tersebut Saya melihat adanya kekurangan dalam video tersebut
Salah satu nya pada kegiatan pendahuluan:
-tidak adanya ucapan salam pada pembuka pembelajaran
-tidak adanya absensi yg dilakukan guru kepada murid
-tidak adanya pertanyaan mengenai materi sebelumnya
Kegiatan inti:
-tidak adanya kelompok siswa
-tidak adanya diskusi
Kegiatan penutup:
-tidak adanya do’a atau motivasi untuk siswa agar lebih semangat untuk pembelajaran selanjutnya.
Akan tetapi dalam video tersebut terdapat juga beberapa kelebihan nya salah satunya yaitu:
-cara penyampaian guru yg cukup lantang sehingga murid terfokus dengan apa yg disampaikan guru serta mudah memahami materi yg disampaikan guru tersebut.
-materi yg disampaikan juga sesuai sehingga anak didik terlihat aktif dalam setiap pertanyaan yg diberikan guru tersebut.
Nama :Ani Safitri
NIM : 857607988
Pokjar :Bumiayu
Program Studi. : S1 PGSD
UPBJJ : Purwokerto
1. Kelemahan pembelajaran dalam video
Kelemahan dari video pembelajaran 1 yang penulis analisa yaitu salam dan doa sebelum pelajaran dimulai tidak muncul dalam video. Di awal video seorang guru langsung bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran. Apakah hal ini disebabkan proses editing yang membuat salam dan doa pembuka tidak ada dalam video? Hal ini menjadi pertanyaan kami sebagai penganalisa. Kami juga menemukan ketidakadaan pembacaan doa di akhir pembelajaran.
Kelemahan kedua, di awal pembelajaran suara guru terdengar sedikit terbata-bata. Hal ini bisa mengganggu persiapan siswa untuk langsung fokus masuk dalam inti pembelajaran.
2. Kelebihan pembelajaran dalam video
Penampilan guru yang rapi dengan suara lantang mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pelajaran. Ketika guru menjelaskan materi pelajaran sangat bersemangat sehingga menularkan rasa semangat tersebut kepada siswa. Ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat dalam pembelajaran. Hampir keseluruhan siswa di dalam kelas menjadi aktif dengan suasana tersebut. Dan metode pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik.
3. Hal unik yang terdapat dalam video
Suara guru ketika menjelaskan materi pelajaran terdengar unik dan khas. Baik dari intonasi, kejelasan suara serta cara penyampaiannya. Sehingga siswa secara otomatis memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan.
4. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
Dari kelemahan dan kelebihan video 1 yang diamati, kami merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di kegiatan pendahuluan, salam pembuka dan doa menjadi hal penting yang tidak boleh terlupakan. Memotivasi siswa dengan kegiatan bernyanyi dan belajar dalam bentuk permainan perlu dilaksanakan Serta pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran kami masukkan dalam rencana pembelajaran ini. Dan tidak kalah pentingnya, doa di kegiatan penutup menjadi akhir dari kegiatan pembelajaran
Nama : Rheska diva alicia
NIM : 858923888
POKJAR : Genteng A
Kelemahan : Pada awal kegiatan pembelajaran tidak ada salam pembuka dan do’a untuk memulai kegiatan pembelajaran, sehingga pembuka langsung diawali dengan kegiatan materi.
Kelebihan pembelajaran dalam kelas : Guru menyampaikan materi dengan semangat dan intonasi sangat jelas sehingga siswa mampu menerima materi dengan cepat. guru juga memberi contoh langsung mengenai materi yang disampaikan sehingga siswa mampu mempraktekkan secara langsung dan membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran.
Hal unik yang terdapat dalam video : Guru menggunakan media pembelajaran yang dimiliki juga oleh siswa sehingga siswa cepat menangkap dan merespon materi dengan baik.
Rencana pembelajaran yang akan dilakukan : Dari kelemahan dan kelebihan video yang diamati, kami merancang RPP di kegiatan pendahuluan seperti memberi salam pembuka dan do’a. Serta memberi motivasi siswa agar aktif untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan oleh guru, agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
Nama : Roisatun Marfungah
Semester : 8
1. Kelemahan pembelajaran dalam video
Kelemahan dari video pembelajaran 1 yang penulis analisa yaitu salam dan doa sebelum pelajaran dimulai tidak muncul dalam video. Di awal video seorang guru langsung bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran. Apakah hal ini disebabkan proses editing yang membuat salam dan doa pembuka tidak ada dalam video? Hal ini menjadi pertanyaan kami sebagai penganalisa. Kami juga menemukan ketidakadaan pembacaan doa di akhir pembelajaran.
Kelemahan kedua, di awal pembelajaran suara guru terdengar sedikit terbata-bata. Hal ini bisa mengganggu persiapan siswa untuk langsung fokus masuk dalam inti pembelajaran.
2. Kelebihan pembelajaran dalam video
Penampilan guru yang rapi dengan suara lantang mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pelajaran. Ketika guru menjelaskan materi pelajaran sangat bersemangat sehingga menularkan rasa semangat tersebut kepada siswa. Ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat dalam pembelajaran. Hampir keseluruhan siswa di dalam kelas menjadi aktif dengan suasana tersebut. Dan metode pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik.
3. Hal unik yang terdapat dalam video
Suara guru ketika menjelaskan materi pelajaran terdengar unik dan khas. Baik dari intonasi, kejelasan suara serta cara penyampaiannya. Sehingga siswa secara otomatis memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan.
4. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
Dari kelemahan dan kelebihan video 1 yang diamati, kami merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di kegiatan pendahuluan, salam pembuka dan doa menjadi hal penting yang tidak boleh terlupakan. Memotivasi siswa dengan kegiatan bernyanyi dan belajar dalam bentuk permainan perlu dilaksanakan Serta pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran kami masukkan dalam rencana pembelajaran ini. Dan tidak kalah pentingnya, doa di kegiatan penutup menjadi akhir dari kegiatan pembelajaran
Nama : Putri Ramadhani
Nim : 859773727
Dari video yang saya analisis, berjudul “Penerapan Keterampilan Bertanya di Kelas” dapat disimpulkan kelemahannya adalah:
Kualitas Audio Kurang Optimal: Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kualitas audio narasi kurang jernih di beberapa bagian, yang dapat mengganggu konsentrasi dan pemahaman pemirsa.
Tempo Narasi Terlalu Cepat: Informasi disampaikan dengan kecepatan yang mungkin sulit diikuti oleh sebagian mahasiswa, terutama yang baru pertama kali menggunakan.
Kurang Penekanan Visual pada Elemen Penting: Meskipun ada tangkapan layar, penekanan visual seperti sorotan kursor atau animasi sederhana pada tombol atau menu penting akan lebih membantu pemirsa.
Tidak Ada Penjelasan Alternatif atau Troubleshooting Sederhana: Video hanya menunjukkan satu jalur untuk mengikuti forum diskusi. Tidak ada pembahasan mengenai kemungkinan perbedaan tampilan atau solusi jika mahasiswa menghadapi kendala kecil.
Asumsi Pengetahuan Dasar: Video mungkin mengasumsikan bahwa mahasiswa sudah memiliki pemahaman dasar tentang navigasi di lingkungan UT GPO.
Durasi Agak Panjang untuk Konten Sederhana: Dengan materi yang cukup ringkas, durasi video (sekitar 4 menit) terasa sedikit lebih panjang dari yang diperlukan. Penyampaian yang lebih padat bisa lebih efektif.
Kurangnya Interaksi: Sebagai video tutorial, tidak ada kesempatan bagi pemirsa untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan umpan balik langsung.
Potensi Ketidaksesuaian Antarmuka di Masa Depan: Tampilan dan fitur dapat berubah, yang berpotensi membuat video ini menjadi kurang akurat seiring waktu. Tidak ada informasi mengenai tanggal pembuatan video.
Secara keseluruhan, video ini cukup baik dalam menyampaikan informasi dasar tentang cara mengikuti forum diskusi. Namun, perbaikan pada kualitas audio, tempo narasi, penekanan visual, dan penambahan sedikit informasi tambahan akan meningkatkan efektivitasnya sebagai panduan.