silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membentuk karakter paling tepat dilakukan sejak usia dini sebagai pondasi awal. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar salah satunya adalah asimilasi dalam bentuk budaya. Pergeseran nilai , akulturasi dan asimilasi dari berbagai pilar budaya perlu disikapi dengan cermat dan komprehensif. Tutur kata/ucapan/kata/kalimat, sikap/perilaku/adab dan pola fikir turut serta mengiringi perubahan tersebut.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Apa pendapat Anda mengenai tayangan video tersebut?
- Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
- Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
- Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
- Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!
Nama : Mulat Suryandari
Prodi : S1 PAUD
Setelah melihat video di atas, salah satu cara menanamkan cinta tanah air pada anak usia dini adalah dengan memperlihatkan gambar atau video. Bisa dimulai dengan mengenalkan lingkungan di sekitar anak, dan dekat dengan kehidupan sehari-harinya dan dukungan dari orang tua juga guru di sekolah sangat diperlukan dalam mengenalkan cinta tanah air kepada anak. Di sekolah banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak untuk mengenalkan cinta tanah air, misalnya; mengenal lingkungan di sekitar anak, mengenalkan tempat-temat rekreasi, menyanyikan lagu wajib dan lagu nasional, membuat bendera merah putih, mengenal lambang negara, upacara bendera, dan lain-lain.
Nama Vivin Devita
Nim 858149809
UPBJJ UT PALANGKA RAYA
1. Tayangan vidio pertama ilustrasinya menggambarkan sikap orang tua yang ketidakmengenali atau kurangnya kesadaran akan pentingnya pengenalan cinta tanah air dan identitas nasional pada anak. Sedangkan, pada ilustrasi tayangan kedua menggambarkan orang tua yang sangat mencintai tanah airnya dan mengajarkannya kepada anaknya. Serta terbuka kepada budaya asing lainnya, tanpa mengesampingkan budayanya sendiri.
2. Mengenalkan cinta tanah air kepada anak dengan mengenalkan berbagau budaya dari berbagai suku bangsa, mengenalkan pahlawan bangsa, kerajinan-kerajinan yang dibuat oleh pengrajin dalam negeri, para pemimpin pemerintahan, berbagai macam makanan dalam negeri, dan banyak hal lainnya yang menjadi kebutuhan anak.
3. Dalam konteks keluarga yang menggunakan bahasa daerah, itu adalah hal yang umum dan wajar. Bahasa daerah adalah bagian dari identitas budaya suatu keluarga, dan penting untuk menghormati dan menghargai warisan budaya mereka.
4. Dengan memberikan teladan yang positif dan melibatkan anak-anak dalam pengalaman dan pendidikan yang relevan, orang tua dapat membantu membentuk rasa cinta tanah air yang kuat.
5. Pendidikan patriotik: Sekolah dapat menyediakan kurikulum yang mencakup pendidikan patriotik, termasuk pelajaran sejarah, studi sosial, dan pendidikan kewarganegaraan. Ini membantu anak-anak memahami sejarah, budaya, dan nilai-nilai nasional mereka.
Peringatan hari-hari kebangsaan: Sekolah dapat merayakan dan memperingati hari-hari kebangsaan seperti Hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan, Hari Guru, dan hari-hari lain yang relevan. Ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan kebangsaan dan memahami makna pentingnya.
Upacara Bendera: Sekolah dapat mengadakan upacara bendera secara teratur. Ini memberikan pengalaman langsung bagi anak-anak untuk menghormati simbol-simbol nasional dan memupuk rasa bangga terhadap tanah air.
Mengenalkan simbol-simbol nasional: Sekolah dapat mengajarkan anak-anak tentang simbol-simbol nasional seperti bendera, lambang negara, lagu kebangsaan, dan bahasa nasional. Mereka juga dapat menjelaskan arti dan makna dari simbol-simbol tersebut.
Studi kunjungan: Sekolah dapat mengatur studi kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, museum, monumen, atau situs budaya yang berhubungan dengan negara mereka. Ini memberikan pengalaman langsung dan mendalam tentang sejarah dan budaya tanah air.
Kegiatan budaya dan seni: Sekolah dapat mendorong kegiatan budaya dan seni yang memperkenalkan anak-anak pada budaya dan tradisi negara mereka. Misalnya, pertunjukan tari, musik, drama, atau pameran seni yang mengangkat tema kebangsaan.
Proyek kolaboratif: Sekolah dapat mengatur proyek kolaboratif yang melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang berfokus pada kepentingan masyarakat atau lingkungan. Misalnya, program penghijauan, aksi sosial, atau kampanye kebersihan.
Dialog dan diskusi: Sekolah dapat menyediakan ruang untuk dialog dan diskusi tentang nilai-nilai kebangsaan, pluralisme, dan toleransi. Mendorong anak-anak untuk berbagi pemikiran, pendapat, dan pengalaman mereka tentang cinta tanah air.
Menyediakan contoh teladan: Guru dan staf sekolah dapat menjadi contoh teladan yang baik dalam mencerminkan cinta tanah air melalui sikap, perilaku, dan keterlibatan mereka dalam kegiatan kebangsaan.
nama : nurma hetty
nim : 857116743
kelas : A.akpmm
“Pengenalan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini” adalah langkah yang sangat baik untuk membentuk karakter anak sejak dini dan menanamkan rasa cinta pada tanah air. Pendidikan pada usia dini memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak karena pada masa ini otak anak sangat mudah menyerap informasi dan membentuk pola pikir serta sikap.Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air ke anak bisa dilakukan dengan banyak hal dari hal-hal sederhana. Guru bisa menyelipkan nilai-nilai cinta tanah air di sela – sela pembelajaran atau kegiatan dikelas.
contoh mengenalkan cinta tanah air ke anak didik :
1. Melakukan upacara bendera dengan penuh khidmat
2. Menghormati guru dan teman-teman
3. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4.Menanamkan sikap toleransi
5.Mengenalkan lagu nasional dan daerah
Peran guru juga sangat penting di sekolah untuk mengenalkan cinta tanah air kepada anak supaya lebih mencintai dan manjadi bangga menjadi bagian dari tanah air .
Sikap saya ketika menemukan keluarga yang berbahasa daerah adalah sangat senang dan merasa kagum serta ingin belajar agar bisa menggunakan bahasa daerahnya. Dengan keberagaman bahasa daerah di Indonesia sudah seharusnya kita kagum dan juga berusaha melestarikan agar keragaman bahasa ini tidak pudar.
Tayangan video “pengenalan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini” sangat bagus dan bermanfaat untuk saya pribadi sebagai seorang guru dan orang tua, melalui tayangan tersebut saya dapat belajar dan mengetahui seberapa pentingnya pengenalan cinta tanah air bagi anak usia dini dan mengetahui cara mengenalkannya pada anak dengan baik, video tersebut juga memberikan nilai positif sebagai sarana pembelajaran untuk guru dan orangtua.
Untuk mengenalkan cinta tanah air pada anak usia dini kita perlu melakukan kegiatan yang berhubungan dengan cinta tanah air seperti menyanyikan lagu- lagu nasional, memperkenalkan pahlawan nasional, budaya-budaya nasional, bahasa daerah, mengenalkan makanan dan permainana tradisiona kepada anak, dan membuat kreativitas berkaitan cinta tanah air bersama dengan anak.
Saat menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah saya sangat mengapresiasinya dengan baik karena hal itu merupakan hal positif yang dilakukan orangtua untuk mengenalkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air kepada anak, namun sebaiknya orangtua juga mengajarkan bahasa indonesia pada anak agar mudah bersosialisasi dengan teman lainnya yang tidak paham bahasa daerah tersebut.
Menurut saya peran orangtua sangatlah penting untuk mengenalkan cinta tanah air kepada anak karena orangtua merupakan guru pertama bagi anak sebelum anak masuk usia sekolah, dan orangtua pun harus mendukung dan memfasilitasi dengan baik agar apa yang sudah diajarkan di sekolah bisa diterapkan dengan baik dirumah sehingga cinta tanah air tetanam baik pada karakter dan diri anak.
Sekolah merupakan salah satu tempat yang berperan untuk mengenalkan cinta tanah air pada anak, hal yang dapat dilakukan sekolah adalah dengan menjadikan pengenalan cinta tanah air ini salah satu pembelajaran disekolah, contohnya dengan melaksanakan upacara bendera, menyanyikan lagu nasional maupun daerah bersama anak, memasakan makanan tradisonal, memainkan permainan tradisonal, membuat kreativitas yang menyangkut cinta tanah air misalnya membuat bendera merah putih dari kerta origami, membuat mainan dari bambu, dll.
Nama: Siti Ai’syah
NIM: 858712236
Menurut pendapat saya tayangan video “pengenalan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini” sangat bagus dan bermanfaat untuk diri pribadi sebagai seorang guru dan orang tua, melalui tayangan tersebut saya dapat belajar dan mengetahui seberapa pentingnya pengenalan cinta tanah air bagi anak usia dini dan mengetahui cara mengenalkannya pada anak dengan baik, video tersebut juga memberikan nilai positif sebagai sarana pembelajaran untuk guru dan orangtua.
Untuk mengenalkan cinta tanah air pada anak usia dini kita perlu melakukan kegiatan yang berhubungan dengan cinta tanah air seperti menyanyikan lagu- lagu nasional, memperkenalkan pahlawan nasional, budaya-budaya nasional, bahasa daerah, mengenalkan makanan dan permainana tradisiona kepada anak, dan membuat kreativitas berkaitan cinta tanah air bersama dengan anak.
Saat menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah saya sangat mengapresiasinya dengan baik karena hal itu merupakan hal positif yang dilakukan orangtua untuk mengenalkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air kepada anak, namun sebaiknya orangtua juga mengajarkan bahasa indonesia pada anak agar mudah bersosialisasi dengan teman lainnya yang tidak paham bahasa daerah tersebut.
Menurut saya peran orangtua sangatlah penting untuk mengenalkan cinta tanah air kepada anak karena orangtua merupakan guru pertama bagi anak sebelum anak masuk usia sekolah, dan orangtua pun harus mendukung dan memfasilitasi dengan baik agar apa yang sudah diajarkan di sekolah bisa diterapkan dengan baik dirumah sehingga cinta tanah air tetanam baik pada karakter dan diri anak.
Sekolah merupakan salah satu tempat yang berperan untuk mengenalkan cinta tanah air pada anak, hal yang dapat dilakukan sekolah adalah dengan menjadikan pengenalan cinta tanah air ini salah satu pembelajaran disekolah, contohnya dengan melaksanakan upacara bendera, menyanyikan lagu nasional maupun daerah bersama anak, memasakan makanan tradisonal, memainkan permainan tradisonal, membuat kreativitas yang menyangkut cinta tanah air misalnya membuat bendera merah putih dari kerta origami, membuat mainan dari bambu, dll.
Mohon ijin untuk menanggapi diskusi 🙏🏻🙏🏻
1. Pendapat saya mengenai tayangan video tersebut yaitu : dari video tersebut kita dapat merenungkan betapa perilaku orang tua kepada anak sangat berpengaruh pada kecintaan anak usia dini dan bangga terhadap tanah air. Dan bagaimana seharusnya kita sebagai orang tua bersikap.
2. Hal hal yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak :
a. Mengajarkan untuk mencintai produk-produk dalam negeri.
b. Membimbing untuk selalu berperilaku baik, menaati peraturan yang berlaku dan saling menghargai antar sesama.
c. Bercerita pada anak sebelum tidur mengenai tokoh-tokoh pahlawan yang berjasa terhadap bangsa dan negara.
d. Mengajak anak untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan tekun agar dapat bermanfaat untuk diri, lingkungan, dan negaranya.
e. Jika melihat bendera Indonesia, jelaskan secara singkat bagaimana negara memperoleh kemerdekaan. Kita juga bisa mengurai arti warna merah dan putih bendera padanya.
f. Beritahukan pada anak tentang presiden dan menteri-menteri pendukung beserta tugasnya secara garis besar.
g. Mengajak anak membiasakan saling bantu-membantu pada sesama.
3. Sikap saya jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah:
Menghormati dan mendukung agar keragaman bahasa daerah selalu terjaga.
4. Peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air:
a. Orang tua harus pertama-tama mencintai budaya asli leluhurnya atau budaya daerah setempat di mana kita tinggal. Ketika anak melihat teladan dari orang tuanya, maka anak akan meniru dengan senang hati.
b. Memperkenalkan lagu-lagu Nusantara
Tidak kalah seru dengan lagu anak berbahasa Indonesia, lagu daerah untuk anak-anak bisa kita nyanyikan bersama untuk memperkenalkan budaya daerah asal ayah dan ibu.
c. Menggunakan bahasa daerah di rumah
Gunakan bahasa daerah dari mana Anda berasal ketika berada di rumah, sehingga kelestarian masing-masing bahasa daerah akan tetap terjaga.
d. Rekreasi budaya keluarga. Mengajak anak-anak untuk mengunjungi pusat-pusat kesenian daerah setempat, seperti: pusat kesenian membatik, pusat kesenian musik tradisional, museum budaya, dll.
e. Mencoba Makanan dari Daerah yang Berbeda dari Asal Kita.
f. Pastikan Buku Bacaan anak mempunyai Karakteristik Tokoh dari Budaya yang berbeda.
Belikan anak buku cerita rakyat dari berbagai macam daerah.
h. Mengenalkan anak dengan aneka pakaian adat tradisional.
5. Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak diantaranya dengan menumbuhkan kembangkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air Indonesia.
Contoh ;
a. membuat hasil karya buatan sendiri
b. Mengajak anak untuk berkreasi dan berimajinasi akan sesuatu yang berkaitan dengan kerajinan tangan yang berkaitan dengan budaya Indonesia.
c. Mengadakan upacara bendera
d. Menyanyikan lagu kebangsaan
Terimakasih 🙏🙏
Mohon ijin untuk menanggapi diskusi 🙏🏻🙏🏻
Pendapat saya mengenai tayangan video tersebut yaitu : dari video tersebut kita dapat merenungkan betapa perilaku orang tua kepada anak sangat berpengaruh pada kecintaan anak usia dini dan bangga terhadap tanah air. Dan bagaimana seharusnya kita sebagai orang tua bersikap.
Hal hal yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak :
Mengajarkan untuk mencintai produk-produk dalam negeri.
Membimbing untuk selalu berperilaku baik, menaati peraturan yang berlaku dan saling menghargai antar sesama.
Bercerita pada anak sebelum tidur mengenai tokoh-tokoh pahlawan yang berjasa terhadap bangsa dan negara.
Mengajak anak untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan tekun agar dapat bermanfaat untuk diri, lingkungan, dan negaranya.
Jika melihat bendera Indonesia, jelaskan secara singkat bagaimana negara memperoleh kemerdekaan. Kita juga bisa mengurai arti warna merah dan putih bendera padanya.
Beritahukan pada anak tentang presiden dan menteri-menteri.
Mengajak anak membiasakan saling membantu pada sesama.
Sikap saya jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah: menghormati dan mendukungnya agar keragamna bahasa daerah selalu terjaga.
Peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air:
Yang pertama orang tua harus mencintai budaya asli leluhurnya atau budaya daerah setempat di mana kita tinggal. Ketika anak melihat teladan dari orang tuanya, maka anak akan meniru dengan senang hati.
Kemudian, memperkenalkan lagu-lagu Nusantara
Tidak kalah seru dengan lagu anak berbahasa Indonesia, lagu daerah untuk anak-anak bisa kita nyanyikan bersama untuk memperkenalkan budaya daerah asal ayah dan ibu.
Menggunakan bahasa daerah di rumah
Gunakan bahasa daerah dari mana kita berasal ketika berada di rumah, sehingga kelestarian masing-masing bahasa daerah akan tetap terjaga.
Rekreasi budaya keluarga. Mengajak anak-anak untuk mengunjungi pusat-pusat kesenian daerah setempat.
Mencoba kuliner Daerah yang Berbeda dari Asal Kita.
Dan mengenalkan anak dengan aneka pakaian adat tradisional.
Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak diantaranya dengan menumbuhkan kembangkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air Indonesia.
Contoh ;
Membuat hasil karya buatan sendiri
Mengajak anak untuk berkreasi dan berimajinasi akan sesuatu yang berkaitan dengan kerajinan tangan yang berkaitan dengan budaya Indonesia.
Mengadakan upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan.
Terimakasih 🙏🏻
Mohon ijin untuk menanggapi diskusi 🙏
Pendapat saya mengenai tayangan video tersebut yaitu : dari video tersebut sebagai orang tua kita bisa merenungkan betapa oerilkau orang tua kepada anak sangat berpengaruh pada kecintaan anak usia dini.
Hal hal yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak yaitu mengajarkan anak untuk mencintai produk dalam negeri. Membimbing untuk selalu berperilaku baik dan mentaati peraturan yang berlaku. Bercerita pada anak sebelum tidur mengenai tokoh tokoh pahlawan yang berjasa terhadap bangsa Indonesia. Mengajak anak untuk belajar dengan tekun dan bersungguh sungguh. Menjelaskan dengan singkat bagaimana negara memperoleh kemerdekaan. Memberitahukan kepada anak tentang presiden dan menteri menteri.
Sikap saya jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah yaitu menghornati dan mendukungnya agar keragaman bahasa tetap terjaga.
Peran irang tua dalam memberikan tauladan pada anak mengenai cinta tanah air yaitu ; yang pertama orang tua harus mencintai budaya asli leluhurnya atau budaya daerah setempat dimana kita tinggal. Emperkenalkan lagu lagu nusantara kepada anak. Menggunakna bahasa daerah dirumah, menggunakan bahasa daerah dimana kita berasal agar keragaman bahasa tetap terjaga. Rekreasi budaya keluarga. Mencoba kuliner daerah yang berbeda dan mengenalkan anak pada aneka pakaian adat tradisional.
Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak diantaranya dengan menumbuhkan kembangkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air. Contoh ; membuat hasil karya buatan sendiri. Mengajak anak untuk berkreasi dan berimajinasi akan sesuatu yang berkaitan dengan kerajinan tangan yang berkaitan dengan budaya Indonesia. Mengadakan upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan.
Terimakasih 🙏
Assalamualaikum
Ijin untuk menjawab 🙏
MARDIANA NUR SYAHBANI
( 857830434 )
FKIP PGPAUD S1 AKPMM.
KLATEN
1. Apa pendapat anda mengenai tayangan berikut ?
= Setelah Saya melihat tayangan video pertama pengaruh orang tua lebih dominan kepada anak tentang mengenalkan cinta tanah air lewat produk dan kualitas, ketika anak sedang bertanya tentang foto pahlawan orang tua hanya mengatakan nama yang tidak lengkap dan enggan menjelaskan pahlawan indonesia, tidak seperti foto barak obama yang di jelaskan lebih detail bahwa itu presiden amerika, dan ketika anak lapar ibu hanya ingin memesankan fried chicken daripada pesan gudeg yogya yang berasal dari indonesia, begitu juga dengan mainan yang berasal dari luar negri padahal di dalam negri juga kualitas lebih bagus, itu sudah tidak mencerminkan cinta tanah air melainkan lebih suka dengan produk luar negri.
dalam video kedua orang tua ingin menanamkan dan membentuk karakter anak lewat cinta tanah air dan mengenalkan negara lain sejak dini.
2. Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air kepada anak ?
= Menjelaskan tentang foto – foto pahlawan nasional indonesia, makanan indonesia, kualitas produk indonesia dan lagu lagu daerah dari indonesia seperti lagu dari papua. sebagai pondasi awal dalam penanaman cinta tanah air agar dapat terbentuk generasi berkarakter.
3. Bagaimana sikap anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah ?
= Sangat bagus ketika kita melihat dan mendengar perilaku keluarga yang menggunakan bahasa daerah dalam kesehariannya seperti bahasa sunda, itu sangat menanamkan nilai nilai karakter anak sejak dini dalam mencintai negaranya yaitu tanah air indonesia.
4. Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air ?
berikan pendapat anda.
= Dengan cara berkomunikasi menggunakan bahasa daerah sendiri, mengenalkan lagu lagu daerah, mengenalkan pakaian adat di setiap daerah, alat musik daerah, dan menceritakan sejarah pahlawan tanah air.
5. Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak ?
berikan contoh!
= Memperingati hari hari yang bersejarah dalam kalender nasional dengan menggunakan atribut sesuai tanggal yang tertera dalam sejarahnya. contoh: memperingati hari ibu kartini, hari pahlawan nasional, hari kemerdekaan.
6 Aspek yang harus tertanam dalam pembentukan karakter anak sejak dini
yang terkandung pada kedua video tersebut adalah :
* Aspek nilai agama dan moral : adalah belum adanya pembiasaan cara anak masuk ruangan dengan tidak mengucapkan salam kepada ibunya.
* Bahasa : kurangnya penjelasan ibu terhadap foto pahlawan yang mempengaruhi anak dalam pembendaharaan kata.
* kognitif : kurangnya pengetahuan tentang cara mencintai tanah air.
* Sosial emosinal : Menunggu kedatangan pesanan makanan yang di pesan ibu lewat online dengan sabar.
* Fisik motorik : anak bermain perosotan di halaman rumah.
* Seni : anak menyanyikan lagu daerah ketika bermain perosotan bersama ibunya dengan lagu “rasa sayange” yang berasal dari Papua. kemerdekaan nasional 17 agustus.
6 Aspek yang harus tertanam dalam pembentukan karakter anak sejak dini
yang terkandung pada kedua video tersebut adalah :
* NAM
adalah belum adanya pembiasaan cara anak masuk ruangan dengan tidak mengucapkan salam kepada ibunya.
*BAHASA :
kurangnya penjelasan ibu terhadap foto pahlawan yang mempengaruhi anak dalam pembendaharaan kata.
* KOGNITIF : kurangnya pengetahuan tentang cara mencintai tanah air.
*SOSEM :
Menunggu kedatangan pesanan makanan yang di pesan ibu lewat online dengan sabar.
*FISIK MOTORIK :
anak bermain perosotan di halaman rumah.
*SENI :
anak menyanyikan lagu daerah ketika bermain perosotan bersama ibunya dengan lagu “rasa sayange”
Karena memang pada dasarnya Anak sangat mudah terpengaruh dari lingkungan terutama lingkungan keluarga. Maka orang tua harus jeli dalam bersikap terhadap kecintaan untuk TANAH AIR ( INDONESIA )
Terimakasih🙏🙏🙏
Assalamualaikum
Ijin untuk menjawab 🙏
MARDIANA NUR SYAHBANI
( 857830434 )
FKIP PGPAUD S1 AKPMM.
KLATEN
1. = Setelah Saya melihat tayangan video pertama pengaruh orang tua lebih dominan kepada anak tentang mengenalkan cinta tanah air lewat produk dan kualitas, ketika anak sedang bertanya tentang foto pahlawan orang tua hanya mengatakan nama yang tidak lengkap dan enggan menjelaskan pahlawan indonesia, tidak seperti foto barak obama yang di jelaskan lebih detail bahwa itu presiden amerika, dan ketika anak lapar ibu hanya ingin memesankan fried chicken daripada pesan gudeg yogya yang berasal dari indonesia, begitu juga dengan mainan yang berasal dari luar negri padahal di dalam negri juga kualitas lebih bagus, itu sudah tidak mencerminkan cinta tanah air melainkan lebih suka dengan produk luar negri.
dalam video kedua orang tua ingin menanamkan dan membentuk karakter anak lewat cinta tanah air dan mengenalkan negara lain sejak dini.
2. = Menjelaskan tentang foto – foto pahlawan nasional indonesia, makanan indonesia, kualitas produk indonesia dan lagu lagu daerah dari indonesia seperti lagu dari papua. sebagai pondasi awal dalam penanaman cinta tanah air agar dapat terbentuk generasi berkarakter.
3.= Sangat bagus ketika kita melihat dan mendengar perilaku keluarga yang menggunakan bahasa daerah dalam kesehariannya seperti bahasa sunda, itu sangat menanamkan nilai nilai karakter anak sejak dini dalam mencintai negaranya yaitu tanah air indonesia.
4. = Dengan cara berkomunikasi menggunakan bahasa daerah sendiri, mengenalkan lagu lagu daerah, mengenalkan pakaian adat di setiap daerah, alat musik daerah, dan menceritakan sejarah pahlawan tanah air.
5.= Memperingati hari hari yang bersejarah dalam kalender nasional dengan menggunakan atribut sesuai tanggal yang tertera dalam sejarahnya. contoh: memperingati hari ibu kartini, hari pahlawan nasional, hari kemerdekaan.
6 Aspek yang harus tertanam dalam pembentukan karakter anak sejak dini
yang terkandung pada kedua video tersebut adalah :
* Aspek nilai agama dan moral : adalah belum adanya pembiasaan cara anak masuk ruangan dengan tidak mengucapkan salam kepada ibunya.
* Bahasa : kurangnya penjelasan ibu terhadap foto pahlawan yang mempengaruhi anak dalam pembendaharaan kata.
* kognitif : kurangnya pengetahuan tentang cara mencintai tanah air.
* Sosial emosinal : Menunggu kedatangan pesanan makanan yang di pesan ibu lewat online dengan sabar.
* Fisik motorik : anak bermain perosotan di halaman rumah.
* Seni : anak menyanyikan lagu daerah ketika bermain perosotan bersama ibunya dengan lagu “rasa sayange” yang berasal dari Papua. kemerdekaan nasional 17 agustus.
6 Aspek yang harus tertanam dalam pembentukan karakter anak sejak dini
yang terkandung pada kedua video tersebut adalah :
* NAM
adalah belum adanya pembiasaan cara anak masuk ruangan dengan tidak mengucapkan salam kepada ibunya.
*BAHASA :
kurangnya penjelasan ibu terhadap foto pahlawan yang mempengaruhi anak dalam pembendaharaan kata.
* KOGNITIF : kurangnya pengetahuan tentang cara mencintai tanah air.
*SOSEM :
Menunggu kedatangan pesanan makanan yang di pesan ibu lewat online dengan sabar.
*FISIK MOTORIK :
anak bermain perosotan di halaman rumah.
*SENI :
anak menyanyikan lagu daerah ketika bermain perosotan bersama ibunya dengan lagu “rasa sayange”
Karena memang pada dasarnya Anak sangat mudah terpengaruh dari lingkungan terutama lingkungan keluarga. Maka orang tua harus jeli dalam bersikap terhadap kecintaan untuk TANAH AIR ( INDONESIA )
Terimakasih🙏🙏🙏