silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membentuk karakter paling tepat dilakukan sejak usia dini sebagai pondasi awal. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar salah satunya adalah asimilasi dalam bentuk budaya. Pergeseran nilai , akulturasi dan asimilasi dari berbagai pilar budaya perlu disikapi dengan cermat dan komprehensif. Tutur kata/ucapan/kata/kalimat, sikap/perilaku/adab dan pola fikir turut serta mengiringi perubahan tersebut.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Apa pendapat Anda mengenai tayangan video tersebut?
  2. Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
  3. Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
  4. Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
  5. Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!

Similar Posts

384 Comments

  1. Nama : Olis
    NIM : 857239484

    Assalamualaikum Wr Wb

    Menurut pendapat saya tentang vidio “Pengenalan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini” merupakan sebuah kewajiban bagi kita, baik sebagai orang tua ataupun sebagai pendidik. Pengenalan cinta tanah air pada anak usia dini,akan menimbulkan “Rasa bangga dan cinta anak kepada Tanah airnya”. Sehingga kelak jika anak sudah dewasa anak akan rela berkorban dema bangsa dan negaranya. Aanak akan senang dengan segala kekayaan yang dimiliki bangsanya. Baik bahasa, Alamnya,makanannya, seni budayanya, produk dalam negrinya dan lain sebagainya. Dan untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada anak, haruslah dudukung oleh semua komponen yaitu, orang tua, guru, masyarakat dan lingkungan. Apabila tidak didukung oleh komponen tersebut akan terjadi kepincangan. seperti pada vidio yang saya tonton.
    1.Dalam vidio tersebut, anak bertanya kepad orang tuanya, siapak nama orang ini/pahlawan, orang tua tidak tahu, tetapi begitu ditunjukan gambar “Barak Obama”orang tua langsung menjawab dan menceritakan dengan semangat.
    2. aanak ingin makan, ibu mengajaknya makan fried chiken, anak mengatakan buah indonesia, seperti apel malang juga bagus, tapi sang ibu mengatakan kita makan chiken aja lebih enak. Dan sang anak mengikuti keinginan ibunya.
    3. Sang ibu mengajak berlibur ke luarnegri dan sang anak mengatakan raja ampat aja. Sang ibu mengatakan luar negri lebih keren, dan sama, akhirnya sang anak mengiyakan.
    4. Aanak ingin bermain dengan kebudayaan indonesia (wayang), sang ibu malah memberikan boneka hasail dari luar negri.
    5. Sang anak menyanyikan lagu “rasa sayang sayange” sang ibu mengajarkan lagu dalam bahsa Inggris Tiwingkel- Tiwingkel.

    Dari lima hal diatas menunjukan bahwa untuk membentuk karakter atau kepribadian yang baik dan kuat seluruh komponen lingkungan, masyarakat, guru dan orang tua sangat penting. Apalagi orang tua/lingkungan rumah, karena pendidikan yang pertama adalah di rumah yaitu ayah dan bundanya.

  2. 1. Vidio Pengenalan Cinta Tanah Air pada anak usia dini merupakan aspek yang sangat penting untuk membentuk karakter anak usia dini. Pendidikan anak pada usia dini memiliki peran penting dikarenakan pada masa usia dini otak anak sangat mudah menyerap informasi dan membentuk pola pikir serta sikap. Untuk mengenalkan anak cinta tanah air peran orang tua sangatlah penting, disamping itu juga kerjasama antara lingkungan sekolah dan masyarakat dapat membentuk karakter anak.

    2. Mengenalkan cinta tanah air, dengan cara :
    a. Mengenalkan anak dengan cara mengajak berbicara bahasa daerah masing-masing
    b. menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
    c. mengenalkan lagu dan juga makanan khas Indonesia
    d. mengenalkan para Pahlawan yang telah membela Bangsa Indonesia

    3. Anak diajarkan tentang bahasa daerah masing-masing jangan sampai anak tidak tahu tentang bahasa daerah yaitu dengan memberikan pemahaman tentang bahasa sebagai budaya dan mengenalkan bahasa daerah di lingkungan keluarga. Dengan dipergunakan bahasa daerah generasi muda sebagai ujung tombak pelestarian dan pemanfaatan bahasa daerah.

    4. Peran orang tua memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air adalah mengenalkan budaya dan rasa cinta tanah air bisa dimulai dan diajarkan dalam lingkungan keluarga , misalnya mengenalkan bendera merah putih bangsa Indonesia ataupun gambar para pahlawan/pejuang

    5. Peran Sekolah untuk Cinta Tanah Air, contohnya :
    a. Melakukan upacara bendera dengan khidmat
    b. Menghormati guru dan teman-teman
    c. Menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
    d. Mengikuti tata tertib sekolah
    e. Belajar mengerjakan tugas sekolah

  3. Nama : Oksellia Widyastuti Pona
    NIM : 859416397
    Pokjar : Makassar

    1. Pendapat saya mengenai video pertama dan kedua , yaitu
    video pertama = orang tua lebih menutup diri atau dominan memperlihatkan budaya asing/ barat kepada anaknya, padahal anaknya lebih senang dengan budaya timur . Sementara, video kedua = orang tua dan anak dapat berkomunikasi dengan baik . Dimana video kedua ini/ orantua membuka diri, tidak hanya mengajarkan kepada anak tentang budaya indonesia / cinta tanah air tetapi orangtua nya juga memperkenalkan budaya asing, sehingga anak dapat mengenal budaya dari luar juga dengan tidak meninggalkan jati dirinya sebagai orang indonesia.

    2. Hal-hal yang dapat menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak, yakni bangga memakai produk asli buatan Indonesia, tekun belajar, menyanyi lagu-lagu daerah atau lagu kebangsaan indonesia, menjaga dan merawat kebersihan lingkungan, berkata jujur atau tidak menyebarkan berita bohong, taat berlalu lintas, menikmati indahnya indonesia (tempat-tempat wisata di berbagai daerah-budaya-dll), menjaga persatuan dan kesatuan antar teman

    3. sikap saya jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah , yaitu saya menghargai mereka dimana mereka masih menggunakan bahasa daerah meskipun tidak berada di daerah kelahiran. Selain itu, kita ini adalah negara yang beraneka ragam bahasa, suku, budaya, tradisi dengan semboyan BHINEKA TUNGGAL IKA

    4. Peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air sangatlah penting. Pendidikan dasar dalam keluargalah yang utama , sebelum anak-anak bersekolah. Penanaman rasa Cinta Tanah Air ditanamkan kepada anak agar nilai-nilai/adab dan moral atau budaya timur yang ada di lingkungan sekitar kita tidak hilang pada diri anak karena itu salah satu ciri khas kita sebagai orang Indonesia. Sehingga anak dengan bangga mengatakan AKU BANGGA MENJADI ANAK INDONESIA

    5. Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak, antara lain sering menyanyikan lagu-lagu nusantara atau daerah, mengadakan hari budaya ( dimana anak-anak memakai pakaian tradisonal daerah asalnya atau daerah lain, memperkenalkan makanan tradisional) , mengadakan lomba permainan tradisional , seperti engrang, lompat tali , lomba lari karung, dan lain-lain saat acara 17 AGUSTUS , atau hari-hari besar kebangsaan , menceritakan cerita rakyat kepada anak / Story Telling , seperti bawang merah dan bawang putih, malin kundang, alat-alat musik tradisional kepada anak.

    Salam…
    Aku Anak Indonesia 🙂

  4. 1.pendapat saya mengenai tayangan video tersebut adalah .video pertama orang tua lebih dominan memperkenalkan budaya dan tempat asing bagi anak. Padahal anak sudah memiliki pengetahuan tentang budaya sendiri yg telah diajarkan kepada anak. Sedangkan video kedua meskipun orang tua memperkenalkan budaya asing kepada, namun ada dukungan dari orang tuanya, untuk anak anaknya lebih memilih budaya sendiri.
    2.Hal yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak, memperkenal produk2 lokal, seperti pakaian, tarian,adat dan nyanyian, juga dapat dengan membuat karya dg benda bekas.seperti membuat wayang dll.
    3.sikap saya jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah, tentu saja sangat menghargai dan bangga ternyata kita kaya akan budaya,bahas, meski budaya dan bahasa berbeda2 namun tetap satu jua.
    4. peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air adalah mendukung pengetahuan anak tentang tanah air bangsa, serta sering menceritakan kepada tentang tanah air serta membawa anak kepada tempat2 wisata yang ada di Tanak air kita. Dan membelikan pakaian produk lokal kepada anak.
    5.peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak adalah memberikan pembelajaran tematik tentang cinta tanah air. contoh seperti membuat karya tentang tanah air, mewarnai gambar pahlawan, mewarnai tempat2 wisata yang ada di tanah air, membuat bendahara dari kertas dll.

  5. Nama : Hilman Kusmayadi
    NIM : 857507183

    1. Dalam video di atas, pengetahuan anak mengenai tanah air untuk anak seusianya sudah sangat berkembang, itu artinya guru di tempatnya sekolah telah mengenalkan budaya, makanan, lagu indonesia (lagu daerah) pada anak. Meskipun orangtuanya lebih dominan mencintai produk luar negeri.

    2. Pengenalan cinta tanah air pada anak usia dini sebaiknya tidak hanya di sekolah, di rumah pun sebisa mungkin dikenalkan orangtua pada anaknya supaya anak maksimal mencintai tanah airnya. Perlu ada kesamaan persepsi antara orangtua di rumah dan guru di sekolah. Maka dari itu diperlukan koordinasi dan kesamaan nilai antara orangtua dan guru.

    3. Perkembangan kognitif dan seni anak berkembang sesuai harapan karena di usianya anak mengenal tanah air.

  6. Elly Armayanti Arman
    858740496
    1. Pendapat saya mengenai video diatas
    @ Video 1 : Di video tadi terlihat anak sudah memahami tentang pengenalan dan
    cinta tanah air , namun justru orang tua (ibunya ) yang masih berprilaku
    mengidolakan budaya luar . Dan akhirnya anaknya mengikuti apa yang jadi
    kemauan ibunya
    @ Video2 : DDi video tadi terlihat anak sudah memahami tentang pengenalan dan
    cinta tanah air dan ibunya justru mengkolaborasikan antara budaya bangsa
    sendiri dan juga budaya dari bangsa lain
    2.Dengan menbenalkan budaya bangsa melalui pengenalan lagu daerah, tarian daerah,
    pakaian daerah dan adat istiadat lainnya
    3. Saya sangat menghargai keluarga tersebut yang masih tetap mmepertahankan warisan
    budaya daerahnya
    4. Peran orang tua dengan memberikan contoh yang baik dengan mengenalkan budaya
    bagsa,misalnya bahwa NKRI adalah negara yang sangat menjunjung tentang keaneka
    ragaman budaya , agama , adat istiadat dan semua saling menghormati sebagai bentuk
    bertoleransi
    5. Peran sekolah
    1. Mengenalkan Cinta tanah air melalui kegiatan misalnya upacara dengan mengenalkan
    bendera merah putih, garuda pancasila, meyanyikan lagu-lagu nasional,mengenaakn
    presiden dan wakinya
    2. Mengenalakan budaya bangsa dengan bernyanyilagu daerah, berpakain daerah dengan
    mengikuti karnaval HUT RI dan lain sebagainya

  7. Nama: Santi Paulina, 858709356, Surabaya

    1. Pendapat saya mengenai tayangan pada video pertama ceritanya bahwa ibu tidak ada respon positif dari ibu ketika anak dengan rasa ingin tahu memperlihatkan gambar pahlawan indonesia. Ibu memperlihatkan semangatnya ketika diperlihatkan anak gambar kepala negara lain. pada video kedua ibu dengan bijaksana menjawab gambar yang diperlihatkan anak dengan memberi penekanan pada nama pahlawan yang berjuang untuk indonesia.Pada video kedua ibu terlihat membawa anak untuk berpengetahuan luas, disamping mengetahui tentang nama pahlawan, lagu, makanan dan tempat wisata negeri sendiri juga menambahkan hal-hal yang diketahuinya kepada anak.

    2. Hal- hal yang dapat membantu anak untuk cinta tanah air yaitu dengan memperkenalkan anak tentang pahlawan, tokoh penting, makanan, budaya, lagu, tempat wisata, produk dalam negeri dan segala sesatu yang ada di negara sendiri dengan bangga dan antusias.

    3. Sikap saya jika menemukan keluarga yang memakai bahasa daerah, saya merasa bangga dan menghargai usaha mereka untuk menanamkan pertama cinta leluhur mereka di mana orang tua berasal yang pada akhirnya akan menggiring anak untuk mencintai bahasa daerah lain sebagai keragaman yang dimiliki negaranya.

    4. Sebagai lingkungan paling terdekat dengan anak, keluarga lah yang pertama-tama menjadi sumber untuk anak mencintai bangsa dan negaranya. Menceritakan Asal usul orang tua misalnya (jika berasal dari daerah yang berbeda) akan memudahkan anak mengenal budaya yang ada. Penggunaan bahasa daerah asal orang tua dan berbahasa indonesia ketika di tempat umum, mengenalkan tempat-tempat wisata, atau berkunjung ke rumah sanak keluarga di daerah lain, menyanyikan lagu-lagu daerah , menceritakan cerita daerah, menghadirkan buku cerita daerah serta memakai produk lokal akan memudahkan anak memahami budaya indonesia.

    5. Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanai air adalah dengan membiasakan anak mengikuti upacara rutin atau pada hari-hari nasional. Memakai tema pembelajaran tentang daerah asal anak misalnya, pemakaian alat dan bahan yang dekat dengan lingkungan anak
    (loose part), memakai lagu-lagu daerah untuk mengubah syair lagu sesuai tema, guru sebagai teladan menunjukkan cinta kepada anak dengan adil, membuat acara-acara terkait dengan Indonesia, wisata ke tempat-tempat di dalam kota (monumen, musium, taman hiburan, kebun binatang dll. Mengadirkan beberapa bentuk jajanan atau makanan lokal, memperingati hari nasional dengan memakai baju daerah atau mendatangkan nara sumber sebagai tokoh nasional dll.

  8. Menurut saya tentang video tersebut mengenai analisis video pintar yaitu anak memperlihatkan gambar tentang pahlawan Indonesia tapi orang tua nya tidak tahu dan tidak mencari tahu, malah orang tua anak tersebut memperlihatkan gambar presiden Amerika serikat yaitu gambar barak Obama. Orang tua anak tersebut tidak memperlihatkan dan menunjukan pada anak kecintaan kepada tanah air khusus nya pahlawan kita sendiri yang ada di Indonesia. Seharusnya orang tua perlu memperkenalkan pahlawan kita yang ada di Indonesia, bagaimana perjungan beliau, sejarah tokoh beliau, dan kemajuan yang diperoleh oleh pahlawan tersebut. Malah orang tua tersebut lebih mengenalkan tokoh luar negeri.

  9. Nama: Noor Hidayah
    Nim: 837182906

    Menurut saya tentang video tersebut mengenai analisis video pintar yaitu anak memperlihatkan gambar tentang pahlawan Indonesia tapi orang tua nya tidak tahu dan tidak mencari tahu, malah orang tua anak tersebut memperlihatkan gambar presiden Amerika serikat yaitu gambar barak Obama. Orang tua anak tersebut tidak memperlihatkan dan menunjukan pada anak kecintaan kepada tanah air khusus nya pahlawan kita sendiri yang ada di Indonesia. Seharusnya orang tua perlu memperkenalkan pahlawan kita yang ada di Indonesia, bagaimana perjungan beliau, sejarah tokoh beliau, dan kemajuan yang diperoleh oleh pahlawan tersebut. Malah orang tua tersebut lebih mengenalkan tokoh luar negeri.

  10. 1.pendapat sya pada kedua Vidio tersebut adalah
    Pada Vidio pertama anak sudah mulai mengenal kecintaanya terhadap Indonesia dgn menyukai prodak dlm negri, menyukai lagu dlm negri, menyukai tmpt wisata dlm negri, tp malah org tuanya lebih memaksakan KPD anaknya untuk ikut menyukai apa yg Dy sukai yaitu prodak luar negri, lagu luar negri, dan tmpt wisata luar negri.
    Vidio kedua org tuanya SGT mengutamakan kecintaan anaknya terhadap negrinya drpd keinginannya sendri,
    2. Hal yg bisa kita lakukan untuk mengenalkan cinta tanah air kita kepada anak adalah dgn cara mengenalkan anak lagu lagu daerah, tempat2 wisata dlm negeri, prodak prodak buatan dlm negri sprti mengenalkan kain batik PD anak, makanan khas dlm negri.
    3. Ketika sya menemukan klwrga yg menggunakan bahasa daerahnya sya SGT menghargainya, tp klw lg berbicara bersama sya, sya akan mengajaknya untu menggunakan bahasa Indonesia yaitu bahasa nasional spy kita bisa mengerti apa yg di bicarakan, walaupun berbeda beda suku dan ras tp kita ttp satu.
    4. Peran org tua yaitu yg pertama terlebih dahulu org tua harus memiliki pengetahuan terhadap budaya lokal, klw misalnya anak kita memberikan pertanyaan org tua bisa menjawabnya dgn benar dan baik.
    5. Peran sekolah aladah dgn cara mengenalkan pada anak lagu daerah, nama2 tokoh tokoh pahlawan bangsa, tarian daerah, dan saling menghargai satu sama lain di dalam keberagaman agama, dan harus bisa menggunakan bahasa Indonesia yg baik dan benar.

Leave a Reply