silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Nama :HOFIFAH
    NIM : 858650714
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional

    Guru tidak mengucapkan salam dan tidak meminta murid untuk membaca doa sebelum belajar
    Materi yang di sampaikan kurang menarik sehingga membuat siswa mengantuk
    Siswa tidak bisa memjawab pertanyaan guru.
    Menurut saya seharusnya guru mengajak siswa keluar agar bertatapan langsung dengan lingkungannya karna materi yang disampaikan itu adalah tentang lingkungan sekitar, jadi itu bisa dpelajari murid dluar kelas

  2. Nama : Apolonia wati
    Nim. : 858524594
    PRODI : PGSD-S1
    UOBJJ : TARAKAN
    Menurut saya dalam Vidio tersebut diatas terdapat banyak kekurangan dari guru tersebut. Dalam proses pembelajaran terdapat tiga kegiatan pokok yang harus dilaksanakan yaitu kegiatan awal / pembuka, kegiatan inti dan kegiatan akhir atau penutup. Nah, pada Vidio diatas proses pembelajaran tidak didahulukan dengan kegiatan pembuka, guru tidak mengucap salam, tidak berdoa, absen, aprsepsi dan motifasi sehingga anak kelihatan tidak tertarik untuk mengetahui lebih dalam ( tidak rasa ingin tahu ) terhadapateri yang disampaikan guru. Kegiatan inti yang dilaksanakan kurang menarik perhatian anak, karena guru hanya fokus dengan dengan metode ceramah tanpa ada media dan sumber lain yang mendukungnya. Dan kegiatan penutup dilewatkan. Sehingga guru tidak dapat mengetahui perkembangan kemajuan dalam proses pembelajaran siswanya, biasanya diketahui melalui penilaian akhir serta evaluasi. Tapi pada tayangan Vidio diatas guru mengubah metode belajar dari ceramah ke metode field trip ( karya wisata ) agar anak didiknya lebih memahami materi pelajaran dengan baik dan bisa menjadi contoh untuk calon guru seperti saya agar tidak diam diri dan terus berusaha mengembangkan metode ataupun media pembelajaran sehingga sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sekian dan terimah kasih, lebih dan kurangnya saya mohon maaf.

  3. Nama : suci ramadani
    Nim : 856455376
    Prodi : PGSD
    Menurut saya.. sebaiknya guru ini melakukan apersepsi sebelum langsung ke inti pelajaran nya

  4. Assalamu’alaikum wr.wb

    Menurut saya, penjelasan dalam video diatas pembelajaran terkesan kurang efektif pada beberapa bagian. bisa dilihat dari bagian pembukaan awal, guru tidak melakukan kegiatan apersepsi untuk menyiapkan siswa sebelum masuk ke bagian pembelajaran inti yakni seperti doa, mengabsen kehadiran siswa, menanyakan kabar, pemberian motivasi, pemberian pertanyaan yang menarik rasa ingin tahu siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih semangat. Pada penyampaian materi awal, metode yang digunakan yakni metode ceramah. seperti yang kita tahu bahwa metode ceramah ini lebih banyak berpusat pada penjelasan guruyang panjang sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif atau kurang aktif. Saat pemberian materi guru pun menjelaskannya kurang merinci dan kurang memberikan gambaran kepada siswa, sehingga menimbulkan kebingungan.
    saran saya saat guru menjelaskan materi pembelajaran seharusnya disertai dengan media pembelajarannya tentang materi yang disampaikan seperti berupa gambar, atau menggunakan proyektor agar siswa ada gambaran mengenai materi tersebut.

    dividio selanjutnya guru sudah baik dalam pengajaran karna guru  tersebut langsung mempraktikan kelapangan atau kekebun sehingga siswa mulai memahami tentang materi tersebut.

    terima kasih
    wassalamu’alaikum wr.wb 

  5. Nama : shoniya sari

    NIM : 857077634

    POKJAR : Tarumajaya

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Menurut saya, penjelasan dalam video diatas pembelajaran terkesan kurang efektif pada beberapa bagian. bisa dilihat dari bagian pembukaan awal, guru tidak melakukan kegiatan apersepsi untuk menyiapkan siswa sebelum masuk ke bagian pembelajaran inti yakni seperti doa, mengabsen kehadiran siswa, menanyakan kabar, pemberian motivasi, pemberian pertanyaan yang menarik rasa ingin tahu siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih semangat. Pada penyampaian materi awal, metode yang digunakan yakni metode ceramah. seperti yang kita tahu bahwa metode ceramah ini lebih banyak berpusat pada penjelasan guruyang panjang sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif atau kurang aktif. Saat pemberian materi guru pun menjelaskannya kurang merinci dan kurang memberikan gambaran kepada siswa, sehingga menimbulkan kebingungan.

    saran saya saat guru menjelaskan materi pembelajaran seharusnya disertai dengan media pembelajarannya tentang materi yang disampaikan seperti berupa gambar, atau menggunakan proyektor agar siswa ada gambaran mengenai materi tersebut.

    dividio selanjutnya guru sudah baik dalam pengajaran karna guru  tersebut langsung mempraktikan kelapangan atau kekebun sehingga siswa mulai memahami tentang materi tersebut.

    terima kasih
    wassalamu’alaikum wr.wb 

  6. Assalamu’alaikum wr.wb
    Nama : Shoniya sari
    NIM : 857077634
    POKJAR : Tarumajaya

    Menurut saya, penjelasan dalam video diatas pembelajaran terkesan kurang efektif pada beberapa bagian. bisa dilihat dari bagian pembukaan awal, guru tidak melakukan kegiatan apersepsi untuk menyiapkan siswa sebelum masuk ke bagian pembelajaran inti yakni seperti doa, mengabsen kehadiran siswa, menanyakan kabar, pemberian motivasi, pemberian pertanyaan yang menarik rasa ingin tahu siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih semangat. Pada penyampaian materi awal, metode yang digunakan yakni metode ceramah. seperti yang kita tahu bahwa metode ceramah ini lebih banyak berpusat pada penjelasan guru yang panjang sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif atau kurang aktif. Saat pemberian materi guru pun menjelaskannya kurang merinci dan kurang memberikan gambaran kepada siswa, sehingga menimbulkan kebingungan.

    saran saya saat guru menjelaskan materi pembelajaran seharusnya disertai dengan media pembelajarannya tentang materi yang disampaikan seperti berupa gambar, atau menggunakan proyektor agar siswa ada gambaran mengenai materi tersebut.

    dividio selanjutnya guru sudah baik dalam pengajaran karna guru  tersebut langsung mempraktikan kelapangan atau kekebun sehingga siswa mulai memahami tentang materi tersebut.

    terima kasih
    wassalamu’alaikum wr.wb 

  7. Nama : Lestari Laitupa
    Nim : 859615325
    Jurusan : PGSD

    Pada video pertama guru menjelaskan materi tidak menggunakan alat peraga dalam membantu siswa memahami apa yang dijelaskan guru, oleh karena itu dapat kita lihat siswa menjadi tidak bersemangat dan kebingungan ketika guru bertanya kepada siswa. mungkin guru dapat menggunakan media seperti gambar atau video untuk menyampaikan materi kepada siswa. Dengan penggunaan alat bantu atau media gambar dalam menerangkan sebuah materi adalah salah satu cara yang efisien. hal ini juga dapat memfasilitasi siswa agar lebih aktif dalam belajar. Diharapkan dengan menggunakan media gambar atau video siswa mampu memahami materi dengan lebih menyenangkan, sehingga apapun pesan yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik dan mampu meresap dihati, serta dapat diingat kembali. Selain itu pada video diatas dengan menggunakan metode field dimana guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sudah sangat bagus, dimana siswa diajak untuk mengenal berbagai macam tumbuhan dengan pengalaman lagsung justru membuat siswa lebih memahami apa yang telah di jelaskan guru dibandingkan hanya menjelaskan secara lisan. Namun seperti yang kita ketahui bahwa metode metode field trip ini juga memiliki beberap kelemahan yaitu:
    – Memerlukan lingkungan sekolah yang memadai
    – memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak;
    – memerlukan waktu yang cukup lama;
    – memerlukan biaya yang relatif tinggi;
    – memerlukan pengawasan yang ketat agar siswa fokus terhadap tugas yang diberikan;

  8. Nama : INESA PRAYOGI
    NIM : 858797336
    Program Studi : S1-PGSD
    Pokjar : KEPANJEN
    UPBJJ : UT-MALANG
    Menurut pendapat saya setelah menyimak video pembelajaran diatas apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah cukup baik,akan tetapi ada beberapa kekurangan pada saat melakukan pembelajaran yaitu :
    Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa sebelum memulai pelajaran,guru tidak menyampaikan secara garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik,guru juga tidak memberi penguatan atau motivasi kepada peserta didik agar diawal pembelajaran peserta didik menjadi antusias serta bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar.
    Untuk kelebihan pada video pembelajaran diatas adalah guru sudah menjelaskan materi dengan cukup baik dan memanfaatkan lingkungan sekitas sekolah sebagai media pembelajaran sehingga membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang tidak bisa didapat di kelas,terlihat bahwa pada saat pembelajaran dikelas peserta didik terlihat kurang antusias,setelah guru mengajak peserta didik mereka terlihat sangat senang dan bersemangat untuk belajar diluar kelas.
    Untuk kegiatan akhir pembelajaran alangkah baiknya guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan,melaksanakan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan,dan alangkah baiknya guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar serta merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk remidi atau pengayaan atau tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

  9. Nama : Dwi Rizki Oktaviani
    NIM : 858170299
    berdasarkan video pembelajaran yang disajikan terdapat masalah dalam pembelajaran yang dapat saya analisis sebagai berikut :
    kekurangan/ Permasalahan : Dalam menyampaikan materi fotosintesis guru kurang menjelaskan dan menyampaikan dengan menggunakan media ataupun contoh yang konkret. Selain itu guru juga tidak memberi pertanyaan yang memantik pemahaman atau rasa ingin tahu siswa mengenai materi yang sedang dipelajari.
    Upaya untuk mengatasi kekurangan : menggunakan metode pembelajaran field trip/karyawisata yang membantu siswa memahami secara langsung. Dengan upaya tersebut membantu siswa mendapatkan pemahaman dan pengalaman secara langsung yang membantu menambah pemahaman siswa mengenai materi yang sedang dipelajari.

  10. Nama tiara wijayanti
    Nim 858050356

    Metode yang digunakan guru tersebut sudahlah benar. Tapi alangkah baiknya guru membawa gambar tanaman yang akan dipelajari sebagai contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di batang, di daun atau di buah. Pertama tama guru seharusnya menunjukan gambar seperti yang dijelaskan tadi, seperti ubi yang menyimpan cadangan makanannya di akar dan juga tebu yang menyimpan cadangan makanannya di batang, barulah guru tersebut menjelaskan materi yang akan di ajarkan. Agar anak tahu tumbuhan tersebut menyimpan atau tidaknya cadangan makanan.

    Terima kasih

Leave a Reply