silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

280 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Ijin menanggapi video yang berjudul “perlombaan/competition” dalam seri menanamkan ketaatan peraturan AUD. Menurut saya, dalam video tersebut hanya menampilkan sebagian saja dari setiap kegiatan (bermain di bak pasir dan bermain tebak pantomim), sehingga kami dalam mengamati anak apakah ada yang melanggar peraturan permainan tidak tuntas/ kurang jelas, dan anak yang bisa mentaati aturan bermain sepertinya belum mendapat penghargaan/ reward.
    Jadi, belum bisa mencontohkan atau memberikan alasan yang kuat pada anak terhadap suatu aturan kenapa kita harus patuh atau mentaatinya.
    Semoga kedepannya bisa dikoreksi kembali.
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum wr.wb.

  2. Novi Hidayati -859130228-S1PGPAUD
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Menanamkan sikap mentaati aturan untuk anak anak PAUD mekanismenya bukan hanya sekedar teori akan tetapi anak diberikan pemahaman melalui praktik praktik melalui pembiasaan hingga anak anak benar paham dengan aturan. Salah satu cara menanamkan sikap mentaati aturan kepada anak PAUD yaitu melalui perlombaan atau competition seperti didalam video Gpp yang berjudul Perlombaan/ Competition dalam seri menanamkan ketaatan peraturan PAUD. Pada video tersebut bagaimana seorang guru mengenalkan anak didiknya untuk mentaati aturan melalui perlombaan pada kegiatan bermain pasir dan pantomim. Pada kegiatan bermain bak pasir menurut saya ketika pengulangan kembali tentang aturan itu guru sebaiknya mengulang poinnya saja karena akibat dari sebuah pelanggaran sudah dijelaskan diawal2.
    Kemudian pada perlombaan yang kedua yaitu pantomim adalah guru tidak menjelaskan aturan aturan secara spesifik sehingga permainan menjadi kurang terkontrol dan guru tidak memastikan apakah anak anak bisa diajak kerjasama ketika membuat peraturan2 dan guru tidak memberikan reward kepada anak yang bisa menebak gambar agar permainan menjadi lebih seru.

  3. Assalamualaikum wr wb.
    Izin,, menanggapi video ini..
    Dalam video ini sebagai pendidik sudah menjelaskan dengan baik di setiap aturan,, namun ada hal yg belum menggambarkan secara keseluruhan dalam kegiatan bermain di bak pasir dari awal sampai akhir,,sehingga belum nampak anak mentaati aturan sampai selesai kegiatan. Dan sebagai tambahan,,pendidik harus memperagakan atau mencontohkan aturan dalam main.

  4. Assalamualaikum wr wb
    saya sulasi ,menanggapi dalam vidio tersebut saya sebagai pendidik juga mengalami hal yang sama..seperti kejadian di vidio tersebut,ketika saya menjelaskan peraturan sebelum bermain ada beberapa anak yang sudah memahami peraturan tersebut namun juga ada beberapa anak yang belum memahami peraturan yang saya buat.contoh:pada saat sedang bermain balok saya membuat peraturan tidak boleh di lempar keteman,tidak boleh untuk memukul teman,bermain secara kelompok(kelompok sudah saya tentukan),setelah selesai mau membereskan mainan,namun ada satu/dua anak yang melanggar peraturan.
    maka sebagai seorang pendidik saya menasihati anak tersebut dengan memberi nasihat dan memberi contoh apa akibat apabila kita melanggar aturan-aturan,dan untuk anak yang menaati aturan saya berikan reward dengan acungan jempol atau tepuk tangan.

  5. Aeni Malikha – 857585162
    Izin menanggapi video tersebut. menurut saya video tersebut Belum sepenuhnya dapat menggambarkan arti perlombaan / Competition, karena yang ditampilkan hanya saat tanya jawab, dan anak yang menjawab boleh bermain terlebih dahulu.
    juga belum adanya simulasi setelah anak bermain.

  6. Nama : Yammas
    Nim : 859391218
    Prodi : S1 PGPAUD

    Video Ketaatan terhadap peraturan di PAUD melalui Perlombaan “competotion” dari kegiatan yg dilakukan ibu guru dalam video tersebut menurut saya dengan menjelaskan terlebih dahulu aturan aturan main sebelum di mulai kegiatan, hal tersebut membantu anak untuk membiasakan diri dan mengingat hal yg di boleh kan dan di larang, Sehingga secara tidak langsung mendidik anak untuk terbiasa dalam menaati peraturan.

    Terimakasih 🙏

  7. Nama : Kurotul Laili
    NIM : 858836097
    Assalamualaikum. Wr. Wb… izin menanggapi video tersebut.
    Dalam video tersebut Guru sudah sangat jelas menerangkan peraturan perlombaan bak pasir, akan tetapi ada beberap hal yang juga harus disampaikan guru, agar anak-anak mudah menangkap dan memahami apa yang dimaksud ibu guru, yaitu dengan memberi contoh ke anak-anak atau memperagakan perlombaan bak pasir. Karena kalau hanya dengan teori tapi tidak dengan memberi contoh anak-anak akan kurang memahami apa yang dimaksud ibu Guru.
    Yang kedua dalam perlombaan pantomim guru tidak menjelaskan aturan permainan secara detail sehingga permainan kurang kondusif dan kurang terkontrol. 🙏🏼

  8. nama: Rurin Nur’Aini,nim:858869285,prodi:PGPaud.
    selamat siang izin menanggapi vidio tentang menanmkan ketaatan melalui perlombaan. cara yang dilakukan oleh bu guru diatas sangat bagus, akan tetapi di sekolah saya seringkali anak-anak diawal memang tertib mengikuti peraturan lomba, namun pada saat mereka sudah memasuki ronde ke 3 mulai melupakan peraturan yang dibuat di awal. mulai ada anak yang jail masuk ke lokasi perlombaan, berlari-lari dll. pihak guru pun akhirnya memberikan sebuah pemberhentian sejenak perlombaan, dan mulai mengingatkan lagi peraturan yang telah dibuat.
    dengan adanya aturan memang baik,namun harus diulang-ulang penyampaiannya agar si anak teringat dan jadi kebiasan mereka melakukan ketaatan.

  9. Ita’ul afidah858872251
    Dalam vidio di atas.guru sudah menerangkan aturan aturan yang ada di perlombaan dengan jelas…setelah itu pertanyaan di ulang kembali pada anak..apqkah anak itu memperhatikan apa tidak…dan jangan lupa anak hqrus di beri contoh dlu…agar anak2 lebih paham dwngan apa yang di maksud.

  10. NAMA : DEVI SERLIANA
    NIM : 857585352
    PRODI : S1 PGPAUD

    Menanggapi video pembelajaran tersebut, guru sudah benar dalam menerangkan peraturan dalam bermain agar anak teratur dalam mengikuti kegiatan. hal ini sangat berguna bagi pembiasaan anak dalam ketaatan.
    namun pendidik perlu memberikan contoh nyata bagi anak sebelum kegiatan dimulai agar anak benar-benar mengikuti kegiatan sesuai petunjuk bermain. dan sangat disayangkan isi video tidak menunjukan secara lengkap semua kegiatan pembelajaran atau video terpotong. jadi tidak terlihat apakah anak benar-benar menaati peraturan ataukah tidak.

Leave a Reply