silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

250 Comments

  1. Nama : Siti Aisyah
    NIM : 858530953
    video ini sangat bermanfaat karena mengenalkan disiplin dan taat aturan pada anak usia dini, terutama pada saat awal masuk sekolah. maka guru harus menciptakan kegiatan yang menarik sehingga anak dapat tertarik dengan kegiatan yang diberikan. video tersebut juga sudah memberikan cara yang efektif untuk membentuk kedisiplinan pada anak , dengan cara membuat aturan dan kesepakatan bersama di kelas , dan membuat konsekuensi jika ada yang melanggar aturan tersebut.strategi pembelajaran ini sangat bermanfaat menanamkan kedisplinanan pada anak usia dini dengan pembiasaan

  2. Nurul hajjah
    Nim 855889099
    Seri pembelajaran PAUD Perlombaan “Competition”
    Video ini sangat bermanfaat bagi guru saat mengatasi anak

    BERANDA
    TENTANG GPO
    KONTAK
    PROFILE
    LOG OUT
    X
    Home / Seri Pembelajaran PAUD / Perlombaan “Competition”
    SERI PEMBELAJARAN PAUD
    Perlombaan “Competition”
    Video ini sangat bermanfaat bagi guru pada saat pembelajaran awal tahun di karenakan
    Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas. Agar anak patuh aturan maka guru bisa memberitahukan hadiah dan konsekuensi bagi yang tidak mematuhinya agar terbentuk disiplin anak yang sesuai dengan usia nya.
    Terimakasih 🙏

  3. Nurul hajjah
    Nim 855889099
    Seri pembelajaran PAUD Perlombaan “Competition”
    Video ini sangat bermanfaat bagi guru pada saat pembelajaran awal tahun di karenakan
    Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas. Agar anak patuh aturan maka guru bisa memberitahukan hadiah dan konsekuensi bagi yang tidak mematuhinya agar terbentuk disiplin anak yang sesuai dengan usia nya.
    Terimakasih 🙏

  4. Nama: Maria Giovania B. Seran
    NIM : 859276044
    Semester:8
    Metode yang di gunakan Guru dalam mengajarkan kedisiplinan bagi anak usia dini dalama video tersebut sangat bagus dan efektif karena dengan kegiatan perlombaan anak melakukan kesepakatan dan dan jika melanggar maka anak akan mendapatkan sanksi. Hal ini secara tidak sadar anak terbiasa memahami dan mengikuti aturan yang di sepakati sebelum kegiatan.

  5. Assalamualaikum wr. wb
    Ijin menjawab dan salam kenal semuanya
    NAMA : MIRAWATI
    NIM : 858722237
    POKJAR : LAMONGAN

    JAWABAN :
    Dari beberapa video saya melihat video dengan judul “PERLOMBAAN” COMPETITION
    Menurut saya pada perlombaan perlu dan penting adanya mentaati peraturan agar perlombaan berjalan dengan baik, apalagi untuk anak* usia dini yang notabennya masih belum memahami atau belum bs melaksanakan aturan dgn baik karena keingintahuan mereka yang sangat besar, dari video tersebut bu guru sudah sangat baik dengan penjelasan diawal mengenai peraturan sebelum perlombaan yang harus ditaati oleh siswa*nya dan memberitahu akibat kalau tidak bisa mentaati aturan sehingga anak* bs melakukan dengan hati* dari yang anak* melakukan kegiatan bermain pasir mereka melaksanakan aturan dengan baik n mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan oleh bu guru. Kemudian kegiatan kedua melakukan perlombaan dengan tebak pantomim anak* mendengarkan dan melakukan perlombaan dengan tertib dan bagi yang tertib akan mendapatkan hadiah tentunya anak* paling suka dan antusias sekali jika mendapatkan hadiah dengan begitu mereka akan melakukan aturan dengan baik, tertib perlu dibiasakan sejak dini agar anak terbiasa sampai mereka besar kelak itu jawaban dari saya terimakasih.

  6. NAMA: KAMILAH FAOZIYYAH
    857457659
    PGPAUD AKPMM
    UPBJJ KOTA BANDUNG
    Aturan bermain sangat penting untuk disepakati antara anak dan guru kelas. Hal ini selain untuk melatih anak disiplin dan tertib juga dapat membantu kelancaran kegiatan sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Hal yang sudah dilakukan oleh guru pada video diatas sudah baik. Guru menyebutkan secara rinci satu persatu tahapan bermain anak serta aturannya, dan yang paling penting disampaikan ialah alasan dan resiko jika anak tidak ikut aturan. Hal ini penting agar anak sadar bahwa akan ada akibatnya jika ia tidak ikut aturan seperti jika anak melemparkan pasir keluar area maka akan mengotori bagian luar bak pasir dan akan berbahaya bagi meraka yang terkena pasir.
    Hal yang sama saya lakukan kepada anak ketika menerapkan aturan di kelas maupun di luar kela, yaitu membuat kesepakatan bersama, hal ini harus dilakukan dan dipahami anak. Dan berikan alasan yang jelas kepada anak kenapa ia harus mentaati peraturan dan resiko apa yang akan terjadi jika anak tidak mengikuti aturan. Cara agar kita tau jika anak paham adalah anak melakukan repetation aturan yang sudah disepakati. dan aturan ini berlaku kepada seluruh anak tanpa kecuali. Berikan reward jika anak dapat melakuakn kegiatan dengan mematuhi aturan yang disepakati
    Terima kasih

  7. Nama : Lilis Suryani
    NIM : 858840026
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ : 74/Malang
    Berdasarkan video Penanaman ketaatan peraturan ” Perlombaan “Competition “,saya berpendapat bahwa penanaman ketataan terhadap peraturan yang dilakukan seperti dalam video hampir sama dengan kondosi di lembaga anak usia dini karena anak -anak memang belum mengenal dan memahami arti peraturan dan mereka juga berasal dari background keluarga yang berbeda sehingga peraturan dari masing -masing keluarga berbeda ,untuk menyeragamkan peraturan disekolah terutama pada anak -anak yang baru masuk sekolah,membuat peraturan bersama sangat tepat,anak -anak diajak untuk membuat peraturan kemudian anak- anak juga mengerti akan konsekuensinya jika tidak mematuhi aturan yang sudah dibuat,sehingga anak-anak akan lebih mudah untuk menaatinya. Peraturan yang terlebih dahulu dijelaskan akan mempermudah anak untuk memahami tujuan dari dibuatnya aturan,diajak menyusun aturan bersama anak-anak secara langsung mengingat aturan apa saja yang harus di laksanakan,dengan demikian secara bertahap ketaatan terhadap aturan itu akan tertanam dalam diri setiap anak,yang akan menjadi kebiasaan yang baik yaitu taat terhadap aturan yang ada.

  8. Nama : Anik Eko Setyaningsih
    NIM : 858840911
    PRODI: PG PAUD
    UPBJJ: 74/MALANG

    Setelah saya mengamati video tentang penanaman ketaatan di atas yang bisa saya pelajari adalah ketaatan anak disesuaikan dengan faktor usia, sebagai guru kita harus penuh kesabaran. Anak bisa dikenalkan ketaatan dengan membuat aturan dalam permainan, serta membuat kesepakatan aturan dalam permainan tersebut. Seorang guru harus memberikan contoh cara menaati aturan. Berikan hadiah pada anak yang menaati aturan supaya mereka tertarik serta berikan sanksi kepada anak yang melanggar aturan.

  9. Nama:reni nur qadarsi
    Nim:856829089
    Pokjar kota bengkulu
    Dalam vidio sebagai pendidik kita memang harusnya menetapkan berbagai aturan dan kesepakatan bersama dalam melakukan kompetensi maupun pembelajaran lainnya agar anak dapat memahami aturan main, secara tidak langsung kita menanamkan kedisiplinan pada diri anak,sehingga anak-anak terbiasa patuh tergadap suatu peraturan. Untuk membuat peraturan ini sendiri kita perlu membuat kesepakan bersama antar guru dan anak baik antar anak-anak itu sendiri.

  10. Nama : Estanaya folia Naifulani
    NIM : 877324929

    Menurut saya video ini sangat bermanfaaat dan penting untuk dibagikan sesama guru, karena pada anak usia dini disiplin harus diberikan dengan penuh kesabaran dan berulang kali apalagi mengenai aturan yang ada di kelas. Dan di dalam video ini juga dibesertakan dengan cara untuk memberi aturan pada anak usia dini dan menjelaskan bagaimana cara menyampaikan atau memberi alasan kepada anak-anak harus mengikuti kesepakatan yang para guru berikan

Leave a Reply