silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Nama : Nani Wahyuni Damayanti
NIM : 858429108
bismillah, izin menanggapi video diatas. menurut saya upaya yang telah dilakukan oleh guru sudah amat baik, kegiatan pesan berbisik mampu mengembangkan kemampuan anak untuk fokus dan mengingat kalimat apa yang disampaikan kepada anak sehingga anak dapat terlatih untuk meningkatkan daya ingatnya.
kegiatan motorik kasar yang dilakukan oleh guru juga sudah cukup baik untuk meningkatkan aspek perkembangan pada anak didiknya, namun ada beberapa masalah yang harus dikaji atau diperbaiki oleh guru seperti :
1. sebaiknya membuat kelompok yang terdiri dari 5 anak saja dalam 1 kelompok agar guru dapat menilai dan mengetahui anak mana yang belum mampu untuk mengingat lebih baik.
2. sebaiknya kegiatan pengembangan motorik kasar dilakukan di ruangan yang lebih luas seperti di lapangan bermain anak atau di ruangan yang lebih luas, agar anak dapat bergerak aktif saat melakukan kegiatan yang telah dirancang oleh guru.
sekian dan terimakasih
Pada video ini menggambarkan guru mencoba mengembangkan kemampuan motorik anak melalui kegiatan berlari, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini sangat menarik minat anak, sehingga menjadi salah satu alternatif bagi guru TK dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Dalam video “Pesan Berbisik” , video ini menggambarkan tentang masalah ketika gurumenghadapi peserta didiknya yang mempunyai berbagai masalah dimotorik kasarnya. kegiatan bermain sudah sangat menarik, sebelum bermain pesan berbisik anak berjalan zig zag, melompat katak, terlebih dahulu untuk melatih perkembangan motorik kasar anak, kemudian untuk melatih perkembangan bahasa anak dengan cara bercerita menggunakan media boneka yang menarik bagi anak, melakukan tanya jawab dengan anak menggunakan media kartu bergambar, dan bermain pesan berbisik dengan membagi 2 kelompok yang dapat melatih anak untuk menyampaikan pesan dengan sesuai.
NAMA : PUTRI ANGGRAENI
NIM : 859427827
*Menurut saya didalam video reaksi anak Terhadap Kegiatan Permainan Pesan Berbisik Anak-anak sangat senang dengan kegiatan ini karena merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, anak juga dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar fisik seperti berlari zigzag. Anak juga bisa menirukan berbagai gerakan seperti melompat.
*Menurut saya, kelemahan guru dalam kegiatan pembelajaran ini adalah perlunya mempersiapkan ruangan dengan lebih baik sebelum melakukan kegiatan. Dalam hal ini, anak membentuk lingkaran dan melakukan aktivitas berbisik berantai. Dalam kegiatan berjalan Zigzag, anak perlu diberikan garis zigzag agar mereka dapat mengenalinya dan berjalan menyusurinya.
*Kelebihan, guru dapat mendorong anak untuk bermain dan belajar secara bersamaan dapat melatih pengembangan bahasa serta keterampilan motorik anak.
*Hal unik yaitu anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan tertib, memahami apa yang disampaikan guru.
*Inisiatif yang menyarankan bahwa situasi kelas akan menjadi lebih tersosialisasikan di masa depan dengan mencari hal-hal yang lebih menarik perhatian anak-anak, seperti menari, menyanyi, dan penggunaan alat peraga yang lebih alami.
Terima Kasih
Nama : Marli Herika
NIM : 856861927
Menurut pendapat saya dari video di atas dapat kita ketahui bahwa anak-anak cenderung menyukai permainan yang melibatkan gerakan dan interaksi sosial, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar anak tersebut, Selain meningkatkan motorik anak , permainan ini juga dapat melatih anak untuk bekerja sama dalam kelompok, mengambil giliran, dan berkomunikasi secara efektif, hanya saja dalam kegiatan pembelajaran ini perlunya mempersiapkan ruangan dengan lebih baik sebelum melakukan kegiatan, ruangan yang lebih luas dan nyaman membuat anak lebih aktif dan terlalu banyak aktifitas fisik yang dilakukan membuat anak lelah dan sulit menerima pelajaran berikutnya.
sekian dan terimakasih
Nama : Maulida Hasanah
NIM : 857325592
Judul: pesan berbisik
Menurut pendapat saya ,dalam vidio “pesan berbisik” diatas memperlihatkan seorang guru menggunakan permainan sederhana untuk mengembangkan keterampilan motorik anak-anak. Permainan pesan berbisik tersebut sangat menarik dan kreatif. Anak-anak diajak untuk berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan sesuai gambar pada kartu. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus secara menyenangkan. Selain itu anak-anak belajar mengikuti instruksi sederhana dan mengembangkan kemampuan kognitif mereka melalui permainan.
Guru dalam video tersebut terlihat sangat aktif dan terlibat dalam setiap tahap permainan. Hal tersebut dapat bermanfaat dan memberikan contoh yang baik bagi anak-anak sehingga mereka merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk berpartisipasi.
Meskipun metode yang digunakan sudah sangat baik,menurut saya akan lebih baik jika ada evaluasi pembelajaran yang ditampilkan. Karena hal tersebut sangat penting untuk mengetahui sejauh mana anak-anak memahami dan menguasai keterampilan yang diajarkan.
Sekian dan terimakasi
Nama : Defi Ratnasari
NIM : 856854082
Judul : Tebak pantomim
Setelah saya melihat vidio diatas saya dapat menyimpulkan bahwa kemampuan motorik tebak pantomim selain daptmengembangkan kemampuan motorik anak juga dapt mengembangkan kemampuan bahasa anak.Dengan pemilihan tema,variasi gerakan, serta menyediakan properti dan memberikan umpan balik maka akan menyenangkan dan menghibur bagi anak-anak.Dengan pantomim ini anak-anak juga akan belajar banyak kata dan belajar cara menebak gerak tubuh atau mimik wajah.
Nama ahmad saukani
Nim 868321717
Banjarmasin
Video ini menampilkan inovasi seorang guru anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan motorik anak melalui permainan pesan berbisik. Dalam permainan ini, anak-anak diajak untuk melakukan berbagai gerakan motorik, seperti berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan berdasarkan gambar pada kartu yang disiapkan guru. Selain mengasah kemampuan motorik, kegiatan ini juga melibatkan interaksi dan kerja sama antarsiswa.
Metode ini menjadi salah satu alternatif yang menarik untuk memperkaya pembelajaran motorik anak usia dini. Dengan pendekatan yang variatif dan menyenangkan, permainan seperti ini dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar sekaligus melatih keterampilan motorik halus dan kasar mereka secara menyeluruh.
Nama: Fitri Ainiyah
NIM: 859017483
bismillah, izin menanggapi video diatas. menurut saya upaya yang telah dilakukan oleh guru sudah amat baik, kegiatan pesan berbisik mampu mengembangkan kemampuan anak untuk fokus dan mengingat kalimat apa yang disampaikan kepada anak sehingga anak dapat terlatih untuk meningkatkan daya ingatnya.
kegiatan motorik kasar yang dilakukan oleh guru juga sudah cukup baik untuk meningkatkan aspek perkembangan pada anak didiknya, namun ada beberapa masalah yang harus dikaji atau diperbaiki oleh guru seperti :
1. sebaiknya membuat kelompok yang terdiri dari 5 anak saja dalam 1 kelompok agar guru dapat menilai dan mengetahui anak mana yang belum mampu untuk mengingat lebih baik.
2. sebaiknya kegiatan pengembangan motorik kasar dilakukan di ruangan yang lebih luas seperti di lapangan bermain anak atau di ruangan yang lebih luas, agar anak dapat bergerak aktif saat melakukan kegiatan yang telah dirancang oleh guru.
Pada video ini menggambarkan guru mencoba mengembangkan kemampuan motorik anak melalui kegiatan berlari, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini sangat menarik minat anak, sehingga menjadi salah satu alternatif bagi guru TK dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.