silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Prosedur permainan pesan berbisik dilaksanakan dalam langkah-langkah sebagai berikut: 1) Guru membagi kelompok dalam satu kelas minimal dua kelompok,; 2) Setiap kelompok siswa membentuk barisan panjang dengan jarak tertentu yang tidak terlalu rapat. Kemudian tentukan siswa yang menjadi informan pertama; 3) Guru memberikan informasi cara permainan kemudian memberikan informasi kepada siswa informan secara rahasia; 4) Siswa informan pertama menyampaikan pesannya kepada peserta di depannya dengan cara membisikkan. Kesempatan membisikkan maksimum 2 kali; 5) Siswa kedua harus menyimak baik-baik dan mengingatnya. Siswa juga boleh mencatatnya asal sesuai dengan peraturan yang ditetapkan; 6) Siswa terakhir menulis atau menyampaikan pesan tersebut di depan teman-teman yang lain; 7) Permainan bisa diulangi beberapa kali dengan pesan yang berbeda dan dengan jumlah kelompok lebih banyak. Kegiatan diakhiri setelah seluruh kelompok mampu menerima dan menyampaikan pesan dengan benar; 8) Setelah itu, guru dan siswa membahas dengan refleksi dan tindak lanjut (Allison Bartl).
Assalamualaikum Wr. Wb
Perkenalkan saya
Nama : Kholidatul Zulfa
NIM : 858821667
Pokjar : Kota Pasuruan
Judul : Pesan Berbisik
Pada video yang berjudul “Pesan Berbisik” terlihat guru cukup menguasai materi dan intonasi suara guru saat menjelaskan sangat jelas. Pada permainan tersebut terlihat dapat mengembangkan aspek motorik, bahasaanak. Guru memotivasi anakuntuk dapat bergerak aktif dalam kegiatan fisik motorik. Pada permainan ini, dapat mengembangkan aspek perkembangan motorik kasar yaitu bermain ayunan, luncuran, terlihat dari anak-anak melompat seperti katak, berlari dengan zig zag. Aspek perkembangan bahasa dapat terlihat anak-anak membisikkan kata sesuai gambar yang ditunjukkan, menyebutkan dengan keras gambar apa yang sedang ditunjukkan dan bermain boneka tangan. Pada kegiatan bermain ini guru sudah menggunakan media dan menawarkan permainan yang kreatif pada anak sehingga membuat anak-anak tertarik dan tidak mudah bosan.
Permainan Pesan Berbisik sangat bagus sekali untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan dalam diri anak diantaranya kemampuan motorik kasar dan bahasa anak secara terpadu,karena di kelas saya pun saya juga sering melakukannya dan anak-anak sangat antusias sekali dalam mengikuti permainan ini. Dalam permainan ini guru juga harus kreatif dalam memilih tema dan media yg menyenangkan bagi anak agar anak-anak tidak merasa jenuh. Pada video diatas terlihat guru juga sangat kreatif dalam mengembangkan kemampuan anak sehingga proses belajar mengajar dan bermain menjadi lebih menyenangkan karena kreatifitas guru sangat berpengaruh terhadap pemahaman anak,semakin kreatif guru dalam menyampaikan pembelajaran maka akan semakin mudah anak memahami nya.
Nama : Nia Gustini
NIM : 859153256
Pada video yang berjudul “Pesan Berbisik” terlihat guru cukup menguasai materi dan intonasi suara guru saat menjelaskan sangat jelas. Pada permainan tersebut terlihat dapat mengembangkan aspek motorik, bahasa dan sosial emosional anak. Guru memotivasi anak-anak untuk dapat bergerak aktif dalam kegiatan fisik motorik. Pada permainan ini, dapat mengembangkan aspek perkembangan motorik kasar yaitu terlihat dari anak-anak berlari dengan zig zag, melompat seperti katak, menirukan gambar sesuai gambar yang ditunjukkan. Aspek perkembangan bahasa dapat terlihat anak-anak membisikkan kata sesuai gambar yang ditunjukkan, menyebutkan dengan keras gambar apa yang sedang ditunjukkan dan bermain boneka tangan. Aspek perkembangan sosial emosional dapat terlihat saat anak-anak bekerja sama dalam kelompok.
Pada permainan ini, Guru sudah menggunakan media dan menawarkan permainan yang kreatif pada anak sehingga membuat anak-anak tertarik dan tidak
merasa bosan.
Permainan bisa diulang beberapa kali dengan pesan yang berbeda dan jumlah kelompok yang lebih banyak. Kegiatan diakhiri setelah seluruh kelompok bisa menerima dan menyampaikan pesan dengan benar.
NAMA SRI HAYATI
NIM 859519556
Permainan pesan berbisik adalah salah satu alternatif bagi kita para guru TK. Permainan bisik berantai ini tidak hanya menyenangkan bagi anak anak ,tetapi dapat mengembangkan motorik kasar dan bahasa ,selain meningkatkan kemampuan menyimak anak ,mencairkan suasanan kebosanan didalam kelas,mengakrabkan hubungan antar siswa seta dapat melatih daya ingat anak.. dengan menonton video tentang bisik berantai tersebut saya banyak belajar tentang memainkan bisik berantai ini dengan banyak cara sehingga anak anak akan bertambah senang belajar sambil bermain,trima kasih banyak untuk semua pembelajaran melalui video ini .
Nama
NIM kegiatan “Pesan Berbisik” untuk anak TK dapat menjadi aktivitas yang sangat menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, berpikir kritis, berkreasi, dan beradaptasi anak
Nama : Putri Ayu
NIM : 877527577
UPBJJ : Medan
Semester : 2
Kegiatan “Pesan Berbisik” tidak hanya mampu mengembangkan kemampuan motorik anak tetapi dapat juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi bagi anak. Selain itu, dapat juga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak. Anak-anak dapat memahami bahwa berpikir kritis tidak hanya terbatas pada berpikir logis, tetapi juga dapat dilakukan dengan cara yang lebih kreatif dan lebih efektif. Melalui aktivitas pesan berbisik Anak dapat meningkatkan Kemampuan Berkreasi dan meningkatkan Kemampuan Beradaptasi. Metode ini melibatkan anak-anak dalam bermain dan berinteraksi dengan teman-teman lainnya untuk memahami dan mengekspresikan pesan yang diberikan.
Kegiatan “Pesan Berbisik”
Kegiatan “Pesan Berbisik”
Saat baik untuk anak paud/TK karna dapat mengembangkan motorik anak dan Melatih daya ingat, karena dalam permainan ini seorang anak harus mengingat pesan atau kata-kata yang disampaikan oleh guru untuk selanjutnya disampaikan kepada temannya.
Dalam kegiataan pesan berbisik akan melatih daya ingat anak,karena dalam permaianan pesan berbisik ini seorang anak harus mengingat pesan yang telah dibisik oleh temannya dan harus ia sampaikan lagi kepada teman berikutnya.selain melatih daya ingat anak anak juga memiliki rasa tanggung jawab atas pesan yang diterimanya.