silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

565 Comments

  1. . Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

  2. Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

  3. Nama : Putri Maharani
    NIM : 859677291
    Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

  4. Nama : Miftahul Jannah
    NIM : 859428495

    Penggunaan permainan pesan berbisik sebagai media pembelajaran dapat membantu anak-anak mengembangkan berbagai aspek penting, seperti:

    > Keterampilan komunikasi: Anak-anak belajar untuk menyampaikan pesan secara lisan dengan jelas dan ringkas, serta mendengarkan dengan penuh perhatian.
    > Keterampilan sosial dan emosional: Anak-anak belajar untuk bekerja sama, bergiliran, dan saling menghargai dalam permainan pesan berbisik.
    > Keterampilan fokus dan konsentrasi: Anak-anak harus fokus dan berkonsentrasi untuk mendengarkan pesan dengan seksama dan menyampaikan pesan dengan benar.
    > Keterampilan bahasa: Anak-anak belajar untuk menggunakan kata-kata dengan tepat dan sesuai konteks.

    Saran dan Masukan:
    √ Variasi: Akan lebih menarik jika video menampilkan berbagai jenis permainan pesan berbisik, seperti pesan berbisik dengan tema tertentu atau pesan berbisik dengan gerakan tubuh.
    √ Tingkat Kesulitan: Video dapat dibagi menjadi beberapa tingkat kesulitan, sehingga anak-anak dengan berbagai kemampuan dapat belajar dan bermain dengan sesuai.
    √ Interaktivitas: Video dapat dibuat lebih interaktif dengan mengajak anak-anak untuk bermain pesan berbisik bersama-sama atau membuat pesan berbisik mereka sendiri.
    √ Durasi: Durasi video mungkin perlu dipersingkat untuk menjaga fokus dan minat anak-anak.
    √ Visualisasi: Video dapat dilengkapi dengan gambar atau animasi untuk membantu anak-anak memahami pesan dengan lebih mudah.

  5. Nama: Saraswati Simon
    NIM: 859953339

    Video “Pesan Berbisik” merupakan sebuah inisiatif yang kreatif dan bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dengan menggabungkan permainan pesan berbisik dengan aktivitas fisik seperti berlari zig-zag dan melompat, adalah cara yang efektif untuk merangsang perkembangan motorik anak-anak secara menyenangkan. Selain itu, penggunaan kartu dengan gambar untuk menirukan gerakan juga memberikan dimensi kognitif dalam permainan tersebut.
    Melalui permainan ini, anak-anak tidak hanya diajak untuk bergerak aktif tetapi juga untuk berpikir dan mengasah kreativitas mereka. Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan interaksi sosial antara anak-anak, karena mereka harus bekerja sama dalam menjalankan permainan.
    Secara keseluruhan, saya melihat video ini sebagai alat yang efektif dalam mendukung pengembangan motorik dan sosial anak usia dini dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

  6. NAMA:SRI WATI
    NIM:859871521
    JUDUL:”Pesan berbisik”
    setelah saya melihat vidio tersebut saya berpendapat ternyata pengembangan motorik melalui kegiatan ini sangat penting untuk kita ketahui,guna untuk mengembangkan keterampilan anak,dalam permainan pesan berbisik ini anak-anak selain di kembangkan kemampuan motoriknya,anak -anak juga di latih bagaimana cara mengingat pesan yang di berikan untuk di sampaikan kepada teman yang lain,pertanggung jawaban juga di ajarkan kepada anak misalnya jika ada seorang anak yang salah dalam menyampaikan pesan maka anak tersebut akan di beri sangsi misalnya melompat seperti kodok,dengan demikian bukan hanya perkembangan daya ingat saja yang mereka dapat motorik kasar juga sudah kita ajarkan ke anak melalui gerakan kodok melompat tersebut,selain itu juga pengembangan bahasa juga kita ajarkan kepada anak melalui pesan berbisik,bagaimana anak mengucapkan bahasa yang baik dan benar yang akan di sampaikan ke temannya,jadi melalui kegiatan pesan berbisik ini kita sudah banyak melakukan pengembangan antara lain:
    -keterampilan komunikasi.
    -keterampilan sosial emosional.
    -keterampilan fokus dan konsentrasi.
    -keterampilan bahasa.

  7. Menurut saya, video diatas menampilkan strategi yang efektif dalam mengembangkan kemampuan motorik anak. Guru menggunakan gerakan berbisik agar anak menggunakan gerakan tubuh untuk berkomunikasi. Anak menebak apa yang dikatakan guru melalui gerakan berbisik. Strategi ini membantu dalam meningkatkan kemampuan anka dalam berfikir kritis dan meningkatkan keterampilan motorik anak .

  8. Video tersebut merupakan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa anak, dan sangat inspiratif bagi para pendidik. permainan pesan berbisik juga menjadi salah satu alternatif bagi guru PAUD dalam mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa agar lebih menarik bagi siswa.

  9. NAMA: LINA WIDYANINGSIH
    NIM: 857601228

    JUDUL VIDEO 2: PESAN BERBISIK.

    Beberapa aspek yang dikembangkan melalui permainan pesan berbisik dalam video tersebut, antara lain:

    1. **Keterampilan Komunikasi**:
    – Anak belajar menyampaikan pesan secara jelas dan tepat.
    – Anak berlatih mendengarkan dengan seksama untuk memahami pesan yang diterima.

    2. **Daya Ingat dan Konsentrasi**:
    – Anak dilatih untuk mengingat dan menyampaikan pesan secara akurat.
    – Anak belajar berkonsentrasi agar tidak lupa atau salah menyampaikan pesan.

    3. **Pemahaman Konsep**:
    – Anak memahami konsep penyampaian pesan secara berantai.
    – Anak belajar bagaimana pesan dapat berubah saat disampaikan dari satu orang ke orang lain.

    4. **Keterampilan Sosial**:
    – Anak berlatih berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman-temannya.
    – Anak belajar menghargai perbedaan pemahaman antar individu.

    5. **Kreativitas**:
    – Anak dapat mengembangkan kreativitas dalam menyampaikan pesan dengan cara yang menarik.
    – Anak belajar berimprovisasi saat pesan yang diterima tidak jelas.

    6. **Kepercayaan Diri**:
    – Anak mendapat kesempatan untuk tampil di depan teman-temannya.
    – Anak belajar berani menyampaikan pesan dan tidak takut salah.

    MASUKAN ATAU SARAN:

    Dalam video tersebut guru sudah bagus dalam menjelaskan cara bermain pesan berantai, yang dimana:

    1. **Guru menggunakan Bahasa yang Sederhana dan Jelas**
    – Guru menggunakan kalimat-kalimat pendek dan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak.
    – Guru menghindari penggunaan istilah atau konsep yang terlalu kompleks.

    2. **Guru memberikan Contoh yang Konkret**
    – Guru menunjukkan contoh penyampaian pesan berantai yang sederhana.
    – Guru melakukan demonstrasi langsung agar anak dapat melihat dan memahami dengan jelas.

    3. **Guru melibatkan Anak Secara Aktif**
    – Guru mengajak anak untuk mencoba menyampaikan pesan secara bergantian.
    – Guru mendorong anak untuk berani menyampaikan pesan dan tidak takut salah.

    4. **Guru menciptakan Suasana yang Menyenangkan**
    – Guru memberikan penguatan positif dan pujian saat anak berpartisipasi.
    – Guru menghindari kritikan atau komentar negatif yang dapat mematahkan semangat anak.

    5. **Guru memberikan Aturan yang Jelas**
    – Guru menjelaskan aturan permainan dengan sederhana dan mudah dimengerti.
    – Guru memastikan anak memahami batasan-batasan dalam menyampaikan pesan.

    6. **Guru menyesuaikan dengan Tahap Perkembangan Anak**
    – Guru memilih pesan yang sesuai dengan kemampuan dan usia anak.
    – Guru meningkatkan kompleksitas pesan secara bertahap seiring dengan kemajuan anak.

    7. **Guru mendorong Anak untuk Menghargai Perbedaan**
    – Guru mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan pemahaman antar individu.
    – Guru memberikan pemahaman bahwa perbedaan dalam menyampaikan pesan adalah hal yang wajar.

  10. Nama : Ni Luh Desi Sarayanti
    Nim : 859029273

    menurut saya kegiatan yang dilakukan guru dengan cara pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak dengan cara yang menarik seperti melompat atau menirukan gerakakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru sangat efektif membuat anak jadi aktif bergerak dan menstimulasi motorik anak.

Leave a Reply