silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

564 Comments

  1. Nama : Putri Linda Widyastuti
    Nim : 857992596

    Masa usia dini adalah masa yang sangat penting dalam mengembangkan berbagai macam perkembangan.Pada video ini dilihatkan cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa dengan menggunakan pesan berbisik,permainan ini termasuk permainan yang kompetitif antar kelompok.Perkembangan motorik kasar dilihat melalui ketika anak berlari dengan zig – zag dan memperagakan isi pesan sesuai imajinasinya.Perkembanagan bahasa anak yaitu melatih pendengaran anak ketika anak membisikan isi pesan.

    Dengan video tersebut dapat membantu kita sebagai seorang guru dalam mengembangkan aspek perkembangan motorik dan bahasa anak.Saran saya dalam video tersebut adalah sebaiknya dilakukan diruang terbuka agar anak lebih leluasa dalam bermain.

  2. Nama : Ruspita Sari
    Nim: 858102834
    Dari vidio tersebut dapat memberikan pengalaman baru terutama mengembangkan fisik motorik bahasa dxn kognitif anak

  3. Nama : Erika Oktaviani
    NIM : 859523563
    Dari video Pesan Berbisik, dapat terlihat anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, tapi untuk mempraktekkan kegiatan ini guru perlu memberikan penjelasan dengan detail, karena dari langkah awal anak melakukan kegiatan Motorik Kasar saya kurang paham harus seperti apa. Lalu anak-anak menyampaikan pesan berbisik. Melalui kegiatan ini dapat menstimulus motorik kasar , bahasa dan sosial emosi dan fokus bagi anak-anak.. Semoga saya bisa mempraktekkan ny disekolah. Terima kasih

  4. Nama : DENNI ISRAYANTI
    Nim : 859417249
    Upbjj : ut Makassar

    Assalamualaikum ijin menanggapi
    Dalam video tersebut menunjukan permainan yang sangat baik untuk menstimulasi perkembangan motorik, bahasa dan melatih pendengaran anak. Namun dalam permainan tersebut harus lebih hati hati agar pada saat anak berlari untuk menyampaikan bisikanyannya.

    Terimakasih 🙏

  5. Nama : Shofia Khofifah Lia Sari
    NIM : 858183747

    Dari video pesan berbisik ini, anak anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut tetapi untuk mempraktikan kegiatan ini guru perlu memberikan penjelasan dengan detail, karena dari langkah awal anak melakukan kegiatan Motorik Kasar saya kurang paham harus seperti apa. Lalu anak-anak menyampaikan pesan berbisik. Melalui kegiatan ini dapat menstimulus motorik kasar , bahasa dan sosial emosi dan fokus bagi anak-anak.. Semoga saya bisa mempraktekkannya disekolah. Terima kasih

  6. Nama : Kidung Ardha Marsela
    NIM : 858000383
    Permainan Pesan berbisik

    permainan yang kreatif,sederhana, bisa dengan grup dan dapat menstimulasi seluruh aspeknya. Disini anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 3-10 orang , anak laki-laki maupun perempuan. tiap anak dapat berbalik dan berlari setelah menyampaikan pesannya. hal ini dapat menstimulasi motorik kasarnya. anak-anak dapat mendengarkan pesan sederhana, mengenal kosakata baru dan menyampaikan sesuai dengan bisikannya. hal tersebut meningkatkan kemampuan bahasa dan kognisinya. anak-anak dapat bersepakat menerima kekalahan belajar aspek sosemnya.

  7. Nama : Indrawati sri wulandari
    NIM : 857166669
    Dari video di atas, kita akan belajar tentang pentingnya meningkatkan kemampuan perkembangan anak salah satunya perkembangan motorik, kegiatan pengembangan motorik permainan berbisik sudah pernah diterapkan di sekolah kami, permainan tersebut sangatlah menyenangkan karena akan bermain sambil belajar dalam kelompok sehingga meningkatkan kemampuan kerjasama dalam tim dan menanamkan nilai sportifitas pada anak sejak dini. Kemampuan motorik anak akan terlihat ketika anak bergerak menirukan gerakan binatang yang ada pada gambar. Semoga kedepannya guru bisa menciptakan kegiatan-kegiatan yang inovatif dan bermakna bagi perkembangan anak.

  8. Nama: Makrifatul Hidayah
    NIM: 856833293
    Video di atas sangat menginspirasi bagi kita guru PAUD, kegiatan permainan di dalamnya sangat bermanfaat untuk perkembangan anak paud. karena pada permainan berbisik, anak dapat melatih motorik kasar pada anak, dapat melatih anak berbahasa, bersosial, dan kognitif nya pun dapat terlibat. permainan ini sangat efektif di lakukan, karena dapat melibatkan kan semua aspek perkembangan anak. Terimakasih 🙏

  9. Nama : Esra Nova Renti Siahaan
    Nim : 859811898

    judul Vidio pesan berbisik
    menurut saya penjelasan dari vidio diatas sangat bermanfaat karna menjadi wawasan bagi guru yang masih baru dalam melakukan pembelajaran. Dari permainan tersebut anak-anak diajak untuk kerjasama antar tim dan melakukan permainan dengan sportif dan dari permainan tersebut bukan hanya nili amoral saja yang terkandung ada perkembangan lainnya seperti kognitif, motorik halus anak dan perkembangan bahasa pada anak

  10. Nama : Ani Rosmiati
    Nim : 857530628

    Video ini menyajikan alternative perkembangan motorik yaitu dengan ilustrasi kegiatan terpadu untuk menstimulus bahasa dengan bercerita dengan boneka, bercakap-cakap dan tanya jawab. kegiatan Pesan berbisik yang menstimulasi perkembangan bahasa, permainan kompotitif dengan berkelompok yang beranggotakan 3-10 anak putra putri. Guru menyiapkan peralatan kartu gambar, alat tulis/gambar, ketika berbaris yang pertama mengekspresikan gambar yang dilihatnya dengan berbisik kepada temannya. aspek motoriknya yaitu ketika berbalik cara melompat seperti katak, ketika pemain terakhir harus berlari zigzag, menyampaikan pesan dengan imajinasinya, selain itu perkembangan bahasa nya yaitu melatih pendengarannya pesan ketika mendengarkan pesan yang di dengarnya, pengenalan beragam kosa kata secara lisan , pengenalan beragam kosakata melalui tulisan dengan mencari kata atau gambar yang diterima, menyebutkan pesan dengan suarkeras selain itu terdapat juga sosial emosional anak dengan menerima kekalahan juga perkembangan kognitifnya.

Leave a Reply