silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Video ini menunjukkan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini. Permainan pesan berbisik yang dimodifikasi dengan aktivitas fisik seperti berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan dari kartu sangat efektif untuk melatih motorik kasar sekaligus kemampuan koordinasi anak. Selain itu, penggunaan media visual (kartu bergambar) dan interaksi sosial dalam permainan turut merangsang aspek kognitif dan sosial-emosional mereka. Kegiatan seperti ini patut diapresiasi dan dapat dijadikan inspirasi bagi guru PAUD agar pembelajaran menjadi lebih menarik, variatif, dan bermakna bagi anak-anak.
Nama : Titis Nurrokhmawati
NIM: 858824813
Dari video tersebut, kita dapat memperoleh beberapa informasi penting mengenai permainan pesan berbisik dan dampaknya terhadap pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. adalah beberapa poin utama yang bisa didapatkan:
1. **Pengenalan Permainan Pesan Berbisik**: Video menjelaskan bagaimana seorang guru anak usia dini menggunakan permainan pesan berbisik untuk mengembangkan keterampilan motorik anak. Permainan ini melibatkan berlari zig zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan sesuai dengan gambar pada kartu yang digunakan oleh guru.
2. **Manfaat Permainan**: Permainan pesan berbisik tidak hanya membuat kegiatan pengembangan motorik lebih bervariasi tetapi juga lebih menarik bagi anak-anak. Variasi aktivitas dalam permainan ini membantu meningkatkan keterampilan motorik seperti koordinasi, keseimbangan, dan kecepatan re3. **Pendekatan Edukasi**: Guru menggunakan pendekatan edukatif yang kreatif dengan mengintegrasikan permainan ke dalam kurikulum. Ini menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk berpartisipasi.
4. **Pengembangan Keterampilan Sosial**: Selain keterampilan motorik, permainan ini juga dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan keterampilan berpikir kritis, karena anak-anak harus bekerja sama dan berkomunikasi untuk menyelesaikan tugas dalam permainan.
5. **Kontekstualisasi Pembelajaran**: Dengan menggunakan kartu dengan gambar sebagai panduan, guru dapat menyesuaikan permainan sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat anak-anak. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan bagi setiap anak.
Secara keseluruhan, video tersebut menunjukkan bahwa permainan pesan berbisik adalah alat yang efektif dalam pendidikan anak usini, membantu mengembangkan keterampilan motorik dan sosial secara bersamaan dalam suasana yang menyenangkan dan interaktif.
Nama : Titis Nurrokhmawati
NIM: 858824813
Dari video tersebut, kita dapat memperoleh beberapa informasi penting mengenai permainan pesan berbisik dan dampaknya terhadap pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. adalah beberapa poin utama yang bisa didapatkan:
1. **Pengenalan Permainan Pesan Berbisik**: Video menjelaskan bagaimana seorang guru anak usia dini menggunakan permainan pesan berbisik untuk mengembangkan keterampilan motorik anak. Permainan ini melibatkan berlari zig zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan sesuai dengan gambar pada kartu yang digunakan oleh guru.
2. **Manfaat Permainan**: Permainan pesan berbisik tidak hanya membuat kegiatan pengembangan motorik lebih bervariasi tetapi juga lebih menarik bagi anak-anak. Variasi aktivitas dalam permainan ini membantu meningkatkan keterampilan motorik seperti koordinasi, keseimbangan, dan kecepatan re3. **Pendekatan Edukasi**: Guru menggunakan pendekatan edukatif yang kreatif dengan mengintegrasikan permainan ke dalam kurikulum. Ini menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk berpartisipasi.
4. **Pengembangan Keterampilan Sosial**: Selain keterampilan motorik, permainan ini juga dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan keterampilan berpikir kritis, karena anak-anak harus bekerja sama dan berkomunikasi untuk menyelesaikan tugas dalam permainan.
5. **Kontekstualisasi Pembelajaran**: Dengan menggunakan kartu dengan gambar sebagai panduan, guru dapat menyesuaikan permainan sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat anak-anak. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan bagi setiap anak.
Secara keseluruhan, video tersebut menunjukkan bahwa permainan pesan berbisik adalah alat yang efektif dalam pendidikan anak usini, membantu mengembangkan keterampilan motorik dan sosial secara bersamaan dalam suasana yang menyenangkan dan interaktif.
Nama : Dini Destiani
NIM : 857524964
kegiatan pada video di atas merupakan salah satu bentuk pengembangan kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam mengembangan kemampuan motorik anak, kegiatan pesan berbisik juga memiliki manfaat untuk :
-Melatih daya ingat, karena dalam permainan ini seorang anak harus mengingat pesan atau kata-kata yang disampaikan oleh guru untuk selanjutnya disampaikan kepada temannya.
– Melatih komunikasi , dalam permainan ini anak melibatkan orang lain yaitu temannya,sehingga pada waktu bermain seorang anak dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya
– Melatih kerjasama, permainan ini merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok dan membutuhkan kerjasama untuk mencapai keberhasilan dalam permainan.
– Melatih konsentrasi, untuk dapat menerima dan mampu menyampaikan kembali kata-kata yang telah didengar, maka seorang anak harus mampu berkonsentrasi dalam kurun waktu yang sangat sebentar.
– Melatih kecepatan dalam berfikir, hal yang sangat penting dalam permainan ini adalah tentang cara seseorang ( anak ) memanage memori atau ingatan yang baru saja ia terima lalu memanggilnya kembali dalam waktu yang relatif singkat.
Nama : Melani Rosita Rasid
NIM : 857985694
UPBJJ : YOGYAKARTA
Pada video berjudul Pesan Berbisik permainan ini tanpa alat jadi bisa dilakukan kapan saja. Permainan ini juga melatih daya ingat anak dan pengenalan beragam kosa kata. Melatih kekompakan pada tiap kelompok yang ikut bermain. Melatih pendengaran anak, kerjasama dan konsentrasi dengan teman.
Nama:Tiyansi camelia novia sari
Nim:858572176
Permainan pesan berbisik yang dimodifikasi dengan aktivitas fisik seperti berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan dari kartu sangat efektif untuk melatih motorik kasar sekaligus kemampuan koordinasi anak. Pesan berbisik juga banyak manfaat yaitu:
-Melatih Daya Ingat.
Anak harus mengingat isi pesan tanpa mencatat, melatih memori jangka pendek mereka.
-Meningkatkan Kerja Sama dan Sosialisasi.
Permainan ini menciptakan suasana interaksi sosial yang positif dan menyenangkan.
Anak belajar bergiliran, menunggu, dan bekerja sama dalam kelompok kecil.
-Menumbuhkan Rasa Percaya Diri.
Anak merasa dihargai karena punya peran penting dalam menyampaikan pesan.
Membantu anak yang pemalu untuk berani berbicara dan terlibat dalam kegiatan kelompok.
RURI RISTI SHAFANIA
858566269
Pada video diatas selain dikembangkan kemampuan motoriknya melalui berlari zig zag, juga melompat pada kegiatan pesan berbisik, anak juga menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru.Pada kegiatan tersebut anak sangat senang sekali karena dapat meningkatkan kerjasama pada anak,melatih kemampuan menyimak,melatih kemampuan mengingat pada anak dan anak lebih percaya diri.Namun ada juga anak yang kurang konsentrasi ksrena kondisi kelas yang ramai dan membutuhkan waktu yang lama.
NAMA :NABELA MARYAMA
NIM: 858957555
UPBJJ :JEMBER
dalam vidio di atas yang berjudul ”pesan berbisik” cukup menarik permainan ini sangat mudah dan tidak perlu menggunakan alat yang sulit di jangnkau namun dalam vidio ini menurut saya pengambilan gambar kurang jelas sehingga agak sulit di mengerti dan dalam ruang kelas yang terlalu ramai.akan tetapi permaianan ini sangat menarik dan juga anak biasa senang karna di vidio mengajarkan anak untuk melatih ingatan dan juga lebih percaya diri.
terimakasih.
Nama: Dany Irvina Safitri
Nim: 857994235
UPBJJ:Yogjakarta
Salut:Payaman
menurut saya vidio pembelajaran “pesan berbisik” menampilkan sebuah praktik kreatif dari guru PAUD dalam mengembangkan ketrampilan motorik anak melalui pendekatan bermain yang menyenangkan. permainan ini tidak hanya melatih kemampuan motorik kasar anak seperti berlari zig-zag dan melompat tetapi juga mengasah kemampuan mereka dalam menirukan gerakan sesuai visual dalam kartu, yang berarti sekaligus melibatkan aspek motorik halus dan daya ingat. penggunaan metode ini sangat menarik karena mampu menggabungkan unsur fisik, visual, dan komunikasi dalam satu kegiatan yang seru dan interaktif. selain itu permainan ini juga menunjukkan bahwa pengembangan motorik anak usia dini dapat dilakukan dengan cara yang bervariasi dan tidak membosankan. guru dalam vidio ini patut diapresiasi karena berhasil menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkkan, dan bermakna bagi anak-anak.
TURYANTI
857630419
Dari vidio Pesan Berbisik tersebut sangat menginspirasi bagi saya yaitu menggabungkan kegiatan motorik kasar dengan bahasa anak . kita bisa mengetahui sampai sejauh mana anak anak bisa mengerti tentang bahasa, permainan ini sangat mudah dilaksanakan baik di dalam maupun diluar ruangan tanpa harus menggunakan alat alat. permainan ini dapat melatih anak untuk melakukan komunikasi , dapat melatih bahasa anak dan memberikan pengalaman yang luar biasa . Kita pernah melaksanakan permainan ini di sekolah dengan 3-4 urutan anak , awalnya dari 4 anak ini bisa hasilnya berbeda beda namun setelah beberapa kali diulang akhirnya anak-anak paham dan dapat menjawab dengan benar padahal kita hanya memberikan satu kata benda misal mobil . Dengan demikian kita perlu kita simpulkan bahwa belajar bahasa bisa kita lakukan dengan cara apa saja misal dengan bermain pesan berbisik yang bisa dipadukan dengan motorik kasar seperti lari zig-zag dan lain sebagainya .