silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

852 Comments

  1. Nama:Afni kasim pulungan
    Nim:857891123
    UPBJJ : Surakarta

    Pendapat saya ttg vidio pengembangan motorik anak TK melalui permainan pesan berbisik adalah

    Anak anak sangat senang dengan kegiatan tersebut,di tempat saya mengajar sudah sering kami lakukan.
    Permainan pesan berbisik ini sangat mudah dan bisa kapan saja kita lakukan karena tanpa menggunakan alat, adapun manfaatnya adalah bisa melatih pendengaran anak,pengenalan beragam kosa kata anak.
    Dan bisa menyebutkan pesan yg di sampaikan .
    Permainan ini juga bisa menstimulasi perkembangan bahasa anak,sosial emosional anak kenapa? Anak harus sportif dalam menerima kekalahan
    Pengembangan Kognitif :anak akan berimajinasi dalam menerima pesan yg disampaikan.
    Dengan sering melakukan kegiatan pesan berbisik ini, anak anak akan lebih bersemangat untuk berangkat ke sekolah.mereka sangat suka dan antusias sekali jika ibu gurunya memulainya.
    Sekian pendapat dari saya ,terimakasih

    Demikian pendapat dari saya

  2. Video ini menunjukkan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini. Permainan pesan berbisik yang dimodifikasi dengan aktivitas fisik seperti berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan dari kartu sangat efektif untuk melatih motorik kasar sekaligus kemampuan koordinasi anak. Selain itu, penggunaan media visual (kartu bergambar) dan interaksi sosial dalam permainan turut merangsang aspek kognitif dan sosial-emosional mereka. Kegiatan seperti ini patut diapresiasi dan dapat dijadikan inspirasi bagi guru PAUD agar pembelajaran menjadi lebih menarik, variatif, dan bermakna bagi anak-anak.

    1
    1
  3. Nama : Titis Nurrokhmawati
    NIM: 858824813
    Dari video tersebut, kita dapat memperoleh beberapa informasi penting mengenai permainan pesan berbisik dan dampaknya terhadap pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. adalah beberapa poin utama yang bisa didapatkan:

    1. **Pengenalan Permainan Pesan Berbisik**: Video menjelaskan bagaimana seorang guru anak usia dini menggunakan permainan pesan berbisik untuk mengembangkan keterampilan motorik anak. Permainan ini melibatkan berlari zig zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan sesuai dengan gambar pada kartu yang digunakan oleh guru.

    2. **Manfaat Permainan**: Permainan pesan berbisik tidak hanya membuat kegiatan pengembangan motorik lebih bervariasi tetapi juga lebih menarik bagi anak-anak. Variasi aktivitas dalam permainan ini membantu meningkatkan keterampilan motorik seperti koordinasi, keseimbangan, dan kecepatan re3. **Pendekatan Edukasi**: Guru menggunakan pendekatan edukatif yang kreatif dengan mengintegrasikan permainan ke dalam kurikulum. Ini menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk berpartisipasi.

    4. **Pengembangan Keterampilan Sosial**: Selain keterampilan motorik, permainan ini juga dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan keterampilan berpikir kritis, karena anak-anak harus bekerja sama dan berkomunikasi untuk menyelesaikan tugas dalam permainan.

    5. **Kontekstualisasi Pembelajaran**: Dengan menggunakan kartu dengan gambar sebagai panduan, guru dapat menyesuaikan permainan sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat anak-anak. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan bagi setiap anak.

    Secara keseluruhan, video tersebut menunjukkan bahwa permainan pesan berbisik adalah alat yang efektif dalam pendidikan anak usini, membantu mengembangkan keterampilan motorik dan sosial secara bersamaan dalam suasana yang menyenangkan dan interaktif.

  4. Nama : Titis Nurrokhmawati
    NIM: 858824813
    Dari video tersebut, kita dapat memperoleh beberapa informasi penting mengenai permainan pesan berbisik dan dampaknya terhadap pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. adalah beberapa poin utama yang bisa didapatkan:

    1. **Pengenalan Permainan Pesan Berbisik**: Video menjelaskan bagaimana seorang guru anak usia dini menggunakan permainan pesan berbisik untuk mengembangkan keterampilan motorik anak. Permainan ini melibatkan berlari zig zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan sesuai dengan gambar pada kartu yang digunakan oleh guru.

    2. **Manfaat Permainan**: Permainan pesan berbisik tidak hanya membuat kegiatan pengembangan motorik lebih bervariasi tetapi juga lebih menarik bagi anak-anak. Variasi aktivitas dalam permainan ini membantu meningkatkan keterampilan motorik seperti koordinasi, keseimbangan, dan kecepatan re3. **Pendekatan Edukasi**: Guru menggunakan pendekatan edukatif yang kreatif dengan mengintegrasikan permainan ke dalam kurikulum. Ini menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk berpartisipasi.

    4. **Pengembangan Keterampilan Sosial**: Selain keterampilan motorik, permainan ini juga dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan keterampilan berpikir kritis, karena anak-anak harus bekerja sama dan berkomunikasi untuk menyelesaikan tugas dalam permainan.

    5. **Kontekstualisasi Pembelajaran**: Dengan menggunakan kartu dengan gambar sebagai panduan, guru dapat menyesuaikan permainan sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat anak-anak. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan bagi setiap anak.

    Secara keseluruhan, video tersebut menunjukkan bahwa permainan pesan berbisik adalah alat yang efektif dalam pendidikan anak usini, membantu mengembangkan keterampilan motorik dan sosial secara bersamaan dalam suasana yang menyenangkan dan interaktif.

  5. Dalam video yang saya pilih ini seorang pendidik yang sedang berdiri didepan kelas sambil bernyanyi riang dan melakukan gerakan agar bisa menstimulasi perkembangan motorik halus pada anak usia dini. Pemberian materi pembelajaran guna menstimulasi atau meningkatkan kemampuan motorik dasar pada anak juga dapat di lakukan dengan cara lain yang lebih menarik sehingga hal ini tidak menjadi beban anak dan tentunya anak akan lebih termotivasi dalam belajar dan tidak merasakan jenuh ketika belajar. Cara yang di lakukan oleh guru melalui pesan berbisik ini merupakan langkah tepat guru dalam menstimulasi perkembangan kemampuan anak tidak hanya motorik dasar anak namun juga perkembangan bahasa dan kognitif pada anak usia dini. Menurut saya langkah ini sangat tepat diambil oleh guru

  6. Nama: Mellisa Fitri
    NIM :856195398

    Dari video di atas kita dapat melihat beberapa permainan yang mengasah Motorik Kasar, Bahasa dan Sosial emosional pada anak. Pada saat permainan berlangsung anak-anak terlihat sangat antusias.

  7. Nama: Yeni Handayani
    NIM: 857526398

    Dalam video di atas dapat di sampaikan bahwa pesan berbisik Sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan motorik anak, baik motorik halus ataupun motorik kasar .
    – Kegunaan pesan berbisik dalam motorik halus:
    1. Melatih keterampilan mendengar yaitu Pesan berbisik memaksa anak untuk mendengarkan pesan yang di bisikan kepadanya untuk membantu meningkatkan kemampuan fokus dan perhatian.
    2. Melatih kemampuan berbicara yaitu Anak harus membisikkan pesan dengan jelas dan tepat kepada teman di sampingnya untuk melatih kemampuan artikulasi dan pengucapan kata-kata.
    3. Melatih daya ingat yaitu anak harus mengingat pesan yang di bisikan kepadanya dan kemudian menyampaikan kembali, yang melatih kemampuan mengingat terhadap apa yang di sampaikan oleh temannya.
    – Kegunaan pesan berbisik dalam motorik Kasar
    1. Melatih koordinasi gerakan yaitu melibatkan interaksi fisik antar anak, sehingga membantu anak mengembangkan koordinasi gerakan tubuh dan keseimbangan.
    2. Meningkatkan kemampuan komunikasi, Anak harus menyampaikan pesan secara berbisik kepada teman di sebelahnya, untuk menyampaikan pesan secara jelas.
    3. Melatih kerja sama anak, permainan ini melibatkan kerja sama antar anak dalam menyampaikan pesan secara berantai, yang membantu mengembangkan kemampuan berinteraksi sosial dan belajar bekerja dalam tim.
    Kesimpulan nya permainan pesan berbisik sangat bagus untuk di terapkan di TK kita di karenakan besarnya pengaruh dari pesan berbisik terhadap perkembangan motorik anak termasuk perkembangan yang lainnya seperti melatih kemampuan menyimak, mendengar, dan kemampuan berbahasa.

  8. Nama : Dini Destiani
    NIM : 857524964
    kegiatan pada video di atas merupakan salah satu bentuk pengembangan kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam mengembangan kemampuan motorik anak, kegiatan pesan berbisik juga memiliki manfaat untuk :
    -Melatih daya ingat, karena dalam permainan ini seorang anak harus mengingat pesan atau kata-kata  yang disampaikan oleh guru untuk selanjutnya disampaikan kepada temannya.
    – Melatih komunikasi , dalam permainan ini anak melibatkan orang lain yaitu temannya,sehingga pada waktu bermain seorang anak dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya
    – Melatih kerjasama, permainan ini merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok dan membutuhkan kerjasama untuk mencapai keberhasilan dalam permainan.
    – Melatih konsentrasi, untuk dapat menerima dan mampu menyampaikan kembali kata-kata  yang telah didengar, maka seorang anak harus mampu berkonsentrasi dalam kurun waktu yang sangat sebentar.
    – Melatih kecepatan dalam berfikir, hal yang sangat penting dalam permainan ini adalah tentang cara seseorang ( anak ) memanage memori atau ingatan yang baru saja ia terima lalu memanggilnya kembali dalam waktu yang relatif singkat.

  9. Video ini memberikan gambaran yang sangat inspiratif tentang bagaimana seorang guru anak usia dini dapat mengemas pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna melalui permainan sederhana seperti pesan berbisik. Upaya guru dalam menggabungkan elemen motorik dengan aktivitas bermain menunjukkan kreativitas dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Permainan ini tidak hanya melatih keterampilan motorik kasar anak seperti berlari zig-zag dan melompat, tetapi juga melibatkan aspek kognitif dan sosial, seperti mengikuti instruksi dan bekerja sama dalam kelompok.
    Adapun manfaat yang didapatkan dari kegiatan permainan pesan berbisik sebagai berikut:
    1. Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar
    Anak-anak dilatih untuk melakukan gerakan aktif seperti berlari, melompat, dan menirukan gerakan, yang membantu memperkuat otot-otot tubuh dan meningkatkan koordinasi gerak.
    2. Melatih Konsentrasi dan Daya Ingat
    Permainan pesan berbisik melibatkan pengingatan pesan dan gerakan, yang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi serta memori jangka pendek anak.
    3. Meningkatkan Kemampuan Sosial
    Anak-anak belajar bekerja sama, bergiliran, dan saling berkomunikasi saat bermain bersama teman-temannya.
    4. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi
    Dengan menirukan gerakan dari gambar pada kartu, anak-anak diajak untuk berpikir kreatif dan mengekspresikan diri mereka dengan bebas.
    5. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan
    Pendekatan bermain seperti ini membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak usia dini.

    Terimakasih

  10. Video ini memberikan gambaran yang sangat inspiratif tentang bagaimana seorang guru anak usia dini dapat mengemas pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna melalui permainan sederhana seperti pesan berbisik. Upaya guru dalam menggabungkan elemen motorik dengan aktivitas bermain menunjukkan kreativitas dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Permainan ini tidak hanya melatih keterampilan motorik kasar anak seperti berlari zig-zag dan melompat, tetapi juga melibatkan aspek kognitif dan sosial, seperti mengikuti instruksi dan bekerja sama dalam kelompok.

    Adapun manfaat pada permainan pesan berbisik sebagai berikut:
    1. Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar
    Anak-anak dilatih untuk melakukan gerakan aktif seperti berlari, melompat, dan menirukan gerakan, yang membantu memperkuat otot-otot tubuh dan meningkatkan koordinasi gerak.
    2. Melatih Konsentrasi dan Daya Ingat
    Permainan pesan berbisik melibatkan pengingatan pesan dan gerakan, yang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi serta memori jangka pendek anak.
    3. Meningkatkan Kemampuan Sosial
    Anak-anak belajar bekerja sama, bergiliran, dan saling berkomunikasi saat bermain bersama teman-temannya.
    4. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi
    Dengan menirukan gerakan dari gambar pada kartu, anak-anak diajak untuk berpikir kreatif dan mengekspresikan diri mereka dengan bebas.
    5. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan
    Pendekatan bermain seperti ini membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak usia dini.

Leave a Reply