silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

852 Comments

  1. Nama : siti masriani
    Menurut saya, Melalui permainan tersebut dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam menyampaikan berbagai kata atau kalimat, anak juga mampu terbiasa menyampaikan dengan bahasa yang sopan dan jujur. Permainan ini dapat mengetahui fokus anak dalam menerima kata atau kalimat yang disampaikan pendidik atau temannya, anak dapat mengulang kalimat sederhana

  2. Nama: siti masriani
    Menurut saya, Melalui permainan tersebut dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam menyampaikan berbagai kata atau kalimat, anak juga mampu terbiasa menyampaikan dengan bahasa yang sopan dan jujur. Permainan ini dapat mengetahui fokus anak dalam menerima kata atau kalimat yang disampaikan pendidik atau temannya, anak dapat mengulang kalimat sederhana

  3. Nama : siti masriani
    Nim :878252656
    Prodi. : PGPAUD
    Sem : 9
    Menurut saya, Melalui permainan tersebut dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam menyampaikan berbagai kata atau kalimat, anak juga mampu terbiasa menyampaikan dengan bahasa yang sopan dan jujur. Permainan ini dapat mengetahui fokus anak dalam menerima kata atau kalimat yang disampaikan pendidik atau temannya, anak dapat mengulang kalimat sederhana

  4. Guru menggunaan media permainan yang menyenangkan untuk anak usia dini,dalam permainan ini selain mengembangkan kemampuan motorik kasar anak,kemampuan bahasa anak,kemampuan sosial emosional anak,kemampuan kognitif,semangat berkompetisi,pantang menyerah,sportif,serta konsentrasi

  5. Dalam video GPO tentang pengembangan motorik kasar dan motorik halus anak melalui kegiatan yang dilakukan pada video pembelajaran di atas sangat tepat, namun guru harus ekstra dalam melakukan pengawasan terhadap anak , agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan ketika anak berada di luar untuk bermain bebas bersama dengan teman sebayanya.Video ini sangat inspiratif dan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana permainan sederhana seperti pesan berbisik dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mengembangkan motorik kasar dan kemampuan bahasa anak usia dini. Saya sangat mengapresiasi kreativitas guru dalam menggabungkan aktivitas fisik seperti berlari zig-zag dan melompat dengan stimulasi bahasa melalui pesan berbisik. Pendekatan ini tidak hanya membuat anak-anak aktif bergerak, tetapi juga melatih konsentrasi dan kemampuan komunikasi mereka secara menyenangkan.

  6. Sebuah pendekatan yang kreatif dan menyenangkan dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Penggunaan permainan pesan berbisik yang biasanya dikenal sebagai aktivitas komunikasi, dikombinasikan dengan gerakan motorik seperti berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan dari gambar, menunjukkan inovasi yang menarik dari guru dalam merancang pembelajaran yang holistik. Pendekatan ini tidak hanya melatih motorik kasar anak, tetapi juga berpotensi mengembangkan aspek lain seperti konsentrasi, daya ingat, koordinasi, serta kerja sama sosial. Ini sejalan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang menekankan bermain sambil belajar. Upaya guru seperti ini patut diapresiasi karena dapat menjadi inspirasi bagi pendidik lain dalam menciptakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi perkembangan anak secara menyeluruh. Terlebih lagi, kegiatan yang bervariasi dan menarik sangat penting agar anak tetap termotivasi dan antusias dalam proses belajar.

  7. nama : yeni tresna ningsih
    nim: 859688628
    prodi PAUD

    menanggapi video diatas bahwa guru memberikan kegiatan yang variatif kepada anak. yaitu kegiatan untuk pengembangan motorik anak ada kegaiatan anak melompat menirukan katak, guru bercerita dengam media boneka tangan. tentunya hal tersebut membuat anak merasa senang saat belajar.
    setelah itu barulah kegiatan pesan berbsisik yang mempunyai tujuan melatih fokus anak , pendengaran anak serta pengembangan bahasa pada anak .

  8. Prinsip pembelajaran anak usia dini menekankan pada kegiatan bermain sambil belajar.Di butuhkan inovasi guru dalam merancang pembelajaran yang holistik melalui video ini sangat terlihat anak-anak sangat antusias dalam proses belajar kegiatan bercerita dan anak menirukan gerakan dari gambar menunjukkan kombinasi pengembangan gerakan motorik kasar anak tetapi juga mengembangkan aspek konsentrasi,daya ingat,koordinasi,dan kerja sama sosial.

  9. Menanggapi kegiatan ini yaitu Peran Berbisik kepada anak yang mampu mengembangkan motorik kasar dan bahasa pada anak usia dini sebagian besar anak anak sangat menyukai kegiatan ini.Disini guru menstimulasi anak anak dengan cara melompat seperti kodok,bernyanyi yang mampu mengasah motorik kasar pada anak dan meningkatkan bahasa yang baik terhadap anak.Setelah memberikan stimulasi gerak sambil bernyanyi guru mengajak anak anak untuk melakukan kegiatan “pesan berbisik” hal ini mampu melatih kepekaan anak dalam menerima informasi dari teman,hal ini sangat baik dilakukan terhadap anak usia dini untuk mengasah sosial emosional pada anak.

  10. Nama:Nur Laila Fitriani
    Nim:858316231

    Menurut saya video ini sangat bermanfaat dan menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak.Video ini sangat inspiratif dan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana permainan sederhana seperti pesan berbisik dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mengembangkan motorik kasar dan kemampuan bahasa anak usia dini.
    Terimakasih

Leave a Reply