silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Nama : Ni Wayan Sri Sumarni
NIM :859030095
Jurusan : PG PAUD
1. Judul : Senam Tradisional
Nama Pengembang Video: Sri Tatminingsih
Lokasi : Halaman Sekolah
Kelompok Anak dalam Video : Anak yang tidak bersemangat dengan kegiatan senam irama
Ringkasan Materi : ketika anak mulai merasa tidak bersemangat serta tidak antusias lagi dalam melakukan
senam irama. karena merasa bosan dengan senam itu-itu saja maka guru harus sigap dalam mengambil
keputusan untuk mengganti senam nya dengan memperkenalkan senam tradisional yang dalam gerakan
tidak menyulitkan bagi anak. yakin dengan memperkenalkan gerakan-gerakan terkoordinasi yang disisipkan
dalam senam tradisional maka anak akan menjadi bersemangat dan antusias kembali untuk mengikuti
kegiatan motorik kasar nya.
2. Guru dalam video telah menerapkan prisip evaluasi dan assesment, hanya saja dalam video tersebut tidak terlihat adanya sapaan pembuka kepada anak-anak dan penutup
untuk menanyakan kembali kegiatan senam tradisional hari ini.
3. Pendapat saya mencoba melakukan kegiatan senam irama/senam tradisonalnya di halaman terbuka supaya
anak-anak tidak berdesak-desakan ketika melakukan kegiatan motorik kasar
4. Tanggapan saya yaitu agar anak – anak tidak bosan melakukan senam di dalam ruangan, maka guru bisa mengajak anak – anak melakukan kegiatan senam di halaman sekolah
Melatih motorik anak melalui kegiatan senam tradisional merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk perkembangan fisik motorik kasar anak dan kegiatan senam tradisional juga untuk mengenalkan berbagai macam tari yang ada diIndonesia, dan juga dengan berbagai macam gerakan tari dan busana tari Indonesia.
Didalam video tersebut guru kurang bersemangat dalam memimpin senam tradisional dan kurang mengajak anak-anak untuk ikut serta.
Guru juga kurang memberi abah-abah disteep by steep gerakan senam tradisional.
Untuk itu menjadi guru senam tradisional harus memakai atribut senam supaya anak lebih bersemangat, contoh nari bali memakai selendang atau atribut lainnya.
Nama: MURDALENA
NIM :856450986
Kegiatan senam musik tradisional akan menambah wawasan anak terhadap kebudayaan. Senam ini juga dapat meningkatkan fisik motorik anak, disini kita dapat melihat betapa antusiasnya anak melakukannya. Selain itu motorik kasar dan juga sosial emosionalnya juga terstimulasi dengan baik.
Akan tetapi, saran saya sebaiknya para guru juga bisa melakukan senam bersama anak-anak, jadi tidak hanya mengawasi anak-anak saja.
Nama : Nur Rohmah
NIM : 858744841
Menurut saya, vidio ini sangat baik. senam yang dikolaborasikan dengan tarian tradisionak dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik pada diri anak, baik fisik motorik kasar maupun fisik motorik halus. Dengan memperkenalkan tarian dan musik tradisional kepada peserta didik dapat menambahkan pengetahuan peserta didik. peserta didik dapat mengetahui tarian dan musik tradisional di daerah tempat tinggalnya.
Nama : Nunuk Fadhilah
NIM : 858752831
Menurut saya video tersebut yang menampilkan Tari tradisonal sudah sangat bagus , anak di latih untuk melatih motorik kasar serta kolaborasi tari, senam dan iringan musik lagu, tetapi ada kalanya pendidik harus lebih bisa menghidupkan kembali suasana tari yang menyenangkan dengan sangat ekspresif dan tidak monoton , kegiatan tari tradisional tersebut harus di selingi dengan senam senam yang sangat trend saat ini dan di gemari oleh anak-anak. Guru harus selalu upadate dengan perkembangan musik , membuat aransemen2 yang mungkin vbisa di campur antara senam pada masa sekarang dengan music tradisional.
Nama : Kadek Herlina Dwi Putri
NIM : 859031832
UPBJJ : Denpasar
Dalam video tersebut, menurut saya lokasi yang digunakan kurang luas atau jika memang tidak memiliki halaman yang luas sebaiknya gunakan alternatif lain seperti anak di bagi beberapa kelompok supaya ruang lingkup gerak anak menjadi luas, lalu sebisa mungkin guru harus ekspresif jika mengajak anak anak melakukan senam mungkin ada interaksi dengan anak seperti “waah.. si A bagus gerakannya, wah si B jugaa ga kalah semangat” hingga membuat anak anak lebih termotivasi untuk bergerak lebih semangat. Untuk Ide mengkombinasi Senam dengan musik tradisional sangat bagus supaya tidak monoton sekaligus mengenalkan seni di daerah masing masing , tambahan dari saya, mungkin bisa ditambahkan lagi musik yang lebih terbaru kalau bisa yang sedang viral saat ini , biasanya jika musik itu sudah familiar anak anak akan lebih antusias bernyanyi sambil bergerak, jika memang untuk mengajarkan seni anak bisa dilakukan mencari lagu daerah terbaru untuk anak anak, dari itu bisa mengembangkan aspek motorik sekaligus seni dan bahasanya. Sekian tanggapan dari saya Salam sehat damai dan ceria 🙂
nama : Ningayuputrii
Nim : 859033123
prodi : PGPAUD122
upbjj: Denpasar-77
Dalam video diatas, menurut saya kegiatan tersebut sudah bagus dengan adanya kegiatan senam tradisional anak-anak jadi tidak bosan dengan senam-senam umum yang biasa kita gunakan, namun pada video tersebut terdapat tempat yang kurang luas jadi anak-anak tidak dapat berleluasa untuk menggerakan tubuhnya dalam mengikuti gerakan kita. selain itu, anak-anak dapat menggerakan mata,tangan,kaki serta badan otot agar bergerak nlincah tidak kaku. tambahan dari saya, mungkin guru-guru bisa mengkombinasikan lagu dan gerakan dengan musik daerah atau musik-musik yang anak-anak kemungkinan suka dan senang di dengar. biasanya jika musik sudah familliar anak-anak makin bersemangat mengikuti gerakan yg kita ajarkan dan anak-anak dapat mengembangkan aspek motorik dan bahasanya. sekian tanggapan dari saya terimakasi
Nama : Agustin Veronica
NIM : 858738554
UPBJJ : Sidoarjo Kota / 71
Menurut saya, dalam video tersebut melatih motorik kasar anak dengan senam dan tari tradisional sangat bagus. Selain dapat malatih perkembangan motorik kasar anak, kegiatan tersebut dapat memberi wawasan anak tentang budaya lokal, yang semestinya terus dilestarikan.
Namun, kekurangan dalam video tersebut yaitu ruang gerak anak sangat terbatas, dan guru juga kurang begitu semangat.
Nama : Repti Puspita Syari
Nim : 856803853
Prodi : PGPAUD
Menurut saya, video tarian tersebut dapat melatih fisik motorik anak (kasar) karena dengan melakukan senam dan tari tradisional anak dapat menggerakkan otot otot pada tubuh anak. Selain itu juga kegiatan tersebut dapat memberi wawasan anak dan mengenalkan kepada anak tentang tarian tradisional dan seni kepada anak, tetapi tarian tersebut untuk anak usia dini masih kesulitan karena gerakan tariannya terlalu banyak.
NAMA : EVI SUTRIANINGSIH
NIM : 858742697
Saya telah menganalisis video tersebut :
Judul Video : Seri Mengembangkan Kemampuan Motorik PAUD “Senam
Tradisional”
Nama Pengembang : Sri Tatminingsih (Guru Pintar Online FKIP UT)
Hasil Analisis Video :
Dalam video tersebut guru melatih kegiatan fisik anak melalui tari tradisional yang diiringi music gamelan. Akan tetapi ruang gerak anak yang digunakan guru sangatlah terbatas, sehingga anak tidak bisa bergerak aktif. Serta Ketika memberikan contoh gerak yang dilakukan guru melakukan secara monoton. Kegiatan guru melatih fisik anak dilakukan 1 minggu sekali, karena menjadi kegiatan rutin seperti itu terkadang anak merasa monoton dan bosan apalagi gerak senam yang dilakukan selalu sama.
Kompetensi dasar pada anak TK diantaranya :
1. Anak mampu melakukan aktivitas fisik serta koordinasi dalam rangka kelenturan dalam menulis, keseimbangan, kelincahan, dan melatih keberanian.
2. Mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi.
Penggunaan music tradisional dan Gerakan senam dengan menggabungkan tari tradisional dengan Gerakan senam yang teratur dan dinamis ternyata dapat menjadi alternatif dalam pengembangan motoric halus anak TK, serta akan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional atau seni budaya dari berbagai daerah.