silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Milen widya sari waruwu
    Nim : 856021152
    UPBJJ Medan Pokjar idanogawo

    Menurut pendapat saya setelah mengamati video tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya dengan metode yang dilakukan guru di awal pembelajaran tersebut kurang efektif sehingga siswa-siswa tersebut tidak memperhatikan penjelasan guru dan membuat kelas menjadi tidak kondusif, guru menyampaikan pembelajaran terlalu monoton sehingga siswa merasa bosan dan tidak semangat untuk mengikuti pelajaran. Namun dengan diubahnya menjadi metode pembelajaran yang melafalkan rumus matematika dengan cara bernyanyi membuat siswa tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Dan siswa juga akan lebih mudah dalam menghafal rumus matematika.

    Demikian.

  2. Nama : Milen Widya Sari Waruwu
    NIM : 856021152
    Asal : Nias, Sumatera Utara
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar PDGK4209
    Prodi : SI PGSD
    UPBJJ : UT MEDAN / Pokjar idanogawo

    Menurut pendapat saya kegiatan membuka pelajaran yang telah dilalukan oleh ibu tersebut sudah baik, namun sebaiknya dalam memulai pelajaran guru/ tenaga pendidik harus menguasai keterampilan dalam mengajar salah satunya dengan mengarahkan siswa terlebih dahulu misanya dengan merapihkan atau meluruskan meja dan kursi mereka agar terlihat lebih baik. dan divideo diatas saya melihat peserta didik masih belum sepenuhnya siap untuk mengikuti pelajaran karena disana-sini masih banyak yang ribut dan suka menganggu teman disebelahnya.

    selanjutnya saya melihat divideo tersebut materi yang telah disampaikan sudah baik dan jika kita melihat tanggapan reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran antusias,pembelajararan menarik , kreatif dan terampil ,guru tersebut juga memberikan contoh yang konkret / nyata dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar sebagai media pembelajaran sehingga membuat siswa siswa ingin tahu dan aktif dimateri ini, siswa dapat mudah memahaminya dan mendeskripsikan benda disekitar. Divideo ini juga guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju mendeskripkan benda tersebut . Disini guru menunjukan agar anak berani dan percaya diri ini sangat bagus dan menginspirasi guru lainnya.

    demikian.

  3. NAMA : RENI MARLINA

    NIM : 856970645

    PRODI : PGSD S1

    POKJAR : KALIREJO

    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Izin mengutarakan pendapat.
    Setelah saya mengamati serta menonton video tersebut, berikut hasil analisis saya:
    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran terlihat tidak fokus terhadap pembelajaran, nampak mudah bosan dan tidak bersemangat, serta kurang kondusif ini dapat dilihat dalam video ada beberapa anak yang sibuk sendiri, berbicara dengan temannya, gaduh bahkan ada yang tiduran.
    Hal ini bisa jadi dikarenakan guru pada awal kegiatan pembelajaran kurang menarik perhatian siswa, tidak memberikan motivasi kepada siswa, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak melakukan apersepsi seperti (mengabsen siswa, membaca doa, bernyanyi lagu nasional, menanyakan soal dan menyampaikan materi sebelumnya lalu dikaitkan dengan materi yang akan di ajarkan saat ini) pada saat mengajar pun guru tersebut menggunakan metode ceramah di mana metode tersebut terkesan monoton dan kurang menarik bagi siswa. Dengan menggunakan metode ceramah membuat guru masih belum mampu melibatkan siswa secara langsung. Itulah beberapa kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut.
    Namun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru tersebut menyadari akan kelemahan yang dimilikinya guru tersebut kemudian memperhatikan masalah yang dihadapi siswanya dan segera mencari strategi pembelajaran yang menarik siswanya yaitu dengan mengubah metode dan menggunakan media pembelajaran dengan cara menggunakan media kertas karton yang bertuliskan lirik lagu rumus rumus matematika dan mengajak anak menyanyikan rumus rumus matematika dengan nada burung kakak tua. Dengan mengajak siswa bernyanyi sambil menghafalkan rumus rumus matematika hasilnya siswa dapat lebih fokus dalam pembelajaran sehingga lebih mudah menghafal rumus matematika dan siswa terlihat sangat antusias, serta semangat belajar kembali, suasana kelas pun terlihat lebih kondusif.
    Keunikan yang terjadi pada video pembelajaran tersebut adalah ketika anak anak diberikan pembelajaran dengan metode ceramah anak anak terlihat kurang fokus dan cenderung tidak semangat, sangat berbeda ketika pembelajaran dilakukan dengan metode bernyanyi anak anak terlihat sangat antusias dan semangat dalam belajar.
    Pembelajaran yang berada pada video tersebut sudah cukup baik, namun upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut adalah ada baiknya sebelum proses pembelajaran penting memberikan pemahaman tentang konsep dasar terlebih dahulu dengan adanya pemahaman konsep dasar anak-anak akan mengingat dalam jangka waktu yang panjang, Kemudian guru harus dapat membuka pembelajaran dengan baik agar dapat menarik perhatian siswa, menumbuhkan minat, perhatian, dan semangat siswa untuk belajar, agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. Guru juga dalam proses pembelajaran harus menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan melibat siswa dalam pembelajaran tersebut seperti melakukan tanya jawab, diskusi, melakukan percobaan, belajar lewat permainan dan lain sebagainya. Saat menutup pembelajaran pun harus dilakukan dengan baik seperti meninjau kembali materi pertemuan tersebut, evaluasi pembelajaran dan memberikan dukungan sosial, dengan menutup pembelajaran dengan baik guru dapat mengetahui ketercapaian tujuan dari pembelajaran yang dilaksanakan.

    Demikian pendapat dari saya
    Wassalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  4. Nama : Vitri Pujiriyanto
    NIM : 857081831
    UPBJJ : Jakarta
    Analisis Video Pembelajaran
    Menurut saya, video pembelajaran tentang menghafal rumus bangun datar pada laman Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika – Guru Pintar Online (ut.ac.id) mengisyaratkan bahwa:
    1. Pada awal pembelajaran, saat guru memulai mengajar dan menyampaikan pertanyaan pemantik mengenai pelajaran matematika yakni rumus mencari luas bangun datar anak-anak tertingkah tidak kondusif karena anak-anak masih menganggap bahwa menghafal rumus bangun datar tersebut sangat sulit.
    2. Kemudian guru mengubah metode pembelajaran yang awalnya menggunakan metode ceramah diganti dengan metode demonstrasi yakni menghafal rumus bangun datar dengan media lagu burung kakatua. Ternyata respon dari anak-anak sangat antusias saat menghafalkan rumus matematika dengan media lagu.
    Setelah melihat perkembangan pencapaian siswa dalam mengenal rumus bangun datar, selanjutnya guru mengkorelasikan rumus dengan pertanyaan yang berhubungan dengan pemahaman konsep matematik secara kreatif dan inovatif. Demikian tanggapan saya.

  5. Mama : Imam kudori
    Nim : 856956651
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Setelah melihat video pemelajaran diatas pak guru mengalami kesulitan bagaimana mengajarkan siswa agar mampu mengingat rumus matematika sehingga memudahkan pak guru mengajarkan pelajaran matematika.
    pak guru menyadari akan kelamahannya tersebut . hal yang dilakukan pak guru untuk memperbaiki kendalam yang dialaminya adalah dengan memodifikasi sebuah nyanyian untuk membantu siswa menghafal dan mengingat sebuah rumus.
    Dan ternyata dengan Cara tersebut siswa bisa lebih semangat Dan antusias dalam menghafal rumus.

  6. Mama : Imam kudori
    Nim : 856956651
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Setelah melihat video pemelajaran diatas pak guru mengalami kesulitan bagaimana mengajarkan siswa agar mampu mengingat rumus matematika sehingga memudahkan pak guru mengajarkan pelajaran matematika.
    pak guru menyadari akan kelamahannya tersebut . hal yang dilakukan pak guru untuk memperbaiki kendalam yang dialaminya adalah dengan memodifikasi sebuah nyanyian untuk membantu siswa menghafal dan mengingat sebuah rumus.
    Dan ternyata dengan Cara tersebut siswa bisa lebih semangat Dan antusias dalam menghafal rumus.

  7. Nama : Olivia Julianingsi Mayai
    NIM : 859635911
    Prodi : S1 – PGSD
    UPBJJ : UT Palu

    Berdasarkan video tersebut di atas, maka menurut pendapat saya bahwa pembelajaran yang terjadi di kelas siswa kurang perhatian dan merasa kesulitan dalam menghapal rumus dalam pelajaran matematika karena pelajaran Matematika dianggap terlalu sulit dan juga membosankan sehingga siswa nya kurang memperhatikan dan tidak bersemangat. Olehnya, sudah cukup baik langkah yang di ambil oleh guru tersebut dengan memasukan rumus dalam sebuah nyanyian membuat siswa setidaknya membuat siswa merasa tertarik untuk mempelajari rumus lewat nyanyian.
    Tidak ada salahnya mengajarkan cara cepat atau terobosan-terobosan dalam memecahkan masalah pada soal Matematika. Yang harus diingat konsep dasar harus murid kuasai, jangan hanya asal menghafal rumus saja.

    Berdasarkan video tersebut, kita dapatkan sebagai berikut :
    Rumusan analisis masalah :
    1. Apa saja jenis kesulitan siswa dalam menghafal rumus-rumus matematika
    2. Apa penyebab kesulitan siswa dalam menghafal rumus-rumus matematika

    Identifikasi Masalah :
    1. Siswa kesulitan menghafal rumus-rumus matematika
    2. Siswa tidak tertarik untuk belajar matematika

    Alternatif Solusi :
    1. Yakinkan siswa bahwa pelajaran Matematika bukan pelajaran sulit melainkan matematika itu mudah dan menyenangkan dengan memasukkan rumus-rumus matematika dibuat dalam bentuk lagu untuk dihafalkan dan dinyanyikan bersama.

    Judul PKP :
    PENERAPAN LAGU RUMUS BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHAFAL RUMUS LUAS BANGUN DATAR DI KELAS 4 SDN WATUMAETA

  8. baik saya setelah saya memperhatikan video pembelajaran di atas
    Pada awal pembelajaran, tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika.
    • Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
    • Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
    • Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tercantum pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan minggu lalu tetapi tidak ada siswa yang mengingatnya.

    Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya, yakni :
    • Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
    • Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.

  9. Nama : Tantri Rahayu
    NIM : 857757092
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Cempaka Pati Jawa tengah

    Komentar saya setelah menyaksikan vidio pembelajaran di atas, vidio tersebut mempunyai beberapa kekurangan ddan kelebihan. Kekurangan vidio tersebut adalah :
    1. Di awal pembelajaran, guru belum bisa mengondisikan kelas agar tenang dan siap menerima pelajaran. guru hanya menanyakan pelajaran yang diterima minggu lalu, sehingga masih banyak siswa yang ramai dan tiadk memperhatikan guru.
    2. Guru tidak memotivasi siswa
    3. Rumus bangun ruang masih menjadi hal yang sulit di pahami oleh siswa, terlihat siswa tidak semangat mengikuti pembelajaran.

    Kelebihan dari vidio di atas,
    1. Guru sigap, dengan cepat mengubah metode belajar. Dari konvensional menjadi bernyanyi. Dengan cara bernyanyi bersama, merubah lirik lagu dengan rumus bangun ruang. Dengan bernyanyi, siswa mulai enjoy mengikuti pelajaran dan memperhatikan guru
    2. Guru berhasil memusatkan perhatian anak, sehingga kegiatan belajar kondusif.

  10. Assalamualaikum
    Nama : Listiani
    NIM : 857450054
    Prodi : 118/PGSD SI
    Secara keseluruhan video tersebut sudah memberikan solusi bagi guru dalam pembelajaran matematika di kelas. Benar adanya pembelajaran matematika memang terkadang ditakuti oleh siswa karena kebanyakan siswa menganggap bahwa matematika menyeramkan dan sulit. Akan tetapi ketika dikemas sedemikian rupa seperti dalam video yaitu dengan cara menghafal rumusnya dengan bernyanyi biasanya siswa lebih cepat mengingatnya karena ketika bernyanyi ada suasana yang gembira dalam hati siswa sehingga dapat membangkitkan semangatnya dalam pembelajaran matematika yang dianggap membosankan dengan rumus-rumus yang harus di hafalkan. Dan lebih baik lagi ketika penggunaan media terus dipakai oleh seorang guru dalam mempermudah pemahaman siswa.

Leave a Reply