silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama: Dwi Lestari Suryaningrum
NIM: 856075201
Prodi: S1 PGSD
Pokjar: Batam
Setelah mengamati video tersebut, saya bisa mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Apersepsi pada awal pembelajaran sudah bagus, dengan menanyakan kabar, menanyakan kembali pembelajaran yang sudah siswa dapatkan sebelumnya yaitu rumus bangun datar.
Hanya saja keadaan siswa di kelas kurang kondusif ini ditandai dengan belum tenangnya siswa dan juga disertai suara yang terdengar masih berisik. Dan ini menyebabkan kurang siapnya siswa menerima pelajaran.
2. Pada bagian inti
Ini bagian ini juga terlihat siswa masih kurang semangat, tapi ….
Dengan strategi bernyanyi yang diberikan guru untuk menghafal rumus bangun datar adalah hal yang sangat tepat karena dengannya menambah semangat dan tidak menyebabkan lesuh terlebih lagi ngantuk.
3. Pada bagian penutup
Masih terasa perlu perbaikan, baiknya menurut saya dibuat pengulangan dan penekan sekali lagi agar siswa bisa segera menghafal rumus yang diberikan.
Dan guru mengarahkan untuk melanjutkan menghafal rumus di rumah masing-masing.
Nama: Dwi Lestari Suryaningrum
NIM: 856075201
Prodi: S1 PGSD
Pokjar: Batam
Setelah mengamati video tersebut, saya bisa mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Apersepsi pada awal pembelajaran sudah bagus, dengan menanyakan kabar, menanyakan kembali pembelajaran yang sudah siswa dapatkan sebelumnya yaitu rumus bangun datar.
Hanya saja keadaan siswa di kelas kurang kondusif ini ditandai dengan belum tenangnya siswa dan juga disertai suara yang terdengar masih berisik. Dan ini menyebabkan kurang siapnya siswa menerima pelajaran.
2. Pada bagian inti
Ini bagian ini juga terlihat siswa masih kurang semangat, tapi ….
Dengan strategi bernyanyi yang diberikan guru untuk menghafal rumus bangun datar adalah hal yang sangat tepat karena dengannya menambah semangat dan tidak menyebabkan lesuh terlebih lagi ngantuk.
3. Pada bagian penutup
Masih terasa perlu perbaikan, baiknya menurut saya dibuat pengulangan dan penekan sekali lagi agar siswa bisa segera menghafal rumus yang diberikan.
Dan guru mengarahkan untuk melanjutkan menghafal rumus di rumah masing-masing.
Nama Yashinta Maharani
Nim 857752244
Dalam tayangan video tersebut terdapat seorang guru yang menerangkan atau menjelaskan tentang pelajaran matematika, disitu guru merefleksi apa yang telah dipelajari sebelumnya atau pada hari kemaren dengan menanyai siswa, “anak-anak masih ingat dengan rumus kemaren?” Dengan hal tersebut anak-anak akan membuka kembali buku catatan mereka atau mengingat ingat lagi tengah pelajaran sebelumnyanya. Disinilah seorang guru harus melihat pemahaman siswa sampai dimana mereka memahami materi yang telah diajar. Seorang guru mampir melihat bagaimana siswa yang sudah paham atau yang belum paham. Maka guru tersebut untuk mengulangi pelajaran atau materi yang telah diajar sebelumnya dengan menyanyikan sebuah lagi anak-anak yang kemudian diganti syair lagunya dengan rumus matematika
Nama : m litta puspita dewi
Nim : 856970541
Upbjj : kalirejo
Menurut saya dari video tersebut mempunyai Kelebihan dan Kekurangan,
Kelebihan dari video tersebut yaitu :
Guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang disukai peserta didik, melalui strategi tersebut peserta didik akan lebih cepat memahami Rumus Luas Bangun Datar.
Kekurangan pada video tersebut yaitu :
Pada sesi pembukaan guru tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu sehingga banyak peserta didik yang bercanda, dan sibuk dengan kegiatan masing-masing, sehingga suasana kelas tidak kondusif. Selain itu kekurangan pada video tersebut yaitu guru tidak memperhatikan peserta didik dalam keseriusan belajar.
Hal uniknya, siswa akan lebih kreatif untuk menghafal rumus, karna dengan menyanyi mungkin siswa punya cara baru dalam belajar..
Nama : Marlina Apriyana
Nim : 856943361
Prodi : s1 PGSD pokjar sidomulyo
Setelah mengamati video tersebut, saya dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Apersepsi pada awal pembelajaran sudah bagus, dengan menanyakan kabar, menanyakan kembali pembelajaran yang sudah siswa dapatkan sebelumnya yaitu rumus bangun data.
Hanya saja keadaan siswa di kelas kurang kondusif ini ditandai dengan belum tenangnya siswa dan juga disertai suara yang terdengar masih berisik. Dan ini menyebabkan kurang siapnya siswa menerima pelajaran.
2. Pada bagian inti
Ini bagian ini juga terlihat siswa masih kurang semangat, tapi….
Dengan strategi bernyanyi yang diberikan guru untuk menghafal rumus bangun datar adalah hal yang sangat tepat karena dengannya menambah semangat dan tidak menyebabkan lesu apalagi ngantuk.
3. Pada bagian penutup
Masih terasa perlu perbaikan, sebaiknya saya membuat pengulangan dan penekan sekali lagi agar siswa dapat segera menghafal rumus yang diberikan.
Dan guru mengarahkan untuk melanjutkan menghafal rumus di rumah masing-masing.
Nama : ST KAMARIA
Nim : 859551222
Prodi : S1 PGSD
Setelah mengamati video tersebut, saya dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Apersepsi pada awal pembelajaran sudah bagus, dengan menanyakan kabar, menanyakan kembali pembelajaran yang sudah siswa dapatkan sebelumnya yaitu rumus bangun data.
Hanya saja keadaan siswa di kelas kurang kondusif ini ditandai dengan belum tenangnya siswa dan juga disertai suara yang terdengar masih berisik. Dan ini menyebabkan kurang siapnya siswa menerima pelajaran.
2. Pada bagian inti
Ini bagian ini juga terlihat siswa masih kurang semangat, tapi….
Dengan strategi bernyanyi yang diberikan guru untuk menghafal rumus bangun datar adalah hal yang sangat tepat karena dengannya menambah semangat dan tidak menyebabkan lesu apalagi ngantuk.
3. Pada bagian penutup
Masih terasa perlu perbaikan, sebaiknya saya membuat pengulangan dan penekan sekali lagi agar siswa dapat segera menghafal rumus yang diberikan.
Dan guru mengarahkan untuk melanjutkan menghafal rumus di rumah masing-masing
NAMA : SOLIHIN
NIM : 857703431
PRODI : S1 PGSD
Vidio “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika”
Menurut pendapat saya dalam vidio tersebut terlihat ada seorang guru yang sedang mengajarkan matematika,dari pengamatan saya guru tersebut langsung masuk kedalam inti pembelajaran tanpa adanya pendahuluan,yang mana pendahuluan atau membuka pembelajaran merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru.
Tanpa adanya ketrampilan membuka pembelajaran dalam vidio tersebut terlihat reaksi siswa ada masih belum siap menerima pembelajaran dan kelas terlihat belum terlihat kondusif ditandai dengan adanya siswa yang masih gaduh,bercanada.
Akan tetapi dalam pembelajaran guru tersebut berinovasi yang bertujun untuk mempermudah siswa dalam pemahaman menghafal rumus matematika media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
hal unik yang saya temukan dalam pembelajaran tersebut adalah kreatifitas guru yang mengubah lirik burung kakak tua menjadi rumus bangun datar mendapat respon yang positif dan dampak positif dari siswa, sehingga siswa memnjadi kondusif dan mereka menjadi mudah untuk menghafal rumus bangun datar.
Upaya yang harus dilakukan adalah Keterampilan membuka pelajaran yang merupakan kegiatan dan pernyataan guru yang dilakukan pada pertama kali kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari.
Nama : Rika Rubayanti
NIM : 857305014
Dari video pembelajaran tersebut terlihat suasana kelas tidak kondusif, sehingga siswa kurang aktif ketika melaksanakan pembelajaran. Adapun perbaikan yang dilakukan guru tersebut adalah menghafal rumus dengan menggunakan metode bernyanyi, sehingga menarik perhatian siswa dalam menghafal rumus-rumus matematika tersebut.
Nama : Reka Nurlinah
Nim : 857354633
Prodi : S1 – PGSD
Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah cukup menarik yaitu dengan adanya media pembelajaran yaitu bernyanyi mengenai rumus rumus bangun datar dengan menggunakan nada lagu burung kakak tua yang diubah liriknya sehingga dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus-rumus tersebut.
Adapun kelemahan dari guru tersebut yaitu tidak bisa mengkondisikan kelas sehingga banyak anak-anak yang masih bercanda dan sibuk dengan masing-masing.
Nama : SALMIA R
NIM : 859550023
1. Berdasarkan video tersebut, ditemukan bahwa fakta yang terjadi di dalam kelas adalah kurangnya motivasi siswa untuk untuk mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah yang bersifat monoton, sehingga menjadikan siswa tidak dapat mengingat pembelajaran sebelumnya terlebih untuk mengingat rumus-rumus matematika.
2. Identifikasi masalah : siswa kesulitan menghafal rumus-rumus matematika dan kurangnya motivasi belajar siswa
3. Analisis masalah : pembelajaran yang bersifat monoton dengan metode ceramah yang berpusat pada guru
4. Alternatif pemecahan masalah : pembelajaran dapat diubah menjadi lebih menyenangkan dengan menyajikan rumus-rumus dalam bentuk lagu agar lebih memudahkan siswa mengingat rumus-rumus tersebut.
berdasarkan video terlihat siswa lebih bersemangat dan termotivasi dengan menyanyikan lagu matematika yang berisi rumus-rumus matematika sehingga lebvih memudahkan siswa untuk mengingatnya.