silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Menurut saya setelah melihat video pertama diatas pak guru kesulitan untuk mengatasi siswa yang kurang kondusif dalam pembelajaran dikarenakan metode yang diberikan pak guru dalam belajar matematika sangatlah membosankan. Sehingga membuat siswa merasa bosan dan membuat keributan didalam kelas. Dalam belajar matematika seorang guru haruslah membuat strategi atau metode maupun alat peraga yang membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan membuat daya tarik siswa lebih semangat untuk belajar matematika.sehingga siswa tersebut tidak merasa bosan dan terpancing keingintahuan nya dalam belajar matematika. Apalagi dalam menghapal rumus, pak guru haruslah membuat metode/strategi yang baik sehingga para siswa menyenangi pelajaran matematika tersebut.
Dalam video kedua pak guru sudah memberikan inovasi baru dalam pembelajaran yaitu memberikan strategi/metode dalam pembelajaran matematika. Dimana pak guru mengganti lirik lagu dengan rumus matematika
Sehingga rumus rumus tersebut gampang untuk dihapal. Karena siswa lebih senang belajar dengan lagu dari pada dengan metode ceramah biasa.
Terima kasih
Menurut saya setelah melihat video pertama diatas pak guru kesulitan untuk mengatasi siswa yang kurang kondusif dalam pembelajaran dikarenakan metode yang diberikan pak guru dalam belajar matematika sangatlah membosankan. Sehingga membuat siswa merasa bosan dan membuat keributan didalam kelas. Dalam belajar matematika seorang guru haruslah membuat strategi atau metode maupun alat peraga yang membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan membuat daya tarik siswa lebih semangat untuk belajar matematika.sehingga siswa tersebut tidak merasa bosan dan terpancing keingintahuan nya dalam belajar matematika. Apalagi dalam menghapal rumus, pak guru haruslah membuat metode/strategi yang baik sehingga para siswa menyenangi pelajaran matematika tersebut.
Dalam video kedua pak guru sudah memberikan inovasi baru dalam pembelajaran yaitu memberikan strategi/metode dalam pembelajaran matematika. Dimana pak guru mengganti lirik lagu dengan rumus matematika
Sehingga rumus rumus tersebut gampang untuk dihapal. Karena siswa lebih senang belajar dengan lagu dari pada dengan metode ceramah biasa.
Terima kasih
Setelah saya melihat video pertama pembelajaran tentang menghafal rumus matematika pada video ini pak guru mengalami kesulitan untuk mengajarkan bagaimana cara mengingat rumus rumus matematika dengan menggunakan metode ceramah. Dimana metode ini guru yang lebih berperan aktif dalam pembelajaran, sementara siswa hanya menerima. Dan dalam video itu terlihat bahwa kondisi kelas tidak kondusif ketika pak guru sedang menerangkan. Jd bagaimana siswa mampu menerima pelajaran itu juga suasana kelas tidak kondusif. Seharusnya sebelum memulai pelajaran pak guru sebaiknya membuat suasana kelas menjadi nyaman, dan tenang. Kegiatan ap persepsi sangat lah penting dilakukan sebelum pembelajaran, agar siswa tersebut tau tujuan dari pembelajaran yang ingin dipelajari. Kemudian metode/strategi/media pembelajaran sangat lah penting saat pembelajaran matematika agar siswa lebih paham maupun lebih antusias dalam belajar matematika. Dalam video kedua pak guru sudah membuat model/strategi/media dalam belajar matematika. Dengan mengubah rumus matematika dengan syair lagu. Itu sangat memudahkan siswa dalam menghaoal rumus rumus matematika. Dan siswa pun lebih antusias dalam belajar karena belajar sambil bernyanyi/bermain
Trima kasih
Nama : Durrotus Sarofina
NIM : 857762324
UPBJJ : SEMARANG
Secara keseluruhan sebenarnya video tersebut sudah bagus dari segi pengambilan dan kreativitas guru saat pembelajaran siswa yang mengalami kesulitan menghafal rumus di berikan alternatif menggunakan lagu.
Akan tetapi saat pembelajaran ada beberapa point penting yang harus di perhatikan guru yaitu kurangnya apersepsi atau awalan sebagai motivasi siswa untuk semangat dalam mempelajari rumus matematika tsrsebut.
Guru tidak memberikan tujuan pembelajaran dan juga minimnya interaksi yang membuat siswa semangat untuk belajar menghafal matematika sehingga kelas kurang hidup.
Selanjutnya dari segi menghafal dengan lagu sebaiknya siswa tetap menuliskan sehingga tidak cepat terlupakan kembali kemudian diberikan contoh soal untuk pengaplikasian materi menghafal tersebut.
Tetapi secara keseluruhan bagus setelah adanya lagu siswa lebih semangat dalam memperhatikan pembelajaran.
Nama : Durrotus Sarofina
NIM : 857762324
UPBJJ : SEMARANG
Menutut pendapat saya, Secara keseluruhan sebenarnya video tersebut sudah bagus dari segi pengambilan dan kreativitas guru saat pembelajaran siswa yang mengalami kesulitan menghafal rumus di berikan alternatif menggunakan lagu.
Akan tetapi saat pembelajaran ada beberapa point penting yang harus di perhatikan guru yaitu kurangnya apersepsi atau awalan sebagai motivasi siswa untuk semangat dalam mempelajari rumus matematika tsrsebut.
Guru tidak memberikan tujuan pembelajaran dan juga minimnya interaksi yang membuat siswa semangat untuk belajar menghafal matematika sehingga kelas kurang hidup.
Selanjutnya dari segi menghafal dengan lagu sebaiknya siswa tetap menuliskan sehingga tidak cepat terlupakan kembali kemudian diberikan contoh soal untuk pengaplikasian materi menghafal tersebut.
Tetapi secara keseluruhan bagus setelah adanya lagu siswa lebih semangat dalam memperhatikan pembelajaran.
NAMA : EVIRA AYU PUSPITANINGRUM
NIM : 857919008
POKJAR : PARAKAN
Menurut saya dari video tersebut mempunyai Kelebihan dan Kekurangan,
Kelebihan dari video tersebut yaitu :
Guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang disukai peserta didik, melalui strategi tersebut peserta didik akan lebih cepat memahami Rumus Luas Bangun Datar.
Untuk Kekurangan pada video tersebut yaitu :
Pada sesi pembukaan guru tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu sehingga banyak peserta didik yang bercanda, dan sibuk dengan kegiatan masing-masing, sehingga suasana kelas tidak kondusif. Selain itu kekurangan pada video tersebut yaitu guru tidak memperhatikan peserta didik dalam keseriusan belajar. jadi guru harus lebih kreatif lagi dalam mengajar agar pembelajaran yang dilakukan sangat menarik siswa.
Nama : Sri Mulyani Rahayu
NIM. : 857504543
UPBJJ : Bandung
1. Berdasarkan video yang saya simak, proses pembelajaran kurang kondusif karena guru kurang maksimal di dalam pendahulan. Dimana fungsi pendahuluan dalam pembelajaran itu sangat penting untuk menciptakan awal pembelajaran menjadi lebih efektif dan memotivasi siswa dalam melakukan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan
2. Indentifikasi masalah : Di dalam pembelajaran matematika para siswa kesulitan dalam menghafal rumus-rumus matematika. Dan motivasi belajar siswa sangat rendah
3. Analisa masalah : didalam proses pembelajarannya sangat monoton karena guru hanya menggunakan metode ceramah
4. Alternatif masalah : agar didalam pembelajaran matematika lebih menyenangkan dan menarik perhatian siswa, guru mengubah strategi belajarnya dengan menyajikan rumus rumus matematika dalam bentuk sebuah lagu agar siswa lebih mudah untuk mengingatnya.
Setelah menyajikan rumus rumus dalam bentuk sebuah lagu siswa lebih bersemangat dalam menghafal, ketika lagu rumus matematika tersebut dinyanyikan berulang ulang maka siswa akan dengan mudah menjadi hafal rumus rumus tersebut..
Terima kasih 🙏
Nama : Sri Mulyani Rahayu
NIM. : 857504543
UPBJJ : Bandung
1. Berdasarkan video yang saya simak, proses pembelajaran kurang kondusif karena guru kurang maksimal di dalam pendahulan. Dimana fungsi pendahuluan dalam pembelajaran itu sangat penting untuk menciptakan awal pembelajaran menjadi lebih efektif dan memotivasi siswa dalam melakukan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan
2. Indentifikasi masalah : Di dalam pembelajaran matematika para siswa kesulitan dalam menghafal rumus-rumus matematika. Dan motivasi belajar siswa sangat rendah
3. Analisa masalah : didalam proses pembelajarannya sangat monoton karena guru hanya menggunakan metode ceramah
4. Alternatif masalah : agar didalam pembelajaran matematika lebih menyenangkan dan menarik perhatian siswa, guru mengubah strategi belajarnya dengan menyajikan rumus rumus matematika dalam bentuk sebuah lagu agar siswa lebih mudah untuk mengingatnya.
Setelah menyajikan rumus rumus dalam bentuk sebuah lagu siswa lebih bersemangat dalam menghafal, ketika lagu rumus matematika tersebut dinyanyikan berulang ulang maka siswa akan dengan mudah menjadi hafal rumus rumus tersebut.. Terima kasih 🙏
Nama : Khotimul Fitri Neneng
NIM : 858748319
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : UT Surabaya
Pokjar : Putra Bangsa Jombang
1. Setelah menyaksikan video pembelajaran Matematika materi rumus luas bangun datar di atas, terdapat fakta dalam kelas yaitu pak guru tidak melaksanakan apersepsi sehingga siswa kurang bisa dikondisikan dan pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher center).
2. Identifikasi masalah : siswa kesulitan dalam menghafal rumus luas bangun datar.
3. Analisis masalah : tidak adanya penanaman konsep terlebih dahulu, siswa langsung disajikan rumus tanpa tahu asal muasainya rumus. tidak ada evaluasi dari hasil belajar anak-anak untuk mengukur keberhasilannya guru sebagai pengajar.
4. Alternatif pemecahan masalah : dalam video tersebut pak guru memberikan solusi jitu dalam menghafal rumus dengan cara dinyanyikan menggunakan lagu yang populer di telinga anak-anak.
kelemahan : dalam pelajaran Matematika tidak hanya butuh menghafal rumus saja namun siswa diharapkan memahami konsep dasar dalam rumus tersebut supaya dapat menyelesaikan soal yang berhubungan dengan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.
kelebihan : siswa mudah dalam menghafal rumus dengan cara yang menyenangkan yaitu bernyanyi dengan riang gembira sehingga tidak ada lagi siswa yang takut dengan pelajaran Matematika.
demikian analisis saya, jika ada kesalahan saya mohon maaf.
Nama : Muhammad Roman Nento
NIM : 858423519
Program Studi : S1 – PGSD
Pokjar : Bontang
Video “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika”
Menurut pendapat saya dalam vidio tersebut terlihat ada seorang guru yang sedang mengajarkan matematika,dari pengamatan saya guru tersebut langsung masuk kedalam inti pembelajaran tanpa adanya pendahuluan,yang mana pendahuluan atau membuka pembelajaran merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru.
Tanpa adanya ketrampilan membuka pembelajaran dalam vidio tersebut terlihat reaksi siswa ada masih belum siap menerima pembelajaran dan kelas terlihat belum terlihat kondusif ditandai dengan adanya siswa yang masih gaduh,bercanada.
Akan tetapi dalam pembelajaran guru tersebut berinovasi yang bertujun untuk mempermudah siswa dalam pemahaman menghafal rumus matematika media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
hal unik yang saya temukan dalam pembelajaran tersebut adalah kreatifitas guru yang mengubah lirik burung kakak tua menjadi rumus bangun datar mendapat respon yang positif dan dampak positif dari siswa, sehingga siswa memnjadi kondusif dan mereka menjadi mudah untuk menghafal rumus bangun datar.
Upaya yang harus dilakukan adalah Keterampilan membuka pelajaran yang merupakan kegiatan dan pernyataan guru yang dilakukan pada pertama kali kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari.
Sekian,
Terimakasih