silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. NURKASIPAH, 8571069332, S1 PGSD
    Menurut saya, dari video di atas kita dapat mengetahui bahwa reaksi anak-anak yang sulit menghafal rumus matematika di sebabkan karena guru yang mengajar dengan monoton dan tidak ada inovasi, berbeda dengan jika kita sebagai guru mampu mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan sebuah inovasi baru, maka reaksi siswa akan lebih memiliki ketertarikan terhadap pelajaran. rumus yang di tuangkan dalam sebuah lagu menghadirkan inovasi baru dalam sebuah pembelajaran, siswa akan lebih semangat dalam menghafal rumus yang di tuangkan dalam sebuah lagu dibandingkan dengan menghafal dengan cara konvensional. untuk itu, kita sebagai guru perlu untuk selalu mengembangkan potensi diri guna menciptakan sebuah inovasi -inovasi baru dalam sebuah pembelajaran, sehingga siswa kan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran yang kita berikan

  2. NAMA : DEVA DWI AZIZ P
    NIM : 858685612
    UPBJJ : SURABAYA

    1. Mempelajari informasi/fakta yang disampaikan dalam kelas, yaitu. pertama, siswa tidak termotivasi oleh ceramah/pembelajaran yang monoton, siswa tidak mengingat pembelajaran sebelumnya, yaitu. pembelajaran yang berlangsung tidak bermakna, siswa. mengalami kesulitan mengingat rumus matematika

    2. Identifikasi masalah: siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika dan siswa kurang motivasi belajar

    3. Analisis masalah: pembelajaran berlangsung monoton melalui metode ceramah, pembelajaran guru

    4. Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah: Menerapkan Lagu Matematika untuk Memudahkan Penghafalan Rumus Matematika.

    Dari video terlihat siswa bersemangat menyanyikan lagu matematika dengan kata-kata dalam bentuk rumus matematika sehingga membuat siswa tertarik untuk menghafal rumus matematika.

  3. Menurut saya metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menghapal rumus matematika sudah efektif. Sebab anak-anak cenderung cepat hapal lagu daripada materi pelajaran apalagi lagu-lagu yang sudah familiar bagi anak. Jadi guru dituntut lebih kreatif untuk memasukan materi pelajaran dalam bentuk lagu. Sehingga anak tidak merasa berat untuk menghapal tapi sebaliknya hal tersebut sangat menyenangkan bagi anak.

  4. Nama : Siti Hayatunupus
    NIM : 857201502
    Pokjar : Serang

    Menurut saya metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menghapal rumus matematika sudah efektif. Sebab anak-anak cenderung cepat hapal lagu daripada materi pelajaran apalagi lagu-lagu yang sudah familiar bagi anak. Jadi guru dituntut lebih kreatif untuk memasukan materi pelajaran dalam bentuk lagu. Sehingga anak tidak merasa berat untuk menghapal tapi sebaliknya hal tersebut sangat menyenangkan bagi anak.

  5. Nama Emilia Jayanti
    Nim 956983215
    Pokjar Banjar agung.

    Video kesulitan dalam menghapal rumus MTK
    Menurut pendapat saya strategi yang diterapkan oleh guru tersebut dalam mengatasi masalah siswa misalnya kesulitan dalam menghafal rumus matematika itu sudah sangat tepat. Dengan penggunaan media lagu sebagai pembelajarannya. Lalu strategi tersebut juga berhasil memusatkan perhatian siswa yang di awalnya siswa tersebut kurang kondusif bahkan tidak memperhatikan guru tersebut. Namun setelah penggunaan media lagu dalam pembelajaran dengan menghafal jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar. Namun penguasaannya itu tidak hanya menghafal tetapi harus memahami dan menguasai konsepnya. Dengan cara guru tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi perlu juga metode diskusi atau tanya jawab agar siswa lebih paham dan menguasai materi yang dipelajari pada hari itu. Bahkan mereka juga dapat berinteraksi langsung dengan teman-teman dengan cara berdiskusi tersebut. Terima kasih.

  6. Nama EKO MARIYADI
    Nim 837607643
    Pokjar Jenggawah
    UPBJJ JEMBER menurut saya Setelah melihat video pemelajaran diatas pak guru mengalami kesulitan bagaimana mengajarkan siswa agar mampu mengingat rumus matematika sehingga memudahkan pak guru mengajarkan pelajaran matematika.
    pak guru menyadari akan kelamahannya tersebut . hal yang dilakukan pak guru untuk memperbaiki kendala yang dialaminya adalah dengan memodifikasi sebuah nyanyian untuk membantu siswa menghafal dan mengingat sebuah rumus.
    Memang sangat sulit untuk menghafal sebuah rumus, perlu waktu atau metode penghafal rumus

  7. Nama Joko Santoso
    NIM 856707593
    Pokjar Lawang Wetan
    UPBJJ UT Palembang

    Komentar:
    Setelah menonton video tersebut, tanggapan saya adalah sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika. Hal ini menyebabkan ketika guru menjelaskan rumus luas bangun datar, siswa terlihat bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran tersebut. Namun, situasinya berbeda ketika guru menggunakan strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang sering didengar oleh siswa. Guru mengubah syair lagu tersebut dengan menyisipkan rumus-rumus luas bangun datar ke dalam liriknya. Strategi ini membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam menghafal rumus matematika.

    Dalam tayangan video, terlihat bahwa siswa yang sebelumnya tidak berminat dengan pelajaran matematika ikut bernyanyi dengan syair rumus luas bangun datar. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan siswa menjadi lebih berminat pada pelajaran matematika dan dapat meningkatkan pemahamannya terhadap materi, terutama dalam hal luas bangun datar.

    Terkait dengan video tersebut, dapat ditemukan beberapa informasi penting. Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika, dan ini berdampak pada ketidakminatan mereka terhadap pelajaran. Kedua, strategi pembelajaran yang monotom dan berpusat pada guru tidak efektif dalam memotivasi siswa dan membantu mereka mengingat rumus-rumus matematika.

    Dalam menganalisis masalah tersebut, salah satu alternatif solusi yang diusulkan adalah menggunakan media lagu matematika. Melalui lagu dengan lirik yang memuat rumus-rumus matematika, diharapkan siswa dapat lebih mudah mengingat rumus-rumus tersebut. Penerapan strategi ini menjadi prioritas dalam memecahkan masalah tersebut.

  8. Nama : ZELIN RESIA DAMANIK
    Nim : 855991757
    Setelah melihat video tersebut kebanyakan anak-anak tersebut terlihat tidak fok6 ketika guru menjelaskan didepan, mungkin faktor penyebab utama guru terlalu mononton dalam pembelajaran matematika tersebut sehingga banyak siswa yang tidak fokus. Seharusnya guru biasa memperbaiki atau memrefleksi diri mengapa hal itu bisa terjadi. Seharusnya guru juga menerapkan media atau metode yang mendukung materi tersebut.

  9. Nama : Navi’atul Fikkriya
    NIM : 858744232
    prodi : PGSD BI
    Pokjar : Tuban

    vidio di atas real dengan yang dihadapi guru saa ini. karena kebanyakan siswa sulit sekali untuk bisa konsentrasi dalam pembelajaran, apalagi untuk menghafal rumus, banyak siswa yang masih kesulitan. dan apa yang digunakan oleh guru pada vidio di atas sangat bagus sekali, karena beliau mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapinya. solusi yang diambil juga sangat bagus karena menghafal rumus dengan menggunakan lagu. bisa dilihat meskipun kesulitan menghafal rumus, tapi anak-anak akan dengan mudah menghafalkan lagu, karena mereka merasa jika laagu itu lebih menyenangkan.
    dengan menggunakan lagu tersebut semoga saja pembelajaran juga bisa terasa lebih menyenangkan sehingga membuat siswa dapat menghafalkan rumus-rumus matematika tanpa mereka sadari

  10. Nama : LAM’AH
    Nim. : 858735369
    Pokjar lamongan

    pada awal video relihat siswa kesulitan untuk mengahaafal rumus matematika yang dibrikan oleh guru..
    namun setelah guru merubah strategi cara menghafal rumus dengan bernyayi terlihat siswa kembali bersemangat untuk menghafal rumus tersebut. namun sebaiknya sebelum ditutup pembelajaran, guru memberikan tugas kepada siswa, entah itu berupa pekerjaan rumah agar rumus tersebut tidak hanya sekedar dihafal saja

Leave a Reply