silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Zurli Markisa
NIM : 858416276
Setelah saya simak video diatas, siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus dikarenakan cara mengajar gurunya monoton, sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat ketika mengikuti pembelajaran matematika. Padahal matematika adalah pembelajaran yang menyenangkan apabila biss memilih metode pembelajarannya misal seperti belajar sambil bermain.
Ketika siswa merasa tidak bersemangat dividio atas tadi, cara guru sudah sangat efektif yaitu dengan menghafal rumus matematika dengan cara bernyanyi, sehingga membuat siswa kembali bersemangat akan menghafal rumus” matematika.
Nama : Ayurizka Dian Ramadhanti
NIM : 857855815
Matematika menjadi lebih mudah, menyenangkan serta dapat menarik dan motivasi siswa dengan adanya kreatifitas guru merencanakan, mengolah serta mengevaluasi pembelajaran. Dari video ini, saya dapat melihat bagaimana guru mengamati masalah yang terjadi pada siswa dan menggunakan strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan di kelas. Lagu selain menarik perhatian siswa, juga mudah sekali untuk diingat. Dengan strategi lagu pada proses pembelajaran matematika tentunya akan membantu proses belajar dan mengajar di kelas serta tercapainya target pembelajaran matematika dengan baik.
Nama : Esti Putri Utami
Nim : 857810353
Upbjj Surakarta
Selamat Siang Tutor, ijin menanggapi
Menurut pendapat saya dari video yang saya amati guru tidak mengawali kegiatan pembelajaan dengan kegiatan pendahuluan seperti Ucapan salam pembuka , apersepsi , dan absensi siswa. kemudian Cara penyampaian guru terlalu membosankan karena hanya tepaku pada materi ajar tanpa mengaitkan pengalaman sekitar anak sehingga anak belum bisa memahami konsep belajar yang disampaikan, Hal tersebut menjadi dasar bahwa guru seharusnya lebih inovatif dan kreatif dalam membangun cara berpikir siswa dengan mengaitkan pengalaman sekitar sehingga siswa dapat mencapai konsep pemahaman tentang kenampakan alam.
adapun upaya-upaya agar meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas
1. Memberi Materi Pembelajaran dimulai dari pengalaman yang relevan dengan kehidupan sehari-hari
2. Menyiapkan materi dan alat peraga yang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan
3. Guru lebih baik jika membuat kelompok diskusi kemudian masing – masing kelompok diberikan tugas pemecahan masalah kontekstual yang berkaitan dengan masalah atau pengalaman sehari-hari kemudian menginterpretasikan hasil di depan kelas.
4. Guru harus melaksanakan urutan pembelajaran secara sistematis mulai dari Kegiatan Pendahuluan , Inti, sampai Penutup . guru tidak lupa harus melakukan kegiaan evaluasi dan refleksi pembelajaran sebagai tindak lanjut.
5, Guru harus inovatif membuat stimulus atau bentuk motivasi kepada siswa dengan cara membuat ice breaking atau permainan sederhana untuk merefresh semangat siswa dalam pembelajaran
Mungkin itu yang baru bisa saya sampaik an . Terimakasih
Nama : Esti Putri Utami
Nim : 857810353
Upbjj Surakarta
Selamat Siang Tutor, ijin menanggapi
Menurut pendapat saya dari video yang saya amati guru tidak mengawali kegiatan pembelajaan dengan kegiatan pendahuluan seperti Ucapan salam pembuka , apersepsi , dan absensi siswa. kemudian Cara penyampaian guru terlalu membosankan karena hanya tepaku pada materi ajar tanpa mengaitkan pengalaman sekitar anak sehingga anak belum bisa memahami konsep belajar yang disampaikan, Hal tersebut menjadi dasar bahwa guru seharusnya lebih inovatif dan kreatif dalam membangun cara berpikir siswa dengan mengaitkan pengalaman sekitar sehingga siswa dapat mencapai konsep pemahaman tentang kenampakan alam.
adapun upaya-upaya agar meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas
1. Memberi Materi Pembelajaran dimulai dari pengalaman yang relevan dengan kehidupan sehari-hari
2. Menyiapkan materi dan alat peraga yang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan
3. Guru lebih baik jika membuat kelompok diskusi kemudian masing – masing kelompok diberikan tugas pemecahan masalah kontekstual yang berkaitan dengan masalah atau pengalaman sehari-hari kemudian menginterpretasikan hasil di depan kelas.
4. Guru harus melaksanakan urutan pembelajaran secara sistematis mulai dari Kegiatan Pendahuluan , Inti, sampai Penutup . guru tidak lupa harus melakukan kegiaan evaluasi dan refleksi pembelajaran sebagai tindak lanjut.
5, Guru harus inovatif membuat stimulus atau bentuk motivasi kepada siswa dengan cara membuat ice breaking atau permainan sederhana untuk merefresh semangat siswa dalam pembelajaran
Mungkin itu yang baru bisa saya sampaikan . Terimakasih
Nama: permata prima prasasti
Nim: 856441679
Pada pembukaan kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan kegiatan pendahuluan, penyampaian kegiatan inti sudah bagus karena melibatkan lagu untuk menghapalkan rumus2 supaya anak2 lebig mudah mengingat rumus yg di ajarkan
Nama : Priska Sagala
Nim : 856051083
UPBJJ MEDAN
Reaksi siswa pada dua situasi tersebut sangat jelas berbeda. Situasi pertama siswa-siswi terlihat bosan dan kurang bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Namun, pada situasi kedua siswa-siswi sangat antusias dan bersemangat.
Menurut saya, kelebihan bapak guru tersebut dalam melaksanakan pembelajaran yaitu telah berhasil menemukan alternatif agar siswa dapat menghafal rumus tersebut dengan mudah. Hanya saja dalam menyanyikan lagu tersebut, beliau seharusnya memimpin terlebih dahulu agar dapat dinyanyikan dengan kompak dan serius.
Uniknya dari video bapak guru tersebut adalah tentang bagaimana memasukkan lirik yang berbeda kedalam lagu Burung Kakak Tua sehingga menjadi mudah dinyanyikan.
Sebagai guru memang sudah seharusnya menemukan berbagai cara dan langkah agar pembelajaran menjadi mudah dipahami oleh siswa.
Oleh karena itu, video ini sangat bermanfaat dan sangat memotivasi.
Nama : Muh Sulton Hadi Rifai
NIM : 858414652
Prodi : S1 – PGSD
Seri : Pembelajaran Matematika SD
Judul Video : Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menganalisis bahwa terdapat kekurangan di awal video, yaitu :
– Pada awal pembelajaran, Tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika. Sehingga kelas menjadi gaduh yang menyebabkan siswa tidak dapat dengan mudah menangkap materi pembelajaran yang diajarkan
– Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
– Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
– Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut terlihat pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan sebelumnya tidak ada siswa yang mengingatnya.
Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya dan metodenya, yakni :
– Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
– Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.
Dari video tersebut menurut saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah guru harus menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan melibat siswa dalam pembelajaran tersebut seperti diskusi, tanya jawab, melakukan percobaan, dan lain – lain.
Jangan lupa juga untuk memberi ice breaking agar siswa tidak bosan saat belajar. Setelah itu dalam akhir pembelajaran jangan lupa bagi guru merefleksi siswa untuk meninjau pemahaman siswa dengan memberi beberapa pertanyaan kepada siswa untuk memastikan bahwa para siswa sudah benar-benar paham terhadap materi yang disampaikan khusunya materi yang mengandung rumus seperti pada video yaitu rumus bangun datar.
Nama : Muh Sulton Hadi Rifai
NIM : 858414652
Prodi : S1 – PGSD
Seri : Pembelajaran Matematika SD
Judul Video : Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menganalisis bahwa terdapat kekurangan di awal video, yaitu :
– Pada awal pembelajaran, Tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika. Sehingga kelas menjadi gaduh yang menyebabkan siswa tidak dapat dengan mudah menangkap materi pembelajaran yang diajarkan
– Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
– Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
– Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut terlihat pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan sebelumnya tidak ada siswa yang mengingatnya.
Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya dan metodenya, yakni :
– Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematika, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
– Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.
Dari video tersebut menurut saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah guru harus menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan melibat siswa dalam pembelajaran tersebut seperti diskusi, tanya jawab, melakukan percobaan, dan lain – lain.
Jangan lupa juga untuk memberi ice breaking agar siswa tidak bosan saat belajar. Setelah itu dalam akhir pembelajaran jangan lupa bagi guru merefleksi siswa untuk meninjau pemahaman siswa dengan memberi beberapa pertanyaan kepada siswa untuk memastikan bahwa para siswa sudah benar-benar paham terhadap materi yang disampaikan khusunya materi yang mengandung rumus seperti pada video yaitu rumus bangun datar.
Nama : Isti Munaifah Wijayani Kusumawati
NIM : 858919602
Pokjar : Umbulsari
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : 76/Jember
Dari video pembelajaran yang saya amati di atas, menunjukkan bahwa para siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika. Karena seperti yang kita ketahui matematika adalah mata pelajaran yang mungkin kurang diminati oleh para siswa karena cenderung sulit. Dari video pembelajaran di atas memperlihatkan bahwa para siswa kesulitan menghafal rumus matematika karena kurangnya interaksi antara guru dengan siswa, dengan kata lain guru mengajar dengan cara monoton. Sehingga siswa merasa bosan dan merasa kesulitan untuk menghafal rumus matematika. Kelebihan dari video pembelajaran di atas adalah ketika guru melakukan kegiatan menyanyi, di mana para siswa langsung semangat kembali untuk menghafal rumus matematika dengan cara menyanyikan rumus-rumus matematika.
Upaya yang dapat saya usulkan dari permasalahan di atas adalah,
– memahami konsep dasar di mana kita sebagai guru harus memberikan pemahaman konsep dasar dibalik suatu rumah disebut karena Dengan memahami konsep dasar yang sangat kuat akan membuat para siswa dapat mengingat rumus dengan lebih mudah.
– kemudian yang dapat kita lakukan adalah menerapkan rumus dalam suatu konteks, misalnya adalah dengan mengajak para siswa untuk menggunakan rumus dalam soal latihan atau masalah kehidupan sehari-hari sehingga hal ini akan membuat para siswa untuk memahami bagaimana rumus tersebut bekerja dalam berbagai situasi
– menggunakan teknologi, maksudnya adalah kita sebagai guru mungkin dapat memberikan video-video pembelajaran tentang rumus matematika dari YouTube yang terdiri dari banyak animasi karena hal ini akan membantu siswa dalam mempelajari dan menghafal rumus matematika dengan cara yang lebih menyenangkan dan juga interaktif.
– yang terakhir adalah menjadikan suasana di kelas, menjadikan suasana belajar mengajar yang menyenangkan dengan memasukkan beberapa permainan ataupun tantangan. Contohnya adalah memberikan kuis atau kompetisi yang melibatkan penggunaan rumus matematika agar para siswa bisa menghafal rumus matematika dengan mudah
Nama : Isnaini Mufidatul Ulum
NIM : 858877361
UPBJJ Malang
Pada awal kegiatan pembelajaran, siswa terlihat tidak menyukai pembelajaran tersebut dan kesulitan dalam menghafal rumus matematika terutama rumus bangun datar. Namun pada saat guru melakukan strategi menghafal rumus dengan bernyanyi menggunakan lagu, siswa terlihat bersemangat. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru tersebut bisa dengan melakukan melakukan strategi pembelajaran yang beragam, kemudian pada awal pembelajaran dapat mengondisikan siswa dan membangkitkan semangat belajar siswa terlebih dahulu, bisa dengan diajak bernyanyi, bertepuk, atau gerakan senam singkat. Kemudian guru juga dapat memberikan apresiasi bagi siswa.