silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Siti Nurisfa’ul Uyun
    NIM : 858815853
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Kota Kediri

    Dalam video tersebut masalah utamanya adalah masalah yang dihadapi siswa dimana siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika yang diajarkan oleh guru yang menggunakan metode ceramah, sehingga membuat beberapa siswa tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Guru tersebut langsung menyadari kesulitan yang dialami oleh siswanya, sehingga guru langsung sigap mencari alternatif metode lain untuk mengajarkan rumus bangun datar kepada siswa. Yaitu dengan bantuan media lagu untuk pembelajaran. Guru memberikan alternatif belajar siswa yaitu cara cepat menghafal rumus melalui nyanyian lagu yang sangat familiar bagi siswa yaitu lagu “Burung Kaka Tua”. Hal tersebut lantas membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran dan langsung membangkitkan semangat belajar siswa kembali.
    Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa guru harus memiliki alternatif metode pembelajaran yang digunakan didalam kelas, mengingat di setiap pembelajaran pasti ada hal-hal yang tidak terduga yang terjadi didalam kelas.

  2. NAMA : TRI ANISA FEBRIANTI
    NIM : 856445074
    PRODI : s1-PGSD
    UPBJJ : PEKANBARU

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Perkenalkan nama saya Nisa, saya disini ingin menganalisi video pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas tersebut.

    Masalah yang terjadi di dalam kelas tersebut adalah siswa kesulitan untuk menghafal rumus bangun datar dan guru tidak bisa mengelola kelas dengan benar, sehingga mereka tidak ingat lagi tentang pelajaran yang disampaikan dihari sebelumnya dan ribut di dalam kelas.

    Kenapa hal demikian terjadi? menurut saya hal itu terjadi karena guru tersebut kurang menarik perhatian dan semangat siswa karena awalnya hanya menggunakan metode ceramah. Sebenarnya guru bisa memotivasi siswa terlebih dahulu sebelum belajar misalnya dengan tepuk semangat, menanyakan kabar dll.

    divideo tersebut guru melaksanakan kegiatan pembelajaran langsung ke inti, tidak ada pendahuluan dan juga penutup.

    selanjutnya di tengah pembelajaran guru mampu mengkondisikan kelas dan mampu mengajarkan tentang rumus matematika dengan cara bernyanyi dengan menggunakan nada lagu burung kakak tua, sebenarnya jika dibaca sekali saja siswa belum tentu bisa menghafal dan mengingat rumus secara baik, tetapi sebaiknya guru juga bisa menyuruh siswa untuk mencatat lirik lagu rumus matematika tersebut kedalam buku catatan.

    demikian analisis singkat dari saya.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  3. NAMA : TRI ANISA FEBRIANTI
    NIM : 856445074
    PRODI : s1-PGSD
    UPBJJ : PEKANBARU

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Perkenalkan nama saya Nisa, saya disini ingin menganalisi video pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas tersebut.
    Masalah yang terjadi di dalam kelas tersebut adalah siswa kesulitan untuk menghafal rumus bangun datar dan guru tidak bisa mengelola kelas dengan benar, sehingga mereka tidak ingat lagi tentang pelajaran yang disampaikan dihari sebelumnya dan ribut di dalam kelas.
    Kenapa hal demikian terjadi? menurut saya hal itu terjadi karena guru tersebut kurang menarik perhatian dan semangat siswa karena awalnya hanya menggunakan metode ceramah.
    Sebenarnya guru bisa memotivasi siswa terlebih dahulu sebelum belajar misalnya dengan tepuk semangat, menanyakan kabar dll.
    divideo tersebut guru melaksanakan kegiatan pembelajaran langsung ke inti, tidak ada pendahuluan dan juga penutup.
    selanjutnya di tengah pembelajaran guru mampu mengkondisikan kelas dan mampu mengajarkan tentang rumus matematika dengan cara bernyanyi dengan menggunakan nada lagu burung kakak tua, sebenarnya jika dibaca sekali saja siswa belum tentu bisa menghafal dan mengingat rumus secara baik, tetapi sebaiknya guru juga bisa menyuruh siswa untuk mencatat lirik lagu rumus matematika tersebut kedalam buku catatan.
    demikian analisis singkat dari saya. Wassalamu’alaikum wr.wb

  4. Nama : Dian Nur Fitriani AS
    NIM : 85844312

    Setelah menonton video diatas, yang dapat saya analisis dari cara guru menyampaikan materi dengan menggunakan lagu cukup efektif bagi beberapa anak. Namun hal itu bukan berarti menjadi satu satunya cara, siswa memiliki kemampuan mengingat yang berbeda beda, mungkin selanjutnya bisa di sedikit di tambahkan refleksi isi agar mengetahui metode tersebut sudah efektif atau masih ada perlu cara tambahan.
    Penggunaan media lembaran pun sudah baik, guru mau menggunakan media pembelajaran lain agar belajar tidak monoton.

  5. Nama : Ratih Dwi Candra
    NIM : 857303422
    Pokjar : Bogor Selatan

    Setelah melihat video tersebut, ada beberapa saran dan masukan:
    – kurangnya fokus siswa terhadap guru yang sedang menjelaskan, maka dari itu guru perlu memberi motivasi mengenai belajar saat kegiatan awal
    – peserta didik tidak antusias pada pelajaran matematika, maka dari itu guru perlu memberikan metode yang cocok dengan materi agar peserta didik dapat antusias dengan pelajaran matematika

  6. Nama : Nurfitria Hayati
    NIM : 856482452
    Prodi : PGSD BI
    Semester : 2

    Menurut pendapat saya, setelah saya menyaksikan video tersebut, siswa kesulitan dalam mengingat rumus matematika, sehingga guru sulit menyampaikan materi tentang luas bangun datar. Ketika guru menggunakan strategi pembelajaran dengan mengajak siswa bernyanyi sambil menghafal rumus matematika, siswa menjadi semangat dan bisa mengulang rumus matematika tersebut dari lirik lagu.
    Strategi yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat efektif, dan masih banyak cara lain untuk memudahkan siswa menghafal rumus Matematika. Semoga siswa dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi dalam pembelajaran matematika.

  7. Nama : Nur Peni sri Wahyuni
    NIM : 857303461
    Prodi : S1 PGSD
    pokjar : Bogor Selatan

    Dalam video tersebut, faktor utama masalah nya yaitu siswa kesulitan dalam menghafal rumus-rumus matematika jika guru hanya menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik merasa semakin bosan dalam belajar.
    setelah guru tersebut merubah metode pembelajaran dengan cara metode bernyanyi, antusias peserta didik semakin terlihat karena metode bernyanyi merupakan salah satu metode yang di sukai para peserta didik, dan juga tidak membuat mereka bosan.
    Kita sebagai guru harus memperhatikan pemilihan metode yang seharusnya diberikan kepada peserta didik, karena metode pembelajaran adalah hal yang paling penting untuk keberlangsungan pembelajaran di kelas.

  8. Nama: Agustina Mulya Putri Rahayu
    Nim : 858782382
    Menurut analisis saya dalam video tersebut ada beberapa faktor tidak berhasilnya suatu pembelajaran khususnya menghafal rumus bangun datar. 1) Guru yang kurang interaktif, 2) Guru yang salah dalam mengambil metode belajar, 3) Siswa yang kurang semangat belajar karena kurang motifasi, dan 4) Kondisi kelas yang tidak menyenangkan. Dari beberapa faktor tersebut dalam video tersebut. Dengan demikian faktor” diatas menjadi pendukung dalam tidak efektifnya pembelajaran di kelas yang menyebabkan siswa tidak dapat dengan mudah menangkap materi pembelajaran yang diajarkan.
    Namun setelah guru tersebut melakukan sedikit inivasi yaitu dengan mengajarkan rumus dengan metode bernyanyi hal tersebut dapat sedikit menggugah semangat siswa untuk belajar. Dengan demikian dalat kita simpulkan bahwa dalam suatu pembaleajaran guru diharapkan dapat interaktif dengan siswa walau hanya sekedar menanya kabar siswa. Namun akan lebih baik jika guru dapat membangkitkan motivasi siswa sebelum emmulai pembelajaran misalnya dengan menyanyikan yel-yel. Selain itu guru juga harus terlebih dahulu dapat menguasai materi yang akan diajarkan dengan baik dan benar agar guru dapat dengan mudah ketika menyampaikan materi ke siswa. Sehingga dengan begitu guru juga akan dengan mudah bisa menentukan metode pembelajaran yang tepat, aktif, dan menyenangkan. Jangan lupa juga untuk memberi ice breaking agar siswa tidak bosan saat belajar. Setelah itu dalam akhir pembelajaran jangan lupa bagi guru untuk meminjau pemahaman siswa dengan memeberi beberapa pertanyaan kepada siswa untuk memastikan bahwa para siswa sudah benar-benar paham terhadap materi yang disampaikan khusunya materi yang mengandung rumus seperti pada video yaitu rumus bangun datar.

  9. Nama : Vidiyanti Laila Sari
    NIM : 858821517
    Prodi : PGSD
    Video pembelajaran di atas sangat menginspirasi bagi seorang guru untuk memudahkan murid menghafalkan rumus bangun datar dengan menyenangkan. Namun dalam video di atas guru terlihat guru kurang dapat mengkondisikan kelas agar berjalan dengan tenang dan tidak gaduh. Sehingga guru tetap menyampaikan materi meskipun murid di kelas masih belum bisa tertib dan tenang. Di samping itu, alangkah baiknya apabila anak sekolah dasar diberikan konsep dasar terlebih dahulu mengenai luas bangun datar. Misalnya menjelaskan bahwa luas bangun datar adalah banyaknya persegi dengan sisi 1 satuan panjang yang menutupi seluruh bangun datar tersebut. Guru dapat memanfaatkan media berupa papan catur, lalu siswa diminta untuk menghitung seluruh kotak yang ada di dalamnya. Hasilnya yaitu 8+8+8+8+8+8+8+8 = 8 x 8 = 64 sehingga rumus persegi ialah sisi x sisi. Dan seterusnya. Baru setelah konsep dasar sudah dikuasai siswa, maka guru bisa mengajarkan pemahaman mengenai bangun datar dengan mengajak siswa menghafalkan rumus bangun datar menggunakan lagu arasansemen seperti contoh di atas.

    Sekian terimakasih

  10. Menurut Anda apakah menghafalkan rumus sudah cukup untuk menjadikan anak-anak paham mengenai konsep luas bangun datar? Menurut saya, metode hafalan hanya mampu menjangkau ingatan anak-anak dalam jangka waktu yang pendek. Sedangkan dengan pamahaman konsep dasar anak-anak akan mengingat dalam jangka waktu yang panjang.
    Terimakasih

Leave a Reply