silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Satriyanti
NIM : 855762945
Saya menganalisis salah satu video pembelajaran di Portal Guru Pintar pada Seri Pembelajaran SD yang berjudul “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika”
Pada link berikut :
https://drive.google.com/file/d/1zcsN1CFuUxTRHK_yesF4cht9NEcHmQzP/view?usp=sharing
Saya dapat menyimpulkan bahwa video ini menggambarkan usaha seorang guru dalam mengatasi tantangan yang dihadapi siswa yang kesulitan menghafal rumus matematika, khususnya rumus luas bangun datar. Solusi yang diusulkan dalam program ini adalah dengan menerapkan strategi bernyanyi, menggunakan lagu-lagu yang disukai siswa dan sedikit mengubah liriknya. Contohnya, lagu “Burung Kakak Tua” diubah liriknya untuk mencakup rumus luas bangun datar.
Namun, menurut pendapat saya, metode pembelajaran ini terasa monoton dan membosankan bagi siswa, sehingga mereka kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Meskipun guru berusaha mengatasi kebosanan dengan cara bernyanyi untuk membantu siswa menghafal rumus, banyak siswa masih mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada berbagai rumus dan konsep yang harus diingat. Dalam pembelajaran matematika, sangat penting untuk memahami konsep terlebih dahulu. Menghafal rumus tanpa pemahaman yang mendalam sering kali membuat siswa merasa frustrasi dan kesulitan.
Mungkin akan lebih efektif jika metode pengajaran difokuskan pada pemahaman konsep sebelum menghafal rumus. Misalnya, dengan memberikan contoh nyata atau penerapan praktis dari rumus-rumus tersebut. Selain itu, akan lebih baik jika setiap sesi pembelajaran diawali dengan doa dan diakhiri dengan doa sebagai kegiatan penutup.
Asslammualikum wr .wb
Nama : Isnawati
Nim : 877762709
Setelah saya melihat video diatas
kekurangan dalam pembelajaran diatas adalah :
1. Pada saat Pendahuluan tidak menanyakan kabar Siswa
2. siswa sulit menghafal rumus matematika
3. khusus nya rumus bangun datar
kelebihan video di atas :
guru mampu mengkondisikan kelas dan guru dalam penyampaian materi sangat jelas serta dengan suara yang sangat lantang.
Sarannya :
dengan metode Games Based Learning, dengan cara bermain sambil menghafal biar semangat dalam pembelajaran.
Terimakasih
Asslammualikum wr .wb
Nama : Isnawati
Nim : 877762709
Setelah saya melihat video diatas kekurangan dalam pembelajaran diatas adalah :
1. Pada saat Pendahuluan tidak menanyakan kabar Siswa
2. siswa sulit menghafal rumus matematika
3. khusus nya rumus bangun datar
kelebihan video di atas :
Guru mampu mengkondisikan kelas dan guru dalam penyampaian materi sangat jelas serta dengan suara yang sangat lantang.
Sarannya : dengan metode Games Based Learning, dengan cara bermain sambil menghafal biar semangat dalam pembelajaran.
Pada Vidio Guru pintar online ada berapa hal yang perlu sangat memberikan dampak positif bagi anak – anak adalah : Guru dapat menarik perhatian semangat siswa dalam pembelajaran dan dengan langkah yaitu memberikan simulasi media hitung cepat guru menanyakan berapa banyak jeruk yang diperlihatkan nya siswa menjawab sebanyak lima jika salah satu jeruk tersebut dimakan 2 buah jeruk oleh teman berati jeruknya tinggal berap adalah jumlahnya 3. Dengan pembelajaran seperti ini adalah cara dan langkah tempat untuk memperla carikan sistim belajar agar anak termotivasi dalam belajar.
Selanjutnya yang menjadi perhatian setelah anak – anak sudah masuk pada kelas sebaiknya guru tidak menunggu lama untuk masuk di kelas artinya agar anak – anak dapat tenang di kelas sehingga tidak terjadi hal sesuatu kekeliruan jika guru terlambat masuk, hal seperti ini perlu di perbaiki agar guru hadirnya di kelas dengan tempat waktu..
Kesimpulan pada pembelajaran ini sangat memberika manfaat dalam perbaiki kinerja guru terutama dalam memberikan pembelajaran di kelas ” Cara menyampaikan dan metode ini sangat penting untuk dipahami dan diambil oleh guru sebagai salah satu contoh dalam mengajar untuk menarik perhatian siswa.
Terimakasih
nama : mely meliana hasan
nim : 857151081
menurut saya,melihat tata cara mengajar sangat di mengerti setiap percakapan kepada siswa. pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu, pembilang penyebut sebaiknya di berikan tugas dan pertanyaan setiap siswa dan mengulasnya di rumah. siswa sering sulit menghadapi rumus di sebabkan kurang memperhatikan materi yang di sampaikan guru.
Nama : Maria Theresia Linda
NIM : 859285462
Malam semuanya.
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut saya menyimpulkan bahwa sebenarnya anak didik bisa menghafal rumus dalam pelajaran matematika dengan mudah. guru harus menggunakan beragam metode agar anak bisa dengan mudah menghafal rumus tersebut, salah satunya adalah dikemas dalam sebuah lagu. tiap anak mempunyai karateristik masing – masing. ada anak yang bisa menghafal dengan mudah hanya dengan membaca kemudian dia mengingat, ada anak yang tidak. mungkin anak yang hobinya menyanyi pasti akan lebih mudah menghafal jika kita sebagai guru mengkemas rumus tersebut dalam sebuag lagu anak.
Nama : Eni Rahayu
Nim : 858071525
Seri pengembangan matematika SD-pembelajaran matematika
Judul: siswa menghafal rumus matematika
Penulis naskah: Drs. Eded Tarmedi, MA.
Penelaah materi : Drs. Sriyono M.Hum
Penelaah media : M. Sumardianto, S.kom.
Sutradara : Pudji Setyo Dj.
Saya akan menganalisis salah satu video pembelajaran di portal guru pintar pada seri pembelajaran SD yang berjudul siswa menghafal rumus matematika. Dapat disimpulkan bahwa video ini menggambarkan seorang guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus luas bangun datar. Adapun kelebihan dari video tersebut adalah dalam membuka pembelajaran dan menutup pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik, siswa aktif dalam pembelajaran, dan guru juga berhasil memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran tersebut.
Adapun kelemahan dari video tersebut adalah materi yang disampaikan tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas bangun datar sehingga siswa tidak terlalu menguasai konsep dari bangun datar tersebut. Ketika guru melakukan modifikasi terhadap lagu burung Kakak tua dengan mengganti lirik lagu menggunakan rumus luas bangun datar ada beberapa siswa yang masih kurang paham dengan konsep rumus tersebut. Dengan menggunakan media tersebut siswa merasa pembelajaran tersebut terasa monoton dan membosankan serta media pembelajaran tersebut hanya untuk hafalan jangka pendek.
Berikut saran yang dapat saya berikan yaitu siswa harus difokuskan dalam menguasai konsep luas bangun datar terlebih dahulu sebelum menghafal rumus.
Nama : Yola Sartika
NIM : 857033823
Pokjar : Sidomulyo
Seri Pengembangan matematika SD-Pembelajaran Matematika
Judul : Siswa menghafal rumus matematika
Penulis naskah: Drs. Eded Tarmedi, MA.
Penelaah materi : Drs. Sriyono M.Hum
Penelaah media : M. Sumardianto, S.kom.
Sutradara : Pudji Setyo Dj.
Izin menyampaikan pendapat, Saya akan menganalisis salah satu video pembelajaran di portal guru pintar pada seri pembelajaran SD yang berjudul siswa menghafal rumus matematika. Dapat disimpulkan bahwa video ini menggambarkan seorang guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus luas bangun datar. Adapun kelebihan dari video tersebut adalah dalam membuka pembelajaran dan menutup pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik, siswa aktif dalam pembelajaran, dan guru juga berhasil memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran tersebut.
Adapun kelemahan dari video tersebut adalah materi yang disampaikan tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas bangun datar sehingga siswa tidak terlalu menguasai konsep dari bangun datar tersebut. Ketika guru melakukan modifikasi terhadap lagu burung Kakak tua dengan mengganti lirik lagu menggunakan rumus luas bangun datar ada beberapa siswa yang masih kurang paham dengan konsep rumus tersebut. Dengan menggunakan media tersebut siswa merasa pembelajaran tersebut terasa monoton dan membosankan serta media pembelajaran tersebut hanya untuk hafalan jangka pendek.
Berikut saran yang dapat saya berikan yaitu siswa harus difokuskan dalam menguasai konsep luas bangun datar terlebih dahulu sebelum menghafal rumus. Dan mungkin harus menggunakan strategi bernyanyi dengan lagu yang digemari dan mengubah sedikit syairnya agar siswa dapat dengan mudah nenghafalkannya. Akan tetapi ada metode lainnya yang dapat dilakukan agar siswa dapat menghafalkan rumus matematika tersebut seperti : diskusi dan mengajarkan teman, metode cerita, permainan edukatif dan visualisasi atau diagram.
Nama : Yola Sartika
NIM : 857033823
Pokjar : Sidomulyo
Izin menyampaikan pendapat, Saya akan menganalisis salah satu video pembelajaran di portal guru pintar pada seri pembelajaran SD yang berjudul siswa menghafal rumus matematika. Dapat disimpulkan bahwa video ini menggambarkan seorang guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus luas bangun datar. Adapun kelebihan dari video tersebut adalah dalam membuka pembelajaran dan menutup pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik, siswa aktif dalam pembelajaran, dan guru juga berhasil memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran tersebut.
Adapun kelemahan dari video tersebut adalah materi yang disampaikan tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas bangun datar sehingga siswa tidak terlalu menguasai konsep dari bangun datar tersebut. Ketika guru melakukan modifikasi terhadap lagu burung Kakak tua dengan mengganti lirik lagu menggunakan rumus luas bangun datar ada beberapa siswa yang masih kurang paham dengan konsep rumus tersebut. Dengan menggunakan media tersebut siswa merasa pembelajaran tersebut terasa monoton dan membosankan serta media pembelajaran tersebut hanya untuk hafalan jangka pendek.
Berikut saran yang dapat saya berikan yaitu siswa harus difokuskan dalam menguasai konsep luas bangun datar terlebih dahulu sebelum menghafal rumus. Dan mungkin harus menggunakan strategi bernyanyi dengan lagu yang digemari dan mengubah sedikit syairnya agar siswa dapat dengan mudah nenghafalkannya. Akan tetapi ada metode lainnya yang dapat dilakukan agar siswa dapat menghafalkan rumus matematika tersebut seperti : diskusi dan mengajarkan teman, metode cerita, permainan edukatif dan visualisasi atau diagram.
Nama : Yola Sartika
NIM : 857033823
Pokjar : Sidomulyo
Izin menyampaikan pendapat, dapat disimpulkan bahwa video ini menggambarkan seorang guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus luas bangun datar. Adapun kelebihan dari video tersebut adalah dalam membuka pembelajaran dan menutup pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik, siswa aktif dalam pembelajaran, dan guru juga berhasil memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran tersebut.
Adapun kelemahan dari video tersebut adalah materi yang disampaikan tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas bangun datar sehingga siswa tidak terlalu menguasai konsep dari bangun datar tersebut. Ketika guru melakukan modifikasi terhadap lagu burung Kakak tua dengan mengganti lirik lagu menggunakan rumus luas bangun datar ada beberapa siswa yang masih kurang paham dengan konsep rumus tersebut. Dengan menggunakan media tersebut siswa merasa pembelajaran tersebut terasa monoton dan membosankan serta media pembelajaran tersebut hanya untuk hafalan jangka pendek.
Berikut saran yang dapat saya berikan yaitu siswa harus difokuskan dalam menguasai konsep luas bangun datar terlebih dahulu sebelum menghafal rumus. Dan mungkin harus menggunakan strategi bernyanyi dengan lagu yang digemari dan mengubah sedikit syairnya agar siswa dapat dengan mudah nenghafalkannya. Akan tetapi ada metode lainnya yang dapat dilakukan agar siswa dapat menghafalkan rumus matematika tersebut seperti : diskusi dan mengajarkan teman, metode cerita, permainan edukatif dan visualisasi atau diagram.
Nama: Asnida Sianturi
NIM: 859891096
Dari video di atas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang guru pada saat mengajar.pertama guru harus dapat menguasai kelasnya supaya siswa dapat belajar dengan tertib.kedua guru tidak hanya berdiri di depan pada saat mengajar,bisa beralih kesebelah kanan ataupun kiri. Dan untuk membuat siswa cepat mengigat rumus matematika bisa dengan menggunakan lagu karena akan lebih mudah untuk di ingat.