silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Putri Ramadhani
Nim : 859773727
Kesimpulan saya dari video ini adalah guru berusaha membantu siswa yang kesulitan mengingat rumus luas bangun datar dalam matematika. Cara yang digunakan adalah dengan membuat lagu tentang rumus-rumus tersebut, menggunakan melodi lagu yang sudah dikenal siswa seperti lagu “Burung Kakak Tua” yang liriknya diubah.
Menurut saya, cara belajar dengan bernyanyi ini bisa jadi kurang menarik dan membosankan buat siswa, jadi mereka mungkin tidak terlalu semangat ikut pelajaran. Walaupun guru mencoba membuat belajar jadi tidak membosankan dengan bernyanyi agar rumus mudah diingat, banyak siswa yang masih kesulitan kalau harus mengingat banyak rumus dan ide matematika.
Dalam belajar matematika, penting sekali untuk mengerti dulu konsepnya. Kalau cuma menghafal rumus tanpa benar-benar paham, biasanya siswa jadi bingung dan merasa sulit.
Mungkin akan lebih baik kalau cara mengajarnya fokus pada pemahaman konsep dulu baru menghafal rumus. Contohnya, guru bisa memberikan contoh nyata atau menunjukkan bagaimana rumus itu dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, akan lebih bagus lagi kalau setiap pelajaran dimulai dengan berdoa dan diakhiri dengan berdoa.
Assalamualaikum
Nama : Dony Andre Pranata
Nim : 858947751
Semester 6
UPBJJ : Pokjar Bondowoso
Masalah : Siswa kurang minat belajar mata peljaran matematika dan mengeluh .
Menurut saya Dalam video tersebut Guru kurang banyak memberikan Hiburan contohnya ice breking agar siswa tidak bosan dan tegang.
Rumusan masalah: siswa merasa apabila menghafal itu sangat tidak mengenkan, Karena siswa blum tau semuanya Dalam pola fikir anak
guru juga kurang merangkul siswa untuk lebih bersemangat lagi dalam belajar matematika agar tidak membuat kelas menjadi bosan.
Tujuan :
1. Penyebab siswa tulit menghafal rumus bangun datar
2. memberikan cara yang menarik perhatian siswa dalam menghafal rumus bangun datar.
Deskripsi : Banyak siswa yang masih memiliki pikiran bahwa belajar matematika itu susah dan membosankan, padahal jika memiliki metode yang pas untuk diterapkan pada siswa, matematika itu menjadi pelajaran yang gampang, asyik dan gembira sehingga tidak lagi menakutkan bagi siswa. Pada video ini metode yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi. Menurut saya metode ini cukup berpengaruh bagi siswa karena mereka merasa tidak bosan dan senang dengan cara bernyanyi dan juga membuat rumus-rumus itu mudah dihafal siswa. Pada video ini menggunakan lagu burung kakak tua yang diganti liriknya dengan rumus-rumus bangun datar.
Nama: Fitriani.Z
Nim : 858613716
A. Latar belakang
Pembelajaran merupakan sebuah proses yang mengatur, membimbing, dan memfasilitasi peserta didik dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Agar proses ini berjalan efektif, guru dituntut mampu memilih metode, media, dan strategi pembelajaran yang sesuai. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode kreatif yang mampu meningkatkan minat belajar siswa.
Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) merupakan program yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Program ini juga menjadi wadah untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap profesional calon pendidik.
Alasan dilakukan PKM
a) Untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien
b) Untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam keguruan sebagai pendidik yang mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang tinggi
c) Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan saya dalam mengajar I
d) ngin mengetahui sejauh mana proses mengajar saya
e) Ingin beradaptasi secara langsung dengan siswa
2. Kegiatan yang dilakukan dalam PKM
a) Menganalisis video pembelajaran pada GPO
b) Membuat video simulasi serta menyiapkan pembelajaran
c) Menyusun 12 RPP
1
B. Tujuan kegiatan pemantapan kemampuan mengajar ( PKM )
Laporan ini disusun bertujuan untuk :
1. Syarat yang harus ditempuh dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1) PGSD melalui Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar.
2. Untuk memperbaiki kesalahan teoritis melalui temuan praktik langsung.
3. Untuk menambah wawasan calon guru/guru dengan metode dan teknik – teknik mengajar terkini yang sedang dilaksanakan.
4. Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
5. Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam keguruan sebagai pendidik yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi.
B. Manfaat kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM )
Agar tujuan dapat dikuasai, mahasiswa diharapkan mengikuti seluruh pembelajaran PKM dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memetik manfaat.
Manfaat PKM bagi Guru antara lain :
a. Menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan menarik.
b. Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran.
c. Mempunyai kemampuan menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dlam mengajar.
d. Memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui tindak pengajar yang telah dipraktekkan.
e. Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
Manfaat PKM bagi siswa antara lain :
a. Dalam kegiatan pembelajaran, mengajar menentukan masa depan peserta belajar sebab apa yang mereka terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
b. Menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi sesuatu yang menarik,dinamis dan efisien.
BAB II
TEMUAN DALAM ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
A. VIDEO PEMBELAJARAN
1. Judul Video
Siswa kesulitan menghafal rumus matematika pada laman : https://gurupintar.ut.ac.id/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/
2. Ringkasan isi video
Video ini memperlihatkan seorang guru yang menghadapi tantangan siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika. Guru kemudian menerapkan metode kreatif berupa lagu populer yang syairnya diubah menjadi hafalan rumus luas bangun datar. Strategi ini terbukti menarik perhatian siswa dan membantu mereka lebih mudah mengingat materi.
3. Kelemahan dalam pembelajaran dalam video
Guru belum melakukan kegiatan awal seperti salam pembuka, do’a dan motivasi siswa. Tujuan pembelajaran tidak disampaikan dan guru kurang memanfaatkan media visual pendukung. Proses belajar masih bersifat hafalan tanpa menanam konsep mendalam.
4. Kelebihan pembelajaran dalam video
Metode lagu yang digunakan guru mampu membangkitkan minat belajar siswa. Selain itu, susunan menjadi lebih ceria, dan siswa terlihat lebih antusias mengikuti kegiatan.
5. Hal unik dalam video pembelajaran
Penggunaan lagu populer sebagai media hafalan rumus matematika merupakan inovasi yang menarik dan belum umum diterapkan. Metode ini sangat efektif untuk menarik perhatian siswa SD.
6. Rencana pembelajaran selanjutnya
• Melakukan kegiatan awal pembelajaran secara lengkap.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran di awal.
• Menyediakan media visual atau alat peraga.
• Mengkombinasikan media lagu dengan diskusi dan praktik soal.
• Memberikan tugas rumah sebagai penguat materi.
BAB III
KESIMPULAN
Video ini menunjukkan bahwa metode kreatif seperti lagu dapat menjadi solusi alternatif dalam pelajaran matematika. Kelebihan metode ini terletak pada kemampuannya menarik minat siswa, sementara kelemahannya adalah kurangnya pendalaman konsep. Untuk hasil lebih optimal, guru sebaiknya mengombinasikan metode kreatif dengan strategi pembelajaran aktif dan pemahaman konsep dasar.
Nama: Fitriani.Z
Nim : 858613716
TEMUAN DALAM ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
setelah saya melihat video pembelajaran dengan judul “Siswa kesulitan menghafal rumus matematika” pada laman : https://gurupintar.ut.ac.id/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/ hasil analisi saya ialah:
1. Ringkasan isi video
Video ini memperlihatkan seorang guru yang menghadapi tantangan siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika. Guru kemudian menerapkan metode kreatif berupa lagu populer yang syairnya diubah menjadi hafalan rumus luas bangun datar. Strategi ini terbukti menarik perhatian siswa dan membantu mereka lebih mudah mengingat materi.
2. Kelemahan dalam pembelajaran dalam video
Guru belum melakukan kegiatan awal seperti salam pembuka, do’a dan motivasi siswa. Tujuan pembelajaran tidak disampaikan dan guru kurang memanfaatkan media visual pendukung. Proses belajar masih bersifat hafalan tanpa menanam konsep mendalam.
3. Kelebihan pembelajaran dalam video
Metode lagu yang digunakan guru mampu membangkitkan minat belajar siswa. Selain itu, susunan menjadi lebih ceria, dan siswa terlihat lebih antusias mengikuti kegiatan.
4. Hal unik dalam video pembelajaran
Penggunaan lagu populer sebagai media hafalan rumus matematika merupakan inovasi yang menarik dan belum umum diterapkan. Metode ini sangat efektif untuk menarik perhatian siswa SD.
KESIMPULAN
Video ini menunjukkan bahwa metode kreatif seperti lagu dapat menjadi solusi alternatif dalam pelajaran matematika. Kelebihan metode ini terletak pada kemampuannya menarik minat siswa, sementara kelemahannya adalah kurangnya pendalaman konsep. Untuk hasil lebih optimal, guru sebaiknya mengombinasikan metode kreatif dengan strategi pembelajaran aktif dan pemahaman konsep dasar.
Nama : Anna Riana Sipayung
NIM : 856086426
UPBJJ : UT Batam
Izin saya memberi tanggapan pada video, apa yang dilakukan oleh guru dalam mengajar pada video yang saya tonton sudah benar dengan melakukan cara lain agar peserta didik antusias dalam melakukan pembelajaran terlihat bahwa guru memiliki kreatifitas dalam hal tersebut tetapi usulan saya hendaknya diawal pembelajaran guru melakukan apersepsi terlebih guru guna mengetahui kesiapan peserta didik untuk belajar misalnya bernyanyi atau melkukan tepuk tangan konsentrasi. Demikina tanggapan saya, terima kasih.
Nama : Mardiah Kusminiwati
Nim : 857839258
Menurut saya, video tersebut menggambarkan sebuah studi kasus yang pernah saya alami di sekolah, khususnya pada siswa kelas IV. Masalah yang dihadapi adalah kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika, terutama rumus keliling dan luas bangun datar seperti segitiga, persegi empat, dan persegi panjang.
Penyebab masalah:
Sejak awal, banyak siswa sudah beranggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini menyebabkan mereka mengalami kesulitan dalam menghafal rumus luas bangun datar. Selain itu, pelajaran matematika sering dijadwalkan pada jam ketiga atau menjelang akhir, sehingga konsentrasi siswa pun menurun.
Solusi:
Untuk mengatasi kesulitan tersebut, strategi pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode bernyanyi, di mana lirik lagu diubah menjadi rumus-rumus bangun datar. Metode ini bertujuan agar siswa lebih mudah menghafal.
Rumusan masalah:
1. Mengapa siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
2. Apa langkah-langkah yang dapat dilakukan agar siswa lebih mudah menghafal rumus tersebut?
Tujuan:
1. Mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.
2. Memberikan alternatif metode yang menarik dan menyenangkan untuk membantu siswa menghafal rumus.
Deskripsi:
Banyak siswa masih berpikiran bahwa matematika itu sulit dan membosankan. Padahal, dengan metode pembelajaran yang tepat, matematika bisa menjadi pelajaran yang mudah, menyenangkan, dan tidak menakutkan. Dalam video tersebut, digunakan metode bernyanyi untuk mempermudah siswa menghafal rumus matematika. Saya menilai metode ini sangat efektif karena membuat siswa merasa lebih antusias dan tidak cepat bosan. Lirik lagu “Burung Kakak Tua” diubah menjadi rumus-rumus bangun datar, sehingga hafalan menjadi lebih mudah. Apalagi jika aktivitas menghafal ini dilakukan di luar kelas, tentu suasana akan lebih santai dan proses menghafal menjadi lebih cepat dan menyenangkan bagi siswa.
Nama: Febrianto
NIM: 857604366
Pokjar: Kebumen
Assalamu’alaikum wr.wb.
Mohon ijin memberikan ulasan tentang video yang ada pada https://gurupintar.ut.ac.id/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/comment-page-45/#comments
Setelah menyimak video tersebut saya berasumsi bahwa video tersebut bukan dilakukan pada awal pertemuan untuk materi luas bangun datar. Artinya pada pertemuan sebelumnya siswa sudah diajak untuk menemukan rumus bangun datar dengan metode inkuiri.
Oleh karena itu, saya dapat melakukan analisis dengan hasil sebagai berikut:
Kekurangan:
Media yang digunakan kurang menjangkau seluruh kelas
Posisi guru selalu di depan
Tidak menggunakan musik
Kelebihan:
Sudah menggunakan metode yang menarik, yaitu dengan mengubah lirik lagu yang sudah dikenal siswa dengan rumus bangun datar.
Sudah mengaktifkan siswa
Sudah memberi penguatan yang positif
Saran yang dapat saya berikan:
Gunakan media yang berbasis IT, misalnya dengan menggunakan PPT
Posisi guru dapat divariasi agar tidak selalu di depan, bisa di tengah, atau di belakang.
Gunakan instrumen musik yang sesuai agar lebih menarik
Demikian hasil analisis saya, mohon saran dan masukan dari Dosen dan rekan mahasiswa.
Wassalamu’alaikum wr.wb
Ijin menanggapi video tersebut
Nama : Rosnani nur khafidhoh
Nim :857847262
Prodi: PGSD
Setelah saya mengamati video diatas tentang :
Judul Video : Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika
Penelaah Materi : Drs. Sriyono, M.Hum
Penelaah Media : M. Sunardiantom S.Kom.
Sutradara : Pudji Setyo DJ.
Sinopsis :
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Kelemahan
1) Kurang melibatkan siswa dalam penyampaian materi.
2) Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
Kelebihan
1) Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik.
2) Penggunaan strategi sudah cukup baik.
3) Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hal Unik dalam Video Pembelajaran
Pendekatan seni dalam pembelajaran : membuat lagu tentang rumus matematika.
Rencana Perbaikan Pembelajaran yang Akan dilakukan
1) Perhatikan masalah yang dihadapi siswa.
2) Segera cari strategi pembelajaran yang menarik.
3) Ajaklah siswa bernyanyi sambil menghafalkan rumus-rumus matematika.
Jadi kesimpulan cara untuk membuat siswa tidak kesulitan dalam menghafal rumus matematika, guru bisa sekreatif mungkin menciptakan lagu” yang tidak asing ditelinga anak” lalu di inovasi mengguanakn rumus ” mtk sesuai materi pembelajaran. Karena usia sd merupakan usia yang suka belajar sambil bernyanyi, usia yang happy, dan perlu mengeksplorasi pembelajaran dengan hal” yang menyenangkan, sehingga siswa mudah mengingat rumus dan senang dalam pembelajaran matematika
Teirmakasih, sekian tanggan saya…
dalam video “siswa kesulitan menghafal rumus matematika”
dalam video nampak seorang guru menjelaskan pelajaran matematika menghitung luas bangun datar, tetapi siswa terlihat kurang antusias dan kesulitan dalam menghafal rumus matematika. kemudian, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan memberikan pembelajaran yang memudahkan siswa menghafal rumus matematika menggunakan lagu sehingga nampak siswa lebih antusias dan semangat.
dalam hal ini siswa terlihat lebih bisa menguasai rumus menggunakan bantuan lagu. setelah siswa dapat menghafal rumus, setelah itu guru memberikan konsep dasar dan pemahaman rumus tersebut sehingga siswa dapat mengerjakan dengan mudah
Nama : Agustina Adinda Putri
NIM : 857756162
UPBJJ: Surakarta
Izin menyampaikan refleksi terkait video Seri Pembelajaran SD “Siswa Sulit Menghafal Rumus Matematika”
Melalui video pembelajaran tentang penggunaan lagu untuk membantu siswa menghafal rumus matematika, saya menyadari betapa kuatnya pengaruh musik dalam proses belajar. Lagu “Burung Kakak Tua” tidak hanya membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga membantu siswa mengingat rumus dengan cara yang lebih mudah. Saya terkesan dengan bagaimana siswa dapat belajar tentang luas lingkaran melalui melodi yang ceria, menunjukkan bahwa musik dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mereka. Pengalaman ini mengingatkan saya bahwa kreativitas dalam mengajar sangat penting, karena dapat meningkatkan motivasi siswa dan membuat mereka lebih tertarik pada pelajaran. Saya berkomitmen untuk terus mencari cara inovatif lainnya dalam mengajar, agar siswa tidak hanya belajar, tetapi juga menikmati prosesnya.
Sekian, terimakasih