silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Ira Darna Ningsih
    NIM : 856113018
    Setelah melihat video diatas, kegiatan pembelajaran tersebut guru tidak melakukan awal pembelajaran sebelum memulai kelas, seperti membaca doa, absen. dimana ada seorang guru yang sedang mengajarkan pelajaran Matematika dan siswa kesulitan menghafalkan rumus bangun datar siswa tersebut jadi tidak tertarik untuk belajar sehingga membuat kelas mejadi tidak kondusif, guru sudah kreatif dalam mengatasi tanttangan belajar matematika dimana dia menggunakan metode bernyanyi sehingga menjadi menyenangkan.

  2. Nama: Arrum Neisvillia
    NIM: 859540506
    Semester: 6
    Prodi: S1-PGSD
    Salut: Banjar Agung, Tulang Bawang
    UT Daerah: Lampung

    Video di atas terlihat bahwa seorang guru sedang mengajarkan mata pelajaran matematika tentang luas bangun datar. Namun, pada video di atas terlihat bahwa beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal rumus-rumus Matematika yang sedang diajarkan. Kelebihan guru tersebut yaitu tidak mudah putus asa, ia berusaha untuk menjelaskan cara mudah dalam menghafal rumus-rumus matematika untuk peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menghafal dengan menggunakan berbagai macam cara yang kreatif. Salah satu cara yang dipakai oleh guru tersebut yaitu dengan bernyanyi menggunakan nada lagu yang sudah dikenal dan tidak asing lagi, tetapi lirik-liriknya diubah menjadi rumus-rumus matematika. Misalnya seperti video di atas, menggunakan lagu “Burung Kakak Tua” liriknya diubah menjadi rumus bangun datar (luas bujur sangkar). Dengan cara tersebut, diharapkan agar peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat dan menghafalkan rumus-rumus matematika tersebut.

  3. Nama: Arrum Neisvillia
    NIM: 859540506
    Semester: 6
    Prodi: S1-PGSD
    Salut: Banjar Agung, Tulang Bawang
    UT Daerah: Lampung.

    Video di atas terlihat bahwa seorang guru sedang mengajarkan mata pelajaran matematika tentang luas bangun datar. Namun, pada video di atas terlihat bahwa beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal rumus-rumus Matematika yang sedang diajarkan. Kelebihan guru tersebut yaitu tidak mudah putus asa, ia berusaha untuk menjelaskan cara mudah dalam menghafal rumus-rumus matematika untuk peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menghafal dengan menggunakan berbagai macam cara yang kreatif. Salah satu cara yang dipakai oleh guru tersebut yaitu dengan bernyanyi menggunakan nada lagu yang sudah dikenal dan tidak asing lagi, tetapi lirik-liriknya diubah menjadi rumus-rumus matematika. Misalnya seperti video di atas, menggunakan lagu “Burung Kakak Tua” liriknya diubah menjadi rumus bangun datar (luas bujur sangkar). Dengan cara tersebut, diharapkan agar peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat dan menghafalkan rumus-rumus matematika tersebut.

  4. Nama : Gery Fallo.
    Nim : 859284858.
    siswa kesulitan menghafal rumus matematika adalah hal yang umumnya terjadi apalagi pada SD. Banyak faktor yang menjadi kendalanya yaitu,
    1. pelajaran matematika yang jadwalnya di siang hari sehingga siswa sudah capai karena belajar dari pagi,
    2. siswa yang sudah lapar mempengaruhi konsentrasi mereka juga,
    3. suasana kelas yang panas, kurang bersih,
    4. penataan kelas atau tempat duduk yang kurang tepat sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan kondusif,
    5. penampilan guru yang tidak rapi,
    6. cara mengajar yang teoritis atau bertele-tele,
    7. tidak ada hal baru yang membuat mereka penasaran.
    hal-hal sederhana seperti itu juga mempengaruhi proses pembelajaran. meskipun pelajaran matematika di sebut ilmu tetap namun tidak menutup kemungkinan rasa bosan dan jenuh ada.
    namun salut dengan pak guru yang langsung bisa membaca situasi dan mendapatkan minat anak didik sehingga bisa mengganti menghafal lurus dengan menggunakan lagu burung kakatua yang diganti liriknya dengan rumus matematika, akan lebih baik dan menarik ketika rumus itu dikaitkandengan kehidupan nyata sehari-hari itu akan sangat membantu…
    semoga kita bisa menjadi guru yang tidak hanya memberikan teori tetapi mengemas materi secara menarik agar bisa melaksankan pembelajaran yang kondusif.
    sekian dan terimakasihh….

  5. Nama : Chairun Nisa
    Nim: 855854413
    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat kelebihan dan kekurangan serta perbaikan yang dapat di lakukan oleh guru:

    1. Kelebihan:
    – Guru menggunakan metode bernyanyi untuk membantu siswa menghafal rumus matematika, yang membuat siswa lebih antusias dan ceria.
    – Guru beradaptasi dengan menciptakan modifikasi lagu untuk menarik perhatian siswa dan menunjukkan sikap sabar dalam menghadapi siswa.
    – Penggunaan lagu populer dengan lirik yang dimodifikasi menjadi rumus matematika membuat siswa lebih mudah mengingat rumus.

    2. Kelemahan:
    – Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan integritas, orientasi religius, absen, ice breaking, apersepsi, dan motivasi.
    – Guru tidak membacakan tujuan pembelajaran dan tidak memperhatikan kesiapan siswa.
    – Guru tidak mengkondisikan kelas agar tenang sebelum pelajaran dimulai.
    – Tidak memberikan contoh yang jelas.
    – Siswa hanya menghafal rumus tanpa memahami konsep matematika yang lebih dalam.

    3. Perbaikan yang dapat dilakukan:
    – Guru dapat melakukan proses pendahuluan yang lengkap, termasuk kegiatan integritas, orientasi religius, absen, ice breaking, apersepsi, dan motivasi.
    – Guru dapat membacakan tujuan pembelajaran dan memperhatikan kesiapan siswa.
    – Guru dapat mengkondisikan kelas agar tenang sebelum pelajaran dimulai.
    – Guru dapat memberikan contoh yang jelas dan menjelaskan konsep matematika yang lebih dalam.
    – Guru dapat menggunakan variasi metode pembelajaran, seperti permainan, kuis, dan latihan soal, untuk meningkatkan pemahaman siswa.
    – Guru dapat melakukan kegiatan refleksi atau review di akhir pembelajaran untuk mengecek pemahaman siswa dan memperkuat materi yang sudah diajarkan.

  6. Nama: Ade Virlie Amira
    NIM: 856085621
    Analisis dari video diatas
    Guru menggunakan lagu-lagu terkenal, seperti “Burung Kakak Tua”, mengubah liriknya menjadi rumus matematika. Metode ini membuat suasana kelas ceria dan membantu siswa mengingat rumus dengan lebih mudah. Guru juga menunjukkan sikap sabar dan kreatif saat siswa mengalami kesulitan, meningkatkan semangat belajar, terutama untuk siswa yang kesulitan menghafal. Namun, diawal pembelajaran tidak ada kegiatan apersepsi, motivasi, dan pengaturan kelas yang baik. Materi berfokus pada hafalan, tanpa penjelasan mendalam, sehingga siswa tidak memahami konsep dengan baik. Pendekatan menggunakan lagu anak-anak yang diubah menjadi rumus matematika adalah ide kreatif yang belum umum. Guru bisa menyesuaikan metode dengan kebutuhan siswa, hal ini bisa menjadi inspirasi bagi pengajar lain. Saran untuk pengajar mencakup melengkapi proses pembelajaran dengan kegiatan awal, menjelaskan tujuan, dan menanamkan konsep dengan contoh aplikasi. Variasikan cara belajar dengan permainan dan kuis serta lakukan refleksi di akhir untuk memeriksa pemahaman siswa.

  7. NAMA : DEVIYANTI
    NIM : 859542911
    SEMESTER : 6 (Enam)
    UPBJJ :Bandar Lampung
    Izin berkomentar pada vidio tersebut Kesulitan menghafal rumus matematika pada siswa SD, khususnya rumus luas bangun datar, adalah hal yang umum terjadi. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari cara penyampaian materi, kurangnya pemahaman konsep dasar, hingga gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Berikut beberapa pendekatan yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini:
    Fokus pada Pemahaman Konsep, Bukan Sekadar Hafalan:Langkah pertama yang paling penting adalah memastikan siswa benar-benar memahami mengapa rumus tersebut seperti itu. Misalnya, untuk luas persegi panjang, tunjukkan bahwa luas adalah jumlah satuan luas yang menutupi permukaan, dan ini bisa dihitung dengan mengalikan panjang dan lebar. Gunakan alat bantu visual seperti kertas berpetak atau benda konkret untuk memvisualisasikan konsep ini.
    Menggunakan Alat Bantu Visual dan Manipulatif: Anak-anak SD umumnya lebih mudah belajar melalui visual dan kinestetik. Gunakan gambar, diagram, model bangun datar, atau bahkan aktivitas langsung (misalnya, menutupi permukaan dengan ubin) untuk membantu mereka memahami konsep luas dan bagaimana rumus itu terbentuk.

  8. Dari video yang telah saya tonton terkait kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika bias disebabkan oleh beberapa masalah seperti kurang terampilnya guru dalam mengelola kelas, media pembelajaran yang tidak ada, metode/Teknik pembelajaran yang kurang sesuai, dan keadaan waktu yang sudah tidak kondusif lagi. Sehingga dari video tersebut, solusi yang diberikan sudah tepat. Dengan bernyanyi, siswa akan lebih tertarik untuk menghafal serta belajar dengan menyenangkan. Selain itu, yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan media yang lebih bervariasi dan mengadakan ice breaking agar pembelajaran tetap fokus dan konsentrasi.

  9. Nama : Yantiria Halawa
    Nim : 859881221
    Upbjj – ut : Medan
    Salut : Damai Idanogawo (Nias)

    Berdasarkan analisis saya mengenai
    video yang telah saya tonton terkait kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika biasanya disebabkan oleh beberapa masalah seperti kurang terampilnya guru dalam mengelola kelas, media pembelajaran yang tidak ada, metode/teknik pembelajaran yang kurang sesuai, serta keadaan waktu yang sudah tidak kondusif.
    Sebab anak-anak SD umumnya lebih mudah belajar melalui visual dan kinestetik. Gunakan gambar, diagram, model bangun datar, atau bahkan aktivitas langsung untuk membantu mereka memahami konsep luas dan bagaimana rumus itu terbentuk.Serta di haruskan seorang guru dapat membangkitkan semangat siswa dengan memberikan ice breaking yang membuat siswa tidak fakum di dalam belajar.

  10. ijin menanggapi,,,,Strategi bernyanyi adalah langkah awal yang sangat baik, tetapi untuk hasil yang optimal di jenjang SD, gabungkan pendekatan tersebut dengan media konkret, aktivitas fisik, visual, dan permainan. Pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan melibatkan berbagai indera adalah kunci keberhasilan pendidikan dasar.
    Potongan Kertas Berbentuk Bangun Datar
    contoh :
    -Puzzle Bangun Datar
    Deskripsi: Potongan bangun datar dari karton atau plastik yang bisa dibongkar-pasang.
    Manfaat: Membantu siswa memahami hubungan antar bangun, seperti menggabungkan dua segitiga menjadi persegi panjang.
    -Alat Ukur Sederhana
    Deskripsi: Penggaris, meteran kain, kertas milimeter blok.
    Manfaat: Untuk mengukur panjang sisi bangun secara langsung lalu menghitung luasnya dengan rumus.
    -Alas Meja atau Lantai Berpetak
    Deskripsi: Ubin lantai atau kertas berpetak yang disusun di lantai/meja kelas.
    Manfaat: Siswa bisa “menghitung luas” dengan cara menghitung jumlah petak (satuannya cm² atau m²).
    -Kartu Rumus + Gambar
    Deskripsi: Flashcard yang berisi gambar bangun datar dan rumus luasnya.
    Manfaat: Untuk mencocokkan gambar dengan rumus dalam permainan kelompok.
    – Benda Sehari-hari
    Deskripsi: Tutup botol (lingkaran), buku (persegi panjang), ubin (persegi), sapu tangan (persegi).
    Manfaat: Menghubungkan pelajaran dengan benda nyata di sekitar siswa (pembelajaran kontekstual).

    Media konkret membuat siswa belajar melalui pengalaman langsung, bukan hanya hafalan. Ini membantu memperkuat pemahaman konsep dan membuat matematika terasa nyata dan menyenangkan.

Leave a Reply