silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Kiki Fatmala
Nim : 856113143
Prodi : PGSD – S1
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian pembelajaran matematika pada siang hari kurang efektif karena pada siang hari konsentrasi siswa berkurang pada sing hari sangat rentan untuk siswa mengantuk dan konsentrasinya juga menurun oleh karena itu sebaiknya pemberian pelajaran matematika bisa dialihkan ke pagi hari agar konsentrasi siswa masih fokus.
Adapun metode yang digunakan adalah masih menggunakan metode ceramah hal itu terkesan membosankan bagi siswa karena dengan metode ceramah siswa akan cepat bosan karen ketika mengajara matemarika dengan menggunakan metode ceramah kurang efesien karena siswa akan bosan dan mengantuk oleh karena itu sebaiknya penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti, menggunakan kelompok ataupun menggunakan metode games dengan begitu fokus siswa akan tertuju kepada guru dan lebih cepat memahami materi.
Adapun cara-cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan konsentrasi siswa belajar matematika pada siang hari adalah:
1. Guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif seperti mengajak siswa untuk belajar di luar kelas karena membuat kenyaman siswa dalam belajar tidak hanya di dalam kelas saja tetapi di luar kelas juga bisa belajar. kemudian pastikan ruangan belajar nyaman dengan pencahayaan yang cukup dan mengurangi gangguan seperti suara bising notifikasi gadget atau akses media sosial
2. Teknik belajar yang interaktif seperti menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti permainan kuis atau menggunakan media pembelajaran yang melibatkan siswa.
Nama : Fitaris Bawamenewi
Nim : 859870315
Mohon izin memberi komentar mengenai Siswa Tidak Konsentrasi dalam Belajar Matematika Pada Siang Hari yakni : Di dalam vidio tersebut , pelajaran matematika memang kurang efektif diberikan pada siang hari dikarenakan konsentrasi siswa di siang hari sudah mulai lelah, ngantuk dan juga lapar, namun pada vidio tersebut usaha bpk guru mengunakan sebuah media yang di gunakan untuk menarik perhatian siswa , sangat bagus dan respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut juga sangat antusias , semua siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dengan melibatkan siswa untuk langsung dalam pembelajaran , dimana siswa akan lebih besemangat dan juga lebih mudah untuk memahami materi tersebut. Adapun beberapa yang dapat dilakukan oleh guru tersebut, seperti menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memberikan teknik pembelajaran yang interaktif, mengatur jadwal pembelajaran, dan menggunakan media yang menarik seperti gambar monas tadi diatas pada video tersebut dimana dapat memancing motivasi siswa untuk belajar.
Nama : Lendri ismaya putri
Nim : 857047197
Menurut saya dari vidio tersebut pemberian pelajaran matematika di siang hari karena beberapa faktor seperti Kondisi lingkungan, Suasana belajar yang kurang menyenangkan atau lingkungan yang kurang kondusif dapat membuat anak sulit berkonsentrasi, dan konsentrasi siswa di siang hari sudah mulai lelah. di vidio terlihat usaha bapak guru tersebut untuk mengunakan sebuah media pembelajaran yang beliau gunakan untuk menarik perhatian siswa , sangat bagus dan respon siswa sangat semangat dan antusias untuk mengikuti pelajaran dengan baik.
Dan sebagai guru kita sebisa mungkin untuk membuat anak-anak terkondisikan dan belajar efektif dan sebisa mungkin untuk menggunakan metode belajar yang interaktif dan bisa mengatur waktu belajar yang efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.
Nama : Riska Rahma Wati
Nim : 857030036
Pokjar : Sidomulyo
Mohon ijin untuk menanggapi video di atas, dalam video yang berjudul : “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” siswa cukup antusias mengikuti pembelajaran matematika walaupun di awal pelajaran nampak masih ada siswa yang belum siap untuk mulai belajar, contohnya masih ada siswa yang tidak memiliki pensil, ada pergi ke kamar mandi,dan ada yang masih terlihat mengantuk, hal ini sangat wajar karena jam siang anak-anak atau siswa pasti sudah merasa lelah, lapar, dan mengantuk sehingga konsentrasi mereka hilang dan susah untuk fokus. Namun, demikian pak guru dalam vidio ini cukup cerdik karena siswa tidak langsung di ajak berhitung tetapi menampilkan gambar-gambar yang membuat siswa merespon dengan baik dan mengalihkan perhatian dan konsentrasi siswa ke gambar-gambar yang ditampilkan tadi sehingga siswa kembali antusias dan aktif menjawab pertanyaan yang diberikan guru, selain itu guru juga terlihat memberikan motivasi kepada anak-anak atau siswa agar giat belajar dengan baik agar siswa kembali
bersemangat dalam belajar. Namun demikian sebaiknya pada jam siang sebelum mulai pembelajaran guru melakukan ice breaking,yang seru,mudah dan menyenangkan sehingga mereka kembali bersemangat untuk mengikuti pembelajaran matematika.
Nama : Riska Rahma Wati
Nim : 857030036
Kelas : 6 B
Pokjar : Sidomulyo
Mohon ijin untuk menanggapi video di atas, dalam video yang berjudul : “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” siswa cukup antusias mengikuti pembelajaran matematika walaupun di awal pelajaran nampak masih ada siswa yang belum siap untuk mulai belajar, contohnya masih ada siswa yang tidak memiliki pensil, ada pergi ke kamar mandi,dan ada yang masih terlihat mengantuk, hal ini sangat wajar karena jam siang anak-anak atau siswa pasti sudah merasa lelah, lapar, dan mengantuk sehingga konsentrasi mereka hilang dan susah untuk fokus. Namun, demikian pak guru dalam vidio ini cukup cerdik karena siswa tidak langsung di ajak berhitung tetapi menampilkan gambar-gambar yang membuat siswa merespon dengan baik dan mengalihkan perhatian dan konsentrasi siswa ke gambar-gambar yang ditampilkan tadi sehingga siswa kembali antusias dan aktif menjawab pertanyaan yang diberikan guru, selain itu guru juga terlihat memberikan motivasi kepada anak-anak atau siswa agar giat belajar dengan baik agar siswa kembali
bersemangat dalam belajar. Namun demikian sebaiknya pada jam siang sebelum mulai pembelajaran guru melakukan ice breaking,yang seru,mudah dan menyenangkan sehingga mereka kembali bersemangat untuk mengikuti pembelajaran matematika.
Nama : Yenny Rahmawati
NIM : 859537862
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian pembelajaran matematika pada siang hari kurang efektif . Dikarenakan siswa siswi mungkin merasa lelah dan sudah tidak fokus dalam pembelajaran tersebut jadi bisa mengganggu kesulitan konsentrasi . Jadi solusi yang tepat untuk memberikan pelajaran matematika diusahakan jam pertama atau kedua dikarenakan siswa siswi masih efektif dalam pembelajaran
NAMA : CANTIKA PARASWATI
NIM : 859549036
Dari vidio pembelajaran tersebut, terlihat siswa yang mulai tidak fokus setelah belajaran sampai siang hari. Pelajaran matematika di siang hari bisa kurang efektif karena siswa merasa mengantuk dan bosan, sehingga motivasi belajarnya berkurang.
Saran saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah tersebut sebaiknya kegiatan pembelajaran matematika tidak diberikan pada siang hari, karena siswa sudah merasa bosan dan lelah, hal ini mengakibatkan siswa sulit menerima pelajaran. Kalaupun jika mengharuskan disiang hari, gunakan alat bantu seperti media pembelajaran agar siswa tertarik sehingga siswa mengikuti dengan antusias.
NAMA : CANTIKA PARASWATI
NIM : 859549036
Dari vidio pembelajaran tersebut, terlihat siswa yang mulai tidak fokus setelah belajaran sampai siang hari. Pelajaran matematika di siang hari bisa kurang efektif karena siswa merasa mengantuk dan bosan, sehingga motivasi belajarnya berkurang.
Saran saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah tersebut sebaiknya kegiatan pembelajaran matematika tidak diberikan pada siang hari, karena siswa sudah merasa bosan dan lelah, hal ini mengakibatkan siswa sulit menerima pelajaran. Kalaupun jika mengharuskan disiang hari, gunakan alat bantu seperti media pembelajaran agar siswa tertarik sehingga siswa mengikuti dengan antusias.
Nama : Eka Nurjanah
Nim : 857030161
Dalam video tersebut
menunjukkan kegiatan belajar dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. siswa sudah mulai hilang konsentrasi, jenuh belajar, ribut dengan teman-temannya bosan dengan suasana kelas . tapi guru memberikan solusi agar siswa bisa konsentrasi lagi untuk belajar , dengan tanya jawab dikombinasi dengan permainan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda.guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu objek.
dengan demikian guru menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan rasa ingin tahu siswa dalam kegiatan mengukur
Nama : Indah Septiana
Nim : 857029751
Pada vidio pembelajaran tersebut menunjukkan reaksi siswa yang terlalu asik mengobrol masing-masing tidak memperhatikan gurunya.
Kelemahannya pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah tidak fokus untuk belajar. Pada awal pembelajaran seharusnya guru memberikan ice breaking kepada siswa agar siswa fokus kembali.
Dari kelebihan nya seorang guru Walaupun siswa tampak kurang bersemangat, guru tetap melaksanakan tugasnya dengan maksimal, menyampaikan materi secara terstruktur dan mudah dipahami. Hal ini mencerminkan dedikasi dan sikap profesional dalam mengajar.
Seorang guru yang memberikan pertanyaan kepada siswanya membuat siswa kembali fokus dan antusias menjawab pertanyaan.
Guru memberikan media gambar pembelajaran yang sederhana guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif.
Keunikan nya kegiatan belajar masih tetep berjalan meskipun siswa di siang hari terlihat lelah dan tidak semangat lagi.