silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
a. Kelebihan pada video diatas
– Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran
– Guru sudah berusaha menyampaikan materi dengan semangat.
– Suasana kelas terlihat cukup rapi dan kondusif dari segi tempat duduk.
b. Kekurangan pada video diatas
– Banyak siswa tampak tidak fokus dan mengantuk
– Guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
– Pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang.
Nama : Nadila Nurhaifa Prastowo
NIM : 857582475
Salut : Kramat, kabupaten Tegal
a. Kelebihan video di atas
– Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran
– Guru sudah berusaha menyampaikan materi dengan semangat.
– Suasana kelas terlihat cukup rapi dan kondusif dari segi tempat duduk.
b. Kekurangan video diatas
– Banyak siswa tampak tidak fokus dan mengantuk
– Guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
– Pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang.
Nama: Nur Etika
NIM: 857611211
UPBJJ: Purwokerto
Pokjar: Kemangkon
1. Dalam cuplikan video di atas guru seharusnya memberikan dalam memulai pelajaran seperti, memberi salam, menyapa peserta didik, mengabsen, dan memberikan ice breaking kepada siswa agar tetap semangat dalam belajar di siang hari.
2. Guru juga dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan lcd proyektor, agar pembelajaran tidak monoton.
3. Guru juga dapat menciptakan suasana belajar yang positif dengan memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa. Hindari tekanan yang berlebihan dan fokus pada pemahaman konsep daripada hanya menghafal rumus.
4. Mencari tahu penyebab anak kurang konsentrasi dalam belajar karena anak-anak sudah terlihat lelah sehingga mereka lebih suka bermain-main dan merasa enggan dengan apa yang diperintahkan oleh guru.
5. Guru juga memberikan tugas kepada siswa dan memberikan gift (hadiah) kecil kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
6. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif seperti, memastikan ruangan tenang, dan minim gangguan. Pencahayaan yang baik juga penting untuk mengurangi kelelahan mata.
izin berkomentar bapak, Analisi video yang saya lakukan, ada Beberapa kekurangan dan kelebihammya.
Kelebihan:
1. Visual menarik: Penggunaan warna, gambar, atau animasi yang mendukung pemahaman siswa.
2. Bahasa komunikatif: Bahasa yang digunakan mudah dipahami siswa.
3. Interaktif: Ada pertanyaan reflektif atau ajakan berpikir kepada siswa.
4. Durasi sesuai: Tidak terlalu panjang, sehingga tidak membosankan.
Kekurangan:
1. Pencahayaan kurang baik: Wajah guru atau tampilan papan kurang jelas.
2. Kurang variasi suara atau intonasi: Bisa membuat siswa mengantuk, terutama saat siang.
3. Kurangnya pemecahan masalah secara bertahap: Siswa bisa bingung jika langkah-langkah matematika tidak dijelaskan pelan-pelan.
4. Minim media bantu: Tidak adanya alat peraga, animasi, atau visualisasi soal yang mendukung.
Nama : Revy Andryansyah
Nim: 856642023
Analisis Video Yang Saya Lakukan, Ada Beberapa Kekurangan Dan Kelebihannya
Kelebihan:
1. Visual menarik: Penggunaan warna, gambar, atau animasi yang mendukung pemahaman siswa.
2. Bahasa komunikatif: Bahasa yang digunakan mudah dipahami siswa.
3. Interaktif: Ada pertanyaan reflektif atau ajakan berpikir kepada siswa.
4. Durasi sesuai: Tidak terlalu panjang, sehingga tidak membosankan.
Kekurangan:
1. Pencahayaan kurang baik: Wajah guru atau tampilan papan kurang jelas.
2. Kurang variasi suara atau intonasi: Bisa membuat siswa mengantuk, terutama saat siang.
3. Kurangnya pemecahan masalah secara bertahap: Siswa bisa bingung jika langkah-langkah matematika tidak dijelaskan pelan-pelan.
4. Minim media bantu: Tidak adanya alat peraga, animasi, atau visualisasi soal yang mendukung.
Izin menanggapi,
Menurut saya , agar pembelajaran di siang hari tidak membosankan, diperlukan media ajar yang interaktif yang membuat peserta didik tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, dengan menggunakan media interaktif , peserta didik juga mendapatkan pembelajaran yang bermakna.
Sekian , terimakasih 🙏🏽
Nama : Susanti koa’a
Nim : 818491196
Izin menanggapi video🙏
Dalam cuplikan video tersebut Guru dalam memberikan pembelajaran tampak kurang mampu menarik perhatian siswa. Hal ini terlihat dalam video, di mana respons siswa menunjukkan kurangnya semangat dalam mengikuti pelajaran. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah waktu pelaksanaan pelajaran matematika yang berada di jam siang hari, saat kondisi fisik dan konsentrasi siswa mulai menurun.
Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi siswa yang sulit berkonsentrasi belajar matematika disiang hari adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, serta memanfaatkan media pembelajaran yang variatif. Guru dapat menyisipkan permainan edukatif, kuis, atau kegiatan kelompok yang melibatkan gerak ringan agar suasana kelas lebih hidup dan siswa tetap aktif. Selain itu, penggunaan alat bantu visual seperti gambar, video, atau alat peraga konkret dapat membantu siswa tetap fokus dan memahami materi dengan lebih baik. Guru juga bisa memberikan waktu jeda singkat (brain breaks) untuk peregangan atau aktivitas ringan sebelum masuk ke inti pelajaran, agar konsentrasi siswa kembali segar. Penyesuaian metode mengajar dengan kondisi fisik dan psikologis siswa di jam siang merupakan kunci agar pembelajaran tetap efektif.
Nama : Ulfatu Rofiqoh
NIM : 857602434
Izin menanggapi terkait video diatas.
Mengajar matematika di siang hari bisa menjadi tantangan tersendiri, karena pada waktu ini banyak siswa mulai merasa lelah atau kehilangan fokus setelah aktivitas pagi mereka. Untuk mengatasi hal ini, guru bisa menggunakan beberapa strategi agar pelajaran tetap menarik dan efektif. Memulai dengan apersepsi yang mengundang rasa ingin tahu seperti teka-teki sederhana atau pertanyaan yang menantang dapat membantu mengaktifkan kembali semangat belajar siswa. Menyisipkan aktivitas fisik atau permainan interaktif bisa menjadi solusi agar mereka tetap segar, misalnya dengan gerakan sederhana yang dikaitkan dengan konsep matematika atau kuis cepat yang melibatkan partisipasi aktif. Selain itu, menggunakan alat bantu visual seperti diagram, benda konkret atau video singkat bisa membuat konsep abstrak lebih mudah dipahami dan lebih menarik bagi siswa yang mulai kehilangan energi. Menyesuaikan ritme pembelajaran, dengan memberikan jeda singkat di antara materi berat atau menyisipkan humor ringan dapat membantu menjaga perhatian mereka.
Izin menanggapi
Menurut pendapat saya, Dalam cuplikan video tersebut, guru sebaiknya memulai pelajaran dengan beberapa tahapan seperti, memberi salam, menyapa peserta didik, mengabsen , selanjutnya dapat menyanyikan satu lagu dan dilanjutkan dengan yel-yel semangat didalam kelas, tentu hal tersebut akan menambah semangat peserta didik untuk mengikuti pelajaran tersebut.
1. Apabila diawal sudah tidak memberikan semangat atau motivasi belajar tentu sebagian besar peserta didik merasa tidak bersemangat mengikuti pelajaran tersebut dan bisa jadi justru merasa tegang karna terlalu kaku atau serius.
2. Memberikan tugas atau pekerjaan rumah (PR) ,disisi lain guru juga dapat mengajak siswa untuk mengukur benda di sekitar ruangan kelas atau benda secara nyata, sehingga akan sangat membantu untuk daya ingat siswa tersebut terhadap pengukuran.
Beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi siswa yang sulit berkonsentrasi belajar matematika di siang hari:
1.)Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif: Pastikan ruangan tenang, dan minim gangguan. Pencahayaan yang baik juga penting untuk mengurangi kelelahan mata.
2.)Variasi Metode Pembelajaran: Hindari metode belajar yang monoton. Gunakan berbagai cara seperti permainan matematika, kuis interaktif, visualisasi konsep, atau menghubungkan matematika dengan contoh kehidupan sehari-hari.
3.)Memanfaatkan Media Pembelajaran yang Menarik: Gunakan video pembelajaran, aplikasi matematika, atau platform belajar online yang interaktif dan menarik perhatian siswa.
4.)Gerakan dan Aktivitas Fisik: Selingi sesi belajar dengan sedikit gerakan atau peregangan ringan. Aktivitas fisik singkat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan menyegarkan pikiran.
5.)Menciptakan Suasana Belajar yang Positif: Berikan dukungan dan motivasi kepada siswa. Hindari tekanan yang berlebihan dan fokus pada pemahaman konsep daripada hanya menghafal rumus.
6.)Mengidentifikasi Penyebab Kurang Konsentrasi: Coba cari tahu mengapa siswa sulit berkonsentrasi. Apakah karena materi yang terlalu sulit, kurang menarik, atau ada faktor lain seperti kelelahan atau masalah pribadi? Dengan mengetahui penyebabnya, solusi yang lebih tepat dapat ditemukan.
7.)Melibatkan Siswa Secara Aktif: Dorong siswa untuk bertanya, berdiskusi, dan aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Ketika siswa merasa terlibat, mereka cenderung lebih fokus.
Dengan mencoba beberapa cara ini, diharapkan konsentrasi siswa dalam belajar matematika di siang hari dapat meningkat. Penting untuk bersabar dan terus mencari strategi yang paling efektif untuk setiap individu.
Nama : TANIA AUDRI SEPTIYANI
NIM : 857002732
Izin menanggapi
Menurut pendapat saya, Dalam cuplikan video tersebut, guru sebaiknya memulai pelajaran dengan beberapa tahapan seperti, memberi salam, menyapa peserta didik, mengabsen , selanjutnya dapat menyanyikan satu lagu dan dilanjutkan dengan yel-yel semangat didalam kelas, tentu hal tersebut akan menambah semangat peserta didik untuk mengikuti pelajaran tersebut.
1. Apabila diawal sudah tidak memberikan semangat atau motivasi belajar tentu sebagian besar peserta didik merasa tidak bersemangat mengikuti pelajaran tersebut dan bisa jadi justru merasa tegang karna terlalu kaku atau serius.
2. Memberikan tugas atau pekerjaan rumah (PR) ,disisi lain guru juga dapat mengajak siswa untuk mengukur benda di sekitar ruangan kelas atau benda secara nyata, sehingga akan sangat membantu untuk daya ingat siswa tersebut terhadap pengukuran.
Beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi siswa yang sulit berkonsentrasi belajar matematika di siang hari:
1.)Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif: Pastikan ruangan tenang, dan minim gangguan. Pencahayaan yang baik juga penting untuk mengurangi kelelahan mata.
2.)Variasi Metode Pembelajaran: Hindari metode belajar yang monoton. Gunakan berbagai cara seperti permainan matematika, kuis interaktif, visualisasi konsep, atau menghubungkan matematika dengan contoh kehidupan sehari-hari.
3.) Memanfaatkan Media Pembelajaran yang Menarik: Gunakan video pembelajaran, aplikasi matematika, atau platform belajar online yang interaktif dan menarik perhatian siswa.
4.)Gerakan dan Aktivitas Fisik: Selingi sesi belajar dengan sedikit gerakan atau peregangan ringan. Aktivitas fisik singkat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan menyegarkan pikiran.
5.)Menciptakan Suasana Belajar yang Positif: Berikan dukungan dan motivasi kepada siswa. Hindari tekanan yang berlebihan dan fokus pada pemahaman konsep daripada hanya menghafal rumus.
6.)Mengidentifikasi Penyebab Kurang Konsentrasi: Coba cari tahu mengapa siswa sulit berkonsentrasi. Apakah karena materi yang terlalu sulit, kurang menarik, atau ada faktor lain seperti kelelahan atau masalah pribadi? Dengan mengetahui penyebabnya, solusi yang lebih tepat dapat ditemukan.
7.)Melibatkan Siswa Secara Aktif: Dorong siswa untuk bertanya, berdiskusi, dan aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Ketika siswa merasa terlibat, mereka cenderung lebih fokus.
Dengan mencoba beberapa cara ini, diharapkan konsentrasi siswa dalam belajar matematika di siang hari dapat meningkat. Penting untuk bersabar dan terus mencari strategi yang paling efektif untuk setiap individu.