silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Cut maharani Madjid
    Nim : 856113025
    Setelah melihat video, kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari membuat anak tidak berkonsentrasi dengan baik sehingga membuat kelas menjadi tidak kondusif. Guru berusaha untuk membuat kelas menjadi kondusif dan interaktif dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan agar kelas menjadi aktif dan menggunakan media pembelajaran gambar agar siswa lebih tertarik dan fokus dalm pembelajaran.
    A. Kelemahan pembelajaran dalam video
    1. guru tidak memperhatikan kesiapan belajar siswa
    2. guru melakukan tanya jawab kepada tidak seluruh siswa sehingga siswa yang tidak ditanya membuat ia menjadi bosan dan menganggap dirinya tidak bisa
    3. pembelajaran terasa membosankan bagi siswa yang memiliki gaya belajar audio dan kinestetik
    4. fokus guru ketika mengajar hanya di satu tempat, tidak jalan – jalan kesetiap barisan siswa

    B. Kelebihan Pembelajaran dalam video
    1. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa sehingga membuat kelas menjadi interaktif
    2. Guru menunjuk siswa langsung untuk melakukan pengukuran langsung, sehingga siswa lebih bersemangat dan paham terhadap cara mengukur

    C. Hal unik dalam video pembelajaran
    1. saat pembelajaran dimulai siswa masih sibuk dengan perlengkapan belajarnya dan masih banyak berjalan-jalan tidak tenang di tempat kursinya
    2. saat pengukuran siswa mencoba mengukur gedung dengan alat ukur penggaris, secara nyatanya yang diukur panjang kertas bukan ukuran gedung aslinya. siswa akan berpikir gedung tersebut ukurannya kecil.

  2. Nama : Tati Rahmawati
    Nim: 857501967

    assalamualaikum,,,
    ijin menanggapi, pada awal video kondisi nyata di banyaknya sekolah.kesuloitan siswa dalam berkonsentrasi saat belajar matematika,terutama pada jam-jam terakhir atau diang hari,merupakan tantangan umum yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran.indokator seperti ribut dengan teman,dan mengantuk menunjukan bahwa kondisi fisik dan mental siswa sudah mulai lelah,sehingga mereka tidak siap menerima materi pelajaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika.

    menurut saya pendekatan yang harus dipadukan dengan prinsi-prinsip pembelajaran kontekstual dan filosofi KI Hajar Dewantara yang menekankan nilai kemandirian,kebermaknaan,dan kebebasan dalam belajar.hal ini akan membantu siswa tidak hanya lebih fokus tetapi juga merasa bahwa matematika dekat dengan kehidupan mereka.diharapkan untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar pembelajarannya menggunakan teori tahapan brlajar Bruner(enaktif,ikonik,dan simbolok) mendorong pembelajaran yang bertahap dari konkret ke abstrak, menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dan menghargai kodrat anak dan kebebasan belajar.

  3. Nama : Galih Ozy Maulina
    NIM : 877680267
    UPBJJ : UT Purwokerto

    Pada video tersebut ditampilkan pembelajaran di siang hari, yang seringkali membuat siswa mulai kehilangan fokus dan konsentrasinya. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan pendekatan yang tepat, seperti menggunakan SCL (Student Central Learning), kemudian menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik, dan juga media pembelajaran yang efektif. Dengan menggunakan pendekatan scl, maka siswa akan terlibat aktif dalam pembelajaran. Sehingga, menambah fokus dan konsentrasi siswa saat pembelajaran.

  4. Menurut saya pada video tentang pembelajaran tersebut, Siswa tidak fokus belajar. terutama pada siang hari, dalam pembelajar matematika. karena seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam² terakhir.

    – Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah :
    • Anak tidak semangat belajar di siang hari karena kondisi sudah lelah sehingga anak kesulitan menerima pelajaran dari guru.
    • Anak berisik selama pembelajaran.

    – Kelebihan pada video tersebut yaitu :
    • Memberikan media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.
    • Guru dapat mengelola kelas dengan baik meskipun awalnya berisik karena dilawan dengan suara guru yang lantang dan intonasinya jelas.

  5. Nama : habib akbar
    Nim : 857366337
    Prodi : FKIP

    ” Alhamdulillahirabbila’lamiinnn, setelah saya melihat video ini, sy menjadi lebih mengetahui aspek aspek pengajaran yang baik dan benar, terutama menghadapi sikap murid murid yang kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran yang sy jelaskan ke mereka, setelah mengamati video ini , sy mempunyai solusi dan langkah yg lebih mumpuni lg untuk lebih siap menghadapi tantangan yang ada pada murid sekolah dasar yang berkriteria sulit berkonsentrasi”

  6. Nah, dari video ini, kelihatan banget ya kenyataan yang sering terjadi di kelas, terutama saat belajar matematika. Apalagi kalau belajarnya udah di jam-jam terakhir atau siang hari, itu sih tantangan banget. Siswa jadi gampang ngantuk, ngobrol sama temennya, dan susah fokus. Bukan karena mereka nggak bisa, tapi mungkin udah capek dan bosan.

    Solusi yang ditawarkan di video ini cukup menarik, yaitu ngajak siswa belajar di luar kelas. Jadi, suasananya lebih segar dan nggak monoton. Belajar pun jadi terasa lebih menyenangkan karena mereka bisa eksplorasi langsung sumber belajar yang ada di sekitar. Selain itu, belajar di luar kelas juga bisa bantu siswa lebih aktif dan semangat, karena mereka nggak cuma duduk diam aja, tapi juga bergerak dan berinteraksi.

    Menurut saya, vidio ini patut dicoba, apalagi kalau guru bisa merancang kegiatan luar kelas yang tetap terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jadi, belajar matematika pun bisa terasa lebih hidup dan nggak membosankan.

  7. NAMA :Adlik lailaty
    NIM :857047022
    SALUT : BANJAR AGUNG

    Video ini sangat membantu pengajar untuk lebih inovatif dalam melaksanakan kegiatan mengajar dikelas dalam waktu siang hari, dan membuat bahan ajar/ media ajar untuk menarik siswa lebih semangat untuk belajar matematika di siang hari dan mata pelajaran lainnya

  8. NAMA : SITI NUR CHOTIMAH
    NIM : 877681251
    UPBJJ : PURWOKERTO
    Asalamualaikum wr wb
    Izin menanggapi video diatas, menurut saya yang sudah dilakukan pak guru sudah benar. Disaat anak – sudah lelah dalam belajar karena sudah siang, guru belajar dengan menggunakan alat peraga sehingga anak – anak akan menjadi fokus kembali dengan melihat gambar yang digunakan pak guru untuk media belajar di kelas. Apalagi dengan metode tanya jawab, akan lebih menyenangkan karena anak – anak diberikan waktu untuk berfikir dan mengeluarkan pendapat sehingga siswa merasa senang dan dihargai. Memberikan motivasi kepada siswa akan pentingnya belajar matematika juga tidak kalah bagusnya untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Selanjutnya, anak yang diajak belajar menggunakan benda di sekitar juga merasa senang karena dengan belajar menggunakan media yang sesungguhnya membuat siswa antusias dalam belajar.

    Terimakasih
    Wasalamualaikum wr wb

  9. BESSE ROSDIANA
    856590835

    Menurut saya, pada video pembelajaran tersebut guru tidak melakukan ice breaking, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa sehingga suasana kelas tidak kondusif dan siswa sibuk dengan kegiatannya masing-masing. guru menggunakan media pembelajran yang nyata dan langsung meminta siswa untuk mempraktekan berhitung dengan menggunakan buah tersebut.

  10. Nama : Indriyani
    Nim : 857333339
    Pokjar : Bogor Selatan
    Judul video : Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika di Siang hari

    Menurut saya,ada beberapa point pada video tersebut ,yaitu :

    1. Reaksi siswa terlihat asyik sendiri , lebih suka bermain dan mengobrol bersama temannya
    2. Kelemahan guru :
    – pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang
    – guru tidak memberikan penguatan materi
    – guru hanya fokus pada materi yang di ajarakan
    – guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
    3. Kelebihan guru :
    – suara guru yang lantang membuat siswa fokus pada materi yang disampaikan
    – pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran
    – dengan media gambar sederhana guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
    4. hal unik pada video : pembelajaran masih tetap bisa berjalan meskipun siswa sudah terlihat malas di siang hari
    5. – Guru perlu meningkatkan kualitas mengajar dengan mengganti jam pada pagi hari disaat siswa masih fresh
    – seharusnya media yang digunakan harus lebih menarik perhatian dan konsentrasi siswa ,seperti menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang disampaikan

Leave a Reply