silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Dari tayangan video di atas terlihat guru mempunyai kemampuan untuk berbicara di depan kelas, tapi dari kegiatan pembelajaran banyak komponen yang tidak ada, seperti pada bagian pendahuluan banyak komponen yang terlewat dan tidak di masukkan.
    Selain itu, pembelajaran matematika di siang hari, memang sangat menantang dan akan membosan kan jika tidak di sertakan media yang menarik perhatian siswa, dari pembelajaran yang ada dalam video tersebut, guru kurang mampu mengendalikan kelas agar kondusif, sehingga siswa masih banyak yang ribut dan kurang fokus pada pembelajaran yang sedang berlangsung.

  2. Nama : Eis Aprilia
    NIM : 856807796
    Program studi : S1 PGSD

    Dari tayangan video di atas terlihat guru mempunyai kemampuan untuk berbicara di depan kelas, tapi dari kegiatan pembelajaran banyak komponen yang tidak ada, seperti pada bagian pendahuluan banyak komponen yang terlewat dan tidak di masukkan. Selain itu, pembelajaran matematika di siang hari, memang sangat menantang dan akan membosan kan jika tidak di sertakan media yang menarik perhatian siswa, dari pembelajaran yang ada dalam video tersebut, guru kurang mampu mengendalikan kelas agar kondusif, sehingga siswa masih banyak yang ribut dan kurang fokus pada pembelajaran yang sedang berlangsung.

  3. Nama :Elda Salwa Habibah
    NIM :858906731
    Program Study : PGSD
    Jawaban : Menurut video yang saya lihat :Terdapat kekurangan serta solusi dari pembelajaran pada video diatas .
    Adapun kekurangannya adalah :Terdapat pada tahap awal pembelajaran yaitu :
    Kegiatan awal pembelajaran kelas Matematika di Siang hari atau jam terakhir pembelajaran kelas ,terlihat tidak kondusif hal ini terlihat dari tanggapan siswa ketika guru membuka pembelajaran siswa telihat rame ,ada yang tidur bahkan ada yang menyoraknya ,hal ini merupakan kegiatan pembelajaran yang tidaklah baik dalam sebuah proses belajar mengajar.Oleh sebab itu, saran dari saya adalah sebelum guru memulai pembelajaran ,hendaknya guru menyapa siswanya terlebih dahulu ,atau diawali dengan senyum ,menanyakan kabar,selanjutnya melakukan Ice Breaking hal ini dilakukan bertujuan untuk mengubah suasana kelas menjadi kondusif (mengubah suasana kelakukan ),kemudian siswa menjadi semangat serta menghilangkan rasa ngantuk dan rasa bosan pada diri siswa.
    Setelah membahas kekurangan tadi terlihat juga kelebihan yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu dari segi inti penyajian materi yang dilakukan oleh guru sudah bagus dan baik karena guru menyajikan materi dengan variasi yaitu dengan mengembangkan tehnik ajarnya dengan cara menggunakan media visual sebagai alat peraga materi atau benda benda yang konkrit untuk memudahkan siswa memahami materi dan guru melakukan sesi diskusi atau Tanya jawab kepada siswa ini merupakan hal yang bagus dilakukan dalam tehnik mengajar sehingga siswa aktif dalam belajar dan kelaspun berhasil kondusif.

  4. Nama : Septa Rizka
    Nim : 856 336 395
    Prodi : PGSD BI
    Berdasarkan video yang saya simak, menurut saya proses pembelajaran yang diberikan guru tersebut sepertinya kurang begitu menarik dan menantang. Sifanya monoton yang membuat siswa mengantuk dan bosan, apalagi jam pelajarannya pada siang hari. Seharusnya jika pelajaran matematika pada siang hari, guru semestinya memberikan metode yang menarik dan tidak monoton. Misalnya, dengan cara mengajak siswa belajar di luar kelas, atau memberikan semacam permainan atau game yg berkaitan dengan materi tersebut. Dengan pembelajaran yang menarik membuat siswa merasa tertantang untuk melaksanakan proses pembelajaran tersebut.

  5. Nama : SISI MARETNA
    NIM : 856201176
    Prodi : PGSD – S1
    UPBJJ : Padang

    Pada video tersebut terlihat anak – anak lelah dan tidak semangat. Untuk mata pelajaran matematika memang sebaiknya dipagi hari. Karna pikiran anak masih fresh. Berbeda dengan setelah jam istirahat
    Anak akan lelah dan jenuh apalagi jika guru juga tidak menggunakan media yang kreatif. Metode sebaik nya yang digunakan oleh guru adalah menghidupkan suasana kelas dengan ada nya kuis dan game sehingga siswa tidak jenuh dan bosan. Penggunaan media yang nenarik juga bisa membuat anak semangat sperti menggunakan kartu, benda , dan lain sebagai nya. Sehingga pelajaran dapat tercapai. Adanya pemberian motivasi kepada siswa dalam belajar juga penting agar siswa menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan juga harus menarik agar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif.

  6. Nama :Elda Salwa Habibah
    NIM :858906731
    Program Study : PGSD
    Jawaban : Menurut video yang saya lihat :Terdapat kekurangan serta solusi dari pembelajaran pada video diatas .
    Adapun kekurangannya adalah :Terdapat pada tahap awal pembelajaran yaitu :
    Kegiatan awal pembelajaran kelas Matematika di Siang hari atau jam terakhir pembelajaran kelas ,terlihat tidak kondusif hal ini terlihat dari tanggapan siswa ketika guru membuka pembelajaran siswa telihat rame ,ada yang tidur bahkan ada yang menyoraknya ,hal ini merupakan kegiatan pembelajaran yang tidaklah baik dalam sebuah proses belajar mengajar.Oleh sebab itu, saran dari saya adalah sebelum guru memulai pembelajaran ,hendaknya guru menyapa siswanya terlebih dahulu ,atau diawali dengan senyum ,menanyakan kabar,selanjutnya melakukan Ice Breaking hal ini dilakukan bertujuan untuk mengubah suasana kelas menjadi kondusif (mengubah suasana kelakukan ),kemudian siswa menjadi semangat serta menghilangkan rasa ngantuk dan rasa bosan pada diri siswa.
    Setelah membahas kekurangan tadi terlihat juga kelebihan atau solusi yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu dari segi inti pembelajaran yaitu :penyajian materi yang dilakukan oleh guru sudah bagus dan baik karena guru menyajikan materi dengan berbagai variasi yaitu dengan mengembangkan tehnik ajarnya dengan cara menggunakan media visual sebagai alat peraga materi atau benda benda yang konkrit untuk memudahkan siswa memahami materi dan guru melakukan sesi diskusi atau Tanya jawab kepada siswa ini merupakan hal yang bagus dilakukan dalam tehnik mengajar sehingga siswa aktif dalam belajar dan kelaspun berhasil kondusif.

  7. Nama : Nur wahyudi
    Nim : 858669403
    setelah melihat vidio pembelajaran Pelajaran matematika disiang hari banyak peserta didik yang kurang fokus dan sibuk dengan temanya bukan masalah pelajaran di letakan di siang hari tetapi kurang nya kemampuan guru dalam mengelola kelas serta tidak adanya pengunaan media yang dapat menarik perhatian siswa sehingga terjadi permasalahan seperti di vidio tersebut seharusnya guru mempersiapkan media untuk pelajaran sehingga anak akan menjadi tertarik serta membuat kelas lebih aktif dengan melibatkan mereka dalam pembelajaran seperti berdiskusi dalam kelompok kecil

  8. NAMA: ADHITYA SENTANU
    NIM: 859129412
    PRODI: S1-PGSD

    Menanggapi video diatas “SD4 Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”.
    Menurut saya pelajaran matematika pada siang hari memang sangat kurang diminati oleh sebagian besar peserta didik, dimana waktu siang hari biasanya peserta didik sudah mulai lelah dan mengantuk dengan aktifitas belajar sebelumnya. Guru pun harus pandai-pandai dalam memberikan motivasi yang inovatif dalam pembelajaran. Disinilah tempat tantangan seorang guru dan kesempatan untuk mengeluarkan ide-ide yang guru milik. Tapi merujuk dari video ini sudah terlihat bahwa guru sudah memberikan ide menarik untuk membuat speserta didik mulai semangat belajar matematika.

  9. Nama : Ari Indriastuti Saputra
    NIM : 856486521
    UPBJJ : Pekanbaru
    Anak tidak konsentrasi belajar matematika terutama pada siang hari apalagi jatuh pada jam terakhir dikarenakan anak sudah kelelahan belajar dari pagi dan cuaca pada siang hari yang panas pun dapat mengakibatkan anak tidak fokus, oleh karena itu kita sebagai guru harus membuat metode agar anak tertarik untuk belajar matematika disiang hari yaitu dengan melalui media gambar atau mengajak anak untuk bernyanyi tentunya sesuai dengan mata pelajaran yang kita ajarkan,kalau melihat dari vidio diatas metode nya hanya monoton ceramah,sehingga anak akan bosan sehingga tidak konsentrasi,guru hanya berdiri berbicara tiidak melibatkan seluruh anak murid

  10. Nama : Fauzi Hasan
    Nim : 857109637
    Prodi : PGSD
    Semester : 6

    Menurut saya,,setelah saya menonton video pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. Saya memahami bahwa ada banyak metode atau strategi pembelajaran yang paling efektif dan kondusif pada siang hari adalah menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekitar kita dengan cara guru mengajak siswa bernyanyi (menghafal rumus matematika), Memberikan kuis matematika seru untuk dimainkan bersama dikelas.dan Memberikan apresiasi untuk siswa yang berhasil menjawab kuis matematika seru tersebut. Dengan demikian akan tercipta lingkungan belajar bersama yang interaktif sehingga siswa dapat menikmati proses belajar matematika. Dengan adanya kuis matematika seru dapat menumbuhkan semangat belajar bersama dan kompetensi yang bersahabat.
    Kekurangan dari video yang saya amati adalah pembukaan dan penutup dengan menggunakan metode ceramah sehingga anak kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan tidak ada kesimpulan di akhir pembelajaran

Leave a Reply