silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Fauzi Hasan
    Nim : 857109637
    Prodi : PGSD
    Semester : 2

    Menurut saya,,setelah saya menonton video pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. Saya memahami bahwa ada banyak metode atau strategi pembelajaran yang paling efektif dan kondusif pada siang hari adalah menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekitar kita dengan cara guru mengajak siswa bernyanyi (menghafal rumus matematika), Memberikan kuis matematika seru untuk dimainkan bersama dikelas.dan Memberikan apresiasi untuk siswa yang berhasil menjawab kuis matematika seru tersebut. Dengan demikian akan tercipta lingkungan belajar bersama yang interaktif sehingga siswa dapat menikmati proses belajar matematika. Dengan adanya kuis matematika seru dapat menumbuhkan semangat belajar bersama dan kompetensi yang bersahabat.
    Kekurangan dari video yang saya amati adalah pembukaan dan penutup dengan menggunakan metode ceramah sehingga anak kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan tidak ada kesimpulan di akhir pembelajaran

  2. Nama : Priya wanda sari Hasibuan
    NIM : 855993958
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ : MEDAN

    Setelah melihat video pembelajaran tentang Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari.
    Menurut saya, kelebihan dari video pembelajaran tentang Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari yaitu :
    – Guru melakukan motivasi agar siswa fokus dalam pembbelajaran
    – Guru menggunakan media untuk menunjang proses pembelajaran
    – Guru melibatkan siswa dalam menjelaskan materi
    – Materi yang diajarkan sesuai dengan kemampuan peserta didik

    kelemahan dari video pembelajaran tentang Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari yaitu :
    – Tidak ada Pembukaan salam
    – Materi yang disampaikan kurang jelas
    – Tidak ada kesimpulan dari penjelasan
    – Tidak adanya pemeriksaan tugas yang diberikan kepada siswa
    – Tidak ada penutup salam

  3. Reaksi siswa ketika pembelajaran dimulai tidaklah begitu positif, ada yang bercanda bersama temannya, ada yang tidur dan kelas terasa berisik. Hal itu bisa dikatakan wajar karena mereka belajar matematika di siang hari adalah sebuah tantangan. Namun setelah guru merubah strategi pembelajaran dari ceramah kepada menggunakan media pembelajaran dan tanya jawab,siswa menjadi tertarik dan fokus belajar.

    Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran tersebut adalah tidak mengantisipasi apa yang akan terjadi, dimana sebenarnya guru seharusnya mengetahui karakter siswa SD dalam pembelajaran matematika.

    Kelebihan guru tersebut adalah dia memiliki kesadaran akan keadaan kelas yang tidak kondusif untuk belajar sehingga dia merubah startegi pembelajaran kepada yang lebih baik.

    Hal yang unik dari pembelajaran itu adalah ketika guru mengubah strategi pembelajaran, siswa berubah 180 derajat menjadi sangat tertarik pada kegiatan pembelajaran. Dari sini kita mengetahui bahwa perencanaan strategi pembelajaran sangatlah penting demi terlaksannya pembelajaran yang sukses.

  4. Nama : Isna Amalia
    Nim : 857697227
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Kedungwuni – Pekalongan

    Berdasarkan video yang saya simak,
    adalah ketidak siapan siswa menerima pembelajaran pada jam siang tersebut. Yang mengakibatkan terjadinya kelas yang tidak kondusif sehingga menganggu konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Pada video terlihat situasi kelas yang kondusif dan berjalan dengan lancar.
    1.) Secara keseluruhan, kelemahan yang ada pada guru tersebut yaitu penguasaan dalam kelas masih kurang, kemudian cara mengajar yang kurang media pembelajaran.
    2.) Secara keseluruhan berdasarkan analisis saya terhadap video tersebut, kelebihan guru pada video tersebut yaitu dalam penggunaan media pembelajaran. Walaupun belajar matematika, tetapi media yang digunakan tidak hanya berupa angka namun bisa dikaitkan dengan pembelajaran yang berlangsung.
    3.) Berdasarkan analisis saya terhadap video tersebut hal unik yang ada pada video tersebut yaitu cara penyelesaian permasalahan yang terjadi. Guru berusaha membuat sesi pembelajaran terlihat menyenangkan dengan media pembelajaran yang digunakan.
    4. ) Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran kedepannya bisa lebih baik lagi yaitu ada baiknya apabila saat guru masuk ke dalam kelas, guru dapat menggunakan sapaan yang dapat membuat siswa fokus / pendahuluan yang lebih menarik.

  5. Nama : AJAR PANGESTI
    NIM : 856813854
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : CURUP
    UPBJJ-UT : BENGKULU

    Berdasarkan hasil analisis saya terhadap video tersebut adalah bahwa anak-anak kurang berkonsentrasi ketika belajar matematika pada siang hari dan juga kelas terlihat kurang kondusif serta kurang efektif. Kemudian juga terlihat, bahwa anak-anak cenderung fokus pada apa yang dipegang oleh tangannya, bermain bahkan perhatiannya tertuju pada teman disampingnya. Selanjutnya juga, pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari membuat anak-anak merasa mengantuk dan juga cepat bosan serta di tambah dengan penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada siang hari semakin membuat siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
    Jadi, sebagai seorang guru kita dtuntut untuk dapat menjadi guru yang kreatif dan juga inovatif dalam memeberikan pengajaran matematika sehingga menjadi menyenangkan. Kita juga harus bisa membangun suasana kelas yang kondusif dan efektif disela sela pembelajaran apalagi di jam-jam siang, beri waktu anak untuk melakukan permainan yang bisa mengembalikan konsentrasi anak lagi, dengan menyanyi atau senam otak, tepuk tangan dan lain nya.
    Berikut beberapa solusi yang dapat saya berikan guna untuk membuat anak-anak dapat berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika di siang hari yaitu :
    1. Ciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan buat siswa merasa nyaman. Suasana kelas yang menyenangkan ternyata juga bisa bermanfaat untuk membuat siswa selalu fokus belajar lho. Beberapa cara membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan adalah dengan menghias kelas dengan hasil karya siswa atau membuat yel-yel khusus dan mengucapkannya di saat suasana belajar terasa membosankan.
    2. Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi, yang dapat meningkat kosentrasi anak
    3. Hilangkan semua hal yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi siswa untuk belajar. Dalam hal ini, guru lakukan untuk membuat siswa fokus belajar adalah menghilangkan semua hal yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi siswa untuk belajar, seperti hiasan yang terlalu ramai atau pajangan yang ada di atas meja guru.
    4. Menerapkan pembelajararan matematika pada kehidupan sehari-hari

  6. Nama. : Sambobulawan
    NIM. : 858397359
    Program studi; PGSD
    1. Masalah Dalam video tersebut murid pada awalnya kurang tertib dan sulit diatur. Guru terlihat kesulitan mengatur muridnya yang keluar masuk, serta ada murid yang tidak membawa alat tulis (pensil).
    2. Penyebab masalahnya adalah pelajaran matematika dijadwalkan di siang hari, maka kurang konsentrasi, ada juga murid yang seperti mengantuk bahkan ribut didalam kelas, padahal pelajaran sudah dimulai.
    3. Pemecahan masalah adalah dalam video tersebut,guru terlihat cepat tanggap terhadap kondisi kelas yang tidak tenang. Tujuan antipasi yaitu menyediakan alat peraga untuk menarik perhatian murid terhadap pelajaran, mengajukan beberapa pertanyaan yang membangkitkan semangat serta mengemukakan pendapatnya dan juga memberikan kesempatan kepada murid melalukan praktek pada media yang ada disekitar mereka sehingga akan memberikan semangat kepada murid
    4. Tujuan perbaikan adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

  7. Ketika melihat video diawal pembelajaran siswa siswi terlihat gaduh.ada yg tidur di meja dan ada yg berbicara atau bercanda dengan teman temannya. Terlihat siswa siswinya tidak semangat belajar matematika. Saya melihat guruga memberi motivasi kepada siswa siswinya. Kemudia guru memperlihatkan gambar gambar yang menarik perhatian siswa. Sehingga siswa-siswi nya memperhatikan dan tertarik untuk belajar. Siswa siswinya antusias saat diminta untuk mengukur gedung. Disini penggunaan medianya sangat menarik. Sehingga siswa-siswi nya bersemangat dan antusias belajar matematika meskipun disiang hari atau di jam jam terakhir.

  8. Nama Serli Marlinda
    Nim 856485401
    Menurut saya setelah menyimak Vidio pembelajaran tadi, memang memberi pembelajaran matematika pada siang hari sangat mempengaruhi konsentrasi peserta karena peserta didik sudah merasa capek dan jenuh. Jadi sebaiknya pembelajaran matematika diberikan pada pagi hari karena pada pagi hari peserta didik sudah siap menerima pembelajaran.
    Jika pembelajaran matematika di berikan pada siang hari, maka akan menjadi tantangan kepada guru untuk dapat membuat peserta didik berkonsentrasi. Menurut saya ada beberapa hal yang dapat dilakukan guru.
    1. Sebelum belajar guru dapat mempersiapkan kesiapan peserta didik untuk belajar. Contohnya menyiapkan alat-alat pembelajaran. Pada Vidio tadi guru sudah melakukannya.
    2. Guru dapat mengajak anak untuk melakukan tepuk semangat.
    3. Pada Vidio yang saya tonton tadi guru sudah bagus menjelaskan tujuan peserta didik untuk mempelajari matematika.
    4. Menggunakan metode yang bervariasi.
    5. Media pembelajaran matematika yang digunakan pada Vidio tadi adalah media gambar, dan mengukur benda yang ada disekitar peserta didik, Menurut saya itu sudah bagus tetapi guru masih kurang melakukan penguatan bagaimana cara mengukur benda yang benar kepada peserta didik.

  9. Nim : 858034068

    Menurut saya, guru sangat baik mempersiapkan alat peraga, akan tetapi ada sebagaian siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan semangat, guru kurang memotivasi siswa, mengakibatkan siswa tidak fokus dan mengabaikan apa yang di ajarkan
    upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran yaitu kita harus mempersiapkan siswa agar siswa bisa fokus dengan pembelajaran,bisa diawali dengan bernyanyi atau membuat game saat pembelajaran atau memberikan perhatian yang sama pada semua anak, dan guru harus menghindari berdiri di satu posisi yang sama yaitu di depan kelas, dikarenakan kita akan terfokus hanya pada sebagian anak.

  10. Nama : Annisa
    NIM : 858288988

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab :
    Berdasarkan video tersebut, menurut saya siswa merasa kurang senang dan kurang bersemangat dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru karena pembelajaran matematika dilaksanakan pada siang hari, sehingga mereka kurang konsentrasi saat pembelajaran berlangsung.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab :
    Menurut saya, salah satu kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah guru menunjukan ekspresi wajah yang tidak ceria sehingga anak/siswa menjadi tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab :
    Kelebihan yang dilakukan guru dalam pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan alat bantu atau media belajar berupa gambar-gambar untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran yang disampaikan.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab :
    Adapun hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru melakukan kegiatan tanya jawab kepada siswa dengan menggunakan media gambar.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya?
    Jawab :
    Upaya yang dapat diusulkan adalah dengan selalu mengaitkannya dengan kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya saat belajar penjumlahan dan pengurangan, guru dapat menggunakan kegiatan jual-beli. Atau guru dapat mengajar konsep pecahan dengan menggunakan jam dinding. Dengan menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, siswa jadi lebih mudah membayangkan cara menghitungnya.

Leave a Reply